Kemampuan Membaca Permulaan melalui Penggunaan Media Big Book untuk Anak Usia Dini

Author


Fitri Rahmadani Ritonga(1Mail), Kartika Nur Fathiyah(2),
Pendidikan anak usia dini, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia(1)
Psikologi, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia(2)

Mail Corresponding Author

 PDF Full Text   [File Size: 358KB]

Published : 2023-10-25

Article can trace at:


Article Metrics

Abstract Views: 1430 times PDF Downloaded: 834 times

Abstract


Pembelajaran anak usia dini sangat didukung oleh ketersediaan media, khususnya media Big book. Media Big book dikembangkan untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan anak usia dini. Penelitian ini bertujuan Tujuan penelitian ini untuk mengkaji secara teoritis bagaimana kemampuan membaca permulaan melalui penggunaan media big book dengan Metode penelitian ini adalah literature riview, untuk melakukan tinjauan literatur, peneliti membaca, menganalisis, dan mengembangkan kesimpulan. Hasil dari kajian literatur yaitu media big book berpengaruh positif terhadap membaca permulaan. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan pengembangan media Big book yang telah dilakukan pada penelitian-penelitian yang telah ada. Selanjutnya, hasil tersebut dibandingkan satu sama lain untuk dapat memperoleh hasil akhir penelitian yang cocok dengan topik yang diangkat oleh peneliti. Penelitan ini mendeskripsikan keefektifan penggunaan media Big book berbasis kearifan lokal dalam kegiatan pembelajaran membaca permulaan. Instrumen kunci dalam pengumpulan data ini adalah peneliti sendiri dengan melakukan berbagai analisis pada jurnal jurnal kajian yang serupa dengan topik yang diangkat oleh peneliti


Keywords


membaca permulaan; media big book; anak usia dini

References


Antariani, K. M., Gading, I. K., & Antara, P. A. (2021). Big book untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 9(3), 467. https://doi.org/10.23887/paud.v9i3.40594

Artini, L. E. J., Magta, M., & Ujianti, P. R. (2019). Pengaruh Metode Membaca Dasar Bermediakan Big Book Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Anak Kelompok A. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 7(2), 195. https://doi.org/10.23887/paud.v7i2.18994

Atik, L. (2016). Pembuatan dan Penggunaan Media Big Book Untuk Membentuk Anak Usia Dini Senang Membaca. Bunayya : Jurnal Pendidikan Anak, VI(2), 141–155. https://jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/bunayya/article/view/7310

Chairina, I. (2020). Meningkatkan Keterampilan Membaca Permulaan Di Kelas Rendah Melalui Media Big Book. Al ’ Adzkiya Internasional Of Education And Sosial, 1–9. https://aladzkiyajournal.com/index.php/AIoES/article/view/3

Erniawati, P., & Rusdiyani, I. (2018). Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Media Big Book (Penelitian Tindakan untuk Anak Kelompok B Usia 5-6 Tahun di TK PGRI Panggarangan Lebak Banten). Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 51. https://doi.org/10.30870/jpppaud.v5i1.4680

Fatriani, A., & Samadhy, U. (2018). Pengembangan Media Big Book Terhadap Keterampilan Membaca Permulaan Dengan Metode Suku Kata. Joyful Learning Journal, 7(1), 1–9. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jlj/article/view/25087

Halimatussa’diyah, F., & Fahruddin. (2018). Pengembangan Media Big Book Untuk Menstimulasi Kemampuan Membaca Permulaan Anak Kelompok B Paud Tanwirul Qulub Tahun Ajaran 2016/2017. Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 8(2), 9–15. https://doi.org/10.17509/cd.v8i2.10534

Hayati, Z., Juwita, R. P., & Asmah, U. (2022). Pengembangan Media Big Book Prayer untuk Mengoptimalkan Religious Moral Activities Anak 4-5 Tahun. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(6), 6621–6640. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i6.2328

Herlina, E. S., Agama, I., Negeri, K., & Tarutung, I. (2018). Membaca Permulaan Untuk Anak Usia Dini Dalam Era Pendidikan 4.0. Jurnal Pionir, 5(4). http://jurnal.una.ac.id/index.php/pionir/article/view/1290

Idris, T., Wita, A., Rahmi, E., & Warmansyah, J. (2022). Ablution Skills in Early Childhood: The Effect of Big Book Media. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(6), 5549–5557. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i6.3185

Kumalasari, I. D. (2016). Peningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Melalui Media Big Book. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(September). https://journal.student.uny.ac.id/index.php/pgsd/article/view/13483

Kusumadewi, H., & Reknosari, R. (2020). Sosialisasi Penggunaan Media Big Book dalam Penerapan Membaca Permulaan dan Peningkatan Kosakata Siswa. ABDIMAS: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(2), 274–278. https://doi.org/10.35568/abdimas.v3i2.535

