Konsep Pedagogik dalam Perspektif Pendidikan Ilmu Bahasa Indonesia di Tiongkok

Authors

  • Chen Die Die Administrasi Pendidikan, Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia
  • Cepi Triatna Triatna Administrasi Pendidikan, Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i3.4462

Keywords:

Konsep pedagogik, pendidikan bahasa indonesia, bahasa indonesia di tiongkok

Abstract

Seiring dengan perkembangan globalisasi ekonomi, pertukaran ekonomi perdagangan dan kebudayaan di negara Tiongkok dan negara lain semakin sering terjadi. Dengan pelaksanaan kebijakan strategis “Satu Sabuk Satu Jalanâ€, kerjasama di antara Tiongkok dan negara ASEAN semakin kuat di berbagai bidang, termasuk kerjasama antara Tiongkok dan Indonesia. Tujuan penelitian ini untuk mengkaji kepentingan pendidikan bahasa Indonesia yang memiliki ciri khas dan efisien agar pengajaran bahasa Indonesia di perguruan tinggi Tiongkok dapat meningkat. Metode penelitian yang digunakan dalam kajian ini ialah literatur dan pengalaman penulis untuk mengamati dan mengumpulkan informasi penting dalam menyusun artikel ini. Berdasarkan hasil kajian, bahasa merupakan alat komunikasi yang diperlukan untuk memungkinkan kegiatan-kegiatan bekerjasama dan berhubungan antar negera-negara lain. Bahasa Indonesia berperan penting untuk Tiongkok demi memperluas perkembangan ekonomi dan mengabulkan komunikasi budaya dengan Indonesia. Oleh karena itu, saat ini semakin banyak perguruan tinggi yang mulai menyadari dan

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aprina Elsa. (2017). Pengembangan Kerjasama Indonesia Bersama Negara-Negara Di Asia Tenggara Dalam Pembentukan Hukum Internasional Mengenai Ketenagakerjaan. Jurnal de Jure, 9(2). https://jurnal.law.uniba-bpn.ac.id/index.php/jurnaldejure/article/view/23

Dalilan. (2021). Literasi Mahasiswa: Studi Kebiasaan dan Sikap Membaca Mahasiswa Program Studi Ilmu Perpustakaan. Pustakaloka, 13(1), 1–21. https://doi.org/10.21154/pustakaloka.v13i1.2786

Deng Wanxue. (2011). Analiss atas Pengajaran Bahasa Asia Tenggara dan Pekerjaan. Kao Shi Zhou Kan.

Devianty, R. (2017). Bahasa Sebagai Cermin Kebudayaan. Jurnal Tarbiyah, 24(2). http://jurnaltarbiyah.uinsu.ac.id/index.php/tarbiyah/article/view/167

Fan Yingying. (2011). Masalah-masalah dalam Penerjemahan Bahasa Non-umum. Jurnal Teknologi Dan Informasi Keji Chuanxin Dabao, 6–17. https://www.docin.com/p-756842301.html

Indah Saputri, M., & Kala Kusumajati, W. (2021). Hubungan Keterampilan Mendengarkan dan Penguasaan Pengucapan Siswa. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan STKIP Kusuma Negara III SEMNARA 2021 . https://jurnal.stkipkusumanegara.ac.id/index.php/semnara2020/article/view/1189

Indriastuti, S. (2005). Pembentukan Perdagangan Bebas Asean-China (Asean-China Free Trade Area) Dan Dampaknya Bagi Petani Di Indonesia. Mediagro, 1(2), 24–37. https://publikasiilmiah.unwahas.ac.id/index.php/Mediagro/article/view/907

Karyanti, T. (2015). Kedudukan dan Fungsi Bahasa Indonesia dalam Kehidupan Berbangsa dan Bernegara. https://unaki.ac.id/ejournal/index.php/jurnal-culture/article/view/98

Lian Han. (2014). Kajian atas Pengajaran Bahasa Asia ASEAN. Mingguan Ujian (KAO SHI ZHOU KAN). https://mall.cnki.net/magazine/article/MZSF201303034.htm

