Pengelolaan Manajemen Kurikulum Pendidikan Anak Usia Dini

Authors

  • Puji Rahayu Eka Patria Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Muhammadiyah Surakarta, Indonesia
  • Zulkarnaen Zulkarnaen Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Muhammadiyah Surakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i4.4515

Keywords:

perencanaan kurikulum, pengorganisasian kurikulum, pelaksanaan kurikulum

Abstract

Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk merencanakan, melaksanakan dan melakukan kurikulum pendidikan anak usia dini. Metode penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Perencanaan kegiatan pembelajaran terdiri atas perencanaan Tahunan (prota) dan Semester (prosem), perencanaan Mingguan dan perencanaan Harian. Dalam pengorganisasian bahan ajar keagamaan, menggunakan metode qiro’ati sebagai pedomannya dan dengan tahnik klasikal dan individual. Pelaksanaan kurikulum mengimplementasikan kurikulum merdeka belajar. Subjek penelitian ini adalah tiga guru dan satu kepala sekolah. Pengumpulan data berupa wawancara dengan guru dalam berlangsungnya proses pembelajaran, berpedoman pada wawancara dengan narasumber langsung, dilanjutkan dengan observasi, peneliti melakukan pengamatan terhadap guru, anak dan lingkungan sekitar. Setelah data terkumpul maka akan dianalisis dengan deskriptif kualitatif untuk menghasilkan kesimpulan yang benar dan sesuai dengan masalah yang ada. Berdasarkan hasil observasi, pengelolaan kurikulum dijalankan dengan menerapkan prinsip-prinsip manajemen yang meliputi, planning (perencanaan), organizing (pengorganisasian), actuating (penggerakan), controlling (pengontrolan) dan evaluating (evaluasi).

Downloads

Download data is not yet available.

References

Basri, H., Ratnasari, D., Zakaria, A. R., Education, I., Studies, I. R., & Malaya, U. (2023). Implementation of 21st Century Learning in the Independent Learning Curriculum at SD IT Islamic Center Deli Serdang. Educative: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 1(2), 43–50. https://doi.org/10.37985/educative.v1i2.61

Ennis, R. H. (2018). Critical Thinking Across the Curriculum: A Vision. Topoi, 37(1), 165–184. https://doi.org/10.1007/s11245-016-9401-4

Freeman, C., Ergler, C., Kearns, R., & Smith, M. (2022). Covid-19 in New Zealand and the Pacific: implications for children and families. Children’s Geographies, 20(4), 459–468. https://doi.org/10.1080/14733285.2021.1907312

Hamid, A., & Hadi, M. S. (2020). Desain Pembelajaran Flipped Learning sebagai Solusi Model Pembelajaran PAI Abad 21. Quality, 8(1), 149. https://doi.org/10.21043/quality.v8i1.7503

Imam Tabroni, & Rahmania, S. (2022). Implementation of Akhlaqul Karimah Through Islamic Religious Education Approach In Early Children. EAJMR: East Asian Journal of Multidisciplinary Research, 1(1), 33–40. https://doi.org/10.54259/eajmr.v1i1.454

Jaohar, Y., & Silawane, N. (2023). Kompetensi Pedahogik dan Profesional Guru dalam Implementasi Pembelajaran Tematik Terpadu dan Hasil Belajar Aspek Sikap Peserta Didik Kelas III di MIN 1 Kota Ternate. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 9(3), 548–556. https://jurnal.peneliti.net/index.php/JIWP/article/view/3785

Jonsi, E. R., & Riyanto, R. (2021). Hambatan Siswa Kelas VIII di SMPN 4 Pacar dalam Mempelajari Mata Pelajaran Biologi disaat Pandemic Covid-19. Prosiding Seminar Nasional IKIP Budi Utomo, 2(01), 233–237. https://doi.org/10.33503/prosiding.v2i01.1570

Kholifah, N., Mustaji, M., & Yani, M. T. (2022). Pengembangan Flipped Classroom dengan Pendekatan Saintifik untuk Meningkatkan Pemahaman dan Keterampilan Menulis Teks Deskripsi Siswa Kelas V. PENDIPA Journal of Science Education, 6(3), 712–718. https://doi.org/10.33369/pendipa.6.3.712-718

Marie, H., & Aini, N. (2021). Analisis Manajemen Sarana Prasarana Efektif Meningkatkan Kreativitas Anak. TUNAS SILIWANGI, 7(1), 14–23. https://doi.org/10.22460/ts.v7i1p%25p.2412

Maspupah, U. (2018). Pengembangan Kurikulum Di Lembaga Pendidikan Anak Usia Dini. YINYANG: Jurnal Studi Islam, Gender Dan Anak, 13(1), 133–135. https://doi.org/10.24090/yinyang.v13i1.2018.pp133-135

Melnyk, N., Maksymchuk, B., Gurevych, R., Kalenskyi, A., Dovbnya, S., Groshovenko, O., & Filonenko, L. (2021). The Establishment and Development of Professional Training for Preschool Teachers in Western European Countries. Revista Romaneasca Pentru Educatie Multidimensionala, 13(1), 208–233. https://doi.org/10.18662/rrem/13.1/369

Rifai, A. (2018). Pengembangan Dan Inovasi Kurikulum 2013 Pada Pendidikan Anak Usia Dini Di RA Ibnu Aqil Soreang Kabupaten Bandung. Waladuna: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2(1), 1–10. http://jurnal.iailm.ac.id/index.php/waladuna/article/view/82

Downloads

Published

15-08-2023

How to Cite

Patria, P. R. E., & Zulkarnaen, Z. (2023). Pengelolaan Manajemen Kurikulum Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(4), 4199–4208. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i4.4515

Issue

Section

Articles