- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Pengelolaan Manajemen Kurikulum Pendidikan Anak Usia Dini
DOI:
https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i4.4515Keywords:
perencanaan kurikulum, pengorganisasian kurikulum, pelaksanaan kurikulumAbstract
Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk merencanakan, melaksanakan dan melakukan kurikulum pendidikan anak usia dini. Metode penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Perencanaan kegiatan pembelajaran terdiri atas perencanaan Tahunan (prota) dan Semester (prosem), perencanaan Mingguan dan perencanaan Harian. Dalam pengorganisasian bahan ajar keagamaan, menggunakan metode qiro’ati sebagai pedomannya dan dengan tahnik klasikal dan individual. Pelaksanaan kurikulum mengimplementasikan kurikulum merdeka belajar. Subjek penelitian ini adalah tiga guru dan satu kepala sekolah. Pengumpulan data berupa wawancara dengan guru dalam berlangsungnya proses pembelajaran, berpedoman pada wawancara dengan narasumber langsung, dilanjutkan dengan observasi, peneliti melakukan pengamatan terhadap guru, anak dan lingkungan sekitar. Setelah data terkumpul maka akan dianalisis dengan deskriptif kualitatif untuk menghasilkan kesimpulan yang benar dan sesuai dengan masalah yang ada. Berdasarkan hasil observasi, pengelolaan kurikulum dijalankan dengan menerapkan prinsip-prinsip manajemen yang meliputi, planning (perencanaan), organizing (pengorganisasian), actuating (penggerakan), controlling (pengontrolan) dan evaluating (evaluasi).
Downloads
References
Basri, H., Ratnasari, D., Zakaria, A. R., Education, I., Studies, I. R., & Malaya, U. (2023). Implementation of 21st Century Learning in the Independent Learning Curriculum at SD IT Islamic Center Deli Serdang. Educative: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 1(2), 43–50. https://doi.org/10.37985/educative.v1i2.61
Ennis, R. H. (2018). Critical Thinking Across the Curriculum: A Vision. Topoi, 37(1), 165–184. https://doi.org/10.1007/s11245-016-9401-4
Freeman, C., Ergler, C., Kearns, R., & Smith, M. (2022). Covid-19 in New Zealand and the Pacific: implications for children and families. Children’s Geographies, 20(4), 459–468. https://doi.org/10.1080/14733285.2021.1907312
Hamid, A., & Hadi, M. S. (2020). Desain Pembelajaran Flipped Learning sebagai Solusi Model Pembelajaran PAI Abad 21. Quality, 8(1), 149. https://doi.org/10.21043/quality.v8i1.7503
Imam Tabroni, & Rahmania, S. (2022). Implementation of Akhlaqul Karimah Through Islamic Religious Education Approach In Early Children. EAJMR: East Asian Journal of Multidisciplinary Research, 1(1), 33–40. https://doi.org/10.54259/eajmr.v1i1.454
Jaohar, Y., & Silawane, N. (2023). Kompetensi Pedahogik dan Profesional Guru dalam Implementasi Pembelajaran Tematik Terpadu dan Hasil Belajar Aspek Sikap Peserta Didik Kelas III di MIN 1 Kota Ternate. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 9(3), 548–556. https://jurnal.peneliti.net/index.php/JIWP/article/view/3785
Jonsi, E. R., & Riyanto, R. (2021). Hambatan Siswa Kelas VIII di SMPN 4 Pacar dalam Mempelajari Mata Pelajaran Biologi disaat Pandemic Covid-19. Prosiding Seminar Nasional IKIP Budi Utomo, 2(01), 233–237. https://doi.org/10.33503/prosiding.v2i01.1570
Kholifah, N., Mustaji, M., & Yani, M. T. (2022). Pengembangan Flipped Classroom dengan Pendekatan Saintifik untuk Meningkatkan Pemahaman dan Keterampilan Menulis Teks Deskripsi Siswa Kelas V. PENDIPA Journal of Science Education, 6(3), 712–718. https://doi.org/10.33369/pendipa.6.3.712-718
Marie, H., & Aini, N. (2021). Analisis Manajemen Sarana Prasarana Efektif Meningkatkan Kreativitas Anak. TUNAS SILIWANGI, 7(1), 14–23. https://doi.org/10.22460/ts.v7i1p%25p.2412
Maspupah, U. (2018). Pengembangan Kurikulum Di Lembaga Pendidikan Anak Usia Dini. YINYANG: Jurnal Studi Islam, Gender Dan Anak, 13(1), 133–135. https://doi.org/10.24090/yinyang.v13i1.2018.pp133-135
Melnyk, N., Maksymchuk, B., Gurevych, R., Kalenskyi, A., Dovbnya, S., Groshovenko, O., & Filonenko, L. (2021). The Establishment and Development of Professional Training for Preschool Teachers in Western European Countries. Revista Romaneasca Pentru Educatie Multidimensionala, 13(1), 208–233. https://doi.org/10.18662/rrem/13.1/369
Rifai, A. (2018). Pengembangan Dan Inovasi Kurikulum 2013 Pada Pendidikan Anak Usia Dini Di RA Ibnu Aqil Soreang Kabupaten Bandung. Waladuna: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2(1), 1–10. http://jurnal.iailm.ac.id/index.php/waladuna/article/view/82