Strategi Ibu dalam Menumbuhkan Literasi pada Anak Usia 5-6 Tahun

Authors

  • Dinar Nur Inten Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Islam Bandung, Indonesia https://orcid.org/0000-0003-0471-7108
  • Dewi Mulyani Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Islam Bandung, Indonesia
  • Helmi Aziz Pendidikan Agama Islam, Univeritas Islam Bandung, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i3.4498

Keywords:

strategi pengajaran literasi, literasi ibu dan anak, cerita anak

Abstract

Peran yang utama dan pertama dalam pengenalan dasar literasi yaitu keluarga. Aktor utama dan memiliki peranan yang penting dalam keluarga adalah ibu karena ia memiliki kelekatan dan intensitas aktivitas tinggi dengan anak. Tujuan dari penelitian ini membantu menemukan strategi ibu dalam mengajarkan literasi pada anak saat di rumah. Jenis penelitian yang digunakan kuantitatif dengan metode pre experiment, dengan objek penelitian yaitu para ibu yang memiliki latarbelakang pendidikan dasarserta memiliki anak berusia dini. Sampel yang digunakan berjumlah lima belas orang, sedangkan untuk teknik analisis data menggunakan uji normalitas, uji t, dan n gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui pemberian pengetahuan dan pelatihan keterampilan pengajaran literasi untuk anak dapat membantu para ibu berpendidikan dasar memahami dan mampu mempraktekkan strategi literasi ibu dan anak saat di rumah. Bahkan para ibu dapat menyampaikan dan mengajak anak untuk berkisah Qurani seraya menghasilkan karya hasil dari bercerita yang menunjukkan bahwa pengajaran literasi bermakna bagi anak

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agustin, M., Puspita, R. D., Inten, D. N., & Setiyadi, R. (2021). Early detection and stimulation of multiple intelligences in kindergarten. International Journal of Instruction, 14(4), 873–890. https://doi.org/10.29333/iji.2021.14450a

Ahsani, E. luthfi F., & Azizah, N. R. (2021). Implementasi literasi budaya dan kewargaan untuk mengembangkan keterampilan sosial siswa Madrasah Ibtidaiyah di tengah pandemi. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 11(01), 7. https://doi.org/10.20527/kewarganegaraan.v11i01.10317

Dewayani, S. (2019). Model Pembelajaran Literasi Untuk Jenjang Prabaca dan Pembaca Dini Panduan bagi Orang tua dan Guru. In Badan Pengembangan Bahasa dan Perbukuan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Badan Pengembangan Bahasa dan Perbukuan.

Dewayani, S., & Setiawan, R. (2018). Saatnya Bercerita : Mengenalkan Literasi Sejak Dini. PT Kanisius.

Dinar, I., Dewi, M., Helmi, A., & Andalusia, P. (2022). Literasi dalam Keluarga. Refikaditama.

Hutauruk, M. G. (2022, April). Rendahnya tingkat literasi di Indonesia. Kompasiana. https://www.kompasiana.com/mianhutauruk/629ebfc9860ddb30f9642f62/rendahnya-tingkat-literasi-di-indonesia

Inten, D. N. (2018). Meningkatkan Penguasaan Kosakata Anak Usia Dini melalui Puisi Lagu Anak. Golden Age: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(2). https://doi.org/10.29313/ga.v2i2.4437

Inten, D. N., Mulyani, D., Aziz, H., Shafira, S. A., & Taqiya, B. A. (2022). Buku Panduan Pembelajaran Literasi Ibu dan Anak Candaria. Refika Aditama.

Khambali, K., Inten, D. N., Mulyani, D., Lichandra, F., & Tiwi, D. (2021). Peran Orang Tua terhadap Pembelajaran Mitigasi Bencana Bagi Anak Usia Dini di Masa Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3), 1881–1896. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i3.1866

Khotimah, K., & Sa’dijah, C. (2018). Pelaksanaan Gerakan Literasi Sekolah. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 3(11), 1488-1498. http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/article/view/11778

Leighton, M. (2022). Mother tongue reading materials as a bridge to literacy. Economics of Education Review, 91. https://doi.org/10.1016/j.econedurev.2022.102312

Lubis, M. S. A. (2019). Peranan Ibu Sebagai Sekolah Pertama bagi Anak. TARBIYAH Bil QALAM: Jurnal Pendidikan Agama Dan Sains, 3(1), 1–4. https://ejurnal.stita.ac.id/index.php/TBQ/article/view/11

