Peran Pendidikan Jasmani dalam Pengembangan Motorik Kasar pada Anak Usia Dini

Authors

  • Oki Candra Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi, Universitas Islam Riau, Indonesia
  • Nuridin Widya Pranoto Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Padang, Indonesia
  • Ropitasari Ropitasari D-3 Kebidanan, Universitas Sebelas Maret Surakarta, Indonesia
  • Didik Cahyono Pendidikan Jasmani, Universitas Mulawarman, Indonesia
  • Ellyzabeth Sukmawati D-3 Kebidanan, STIKES Serulingmas, Indonesia
  • Ansar CS Ilmu Keolahragaan, Universitas Cenderawasih, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i2.4506

Keywords:

pendidikan jasmani, motorik kasar, anak usia dini

Abstract

Motorik kasar merupakan keterampilan fisik yang sangat dibutuhkan dalam kehidupan sehari-hari dan dapat berpengaruh pada perkembangan fisik, kognitif, dan sosial anak. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran pendidikan jasmani dalam pengembangan motorik kasar pada anak usia dini. Metode kajian studi literatur digunakan untuk mengumpulkan dan menganalisis data dari berbagai sumber. Analisis data dalam penelitian ini dilakukan dengan cara mengevaluasi dan menganalisis berbagai sumber informasi yang telah dikumpulkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidikan jasmani memiliki peran penting dalam mengembangkan kemampuan motorik kasar pada anak usia dini, yang dapat memengaruhi perkembangan kognitif, sosial, dan emosional anak. Namun, masih terdapat permasalahan dalam pengembangan motorik kasar pada anak usia dini, seperti kurangnya pengetahuan dan pemahaman orang tua dan lembaga pendidikan mengenai pentingnya pendidikan jasmani. Penelitian ini memiliki implikasi untuk meningkatkan kesadaran dan pengetahuan tentang pentingnya pendidikan jasmani dalam pengembangan motorik kasar pada anak usia dini, mengintegrasikannya dengan kurikulum pendidikan, serta memberikan perhatian lebih pada pengembangan motorik kasar anak usia dini.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anggraeni, D., & Na’imah. (2022). Strategi Stimulasi Perkembangan Motorik Kasar Anak Usia Dini Melalui Maze Karpet Covid-19. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 2553–2563. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.2103

Darmanto, F., Yuwono, C., Supriyono, S., Pamot, H., & Ichsandi, R. (2019). Analisis Perkembangan Anak Usia 5-6 Tahun Dengan Metode Denver Development Screening Test Motorik Kasar Bagi Siswa Taman Kanak-Kanak. JSES: Journal of Sport and Exercise Science, 2(2), 38–43. https://doi.org/10.26740/jses.v2n2.p38-43

Fitriani, D., Rahman, T., & Muslihin, H. Y. (2021). Analisis Perkembangan Motorik Kasar Anak Usia 4-5 Tahun Di Masa Pandemi Covid-19 Di Desa Janggala Kecamatan Sukaraja Kabupaten Tasikmalaya. Golden Age : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 13–22. https://doi.org/10.29313/ga:jpaud.v5i1.7874

Hakiki, N., & Khotimah, K. (2020). Penggunaan Permainan Edukatif Tradisional dalam Mengembangkan Motorik Kasar Anak Usia Dini. PRESCHOOL: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 22–31. https://doi.org/10.35719/preschool.v1i1.3

Hasana, N. I., Sugihartono, T., & Raibowo, S. (2021). Pengembangan Model Media Pembelajaran Audio Visual Berbasis ICT Dalam Pembelajaran PJOK Pada Guru SD Negeri Se-Kecamatan Seluma. SPORT GYMNASTICS : Jurnal Ilmiah Pendidikan Jasmani, 2(1), 60–69. https://doi.org/10.33369/gymnastics.v2i1.14911

Hita, I. P. A. D. (2020). Efektivitas Metode Latihan Aerobik dan Anaerobik Untuk Menurunkan Tingkat Overweight dan Obesitas. Jurnal Penjakora, 7(2), 135–142. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/PENJAKORA/article/view/27375

Hita, I. P. A. D. (2022). Kebugaran Jasmani Peserta Didik Dimasa Awal Full Day School. Jurnal Ilmu Keolahragaan, 5(2), 1–7. https://doi.org/10.26418/jilo.v5i2.56325

Hita, I. P. A. D., Kushartanti, B. M. W., Ariestika, E., Widiyanto, & Nizeyumukiza, E. (2021). The Association Between Physical Activity and Self-Rated Health Among Older Adults. Journal of Population and Social Studies, 29, 450–458. https://doi.org/10.25133/JPSSv292021.028

Humaedi, Saparia, A., Nirmala, B., & Abduh, I. (2022). Deteksi Dini Motorik Kasar pada Anak Usia 4-6 Tahun. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 558–564. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i1.1368

Indriani, D., Muslihin, H. Y., & Rahman, T. (2022). Analisis Penggunaan Media Loose Parts untuk Meningkatkan Kemampuan Motorik Kasar Anak Usia 4-5 Tahun. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(4), 1180–1187. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5414

Kurniawati, R., & Mulyati, M. (2021). Mengembangkan Kognitif Anak Usia Dini Melalui Permainan Sains. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 5730–5736. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/1859

Kuswanto, C. W., & Pratiwi, D. D. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Pendidikan Jasmani untuk Anak Usia Dini Berbasis Tematik. Al-Athfal: Jurnal Pendidikan Anak, 6(1), 55–68. https://doi.org/10.14421/al-athfal.2020.61-05

Mahfud, I., & Fahrizqi, E. B. (2020). Pengembangan Model Latihan Keterampilan Motorik Melalui Olahraga Tradisional Untuk Siswa Sekolah Dasar. Sport Science and Education Journal, 1(1). https://doi.org/10.33365/.v1i1.622

