
Author
Fitri Rahmadani Ritonga(1

Pendidikan anak usia dini, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia(1)
Psikologi, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia(2)

Published : 2023-10-25
Article can trace at:







Article Metrics
Abstract Views: 1430 times
PDF Downloaded: 834 times
Abstract
Pembelajaran anak usia dini sangat didukung oleh ketersediaan media, khususnya media Big book. Media Big book dikembangkan untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan anak usia dini. Penelitian ini bertujuan Tujuan penelitian ini untuk mengkaji secara teoritis bagaimana kemampuan membaca permulaan melalui penggunaan media big book dengan Metode penelitian ini adalah literature riview, untuk melakukan tinjauan literatur, peneliti membaca, menganalisis, dan mengembangkan kesimpulan. Hasil dari kajian literatur yaitu media big book berpengaruh positif terhadap membaca permulaan. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan pengembangan media Big book yang telah dilakukan pada penelitian-penelitian yang telah ada. Selanjutnya, hasil tersebut dibandingkan satu sama lain untuk dapat memperoleh hasil akhir penelitian yang cocok dengan topik yang diangkat oleh peneliti. Penelitan ini mendeskripsikan keefektifan penggunaan media Big book berbasis kearifan lokal dalam kegiatan pembelajaran membaca permulaan. Instrumen kunci dalam pengumpulan data ini adalah peneliti sendiri dengan melakukan berbagai analisis pada jurnal jurnal kajian yang serupa dengan topik yang diangkat oleh peneliti
Keywords
References
Antariani, K. M., Gading, I. K., & Antara, P. A. (2021). Big book untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 9(3), 467. https://doi.org/10.23887/paud.v9i3.40594
Artini, L. E. J., Magta, M., & Ujianti, P. R. (2019). Pengaruh Metode Membaca Dasar Bermediakan Big Book Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Anak Kelompok A. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 7(2), 195. https://doi.org/10.23887/paud.v7i2.18994
Atik, L. (2016). Pembuatan dan Penggunaan Media Big Book Untuk Membentuk Anak Usia Dini Senang Membaca. Bunayya : Jurnal Pendidikan Anak, VI(2), 141–155. https://jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/bunayya/article/view/7310
Chairina, I. (2020). Meningkatkan Keterampilan Membaca Permulaan Di Kelas Rendah Melalui Media Big Book. Al ’ Adzkiya Internasional Of Education And Sosial, 1–9. https://aladzkiyajournal.com/index.php/AIoES/article/view/3
Erniawati, P., & Rusdiyani, I. (2018). Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Media Big Book (Penelitian Tindakan untuk Anak Kelompok B Usia 5-6 Tahun di TK PGRI Panggarangan Lebak Banten). Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 51. https://doi.org/10.30870/jpppaud.v5i1.4680
Fatriani, A., & Samadhy, U. (2018). Pengembangan Media Big Book Terhadap Keterampilan Membaca Permulaan Dengan Metode Suku Kata. Joyful Learning Journal, 7(1), 1–9. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jlj/article/view/25087
Halimatussa’diyah, F., & Fahruddin. (2018). Pengembangan Media Big Book Untuk Menstimulasi Kemampuan Membaca Permulaan Anak Kelompok B Paud Tanwirul Qulub Tahun Ajaran 2016/2017. Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 8(2), 9–15. https://doi.org/10.17509/cd.v8i2.10534
Hayati, Z., Juwita, R. P., & Asmah, U. (2022). Pengembangan Media Big Book Prayer untuk Mengoptimalkan Religious Moral Activities Anak 4-5 Tahun. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(6), 6621–6640. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i6.2328
Herlina, E. S., Agama, I., Negeri, K., & Tarutung, I. (2018). Membaca Permulaan Untuk Anak Usia Dini Dalam Era Pendidikan 4.0. Jurnal Pionir, 5(4). http://jurnal.una.ac.id/index.php/pionir/article/view/1290
Idris, T., Wita, A., Rahmi, E., & Warmansyah, J. (2022). Ablution Skills in Early Childhood: The Effect of Big Book Media. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(6), 5549–5557. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i6.3185
Kumalasari, I. D. (2016). Peningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Melalui Media Big Book. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(September). https://journal.student.uny.ac.id/index.php/pgsd/article/view/13483
Kusumadewi, H., & Reknosari, R. (2020). Sosialisasi Penggunaan Media Big Book dalam Penerapan Membaca Permulaan dan Peningkatan Kosakata Siswa. ABDIMAS: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(2), 274–278. https://doi.org/10.35568/abdimas.v3i2.535
