Pelaksanaan Asesmen dan Intervensi Anak Autisme

Author


Ishartiwi Ishartiwi(1Mail), Sukinah Sukinah(2), Dewi Barotut Taqiyah(3),
Pendidikan Luar Biasa, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia(1)
Pendidikan Luar Biasa, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia(2)
Pendidikan Luar Biasa, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia(3)

Mail Corresponding Author
Article Analytic
 PDF Full Text   [File Size: 291KB]

Published : 2023-06-13

Article can trace at:


Article Metrics

Abstract Views: 1476 times PDF Downloaded: 2185 times

Abstract


Asesmen dilakukan untuk mengetahui kondisi dan karakteristik, kemampuan, hambatan dan kelebihan yang dimiliki serta kebutuhan ASH untuk dasar penyusunan pelaksanaan intervensi. Pelaksanaan program intervensi dilakukan selama 16 kali pertemuan durasi 120 menit per pertemuan dengan mengunakan pendekatan secara individual, media AAC (Augmentative and Alternative Communication) dan benda-benda yang ada disekitar ASH. Subjek dalam penelitian ini berinisial ASH berusia 4 tahun dan mengalami hambatan perkembangan autisme. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan studi kasus. Teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Berdasarkan hasil pembahasan pelaksanaan asesmen dan intervensi, ASH mampu melakukan interaksi sosial dengan menyapa, mengucapkan salam, komunikasi dua arah menggunakan strategi shaping. Pada aspek bahasa, ASH mampu merespon pertanyaan spontan tanpa menggunakan bantuan kartu kata, aspek motorik halus ASH mampu mewarnai gambar, menarik garis lurus, menuliskan nama, meronce dan menempel. Penggunaan media yang ada disekitar ASH dapat membantu meningkatkan kemampuan pada aspek komunikasi, motorik halus dan interaksi sosial.

 


Keywords


pelaksanaan asesmen; program intervensi; anak autisme

References


Achmad, A., & Jeremy, J. (2019). Pola Komunikasi Terapis Guru Pada Anak Autis Di Special School Spectrum. Jurnal Pustaka Komunikasi, 2(2), 194–208. https://journal.moestopo.ac.id/index.php/pustakom/article/view/878

Anggriana, T. M., Kadafi, A., & Trisnani, R. P. (2018). Peningkatan Keterampilan Sosial Siswa Autis Melalui Teknik Shaping. Jurnal Fokus Konseling, 4(2), 162. https://doi.org/10.26638/jfk.505.2099

Arsini, K. R., Goreti, M., & Kristiantari, R. (2022). Media Kartu Kata dan Kartu Gambar pada Materi Kosakata Bahasa Indonesia. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 5(1), 173–184. https://doi.org/10.23887/jippg.v5il.46323

Budiyanto, Prapto, Yusuf, M., Sujarwanto, Ahmad, A., & Rakhmita, T. (2012). Modul Pelatihan Pendidikan Inklusif (Budiyanto (ed.)). Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Derguy, C., Michel, G., M’Bailara, K., Roux, S., & Bouvard, M. (2015). Assessing Needs in Parents of Children with Autism Spectrum Disorder: A Crucial Preliminary Step to Target Relevant Issues for Support Programs. Journal of Intellectual and Developmental Disability, 40(2), 156–166. https://doi.org/10.3109/13668250.2015.1023707

Gargiulo, R. M., & Metcalf, D. (2021). Teaching in Today’s Inclusive Classrooms: A Universal Design for Learning Approach (4 th Editi). Cengage.

Gunawa, I. (2013). Metode Penelitian Kualitatif Teori dan Praktik (Suryani (ed.)). Bumi Aksara.

Hussu, A. M., & Strle, M. (2010). The Assessment of Children with Special Needs. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 2(2), 5281–5284. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2010.03.861

Kistina, R. (2014). Penggunaan Media Kartu Kata Dalam Meningkatkan Kemampuan Berbicara Anak Kelompok B TK Bungong Seleupok Universitas Syiah Kuala Banda Aceh. Matamorfosa, II(I), 35–42. https://ejournal.bbg.ac.id/metamorfosa/article/view/95

Klein, M. D., Cook, R. E., & Richardson-Gibbs, A. M. (2001). Strategies for Including Children with Special Needs in Early Childhood Settings. Delmar Thomson Learning.

Koegel, L. K., Koegel, R. L., Ashbaugh, K., & Bradshaw, J. (2014). The importance of early identification and intervention for children with or at risk for autism spectrum disorders. International Journal of Speech-Language Pathology, 16(1), 50–56. https://doi.org/10.3109/17549507.2013.861511

Kurniawati, F., & Adistiana, K. (2011). Terapi Musik dan Shaping Untuk Meningkatkan Keterampilan Komunikasi Anak Tuna Netra Dengan Spesific Language Impairment. In Jurnal Intervensi Psikologi (Vol. 3, Issue 1, pp. 5–24). https://journal.uii.ac.id/intervensipsikologi/article/view/8044

Leedy, P. D., & Ormtod, J. E. (2010). Practical Research Planning And Design. Pearson.