Mailani, O., Nuraeni, I., Syakila, S. A., & Lazuardi, J. (2022). Bahasa Sebagai Alat Komunikasi Dalam Kehidupan Manusia. Kampret Journal, 1(1), 1–10. https://doi.org/10.35335/kampret.v1i1.8

Nirmalasari, Y. (2021). Kesalahan Bunyi Simakan Pemelajar Bipa Tingkat Pemula Asal Tiongkok. Tabasa: Jurnal Bahasa, Sastra Indonesia, Dan Pengajarannya, 1(2), 147–164. https://doi.org/10.22515/tabasa.v1i2.2692

Novita, F., & Fitriasari, A. (2020). Metode dalam Model Pembelajaran Bahasa Indonesia. PROSIDING SAMASTA, 0(0). https://jurnal.umj.ac.id/index.php/SAMASTA/article/view/7150

Nurul, W., Deden, F., Hera, A. S., & Humaira, W. (2018). Penggunaan Metode Pembelajaran Bahasa Indonesia Bagi Penutur Asing. BELAJAR BAHASA: Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 3(2), 230–243. https://doi.org/10.32528/BB.V3I2.1592

Payong, M. R. (2011). Sertifikasi Profesi Guru Konsep Dasar, Problematika, Implementasinya (p. 28). Indeks.

Putri, S. Y., & Maarif, D. (2019). Kerja Sama Ekonomi-Politik Indonesia dan Cina pada Implementasi Program Belt and Road Initiative. Jurnal Kajian Lemhanas RI, September 2019, 53–66. http://jurnal.lemhannas.go.id/index.php/jkl/article/view/78

Sadulloh, U., Muharram, A., & Robandi, B. (2015). Pedagogik (Ilmu Mendidik) (pp. 1–2). Alfabeta.

Sapanti, I. R. (2019). Analisis Kesalahan Struktur Frasa Pada Karangan Berbahasa Indonesia Karya Pembelajar Tiongkok. Indonesian Language Education and Literature, 4(2), 144. https://doi.org/10.24235/ileal.v4i2.2138

Saphira, K., Widya, R., Sumadinata, S., & Yulianti, D. (2022). Kerja Sama Pertanian Indonesia dengan Tiongkok dalam Kerangka ACFTA. Padjadjaran Journal of International Relations, 4(2), 109–123. https://doi.org/10.24198/PADJIR.V4I2.38276

Supriyanto, E. E. (2021). Strategi Penerapan Kebijakan Sovereign Wealth Funds (SWFs) di Indonesia: Studi Literatur dan Studi Komparatif Oman. Jurnal Inovasi Ilmu Sosial Dan Politik (JISoP), 3(1), 10. https://doi.org/10.33474/jisop.v3i1.6959

Susilowati, I., Affandi, A. N., Raihana, C. J., & Az-Zahra, E. I. (2023). Kerjasama Bilateral Indonesia-Tiongkok dalam Diplomasi Kesehatan di Masa Pandemi Covid-19. SALAM: Jurnal Sosial Dan Budaya Syar-i, 10(1), 125–140. https://doi.org/10.15408/SJSBS.V10I1.31116

Wiratsih, W. (2019). Analisis Kesulitan Pelafalan Konsonan Bahasa Indonesia (Studi Kasus terhadap Pemelajar BIPA Asal Tiongkok di Universitas Atma Jaya Yogyakarta). KREDO : Jurnal Ilmiah Bahasa Dan Sastra, 2(2), 242–255. https://doi.org/10.24176/KREDO.V2I2.3061

Xiaomei, D., Triatna, C., & Xuemei, L. (2023). Mengenai Peran Guru Bahasa Indonesia untuk Membimbing Mahasiswa di China. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(1), 303–311. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i1.2838

Zhong Xiantian. (2013). Penelitian atas Pelaksanaan Pengajaran Berbasis Micro-Lecture. Bulanan Pengajaran (JIAO XUE YUE KAN), 14–21. https://wenku.so.com/d/fcfdf62a06131473860c32ac06adaca2

Downloads

Published

14-05-2023

How to Cite

Die, C. D., & Triatna, C. T. (2023). Konsep Pedagogik dalam Perspektif Pendidikan Ilmu Bahasa Indonesia di Tiongkok. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(3), 2619–2626. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i3.4462

Issue

Section

Articles