Marlina, L., Sartika, I. D., & Septiana, E. (2022). Pengembangan Media Pop Up Book Dalam Meningkatkan Membaca Permulaan Anak Kelompok B. Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 1(3), 380–385. http://ulilalbabinstitute.com/index.php/JIM/article/view/108/82
Misrawati, M. (2018). Upaya Meningkatkan Keterampilan Membaca Permulaan Bahasa Indonesia Dengan Menggunakan Media Big Book Pada Peserta Didik Kelas I Sdn 24 Temmalebba Kota Palopo. Pedagogik Journal of Islamic Elementary School, 1(2), 173–182. https://doi.org/10.24256/pijies.v1i2.405
Nur Fitriani, T., & Aminin, Z. (2013). Pengaruh Penggunaan Media Buku Besar (Big Book) Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Anak Kelompok B Di Tk Qoshrul Ubudiyah Surabaya. PAUD Teratai, 2(2), 1–5. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/paud-teratai/article/view/2399/1481
Pratiwi, K. W., Gading, I. K., & Antara, P. A. (2021). Pengembangan Instrumen Penilaian Kemampuan Membaca Permulaan Pada Anak Kelompok B Taman Kanak-Kanak. Journal for Lesson and Learning Studies, 4(1), 63–75. https://doi.org/10.23887/jlls.v4i1.33574
Rahmah, N. N., & Amaliya, N. (2022). Efektivitas Penggunaan Media Big Book Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(3), 738–745. https://doi.org/10.31949/jcp.v8i3.2581
Ramdhani, T. A., Kosmajadi, E., & Susilo, V. S. (2021). Peran Media Big Book Dalam Mengatasi Kesulitan Membaca Permulaan Di Sekolah Dasar. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, 77–82. http://prosiding.unma.ac.id/index.php/semnasfkip/article/view/565
Ritonga, S., & Rambe, R. N. (2022). Penggunaan media big book dalam meningkatkan kemampuan membaca permulaan siswa kelas rendah sekolah dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(4), 1266–1272. https://doi.org/10.31949/jcp.v8i4.3129
Rosidah, A., & Pebrianti, D. (2022). Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Dengan Menggunakan Media Big Book Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(3). https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jpdk/article/view/5037
Sari, I. R. (2019). Pengembangan Big Book Untuk Pengenalan Membaca Permulaan Kelas B Tk Aba Gluntung. E-Jurnal Skripsi Program Studi Teknologi Pendidikan, 8(4), 288–294. https://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/fiptp/article/view/16244
Sari, M., & Zulminiati, Z. (2021). Penggunaan Media Big Book Terhadap Kemampuan Membaca Anak Usia 5-6 Tahun Di Tk Kecamatan Guguk Panjang Kota Bukittinggi. Early Childhood: Jurnal Pendidikan, 5(1), 66–77. https://doi.org/10.35568/earlychildhood.v5i1.1211
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R &Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R & D. Alfabeta.
Suyanto, S. (2012). Pendidikan karakter untuk anak usia dini. 1(1).
Talu, A. T. I., Rahmat, S. T., & Sum, T. A. (2019). Pemanfaatan Media Bigbook Dalam Mengembangkan Kemampuan Membaca Permulaan Anak Tk Kelompok B Di Kecamatan Langke Rembong. Randang Tana - Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 79–84. https://doi.org/10.36928/jrt.v2i1.285
Tatminingsih, S. (2022). Analisis Proses Pengembangan Big Book sebagai Strategi untuk Menstimulasi Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(6), 6123–6136. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i6.3384
Vera Anaiza, I., Rahmi, R., & Fitriah, D. (2021). Upaya Meningkatkan Minat Baca Pada Anak Usia Dini Melalaui Media Big Book Pada Anak Kelompok B1 Tk Kemala Bhayangkari I Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa, 2(2), 1. https://jim.bbg.ac.id/pendidikan/article/view/600
Wandini, R. R., Daulay, S. H., Damanik, E. S. D., Mardianto, M., & Akhyaruddin, A. (2021). Students’ Scientific Literacy Skills by Using Big book-based Science Textbooks (Changes in Form of Objects). Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3), 1897–1906. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i3.1362
Wirharto, R., Ddarmiyanti, A., & Putri, F. E. (2022). Pengaruh Media Big Book Murangkalih terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Anak Usia Dini 4-5 Tahun di RA Modern Asshofwan Karawang Rita. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(4), 1349–1358. http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jpdk/article/view/6367
Yansyah, Y., Hamidah, J., & Ariani, L. (2021). Pengembangan Big Book Storytelling Dwibahasa untuk Meningkatkan Literasi Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3), 1449–1460. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i3.1779
Refbacks
- There are currently no refbacks.