Marlina, L., Sartika, I. D., & Septiana, E. (2022). Pengembangan Media Pop Up Book Dalam Meningkatkan Membaca Permulaan Anak Kelompok B. Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 1(3), 380–385. http://ulilalbabinstitute.com/index.php/JIM/article/view/108/82

Misrawati, M. (2018). Upaya Meningkatkan Keterampilan Membaca Permulaan Bahasa Indonesia Dengan Menggunakan Media Big Book Pada Peserta Didik Kelas I Sdn 24 Temmalebba Kota Palopo. Pedagogik Journal of Islamic Elementary School, 1(2), 173–182. https://doi.org/10.24256/pijies.v1i2.405

Nur Fitriani, T., & Aminin, Z. (2013). Pengaruh Penggunaan Media Buku Besar (Big Book) Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Anak Kelompok B Di Tk Qoshrul Ubudiyah Surabaya. PAUD Teratai, 2(2), 1–5. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/paud-teratai/article/view/2399/1481

Pratiwi, K. W., Gading, I. K., & Antara, P. A. (2021). Pengembangan Instrumen Penilaian Kemampuan Membaca Permulaan Pada Anak Kelompok B Taman Kanak-Kanak. Journal for Lesson and Learning Studies, 4(1), 63–75. https://doi.org/10.23887/jlls.v4i1.33574

Rahmah, N. N., & Amaliya, N. (2022). Efektivitas Penggunaan Media Big Book Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(3), 738–745. https://doi.org/10.31949/jcp.v8i3.2581

Ramdhani, T. A., Kosmajadi, E., & Susilo, V. S. (2021). Peran Media Big Book Dalam Mengatasi Kesulitan Membaca Permulaan Di Sekolah Dasar. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, 77–82. http://prosiding.unma.ac.id/index.php/semnasfkip/article/view/565

Ritonga, S., & Rambe, R. N. (2022). Penggunaan media big book dalam meningkatkan kemampuan membaca permulaan siswa kelas rendah sekolah dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(4), 1266–1272. https://doi.org/10.31949/jcp.v8i4.3129

Rosidah, A., & Pebrianti, D. (2022). Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Dengan Menggunakan Media Big Book Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(3). https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jpdk/article/view/5037

Sari, I. R. (2019). Pengembangan Big Book Untuk Pengenalan Membaca Permulaan Kelas B Tk Aba Gluntung. E-Jurnal Skripsi Program Studi Teknologi Pendidikan, 8(4), 288–294. https://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/fiptp/article/view/16244

Sari, M., & Zulminiati, Z. (2021). Penggunaan Media Big Book Terhadap Kemampuan Membaca Anak Usia 5-6 Tahun Di Tk Kecamatan Guguk Panjang Kota Bukittinggi. Early Childhood: Jurnal Pendidikan, 5(1), 66–77. https://doi.org/10.35568/earlychildhood.v5i1.1211

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R &Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R & D. Alfabeta.

Suyanto, S. (2012). Pendidikan karakter untuk anak usia dini. 1(1).

Talu, A. T. I., Rahmat, S. T., & Sum, T. A. (2019). Pemanfaatan Media Bigbook Dalam Mengembangkan Kemampuan Membaca Permulaan Anak Tk Kelompok B Di Kecamatan Langke Rembong. Randang Tana - Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 79–84. https://doi.org/10.36928/jrt.v2i1.285

Tatminingsih, S. (2022). Analisis Proses Pengembangan Big Book sebagai Strategi untuk Menstimulasi Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(6), 6123–6136. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i6.3384

Vera Anaiza, I., Rahmi, R., & Fitriah, D. (2021). Upaya Meningkatkan Minat Baca Pada Anak Usia Dini Melalaui Media Big Book Pada Anak Kelompok B1 Tk Kemala Bhayangkari I Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa, 2(2), 1. https://jim.bbg.ac.id/pendidikan/article/view/600

Wandini, R. R., Daulay, S. H., Damanik, E. S. D., Mardianto, M., & Akhyaruddin, A. (2021). Students’ Scientific Literacy Skills by Using Big book-based Science Textbooks (Changes in Form of Objects). Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3), 1897–1906. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i3.1362

Wirharto, R., Ddarmiyanti, A., & Putri, F. E. (2022). Pengaruh Media Big Book Murangkalih terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Anak Usia Dini 4-5 Tahun di RA Modern Asshofwan Karawang Rita. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(4), 1349–1358. http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jpdk/article/view/6367

Yansyah, Y., Hamidah, J., & Ariani, L. (2021). Pengembangan Big Book Storytelling Dwibahasa untuk Meningkatkan Literasi Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3), 1449–1460. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i3.1779


Refbacks

  • There are currently no refbacks.