- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Strategi Butterfly dan Pemecahan Masalah Matematika Siswa
DOI:
https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i3.4577Keywords:
strategi kupu-kupu, pemecahan masalah matematika, bilangan pecahanAbstract
Strategi pembelajaran menjadi tujuan penelitian ini adalah untuk mengevaluasi dampak dari metode kupu-kupu kepada kemampuan siswa dalam memecahkan masalah matematika termasuk materi pecahan saat mereka duduk di bangku sekolah dasar. Menggunakan metode kuasi eksperimen dengan desain untuk kelompok kontrol nonequivalent. Subyek penelitian siswa kelas 2. Pendekatan penelitian ini memanfaatkan banyak pendekatan pengumpulan data, diantaranya. Statistik non parametrik digunakan sebagai metode analisis data dalam penelitian ini. yaitu uji Wilcoxon dan Mann Whitney yang dilakukan dengan IBM SPSS Statistics versi 18. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil uji Wilcoxon dan uji Mann Whitney menunjukkan nilai signifikansi Ha: diterima dan Ho: ditolak artinya terdapat pengaruh strategi kupu-kupu terhadap pemecahan masalah matematika siswa. Dengan demikian, strategi kupu-kupu dapat dijadikan sebagai alternative strategi pembelajaran bagi guru matematika dalam meningkatkan kemampuan siswa.
Downloads
References
Abbas, N. A., Abdullah, N. A., Shahrill, M., & Tengah, K. A. (2022). Primary School Pupils ’ Performance on the Addition of Fractions : Conceptual and Procedural Knowledge. Jurnal Pendidikan Matematika, 16(2), 227–238.https://doi.org/10.22342/jmp.16.2.17811.227-238
Agus, I., & Purnama, A. N. (2022). Kemampuan Berpikir Kritis Matematika Siswa : Studi pada Siswa SMPN Satu Atap. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 07(01), 65–74.https://doi.org/10.33369/jpmr.v7i1.20143
Ananda, E. R., & Wandini, R. R. (2022). Analisis Perspektif Guru dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa pada Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar, Jurnal basicedu. 6(3), 4173–4181. https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/2773
Budi Murtiyasa, V. W. (2020). Analisis Kesalahan Siswa Materi Bilangan Pecahan Berdasarkan Teori NewMan. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(3), 713–726. https://ojs.fkip.ummetro.ac.id/index.php/matematika/article/view/2795
Ekawati, F. E., Susanta, A. S., & Hambali, D. H. (2020). Penerapan Strategi Pembelajaran Quick On The Draw untuk Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas II D SDN 69 Kota Bengkulu. Jurnal Pembelajaran Dan Pengajaran Pendidikan Dasar, 3(1), 20–30. https://doi.org/10.33369/dikdas.v3i1.12299
Gusmania, Y. (2016). Pengaruh Metode Discovery Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas X SMAN 5 Batam Tahun Pelajaran 2014 / 2015. PYTHAGORAS: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 5(2), 151–157.https://doi.org/10.33373/pythagoras.v5i2.467
Haniifah, R. (2018). Pengaruh Think Pair Share Terhadap Kemampuan Memecahkan Masalah Matematis Siswa Kelas V SD. Basic Education, 214–223. https://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/pgsd/article/view/10892
Haniq, U. (2019). Kesulitan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Materi Pecahan Pada Siswa Kelas V SDN 188 PekanBaru. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar 8(April), 56–65. https://primary.ejournal.unri.ac.id/index.php/JPFKIP/article/view/7052
Hastjarjo, T. (2019). Rancangan Eksperimen-Kuasi. Buletin Psikologi, 27(2), 187-203. https://doi.org/10.22146/buletinpsikologi.38619
Husna, R., Roza, Y., & Maimunah, M. (2021). Identifikasi Kesulitan Guru Matematika Dalam Pelaksanaan Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran, 7(2), 428. https://doi.org/10.33394/jk.v7i2.3333
Ibrahim, R. Y., Arsyad, A., & Katili, N. (n.d.). Analisis Kesulitan Pada Materi Operasi Hitung Bilangan Pecahan Kelas 5 Sekolah Dasar. 12–18.https://doi.org/10.31537/laplace.v5i1.667
Kamarullah, K. (2017). Pendidikan Matematika Di Sekolah Kita. Al Khawarizmi: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika, 1(1), 21. https://doi.org/10.22373/jppm.v1i1.1729
