- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Impresi Guru pada Penggunaan Media Digital dalam Pembelajaran Awal Bahasa Inggris Anak Usia Prasekolah
DOI:
https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i3.4619Keywords:
impresi guru, media digital, bahasa inggris awal, paudAbstract
Belakangan ini bahasa Inggris telah banyak menyentuh dan tidak jarang dijadikan program unggulan pada suatu Lembaga PAUD. Sehingga dalam pembelajarannya membutuhkan inovasi-inovasi media yang diselaraskan dengan kemajuan zaman serta karakteristik anak usia prasekolah. Tujuan penelitian ini yaitu mengetahui impresi guru pada pemanfaatan media pembelajaran digital dalam pengajaran awal bahasa inggris pada anak usia prasekolah. Adapun jenis riset ini merupakan deskriptif kuantitatif dengan sampel penelitian guru PAUD di Kecamatan Rumbai Kota Pekanbaru berjumlah 36 orang yang ditentukan melalui teknik total sampling. Hasil penelitian menjelaskan bahwa impresi guru pada penggunaan media pembelajaran digital dalam pengajaran awal bahasa inggris anak usia prasekolah berada dalam kategori baik. Dengan kata lain meskipun kemampuan guru dalam menggunakan perangkat digital untuk kegiatan pembelajaran masih cukup rendah, namun guru memandang media digital ini berpotensi meningkatkan minat dan motivasi belajar anak, selain itu juga bermanfaat dalam menstimulasi pengetahuan dan keterampilan anak usia prasekolah. Oleh karenanya, berdasarkan hasil penelitian ini juga diperlukan tindak lanjut berbentuk pelatihan literasi digital untuk guru PAUD di Kecamatan Rumbai, Kota Pekanbaru, dalam pembelajaran anak usia prasekolah khususnya bahasa inggris awal.
Downloads
References
Ayuni, D., Marini, T., Fauziddin, M., & Pahrul, Y. (2020). Kesiapan Guru TK Menghadapi Pembelajaran Daring Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia prasekolah, 5(1), 414–421. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.579
Azhari. (2017). Peran guru dalam mengembangkan kemampuan Imajinasi terhadap keterampilan bercerita pada anak usia prasekolah. Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak, 1(2), 93–111. https://jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/bunayya/article/view/1323
Charlotte, A. (2014). Pembelajaran Bahasa Inggris bagi Anak Usia prasekolah Versus Budaya Lokal. Jurnal Cakrawala Dini, 5(2), 63–72. https://ejournal.upi.edu/index.php/cakrawaladini/article/view/10499
Chistina. (2010). Pengenalan dan Peningkatan Minat Anak Usia prasekolah untuk Mempelajari Bahasa Inggris. Prosiding Seminar Nasional. https://journal.uncp.ac.id/index.php/proceding/article/view/387
Hidayat, N., & Khotimah, H. (2019). Pemanfaatan Teknologi Digital Dalam Kegiatan Pembelajaran. JPPGuseda | Jurnal Pendidikan & Pengajaran Guru Sekolah Dasar, 2(1), 10–15. https://doi.org/10.33751/jppguseda.v2i1.988
Holzberger, D., Philipp, A., & Kunter, M. (2013). How teachers’ self-efficacy is related to instructional quality: A longitudinal analysis. Journal of Educational Psychology, 105(3), 774–786. https://doi.org/10.1037/a0032198
Kandori, I. (2021). Penerapan Media Pembelajaran Digital Berbasis Android Dan Model Pembelajaran E-Learning Terhadap Minat Belajar Siswa Pada Kelas X Administrasi Perkantoran Smk Negeri 2 Tondano. Literacy: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 2(1), 165–175. https://doi.org/10.53682/literacyjpe.v2i1.1936
Kayode, O. P., & Olaronke, K. B. (2014). Perceived Importance of ICT in Preparing Early Childhood Education Teachers for the New Generation Children. International Journal of Evaluation and Research in Education (IJERE), 3(2), 119–124. https://files.eric.ed.gov/fulltext/EJ1091680.pdf
Luh, N., & Ekayani, P. (2021). Pentingnya Penggunaan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa, 1(1), 1–16. https://jurnal.untirta.ac.id/index.php/psnp/article/view/5665
Manik, Y. A., Sidabutar, N. N., & Purba, L. A. (2021). Transfigurasi Media Pembelajaran Menuju Generasi Melek Digital. Prosiding Seminar NasionalStrategi Pembelajaran Di Masa Pandemi, 1(1), 1–16. https://jurnal.uhnp.ac.id/psn-uhnp/article/view/123
Marisa, S. (2019). Pengaruh Motivasi dalam Pembelajaran Siswa Upaya Mengatasi Permasalahan Belajar. Jurnal Taushiah, 9(2), 20–27. https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/tsh/article/view/1786
Morrison, G. S. (2012). Dasar-Dasar Pendidikan Anak Usia prasekolah (PAUD). PT. Indeks.
