- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Konsep Pedagogik dalam Perspektif Pendidikan Ilmu Bahasa Indonesia di Tiongkok
DOI:
https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i3.4462Keywords:
Konsep pedagogik, pendidikan bahasa indonesia, bahasa indonesia di tiongkokAbstract
Seiring dengan perkembangan globalisasi ekonomi, pertukaran ekonomi perdagangan dan kebudayaan di negara Tiongkok dan negara lain semakin sering terjadi. Dengan pelaksanaan kebijakan strategis “Satu Sabuk Satu Jalanâ€, kerjasama di antara Tiongkok dan negara ASEAN semakin kuat di berbagai bidang, termasuk kerjasama antara Tiongkok dan Indonesia. Tujuan penelitian ini untuk mengkaji kepentingan pendidikan bahasa Indonesia yang memiliki ciri khas dan efisien agar pengajaran bahasa Indonesia di perguruan tinggi Tiongkok dapat meningkat. Metode penelitian yang digunakan dalam kajian ini ialah literatur dan pengalaman penulis untuk mengamati dan mengumpulkan informasi penting dalam menyusun artikel ini. Berdasarkan hasil kajian, bahasa merupakan alat komunikasi yang diperlukan untuk memungkinkan kegiatan-kegiatan bekerjasama dan berhubungan antar negera-negara lain. Bahasa Indonesia berperan penting untuk Tiongkok demi memperluas perkembangan ekonomi dan mengabulkan komunikasi budaya dengan Indonesia. Oleh karena itu, saat ini semakin banyak perguruan tinggi yang mulai menyadari danDownloads
References
Aprina Elsa. (2017). Pengembangan Kerjasama Indonesia Bersama Negara-Negara Di Asia Tenggara Dalam Pembentukan Hukum Internasional Mengenai Ketenagakerjaan. Jurnal de Jure, 9(2). https://jurnal.law.uniba-bpn.ac.id/index.php/jurnaldejure/article/view/23
Dalilan. (2021). Literasi Mahasiswa: Studi Kebiasaan dan Sikap Membaca Mahasiswa Program Studi Ilmu Perpustakaan. Pustakaloka, 13(1), 1–21. https://doi.org/10.21154/pustakaloka.v13i1.2786
Deng Wanxue. (2011). Analiss atas Pengajaran Bahasa Asia Tenggara dan Pekerjaan. Kao Shi Zhou Kan.
Devianty, R. (2017). Bahasa Sebagai Cermin Kebudayaan. Jurnal Tarbiyah, 24(2). http://jurnaltarbiyah.uinsu.ac.id/index.php/tarbiyah/article/view/167
Fan Yingying. (2011). Masalah-masalah dalam Penerjemahan Bahasa Non-umum. Jurnal Teknologi Dan Informasi Keji Chuanxin Dabao, 6–17. https://www.docin.com/p-756842301.html
Indah Saputri, M., & Kala Kusumajati, W. (2021). Hubungan Keterampilan Mendengarkan dan Penguasaan Pengucapan Siswa. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan STKIP Kusuma Negara III SEMNARA 2021 . https://jurnal.stkipkusumanegara.ac.id/index.php/semnara2020/article/view/1189
Indriastuti, S. (2005). Pembentukan Perdagangan Bebas Asean-China (Asean-China Free Trade Area) Dan Dampaknya Bagi Petani Di Indonesia. Mediagro, 1(2), 24–37. https://publikasiilmiah.unwahas.ac.id/index.php/Mediagro/article/view/907
Karyanti, T. (2015). Kedudukan dan Fungsi Bahasa Indonesia dalam Kehidupan Berbangsa dan Bernegara. https://unaki.ac.id/ejournal/index.php/jurnal-culture/article/view/98