Laidin, D. R., & Tengah, K. A. (2021). Applying Butterfly Method in the Learning of Addition and Subtraction of Fractions. Jurnal Pendidikan Matematika, 15(2), 161–174. https://doi.org/10.22342/jpm.15.2.13934.161-174
Low, J., Shahrill, M., & Zakir, N. (2020). Solving Fractions by Applying the Bar Model Concept with the Butterfly Method. Jurnal Pendidikan Matematika, 14(2), 101-116. https://doi.org/10.22342/jpm.14.2.11261.101-116
Malini, H., Sofiyan, & Putra, A. (2019). Analisis Faktor yang Mempengaruhi Kurangnya Minat Belajar Matematika Siswa Kelas V SD Negeri 10 Langsa Tahun Pelajaran 2018/2019. Journal of Basic Education Studies, 2(2), 10–22. https://ejurnalunsam.id/index.php/jbes/article/view/1914
Mardiyanti, L., Magriati, D., & Ikrom, M. (2022). Analisis Kesulitan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Kelas V SD Negeri 55 LubukLinggau. Jurnal Tazkirah: Transformasi Ilmu-ilmu Keislaman, 7(1), 1–14.https://doi.org/10.53888/tazkirah.v7i1.489
Masniladevi. (2022). Student Gestures in Solving Mathematics Problems in Group Discussion Activities. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 6(1), 157–164.https://dx.doi.org/10.23887/jisd.v6i1.41863
Maswar, M. (2019). Strategi Pembelajaran Matematika Menyenangkan Siswa (Mms) Berbasis Metode Permainan Mathemagic, Teka-Teki Dan Cerita Matematis. Alifmatika: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika, 1(1), 28–43. https://doi.org/10.35316/alifmatika.2019.v1i1.28-43
Mukminah, Hirlan, & Sriyani. (2021). Analisis Kesulitan Belajar Berhitung Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas IV SDN 1. Jurnal Pacu Pendidikan Dasae, 1(1), 1–14. https://unu-ntb.e-journal.id/pacu/article/view/66
Naitili, C. A. (2022). Pengaruh Strategi Pembelajaran REACT Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Mahasiswa PGSD. Jurnal Rumpun Ilmu Pendidikan, 1(2), 64–70. https://doi.org/10.37792/hinef.v1i2.625
Parmiti, D. P., Elma, P., & Safitri, A. (2018). Analisis Kesulitan Siswa Dalam Menyelesaikan Operasi Hitung Pecahan Siswa Sekolah Dasar. International Journal of Elementary Education, 2(2), 144–155. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/IJEE/article/view/14417
Prihartini, E., Lestari, P., & Saputri, S. A. (2016). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Menggunakan Pendekatan Open Ended. Prosiding Seminar Nasional Matematika IX 2015, 58–64.
Rahmawati, R. (2017). Timbangan Pada Pembelajaran Operasi Pecahan. Jurnal Pendidikan Matematika, 11(1), 57-66. https://doi.org/10.22342/jpm.11.1.3893.57-66
Ramdhani, L., & Fauzi, A. (2020). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Dalam Pemecahan Masalah Geometri Ruang. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 6(2), 33–42.https://dx.doi.org/10.58258/jime.v6i2.1280
Rohma, S. K. (2019). Analisis learning obstacles siswa pada materi pecahan kelas iv sekolah dasar 1. Al-Aulad: Journal of Islamic Primary Education, 2(1), 13–24.https://doi.org/10.15575/al-aulad.v2i1.4428
Safitri, A., & Nurmayanti, N. (2018). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Belajar Masyarakat Bajo. Didaktis: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Pengetahuan, 18(3), 149–159. https://doi.org/10.30651/didaktis.v18i3.1846
Sanjani, M. A. (2021). Pentingnya Strategi Pembelajaran Yang Tepat Bagi Siswa. Jurnal Serunai Administrasi Pendidikan, 10(2), 32–37. https://ejournal.stkipbudidaya.ac.id/index.php/jc/article/view/517
Sholehah, S. H., Handayani, D. E., & Prasetyo, S. A. (2018). Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas IV SD Negeri Karangroto 04 Semarang. Mimbar Ilmu, 23(3), 237–244. https://doi.org/10.23887/mi.v23i3.16494
Suardi, S., Hakim, L. El, & Axiz, T. A. (2022). Kesalahan-kesalahan siswa pada materi pecahan. Griya Journal of Mathematics Education and Application, 2(2), 418–428.https://doi.org/10.29303/griya.v2i2.201
Sumartini, T. S. (2018). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 148–158. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v5i2.270