Pembelajaran Fisika dengan Pendekatan Ketrampilan Proses melalui Metode Eksperimen dan Demonstrasi Siswa Kelas XI SMAN 14 Pekanbaru Tahun Ajaran 2015/2016

Mahdalena Mahdalena(1Mail),
(1) Guru Fisika SMAN 14 Pekanbaru, Indonesia

Mail Corresponding Author
Copyright (c) 2016 Mahdalena Mahdalena

DOI : https://doi.org/10.31004/obsesi.v2i1.46

Full Text:    Language : id
Submitted : 2018-07-14
Published : 2016-06-10

Abstract


Pembelajaran yang dilaksanakan di dalam kelas pada umumnya masih berfokus pada guru sehingga siswa cenderung hanya mendengar, mencatat kemudian menghafal materi yang disampaikan oleh guru. Pengajaran Fisika membutuhkan metode yang tepat, sesuai dengan pokok bahasannya, sehingga siswa dapat memahami materi secara maksimal. Untuk itu perlu dikembangkan pendekatan  pembelajaran  yang  sesuai  untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini dilaksanakan di SMAN 14 Pekanbaru Tahun Ajaran 2015/2016.  Kelas  yang  digunakan  untuk  penelitian  ini  adalah  kelas  XI  IPA yang terdiri dari kelas XI IPA4 sebagai kelas eksperimen dan XI IPA3 sebagai kelas kontrol. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen dengan desain statis dua kelompo. Berdasarkan dari analisis data dan pembahasan  yang telah dilakukan, maka dapat disimpulkan: (1). Ada perbedaan pengaruh antara penggunaan pendekatan ketrampilan proses melalui metode eksperimen dan demonstrasi terhadap kemampuan kognitif Fisika siswa. Siswa yang memperoleh pembelajaran dengan pendekatan ketrampilan proses melalui metode eksperimen menghasilkan kemampuan kognitif Fisika yang lebih baik dibandingkan dengan siswa yang diberi pendekatan ketrampilan proses melalui metode demonstrasi; (2). Ada perbedaan pengaruh antara kreativitas siswa kategori tinggi dan rendah terhadap kemampuan kognitif Fisika siswa. Siswa yang memiliki kreativitas kategori tinggi memiliki kemampuan kognitif Fisika yang lebih baik daripada siswa yang memiliki kreativitas kategori rendah; (3). Tidak ada interaksi  antara  pengaruh  penggunaan  pendekatan  ketrampilan proses melalui metode pembelajaran dan  kreativitas siswa terhadap kemampuan kognitif Fisika siswa. Jadi antara penggunaan pendekatan ketrampilan proses dan kreativitas siswa mempunyai pengaruh sendiri sendiri tehadap kemampuan kognitif Fisika siswa.

Keywords


Fisika; Demonstrasi; Keterampilan proses; Eksperimen; Siswa SMA

References


Budiyono. 2004. Statistika Untuk Pendidikan. Surakarta : UNS Press

Carl J Wenning. 2005. “Levels Of Inquiry: Hierarchies Of Pedagogical Practice And Inquiry Processesâ€. Journal of Physics Teacher Education Online, 2 (3): 3-11

Conny Semiawan, Tangyong A.F., Belen S., Yulaelawati Matahelemual, & Wahjudi Suseloardjo. 1992. Pendekatan Ketrampilan Proses. Jakarta: Grasindo

Dwi Rahayu. 2008. Pengaruh Pengajaran Remidiasi Terhadap Prestasi Belajar Ditinjau dari Kreativitas Siswa SMP pada Sub Pokok Bahasan Kalor Tahun Ajaran 2006/2007. Surakarta: FKIP UNS

Dyan Listyaningsih. 2005. Pembelajaran Fisika Dengan Menggunakaan Pendekatan Ketrampilan Proses untuk Meningkatkan

Jurnal PGPAUD STKIP Pahlawan Tuanku Tambusai Riau Page 28

Kemampuaan Kognitif Siswa pada Pokok Bahasan Usaha di SMP Tahun Ajaran 2004/2005. Surakarta: FKIP UNS

Gino H.J., Suwarni, Suripto, Maryanto, & Sutijan. 1997. Belajar dan Pembelajaran I. Surakarta: UNS Press

Herbert Druxes, Gernot Born, & Fritz Siemsen. 1986. Kompendium Didaktik Fisika. (diterjemahan oleh: Soeparmo). Bandung : Remaja Karya. Julius Chandra. 1994. Kreativitas. Yogyakarta : Kanisius

Margono. 1998. Stategi Belajar Mengajar. Surakarta: UNS Press

Muhhibin Syah. 2005. Psikologi Pendidikan Suatu Pendekatan Baru. Bandung : Remaja Rosdakarya.

Mulyani Sumantri & Johar Permana H. 2001. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: CV Maulana

Nail Ozek, Selahattin Gonen. 2005. “Use of J. Bruner’s learning theory in a physical experimental activityâ€. Journal of Physics Teacher Education Online, 2(3): 19

Nana Sudjana. 1989. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo

Rachmad Resmiyanto. 2009. Pembelajaran Fisika di Indonesia Membunuh Kreativitas Murid. hal 1-2.

Rini Budiharti. 1988. Strategi Belajar Mengajar Bidang Studi. Surakarta: UNS Press

Roestiyah N.K. 2001. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Asdi Mahasatya

Sanjaya. 2009. Free Journal & Konsultasi. hal 1-7. http://id-jurnal. blogspot. com/2009 / 09 / skripsi - pembelajaran - fisika - dengan. html (diakses 18 Maret 2016)

Sardiman, AM. 1999. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Persada

Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta

Sri Suwarsi, Karsono, Asri Laksmi Riani, Darustam, Al.Sentot Sudarwanto. Joko Purwono, Mahendra Wijaya, Hunik Sri Runing Sawitri, & H. Edy Tri Sulistyo.2003. Dasar-Dasar Kewirausahaan. Surakarta:UNS PRESS

Sudjana. 1996. Metoda Statistika. Bandung: Tarsito.

Suharsimi Arikunto. 2008. Dasar – dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta

Tabrani Rusyan A., Atang Kusdinar, & Zainal Arifin. 1989. Pendekatan Dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remadja Karya

Team Didaktik Metodik Kurikulum IKIP Surabaya. 1993. Pengantar Didaktik Metodik Kurikulum PBM. Jakarta: Raja Grafindo Persada

Winarno Surakhmad. 1990. Pengantar Interaksi Mengajar-Belajar. Bandung: Tarsito

Winkel, WS. 1995. Psikologi Pengajaran. Yogyakarta: Fakultas Psikologi Universitas Sanata Dharma


Article Metrics

 Abstract Views : 99 times
 PDF Downloaded : 72 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.