Pemanfaatan Bahan Alam Lingkungan sebagai Media Pembelajaran Seni Rupa Anak Usia Dini

Author


Nur Azisa Aisyiah(1Mail), Joko Pamungkas(2),
Pendidikan Anak Usia Dini Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia(1)
Pendidikan Anak Usia Dini Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia(2)

Mail Corresponding Author

 PDF Full Text   [File Size: 320KB]

Published : 2023-12-06

Article can trace at:


Article Metrics

Abstract Views: 1001 times PDF Downloaded: 1703 times

Abstract


Dalam pendidikan anak usia dini, pentingnya pemberian stimulasi dan rangsangan yang dapat mengembangkan potensi anak. Umumnya, media yang digunakan untuk pembelajaran seni rupa anak usia dini masih belum beragam serta kurangnya kreativitas guru dalam memberikan media yang dapat mengembangakan potensi serta motivasi belajar anak. Media bahan alam digunakan sebagai upaya mengembangkan seni dalam pembelajaran seni rupa di KB/TK My Little School menjadi keunikan yang masih jarang dijumpai. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kualitatif deskriptif, yang bertujuan untuk menganalisis bagaimana pemanfaatan bahan alam lingkungan sebagai sarana media pembelajaran seni rupa di KB/TK My Little School. Diperoleh hasil media bahan alam yang digunakan seperti wortel, pelepah pisang, daun-daunan dan lain-lain, bahan alam tersebut digunakan untuk kegiatan berupa mencetak, menstempel dan membatik. Penggunaan media bahan alam menjadi salah satu media kreative yang dapat digunakan untuk pembelajaran seni rupa untuk anak usia dini.


Keywords


anak usia dini; media bahan alam; pembelajaran seni rupa

References


Andriani, D. (2023). Pengembangan Kreativitas Anak Usia Dini Menggunakan Media Berbasis Alam. Jurnal Obsesi, 7(2), 1910–1922. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i2.4243

Arini, I., & Fajarwati, A. (2020). Media bahan alam untuk mengembangkan kemampuan klasifiksi pada anak usia dini. Jurnal Ilmiah Visi, 15(2), 117–126. https://doi.org/10/10.21009/jiv.15023

Arini, I., & Fajarwati, A. (2020). Media Bahan Alam Untuk Mengembangkan Kemampuan Klasifikasi Pada Anak Usia Dini. JIV-Jurnal Ilmiah Visi, 15(2), 117–126. https://doi.org/10.21009/jiv.1502.3

Das, S. (2018). The caracter education of early childhood: Brain based-teaching approach. Proceedings of the 5th International Conference on Community Development (AMCA 2018). https://doi.org/10.2991/amca-18.2018.8

Dewi, N. K., & Syurani, S. (2018). Stimulasi kemampuan motorik halus anak usia 4-5 tahun melalui kegiatan seni rupa. Jurnal Pendidikan Anak, 7(2), 190–195. https://doi.org/10.21831/jpa.v7i2.26333

Dini Pebrianty, R., & Pamungkas, J. (2023). Menggambar sebagai Alternatif Pendekatan Konsepsi Pendidikan Seni Rupa Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(1), 536–547. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i1.3696

Gusliati, P. (2019). Bentuk Kegiatan Pembelajaran Seni Rupa di Taman Kanak-kanak Mutiara Ananda Padang. Jurnal Pelita PAUD, 4(1), 81–88. https://doi.org/10.33222/pelitapaud.v4i1.830

Herlina, & Amal, A. (2021). Pengaruh Keterampilan Origami dalam Menigkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak Usia 5-6 Tahun Pada TK Sulawesi Kota Makassar. 1217–1225.

Lita, & Assegaf, A. (2018). Pendidikan Seni Rupa dan Implikasinya terhadap Imajinasi Kreatif dan Sosial Emosional Anak Usia Dini Di TK Mekarraharja. Islamic Early Childhood Education, 3(1), 97–110.

Madyawati, L. (2016). Strategi pengembangan bahasa pada anak. Kencana.

Margono. (2010). Mari Belajar Seni Rupa. Depdiknas.