Lyesmaya, D., Musthafa, B., & Sunendar, D. (2022). The Role of Mother’s Education and Early Skills in Language and Literacy Learning Opportunities. International Journal of Learning, Teaching and Educational Research, 21(8), 129–143. https://doi.org/10.26803/ijlter.21.8.8

Miftah, M. (2013). Fungsi, Dan Peran Media Pembelajaran Sebagai Upaya Peningkatan Kemampuan Belajar Siswa. Jurnal Kwangsan, 1(2), 95. https://doi.org/10.31800/jkwangsan-jtp.v1n2.p95--105

Mulyani, D., Intem, D. N., & Aziz, H. (2022). Bercerita Seraya Berkarya untuk Menumbuhkan Literasi Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(6), 6450–6461. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i6.2976

Mulyani, D., Pamungkas, I., & Inten, D. N. (2018). Al-Quran Literacy for Early Childhood with Storytelling Techniques. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(2), 202. https://doi.org/10.31004/obsesi.v2i2.72

Muslimin. (2018). Foster a culture of literacy through increased reading interest in village communities. Cakrawala Pendidikan, 37(1), 107–118. https://journal.uny.ac.id/index.php/cp/article/view/17141

Nasution, W. N. (2017). Perencanaan Pembelajaran: Pengertian, Tujuan Dan Prosedur Wahyudin Nur Nasution. Ittihad: Jurnal Pendidikan, 1(2), 185–195. https://ejournal-ittihad.alittihadiyahsumut.or.id/index.php/ittihad/article/view/23

Nur Inten, D., & Agustina, S. (2022). Qur’an Literacy Activities for Children and Parents during Children’s Study at Home. Al-Athfal: Jurnal Pendidikan Anak, 8(1), 13–26. https://doi.org/10.14421/al-athfal.2022.81-02

Permatasari, A. N., & Inten, D. N. (2020). Hariring Indung Sebagai Media Komunikasi Ibu dan Anak Usia Dini. Jurnal Komunikasi, 12(2), 231. https://doi.org/10.24912/jk.v12i2.8642

Permatasari, A. N., Inten, D. N., Wiliani, W., & Widiyanto, K. N. (2020). Keintiman Komunikasi Keluarga saat Social Distancing Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 346. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.577

Permatasari, I. M. &. (2016). Literasi Dini Melalui Bernyanyi. Journal FIK Bandung, 3(1), 70–91.

Putrianingsih, S., Muchasan, A., & Syarif, M. (2021). Peran Perencanaan Pembelajaran Terhadap Kualitas Pengajaran. Inovatif. https://jurnal.iaih.ac.id/index.php/inovatif/article/view/211

Shen, Y., & Del Tufo, S. N. (2022). Parent-child shared book reading mediates the impact of socioeconomic status on heritage language learners’ emergent literacy. Early Childhood Research Quarterly, 59, 254–264. https://doi.org/10.1016/j.ecresq.2021.12.003

Tahmidaten, L., & Krismanto, W. (2020). Permasalahan Budaya Membaca di Indonesia (Studi Pustaka Tentang Problematika & Solusinya). Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 10(1), 22–33. https://doi.org/10.24246/j.js.2020.v10.i1.p22-33

Wahid A. (2018). Pentingnya Media Pembelajaran dalam Meningkatkan Prestasi Belajar. Istiqra, 5(2), 1–11. https://jurnal.umpar.ac.id/index.php/istiqra/article/view/461

Wahyuningtyas, R., & Sulasmono, B. S. (2020). Pentingnya Media dalam Pembelajaran Guna Meningkatkan Hasil Belajar di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 23–27. https://doi.org/10.31004/edukatif.v2i1.77

Yunita, N., & Apriliya, S. (2022). Efektivitas Literasi Keluarga Dalam Mendukung Aktivitas Belajar Anak Di Rumah. PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 9(1), 97–108. https://doi.org/10.17509/pedadidaktika.v9i1.53050

Zubaedah, S., Azhariansah, & Hidayati, L. (2018). Seni Bercerita. Penerbit Cakrawala Yogyakarta.

Downloads

Published

06-06-2023

How to Cite

Inten, D. N., Mulyani, D., & Aziz, H. (2023). Strategi Ibu dalam Menumbuhkan Literasi pada Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(3), 2999–3012. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i3.4498

Issue

Section

Articles