Author
Kasman Ediputra(1),
Prodi Pendidikan Matematika STKIP Pahlawan Tuanku Tambusai, Indonesia(1) Corresponding Author PDF Full Text [File Size: 324KB]
Published : 2016-06-10
Article can trace at:
Article Metrics
Abstract Views: 605 times PDF Downloaded: 536 timesAbstract
Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode eksperimen yang melibatkan dua kelompok yaitu kelompok eksperimen. Sesuai dengan variabel penelitian yang telah disebutkan diatas, ada lima sumber yang akan dijaring untuk keperluan penelitian ini. Data tersebut antara lain: prestasi belajar ranah kognitif, motivasi belajar yang dijaring melalui angket Media gambar untuk aspek kognitif diperoleh persentase sebesar 85,50%, dan untuk aspek psikomotor diperoleh persentase sebesar 84,00%, sedangkan hasil belajar posttest pada penggunakan model pembelajaran konvensional untuk aspek kognitif diperoleh persentase sebesar 65,00%. pembelajaran berbasis Media gambar untuk aspek kognitif diperoleh persentase sebesar 85,50%, dan untuk aspek psikomotor diperoleh persentase sebesar 84,00%, sedangkan hasil belajar posttest pada penggunakan model pembelajaran konvensional untuk aspek kognitif diperoleh persentase sebesar 65,00%, dan untuk aspek psikomotor diperoleh persentase sebesar 60,50%. Berdasarkan hasil belajar posttest aspek kognitif dan aspek psikomotor setelah penggunaan media pembelajaran berbasis Media gambar dapat diambil keputusan bahwa penggunaan media pembelajaran lebih efektif digunakan untuk kegiatan belajar-mengajar pada mata pelajaran PLSBT Materi Lingkungan. Hal tersebut ditunjukan dari hasil belajar posttest aspek kognitif diperoleh persentase sebesar 85,50% dan aspek psikomotor diperoleh persentase sebesar 84,00%.
Keywords
References
Bloom, benjamin s. (1979). Taxonomi of educational objectives, the classification of educational goals. London: longman group. Ltd. Depdiknas. (2008). Kamus besar bahasa indonesia. Jakarta: balai pustaka. E. Mulyasa. (2003). Manajemen berbasis sekolah. Bandung: remaja rosdakarya. J. Handhika*.2012. Efektivitas media pembelajaran im3.Ditinjau dari motivasi belajar. Ikip PGRI madiun, indonesia Muhibbin syah. (2008). Psikologi pendidikan dengan pendekatan baru. Bandung: pt remaja rosdakarya offset. Oemar hamalik. (2007). Kurikulum dan pembelajaran. Jakarta: pt bumi aksara. Rusman. (2010). Model-model pembelajaran. Jakarta: pt raja grafindo persada. Slameto. (2010). Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: bhineka cipta. Syahban rangkuti. (2011). Mikrokontroller atmel avr, simulasi dan praktik menggunakan isis proteus dan code vision avr. Bandung: informatika. Syaiful bahri djamarah & aswan zain. (2010). Strategi belajar mengajar. Jakarat: rineka cipta. Mishadin. 2012. Efektivitas media pembelajaran berbasis komputer pada mata pelajaran elektronika terhadap prestasi belajar siswa kelas xi di smk 1 sedayu bantul. Program studi pendidikan teknik mekatronika fakultas teknik. Universitas Negeri Yogyakarta.
Refbacks
- There are currently no refbacks.