Mahabbati, A. (2014). Kebijakan, Implementasi dan Isu Strategis Pendidikan Bagi Individu Berkebutuhan Khusus. Jurnal Pendidikan Islam, 3(1), 31. https://doi.org/10.14421/jpi.2014.31.31-46

Maheza, H., Rahmahtrisilvia, & Sumekar, G. (2013). Efektivitas Teknik Shapping dalam Meningkatkan Kemampuan Mengenal Nama-nama Binatang bagi Anak Autis X Kelas DII/C di SLB Perwari Padang. Jurnal Ilmiah Pendidikan Khusus, 2(3), 560–571. https://ejournal.unp.ac.id/index.php/jupekhu/article/view/2100

Mirza Yogy Kurniawan, Wagino, & M. Dedy Rosyadi. (2018). Rancang Bangun Aplikasi Asesmen Anak Berkebutuhan Khusus Pada Sekolah Inklusif. Jurnal Teknologi Informasi Universitas Lambung Mangkurat (JTIULM), 3(2), 71–76. https://doi.org/10.20527/jtiulm.v3i2.30

Nursita, D., Hamid, L., & Nurhidayah, N. (2020). Media Flash Card Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Ekspresif Pada Anak Dengan Autisme Di Pendidikan Anak Usia Dini. Al-Urwatul Wutsqo : Jurnal Ilmu Keislaman Dan Pendidikan, 1(2), 18 - 26. https://ejournal.stit-alhidayah.ac.id/index.php/jurnalalurwatulwutsqo/article/view/11

Pamuji. (2007). Model Terapi Terpadu Bagi Anak Autisme. Departemen Pendidikan Nasional.

Parwoto. (2007). Strategi Pembelajaran Anak Berkebutuhan Khusus. Departemen Pendidikan Nasional.

Ramadhani, S., & Fitria, N. (2019). Program Intervensi Anak Berkebutuhan Khusus Melalui Asesmen Di TK LK. “Literasi Pendidikan Karakter Berwawasan Kearifan Lokal Pada Era Revolusi Industri 4.0,” 2002, 87–93. https://prosiding.unma.ac.id/index.php/semnasfkip/article/view/14

Ramírez-Duque, A. A., Bastos, T., Munera, M., Cifuentes, C. A., & Frizera-Neto, A. (2020). Robot-Assisted Intervention for Children With Special Needs: A Comparative Assessment for Autism Screening. Robotics and Autonomous Systems, 127, 103484. https://doi.org/10.1016/j.robot.2020.103484

Roger pierangelo, george giuliani. (2008). A step-by-step guide for educators teaching in a special education classroom. Corwin press a sage company.

Salvia, J., Ysseldyke, J. E., & Both, S. (2013). Introduction: The Context for Assessment in Schools. In Assessment in Special and Inclusive Education (Eleventh E). Wadsworth cengage learning. https://doi.org/10.4135/9781452218533.n57

Shofa Yunne Nisrina Dewi. (2016). Efektifitas Penggunaan Strategi Shaping Terhadap Pembelajaran Keterampingan Mengukur Tekanan Udara Ban Pada Anak Tunagrahita Kategori Ringan Kelas VIII di Sekolah Luar Biasa Negeri 1 Sleman. Widia Ortodidaktika, 5(7). https://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/plb/article/view/6384

Siwi, A. R. K., & Anganti, N. R. N. (2017). Strategi Pengajaran Interaksi Sosial Kepada Anak Autis. Indigenous: Jurnal Ilmiah Psikologi, 2(2), 184–192. https://journals.ums.ac.id/index.php/indigenous/article/view/5703

Sudarto, Z., Rofiah, K., Ardianingsih, F., & Sujarwanto, S. (2019). Program Intervensi Terpadu Anak Berkebutuhan Khusus: Proses Pengembangan Kurikulum. JPI (Jurnal Pendidikan Inklusi), 3(1), 1. https://doi.org/10.26740/inklusi.v3n1.p1-10

Sukinah. (2022). The Effectiveness of Blended Learning Model towards Learning Outcomes of Students’ Multiplication Operations with Autism. Journal of ICSAR, 6(2). https://doi.org/10.17977/um005v6i22022p216

Sunardi & Sunaryo. (2007). Intervensi Dini Anak Berkebutuhan Khusus. Departemen Pendidikan Nasional.

William L, H. (2013). Exceptional children: an introduction to special education (William l. heward (ed.); 10th editi). Pearson. http://www.cec.sped.org

Yusuf, A. M. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif & Penelitian Gabungan (4th editio). Kencana.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.