Pengaruh Permainan Magic Card terhadap Kemampuan Bercerita Anak Usia Dini

Wendy Erste Sohn Chandra(1Mail), Delfi Eliza(2),
(1) Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Padang, Indonesia
(2) Pendidikan Anak Usia Dini Universitas Negeri Padang, Indonesia

Mail Corresponding Author
Copyright (c) 2020 Wendy Erste Sohn Chandra

DOI : https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.460

Full Text:    Language : ID
Submitted : 2020-02-05
Published : 2020-02-15

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah mengetahui Pengaruh Permainan Magic Card terhadap Kemampuan Bercerita Anak di PAUD Inklusi Istiqamah Islamic School Bukittinggi. Jenis penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan jenis eksperimen atau penelitian quasi eksperimen dengan menggunakan Permainan Magic Card. Permainan Magic Card berpengaruh terhadap bercerita anak di PAUD Inklusi Istiqamah Islamic School Bukittinggi. Berdasarkan analisis data, diperoleh nilai rata-rata hasil Kemampuan Bercerita anak di kelas eksperimen yang menggunakan Permainan Magic Card lebih tinggi (82) dibandingkan kelas kontrol yang menggunakan kartu gambar (72,6).


Keywords


permainan magic card; kemampuan bercerita; anak

References


Anggraeni, D., Hartati, S. and Nurani, Y. (2019) ‘Implementasi Metode Bercerita dan Harga Diri dalam Meningkatkan Kemampuan Berbicara Anak Usia Dini’, Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), p. 404. doi: 10.31004/obsesi.v3i2.224.

Anhusadar, L. O. and Islamiyah, I. (2019) ‘Taman Layak Anak Usia Dini di Kota Kendari’, Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), p. 117. doi: 10.31004/obsesi.v3i1.143.

Astuti, R. and Aziz, T. (2019) ‘Integrasi Pengembangan Kreativitas Anak Usia Dini di TK Kanisius Sorowajan Yogyakarta’, Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), p. 294. doi: 10.31004/obsesi.v3i2.99.

Ayu, C. (2016) ‘Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak dalam Kegiatan Membilang dengan Metode Bermain Media Kartu Angka pada Anak Usia 4-5 Tahun di TK Taqifa Bangkinang’, Jurnal PAUD Tambusai, 2(2), pp. 60–71.

Fajriah, Z. (2015) ‘Peningkatan Penguasaan Kosakata Bahasa Arab (Mufradat) Melalui Penggunaan Media Kartu Kata Bergambar ( Penelitian Tindakan Pada Siswa kelas I MI Nurul Hakim Kediri Lombok Barat Tahun 2015 )’, Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 9(1), pp. 107–126. doi: 10.1109/MRA.2014.2360283.

Fauziddin, M. (2017) ‘Upaya Peningkatan Kemampuan Bahasa Anak Usia 4-5 Tahun melalui Kegiatan Menceritakan Kembali Isi Cerita di Kelompok Bermain Aisyiyah Gobah Kecamatan Tambang’, Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), pp. 42–51.

Inten, D. N. and Permatasari, A. N. (2019) ‘Literasi Kesehatan pada Anak Usia Dini melalui Kegiatan Eating Clean’, Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), p. 366. doi: 10.31004/obsesi.v3i2.188.

Islamiah, F., Fridani, L. and Supena, A. (2019) ‘Konsep Pendidikan Hafidz Qur’an pada Anak Usia Dini’, Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), p. 30. doi: 10.31004/obsesi.v3i1.132.

Lestari, I. (2018) ‘Analisis Awal Kemampuan Bercerita pada Anak Usia 5-6 Tahun’, Jurnal Ilmiah VISI PGTK PAUD dan Dikmas, 13(2), pp. 165–177.

Mulyatno, M. L., Sujana, Y. and Hafidah, R. (2018) ‘Penerapan Metode Mind Map untuk Meningkatkan Kemampuan Bercerita pada Anak Kelompok B 2 TK Al-Fatah Karanganyar Tahun Ajaran 2015/2016’, Kumara Cendekia, 6(3), pp. 1–8.

Ngura, E. T. (2018) ‘Pengembangan Media Buku Cerita Bergambar untuk Anak Usia Dini di TK Maria Virgo Kabupaten Ende’, Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 5(1), pp. 6–14.

‘Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia No. 137’ (2014).

Rachmi, T. (2015) ‘Pengaruh Permainan dan Kemampuan Menyimak terhadap Kemampuan Bercerita’, Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 9(1), pp. 127–142.

