Meningkatkan Perkembangan Membaca Melalui Buku Cerita Rakyat Melayu pada Anak Usia Dini

Rita Kurnia(1Mail), Guslinda Guslinda(2), Maria Safriyanti(3),
(1) Pendidkan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Riau, Indonesia
(2) Pendidkan Guru Sekolah Dasar, Universitas Riau, Indonesia
(3) Pendidikan Bahasa Inggris, Universitas Riau, Indonesia

Mail Corresponding Author
Copyright (c) 2020 rita kurnia

DOI : https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.457

Full Text:    Language : ID
Submitted : 2020-02-02
Published : 2020-02-14

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses dan hasil pembelajaran melalui pelaksanaan penggunaan media gambar yang dapat meningkatkan kesiapan membaca anak usia dini di Taman Kanak-Kanak Pembina Negeri Tualang Kabupaten Siak, Riau. Metode penelitian ini adalah Tindakan Kelas (PTK). Subyek penelitian ini  berjumlah 19 orang anak usia 5-6 tahun. Penelitian ini terdiri dari dua siklus dan setiap siklus terdiri dari tiga pertemuan.Teknik analisis data digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data kuantitatif dan kualitatif. Analisis data kualitatif dengan cara menganalisis data dari hasil catatan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan kesiapan membaca anak melalui media gambar adalah rata-rata skor kesiapan membaca anak pada siklus I sebesar 47,37% dan siklus II meningkat sebesar 76,15%. Kesimpulan, penggunaan media gambar dapat meningkatkan kesiapan membaca anak usia dini


Keywords


media gambar; kesiapan membaca; anak usia dini

References


Ability, I., Calis, W., Dwiyanti, L., Khan, R. I., & Kurniawati, E. (2018). Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Development of Smart Adventure Games to Improve the Readiness of the. 2(2), 149–154. https://doi.org/10.31004/obsesi.v2i2.91

Anggraeni, D., Hartati, S., & Nurani, Y. (2019). Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Implementasi Metode Bercerita dan Harga Diri dalam Meningkatkan Kemampuan Berbicara Anak Usia Dini. 3(2), 404–415. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i2.224

Arikunto, S. (2010). Penilitian Tindakan Kelas. Alfabeta.

Astuti, R., & Aziz, T. (2019). Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Integrasi Pengembangan Kreativitas Anak Usia Dini di TK Kanisius Sorowajan Yogyakarta. 3(2), 294–302. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i2.99

Ebert, S. (2020). Journal of Experimental Child Theory of mind , language , and reading : Developmental relations from early childhood to early adolescence. Journal of Experimental Child Psychology, 191, 104739. https://doi.org/10.1016/j.jecp.2019.104739

Fauziddin, M. (2017). Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Upaya Peningkatan Kemampuan Bahasa Anak Usia 4-5 Tahun melalui Kegiatan Menceritakan Kembali Isi Cerita di Kelompok Bermain Aisyiyah Gobah Kecamatan Tambang. 1(1), 42–51. https://doi.org/10.31004/obsesi.v1i1.30

Fitriani, N., & Joni. (2017). Peningkatan Kemampuan Berbicara Anak Melalui Media Cerita Bergambar Anak Kelompok B TK Ayu Smart Kids Batubelah. PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1).

Guslinda, & Kurnia, R. (2018). Media Pembelajaran Anak Usia Dini. Jakad Publishing. https://doi.org/10.13057/ijap.v4i02.4978

Hamidah, J. (2019). Pola Asuh Orsng tua terhadap Kesantunan Berbahasa Anak Usia Dini (Kajian Pragmatik). 1(1), 9–16.

Joni. (2019). Penerapan Metode Bernyanyi untuk Meningkatkan Perkembangan Kosa Kata Anak Usia Dini. Journal on Early Childhood Education Research, 6034(1), 9–16.

Knauer, H. A., Jakiela, P., Ozier, O., Aboud, F., & Fernald, L. C. H. (2020). Early Childhood Research Quarterly Enhancing young children ’ s language acquisition through parent – child book-sharing : A randomized trial in rural Kenya. Early Childhood Research Quarterly, 50, 179–190. https://doi.org/10.1016/j.ecresq.2019.01.002

Liang, H., Vuong, A. M., Xie, C., Webster, G. M., Sjödin, A., Yuan, W., Miao, M., Braun, J. M., Dietrich, K. N., Yolton, K., Lanphear, B. P., & Chen, A. (2019). Childhood polybrominated diphenyl ether ( PBDE ) serum concentration and reading ability at ages 5 and 8 years : The HOME Study ☆. Environment International, 122(February 2018), 330–339. https://doi.org/10.1016/j.envint.2018.11.026

Mak, H. W., & Fancourt, D. (2020). Reading for pleasure in childhood and adolescent healthy behaviours : Longitudinal associations using the Millennium Cohort Study. Preventive Medicine, 130(June 2019), 105889. https://doi.org/10.1016/j.ypmed.2019.105889

Mangen, A., Hoel, T., Jernes, M., & Moser, T. (2019). Shared , dialogue-based reading with books vs tablets in early childhood education and care : Protocol for a mixed-methods intervention study. International Journal of Educational Research, 97(June), 88–98. https://doi.org/10.1016/j.ijer.2019.07.002

Noble, C., Sala, G., Peter, M., Lingwood, J., Rowland, C., Gobet, F., & Pine, J. (2019). The impact of shared book reading on children ’ s language skills : A. Educational Research Review, 28(October 2018), 100290. https://doi.org/10.1016/j.edurev.2019.100290

Suardi, I. P., Syahrul, R., & Asri, Y. (2019). Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Pemerolehan Bahasa Pertama pada Anak Usia Dini. 3(1), 265–273. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.160

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian dan Pengembangan. Alfabeta. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i2.260

Taja, N., Inten, D. N., & Hakim, A. (2019). Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Upaya Meningkatkan Keterampilan Mengajar Baca Tulis Al-Qur ` An bagi Guru. 3(1), 68–81. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.135

Village, W., Regency, L., Nur, Y., & Sary, E. (2018). Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Relationship of Parenting with Child Interpersonal Intelligence in. 2(2), 137–142. https://doi.org/10.31004/obsesi.v2i2.93

Wildová, R., & Kropá, J. (2015). Early Childhood Pre-reading Literacy Development. 191, 878–883. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.04.418


Article Metrics

 Abstract Views : 195 times
 PDF Downloaded : 57 times


This article can be traced from:

Refbacks

  • There are currently no refbacks.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.