Malik, A. A., & Rubiana, I. (2019). Kemampuan Teknik Dasar Bola Basket: Studi Deskriptif Pada Mahasiswa. Journal of SPORT (Sport, Physical Education, Organization, Recreation, and Training), 3(2), 79–84. https://doi.org/10.37058/sport.v3i2.1238

Mashuri, H., Mappaompo, M. A., Palmizal, A., Rahman, T., Saparia, A., & Juhanis, J. (2022). Pengaruh Permainan Gerak Dasar dengan Circuit Training terhadap Perkembangan Motorik Kasar Anak. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(6), 6583–6593. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i6.2213

Nugroho, I. H., Sukmana, A. A., Lestariningrum, A., Septiano, N. I., & Rizqi, A. B. (2021). Efektifitas Pengembangan Model Permainan Bola Keranjang Aspek Motorik Kasar Anak 5-6 Tahun. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3), 2127–2137. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i3.1974

Nurdiansyah, I. (2018). Survei Tingkat Keterlaksanaan Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan di SMP Negeri Surabaya Selatan. Jurnal Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan., 3(3), 25–31. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-jasmani/article/view/14364

Paramitha, S. T., & Anggara, L. E. (2018). Revitalisasi pendidikan jasmani untuk anak usia dini melalui penerapan model bermain edukatif berbasis alam. Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga, 3(1), 41–51. https://doi.org/10.17509/jpjo.v3i1.10612

Prima, P., & Kartiko, D. C. (2021). Survei Kondisi Fisik Atlet Pada Berbagai Cabang Olahraga. Jurnal Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan, 9(1), 161–170. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-jasmani/article/view/38005

Purwanto, D., & Baan, A. B. (2022). Pengaruh Aktivitas Pendidikan Jasmani Terhadap Keterampilan Motorik Kasar Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(6), 5669–5678. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i6.3158

Puspitasari, R. N. (2016). Pengaruh permainan tradisional karetan terhadap pembelajaran motorik kasar atletik lompat jauh. Jurnal PG-PAUD Trunojoyo: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Anak Usia Dini, 3(1), 9–18. https://doi.org/10.21107/pgpaudtrunojoyo.v3i1.3478

Reswari, A. (2021). Efektivitas permainan bola basket modifikasi terhadap kemampuan motorik kasar anak usia 5-6 tahun. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 17–29. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i1.1182

Rizki, H., & Aguss, R. M. (2020). Analisis Tingkat Pencapaian Perkembangan Motorik Kasar Anak Usia 4-5 Tahun Pada Masa Pandemi Covid-19. Journal Of Physical Education, 1(2), 20–24. https://doi.org/10.33365/joupe.v1i2.588

Saripudin, A. (2019). Analisis Tumbuh Kembang Anak Ditinjau Dari Aspek Perkembangan Motorik Kasar Anak Usia Dini. Equalita: Jurnal Studi Gender Dan Anak, 1(1), 114–130. https://doi.org/10.24235/equalita.v1i1.5161

Sugiyono. (2018). Metodelogi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&G. ALFABETA.

Supeni, E., Syaikhu, A., & Alsaudi, A. T. B. D. (2020). Peran Fun Outbond dalam Menstimulasi Motorik Kasar Anak Usia Dini. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan STKIP Kusuma Negara III, 136–141. https://jurnal.stkipkusumanegara.ac.id/index.php/semnara2020/article/view/666

Syafril, S., Kuswanto, C. W., & Muriyan, O. (2020). Dua Cara Pengembangan Motorik Kasar Pada Anak Usia Dini Melalui Gerakan-Gerakan Senam. Jurnal Pelita PAUD, 5(1), 104–113. https://doi.org/10.33222/pelitapaud.v5i1.1172

Trisnaningsih, S. I., Wiyasa, I. K. N., Kes, M., & Darsana, I. W. (2019). Pengaruh Lari Zig-Zag Berbantuan Kursi Terhadap Perkembangan Motorik Kasar Anak Kelompok B Tk Sila Dharma Tahun Ajaran 2018/2019. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 7(1), 100–109. https://doi.org/10.23887/paud.v7i1.18764

Triyono, A. (2019). Pendidikan Karakter pada Sistem Boarding School. Jurnal Kependidikan, 7(2), 251–263. https://doi.org/10.24090/jk.v7i2.3085

Ulfah, A. A., Dimyati, D., & Putra, A. J. A. (2021). Analisis Penerapan Senam Irama dalam Meningkatkan Kemampuan Motorik Kasar Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1844–1852. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.993

Wati, A. (2022). Analisis Perkembangan Motorik Kasar Anak Dalam Pembelajaran Daring Pada Anak TK B Di Tk Save The Kids Banda Aceh [Universitas Bina Bangsa Getsempena]. https://repository.bbg.ac.id/handle/1196

Wicaksono, L. (2017). Pelaksanaan Pendidikan Jasmani dan Olahraga Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak, 3(2), 1–7. http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/PAUD/article/view/14962

Winarno. (2013). Metodologi Penelitian Dalam Pendidikan Jasmani (Issue Januari). UM Press.

Yudha Prawira, A., Prabowo, E., & Febrianto, F. (2021). Model Pembelajaran Olahraga Renang Anak Usia Dini: Literature Review. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(2), 300–308. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i2.995

Downloads

Published

12-05-2023

How to Cite

Candra, O., Pranoto, N. W., Ropitasari, R., Cahyono, D., Sukmawati, E., & CS, A. (2023). Peran Pendidikan Jasmani dalam Pengembangan Motorik Kasar pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(2), 2538–2546. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i2.4506

Issue

Section

Articles