Mulyasa. (2012). Manajemen Pendidikan Anak Usia prasekolah. PT Remaja Rosdakarya.
Novitasari, Y., & Fauziddin, M. (2022). Analisis Literasi Digital Tenaga Pendidik pada Pendidikan Anak Usia prasekolah. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia prasekolah, 6(4), 3570–3577. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.2333
Panjaitan, N. Q., Yetti, E., & Nurani, Y. (2020). Pengaruh Media Pembelajaran Digital Animasi dan Kepercayaan Diri terhadap Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Anak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia prasekolah, 4(2), 588. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.404
Parlindungan, P., & Sunarto. (2020). Impresi Guru Dan Siswa Terhadap Penggunaan Tik Dalam Pembelajaran Di Sekolah Menengah Di Jakarta Dan Sekitarnya. Jurnal Dinamika Pendidikan, 13(3), 226–237. https://doi.org/10.33541/jdp.v13i3.2199
Rahman, S. (2021). Pentingnya Motivasi Belajar Dalam Meningkatkan Hasil Belajar. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar “Merdeka Belajar Dalam Menyambut Era Masyarakat 5.0, November, 289–302. https://ejurnal.pps.ung.ac.id/index.php/PSNPD/article/view/1076
Raodah, & Subhan, A. (2020). Literasi Media Digital Bagi Guru Paud Gugus Kenanga Di Kecamatan Dukuhseti Kabupaten Pati. As-Sidanah : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 1–20. https://doi.org/10.35316/assidanah.v2i1.593
Safitri, D., Awalia, S., Sekaringtyas, T., Nuraini, S., Lestari, I., Suntari, Y., Marini, A., Iskandar, R., & Sudrajat, A. (2022). Improvement of Student Learning Motivation through Word-Wall-based Digital Game Media. International Journal of Interactive Mobile Technologies, 16(6), 188–205. https://doi.org/10.3991/ijim.v16i06.25729
Scoot, W. A. (2000). Teaching English to Children. Longman Inc.
Setyawan, F. H. (2016). Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Anak Usia prasekolah Melalui Model Pembelajaran Audio Visual Berbasis Android. Jurnal PG-PAUD Trunojoyo, 3(2), 92–98. https://journal.trunojoyo.ac.id/pgpaudtrunojoyo/article/download/3490
Setyawati, R., Ekadewi, D., & Hapsari, M. I. (2021). Peran Literasi Digital Bagi Guru Pendidikan Anak Usia prasekolah Untuk Melaksanakan Kegiatan Pembelajaran Daring Selama Pandemi Covid-19. Seminar Nasional Hasil Penelitian Dan Pengabdian Pada Masyarakat VI Tahun 2021 “Pengembangan Sumberdaya Menuju Masyarakat Mandiri Berbasis Inovasi Ipteks", 2(1), 360–365. https://semnaslppm.ump.ac.id/index.php/semnaslppm/article/view/301
Siahaan, S., Putri, A., & Dewi, D. S. (2020). Sosialisasi Metode Belajar Menyenangkan (Fun Learning) Untuk Meningkatkan Pemahaman Kosa Kata Bahasa Inggris Pada Anak Usia prasekolah. Minda Baharu, 4(1), 11–19. https://www.journal.unrika.ac.id/index.php/MNDBHRU/article/view/2056
Suganda, L. A. (2016). Teaching Reading For Young Learners In Efl Context. Journal Of English Literacy Education, 3(1), 80–88. https://ejournal.unsri.ac.id/index.php/jenglish/article/view/2978
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Bisnis Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta.
Sulasih, S. (2017). Pembelajaran Bahasa Inggris Melalui Multimedia. Jurnal Informatika Universitas Pamulang, 2(4), 200. https://doi.org/10.32493/informatika.v2i4.1441
Tajuddin, Y. (2014). Belajar membaca bagi anak usia prasekolah: stimulasi menumbuhkan Minat baca anak. Jurnal ThufuLa, 2(1), 127–147. https://journal.iainkudus.ac.id/index.php/thufula/article/view/4269
Tyaningsih, A. . (2016). Pembelajaran Bahasa Inggris Pada Anak Usia prasekolah Berbasis Proses Pemerolehan Bahasa Pertama. Jurnal Barista, 3(1), 74–82.
Ukkas, M. I. A., Cahyadi, D., & Nurabdiansyah, N. (2019). Media Pembelajaran Bahasa Inggris Interaktif Pictionary. TANRA: Jurnal Desain Komunikasi Visual Fakultas Seni Dan Desain Universitas Negeri Makassar, 6(1), 1. https://doi.org/10.26858/tanra.v6i1.9949
Wulandari, A. P., Salsabila, A. A., Cahyani, K., Nurazizah, T. S., & Ulfiah, Z. (2023). Pentingnya Media Pembelajaran dalam Proses Belajar Mengajar. Journal on Education, 5(2), 3928–3936. https://doi.org/10.31004/joe.v5i2.1074