Munar, A., Hibana, H., & Surahman, S. (2021). Implementasi model pembelajaran sentra bahan alam untuk meningkatkan kreativitas anak usia 4-5 tahun. Jurnal PG-PAUD Trunojoyo : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Anak Usia Dini, 8(2), 1–9. https://doi.org/10.21107/pgpaudtrunojoyo.v8i2.10691

Nugraini, T. (2016). Peningkatan kreativitas anak melalui pembelajaran menempel pada anak kelompok B-3 Tk Negeri Pembina Kota Yogyakarta Tahun 2015. Jurnal Pendidikan Anak, 5(1), 695–703. https://doi.org/10.21831/jpa.v5i1.12364

Pertiwi, D. M., & Mayar, F. (2020). Pengaruh Kegiatan Menggambar Bebas Teknik Graffito Terhadap Seni Rupa Anak Usia Dini Di Taman Kanak-Kanak Aisyiyah V Padang. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(1), 39–44. https://doi.org/10.31004/jptam.v4i1.424

Pratiwi, D. E., Wulansari, B, Y., & Kristiana, D. (2020). Pengembangan program plepah sebagai media kreativitas anak usia dini di sekolah alam sabila. JDPP Jurnal Dimensi Pendidikan Dan Pembelajaran, 8(2). https://doi.org/10.24269/dpp.v8i2.2513

Rofian, R. (2017). Penerapan Metode Pembelajaran Demostrasi Pada Pendidikan Seni Rupa Di Sekolah Dasar. Malih Peddas (Majalah Ilmiah Pendidikan Dasar), 6(2), 173–181. https://doi.org/10.26877/malihpeddas.v6i2.1350

Sari, A. H. (2020). Studi kasus strategi guru dalam kegiatan menggambar untuk pengembangan seni rupa anak usia dini. Jurnal Pelita PAUD, 4(2), 150–155. https://doi.org/10.33222/pelitapaud.v4i2.905

Sholehah, A. M., Hibana, H., Na’imah, N., & Rahma, A. (2022). Desain Kegiatan Printing (Mencetak) Berbasis Bahan Alam dalam Meningkatkan Kreativitas Anak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 5003–5017. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.2804

Siregar, K., Hafsah, H., & Jaya, F. (2021). Implementation of using used materials and natural materials as learning media in improving cognitive development. Nazhruna: Jurnal Pendidikan Islam, 4(3), 629–645. https://doi.org/10.31538/nzh.v4i3.1672

Supriyenti, A. (2013). Meningkatkan kreativitas seni rupa anak melalui kegiatan mencetak dengan bahan alam di PAUD Aisyiyah Lansano pesisir selatan. Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 1(2), 15–34. https://doi.org/10.24036/spektrumpls.v1i2.2387

Syukur, A., & Fallo, Y. T. (2019). Peningkatan Kemampuan Anak dalam Mengenal Konsep Bilangan Melalui Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Alam. Jurnal PG-PAUD Trunojoyo : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Anak Usia Dini, 6(1), 1–11. https://doi.org/10.21107/pgpaudtrunojoyo.v6i1.5365

Temiz, Z., & Karaarslam Semiz, G. (2018). Combining art activities and nature in pre-school education. Erken Cocukluk Calismalari Dergisi, 2(3), 556–570. https://doi.org/doi.org/10.24130/eccd-jecs.1967201823103

Tuuling, L., Oun, T., &nUgaste, A. (2019). Teachers’ opinions on utilizing outdoor learning in the preschools of Estonia. Journal of Adventure Education and Outdoor Learning, 19(4), 358–370. https://doi.org/10.1080/14729679.2018.1553722

Ubaidillah, K. (2018). Pembelajaran sentra BAC (Bahan Alam Cair) untuk mengembangkan kreativitas anak. Jurnal Pendidikan Anak, 4(2), 161–176. https://doi.org/10.14421/al-athfal.2018.42-04

Velazques, J. A., Segal, N. L., & Horwitz, B. N. (2015). Genetic and environmental influences on applied creativity. Personality and Individual Differences, 141–146. https://doi.org/10.1016/j.paid.2014.11.014

Walshe, N., Lee, E., & Smith, M. J. (2020). Supporting children’s well-being with art in nature : artist pedagogue perception. Journal of Education for Sustainable Development, 14(1), 98–112. https://doi.org/10.1177/0973408220930708

Wati, A., Mariani, D., E., W., Hasibuan, J. S., & Fitriani, W. (2020). Peningkatan kreativitas anak TK pada masa covid-19 melalui permainan kolase dengan menggunakan bahan alam. Ya Bunayya - Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 99–107. https://doi.org/10.33061/jai.v4i1.3025

Wilson, R. (2023). Bringing the outdoors in 3. In Nature and Young Children : Encouraging Creative Play and Learnig in Natural Environmentals, 33–44. https://doi.org/10.4324/9781315148533-4

Yildiz, C., & Guler Yildiz, T. (2021). Exploring the relationship between creative thinking and scientific process skills of preschool children. Thinking Skills and Creativity. https://doi.org/10.1016/j.tsc.2021.100795

Yulia, N. K. T., & Tholibah, I. (2022). Manajemen Desain Penataan Lingkungan Berwawasan Green School di Raudlatul Athfal Raudlatul Ulum Ganjaran Gondanglegi Malang. Tinta Emas: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(2), 149–166. https://doi.org/10.35878/tintaemas.v1i2.528


Refbacks

  • There are currently no refbacks.