Lian Han. (2014). Kajian atas Pengajaran Bahasa Asia ASEAN. Mingguan Ujian (KAO SHI ZHOU KAN). https://mall.cnki.net/magazine/article/MZSF201303034.htm
Mailani, O., Nuraeni, I., Syakila, S. A., & Lazuardi, J. (2022). Bahasa Sebagai Alat Komunikasi Dalam Kehidupan Manusia. Kampret Journal, 1(1), 1–10. https://doi.org/10.35335/kampret.v1i1.8
Nirmalasari, Y. (2021). Kesalahan Bunyi Simakan Pemelajar Bipa Tingkat Pemula Asal Tiongkok. Tabasa: Jurnal Bahasa, Sastra Indonesia, Dan Pengajarannya, 1(2), 147–164. https://doi.org/10.22515/tabasa.v1i2.2692
Novita, F., & Fitriasari, A. (2020). Metode dalam Model Pembelajaran Bahasa Indonesia. PROSIDING SAMASTA, 0(0). https://jurnal.umj.ac.id/index.php/SAMASTA/article/view/7150
Nurul, W., Deden, F., Hera, A. S., & Humaira, W. (2018). Penggunaan Metode Pembelajaran Bahasa Indonesia Bagi Penutur Asing. BELAJAR BAHASA: Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 3(2), 230–243. https://doi.org/10.32528/BB.V3I2.1592
Payong, M. R. (2011). Sertifikasi Profesi Guru Konsep Dasar, Problematika, Implementasinya (p. 28). Indeks.
Putri, S. Y., & Maarif, D. (2019). Kerja Sama Ekonomi-Politik Indonesia dan Cina pada Implementasi Program Belt and Road Initiative. Jurnal Kajian Lemhanas RI, September 2019, 53–66. http://jurnal.lemhannas.go.id/index.php/jkl/article/view/78
Sadulloh, U., Muharram, A., & Robandi, B. (2015). Pedagogik (Ilmu Mendidik) (pp. 1–2). Alfabeta.
Sapanti, I. R. (2019). Analisis Kesalahan Struktur Frasa Pada Karangan Berbahasa Indonesia Karya Pembelajar Tiongkok. Indonesian Language Education and Literature, 4(2), 144. https://doi.org/10.24235/ileal.v4i2.2138
Saphira, K., Widya, R., Sumadinata, S., & Yulianti, D. (2022). Kerja Sama Pertanian Indonesia dengan Tiongkok dalam Kerangka ACFTA. Padjadjaran Journal of International Relations, 4(2), 109–123. https://doi.org/10.24198/PADJIR.V4I2.38276
Supriyanto, E. E. (2021). Strategi Penerapan Kebijakan Sovereign Wealth Funds (SWFs) di Indonesia: Studi Literatur dan Studi Komparatif Oman. Jurnal Inovasi Ilmu Sosial Dan Politik (JISoP), 3(1), 10. https://doi.org/10.33474/jisop.v3i1.6959
Susilowati, I., Affandi, A. N., Raihana, C. J., & Az-Zahra, E. I. (2023). Kerjasama Bilateral Indonesia-Tiongkok dalam Diplomasi Kesehatan di Masa Pandemi Covid-19. SALAM: Jurnal Sosial Dan Budaya Syar-i, 10(1), 125–140. https://doi.org/10.15408/SJSBS.V10I1.31116
Wiratsih, W. (2019). Analisis Kesulitan Pelafalan Konsonan Bahasa Indonesia (Studi Kasus terhadap Pemelajar BIPA Asal Tiongkok di Universitas Atma Jaya Yogyakarta). KREDO : Jurnal Ilmiah Bahasa Dan Sastra, 2(2), 242–255. https://doi.org/10.24176/KREDO.V2I2.3061
Xiaomei, D., Triatna, C., & Xuemei, L. (2023). Mengenai Peran Guru Bahasa Indonesia untuk Membimbing Mahasiswa di China. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(1), 303–311. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i1.2838
Zhong Xiantian. (2013). Penelitian atas Pelaksanaan Pengajaran Berbasis Micro-Lecture. Bulanan Pengajaran (JIAO XUE YUE KAN), 14–21. https://wenku.so.com/d/fcfdf62a06131473860c32ac06adaca2