Rahmatika, P., Hartati, S. and Yetti, E. (2019) ‘Metode Pembelajaran Mind Map dan Bercerita dengan Gaya Kognitif, Pengaruhnya terhadap Kemampuan Membaca Permulaan’, Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), p. 548. doi: 10.31004/obsesi.v3i2.260.

Rizqiyani, R. and Azizah, N. (2018) ‘Kemampuan Bercerita Anak Prasekolah (5-6 tahun)’, PEMBELAJAR: Jurnal Ilmu Pendidikan, Keguruan, dan Pembelajaran, 2(2), p. 116. doi: 10.26858/pembelajar.v2i2.6362.

Ruiyat, S. A., Yufiarti, Y. and Karnadi, K. (2019) ‘Peningkatan Keterampilan Berbicara dengan Bercerita Menggunakan Komik Elektronik Tematik’, Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), p. 518. doi: 10.31004/obsesi.v3i2.256.

Salmiati and Samsuri (2018) ‘Penerapan Media Flash Card dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan pada Anak Kelompok A PAUD di Kabupaten Aceh Besar’, Jurnal Buah Hati, 5(2), pp. 118–126.

Sari, I. P., Sasmiati and Riswandi (2019) ‘Hubungan Penggunaan Media Alam dengan Kemampuan Bercerita Anak Usia Dini’, Jurnal PG-PAUD, 5(1), pp. 1–8.

Suardi, I. P., Ramadhan, S. and Asri, Y. (2019) ‘Pemerolehan Bahasa Pertama pada Anak Usia Dini’, Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), p. 265. doi: 10.31004/obsesi.v3i1.160.

Sudarna (2014) ‘Pendidikan Anak Usia Dini Berkarakter’, Yogyakarta: Perpustakaan Nasional RI.

Suhartini, Y. and Laela, A. (2018) ‘Meningkatkan Kecerdasan Natural Anak Usia Dini melalui Pengenalan Hewan di TK Pelita Kota Bandung’, 2.

Suprapti, E. (2016) ‘Peningkatan Pembelajaran Matetika Anak Usia Dini dengan Microsoft Powerpoint Ispring pada Materi Pengenalan Konsep Bilangan’, Jurnal Pedagogi, 2(1), pp. 27–33.

Suryana, D. (2013) ‘Pendidikan Anak Usia Dini. Padang’, UNP Press:Padang.

Susanto, A. (2011) ‘Perkembangan Anak Usia Dini’, Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Suyadi and Ulfah, M. (2013) ‘Konsep Dasar PAUD’, Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Tatminingsih, S. (2019) ‘Kemampuan Sosial Emosional Anak Usia Dini di Nusa Tenggara Barat’, Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), p. 484. doi: 10.31004/obsesi.v3i2.170.

Wati, R. (2016) ‘Upaya Meningkatkan Perhatian Anak Melalui Metode Bercerita dengan Media Boneka Tangan pada Anak Kelompok B TK Nurul Ibadah Kota Jambi’, Jurnal Ilimiah Dikdaya, 9(1), pp. 114–123.

Wirman, A. et al. (2018) ‘Penggunaan Media Moving Flash Card untuk Stimulasi Kemampuan Literasi Anak Usia Dini’, Early Childhood : Jurnal Pendidikan, 2(2b), pp. 54–62. doi: 10.35568/earlychildhood.v2i2b.290.

Wondal, R. (2019) ‘Meningkatkan Kemampuan Bercerita Anak Melalui Metode Karya Wisata (Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelompok B TK Charis Kota Ternate Tahun Ajaran 2014/2015)’, Pendidikan Anak Usia Dini, 9(1), pp. 1–14. doi: DOI: https://doi.org/10.21009/JPUD.091DOI: https://doi.org/10.21009/JPUD.091.01.

Yumi, M., Atmazaki, A. and Gani, E. (2019) ‘Performa Kalimat Anak pada Masa Konstruksi Sederhana: Studi Kasus terhadap Anak Usia 4 Tahun’, Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), p. 191. doi: 10.31004/obsesi.v3i1.162.

Yunita, H., Meilanie, S. M. and Fahrurrozi, F. (2019) ‘Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis melalui Pendekatan Saintifik’, Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), p. 425. doi: 10.31004/obsesi.v3i2.228.


Article Metrics

 Abstract Views : 98 times
 PDF Downloaded : 21 times


This article can be traced from:

Refbacks

  • There are currently no refbacks.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.