- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Model Pemberdayaan Wali Murid melalui Buku Pendampingan PAUD untuk Optimalisasi Usia Emas Anak Pasca Covid-19
DOI:
https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i3.4455Keywords:
covid-19, model pemberdayaan, paudAbstract
Pembelajaran saat pandemic Covid-19 tidak maksimal, para guru mengalami hambatan dalam menstimulasi tumbuhkembang anak didiknya, dibutuhkan solusi inovatif dalam pembelajaran. Penelitian ini mengkaji model pemberdayaan pada wali murid yang dilakukan guru PAUD, tujuannya agar wali murid memiliki kemampuan menstimulasi anaknya dalam mengoptimalkan usia emas. Penelitian ini menggunakan pendekatan Research and Development, teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Subyek penelitian ini adalah Kepala sekolah, guru dan wali murid. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kualitatif. Hasil temuan dari penelitian ini adalah model pemberdayaan pada wali murid oleh guru dengan menggunakan media buku pendampingan PAUD sebagai alternatif pembelajaran yang tepat, terdekat, terjangkau dan efisien. Selain itu buku ini terpadu dan terpandu oleh lembaga PAUD dan guru, lengkap dengan asesmen formatif yang sederhana. Inovasi pembelajaran ini sebagai solusi alternatif dalam menghindari terjadinya lost learning. Pemberdayaan ini juga bermanfaat pasca pandemi Covid-19.
Downloads
References
Astutiek, D. (2017). Sampang Community Empowerment In Human Capital Theory Perspective. Advances in Social Sciences Research Journal, 4(2). https://doi.org/10.14738/assrj.42.2017
Astutiek, D., Dewi, D. K., Sardjono, S., Listyowati, A., Yustitia, L., & Suhatini, T. (2022). Menengok Tumbuh Kembang Anak Saat Pandemi Saat Pandemi Covid-19 (D. Astutik, Ed.; 1st ed.). Medpro.
Aziz, H. (2017). Guru Sebagai Role Model Pendidikan Karakter Anak Usia Dini Perspektif Pendidikan Islam dan Ki Hajar Dewantara. Golden Age: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, 1 (2), 1–14. https://doi.org/10.14421/jga.2016.12-01
Cholimah, N., Maryatun, I. B., Christianti, M., & Cahyaningrum, E. S. (2020). Buku panduan pembelajaran disiplin berlalu lintas di taman kanak-kanak. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 13(1), 63–71. https://doi.org/10.21831/jpipfip.v13i1.27634
Cotton, K., & Wikelund, K. R. (1989). Parent involvement in education. School Improvement Research Series, 6(3), 17–23. https://educationnorthwest.org/resources/school-improvement-research-series
Damayanthi, B. W. R. (2018). Academic performance of students the effect of class room level factors and private tutoring. https://doi.org/10.12691/education-6-3-13
Departemen Pendidikan Nasional. (2008). Kamus Besar Bahasa Indonesia Pusat Bahasa Edisi Keempat. Gramedia Pustaka Utama.
Dong, C., Cao, S., & Li, H. (2020). Young children’s online learning during COVID-19 pandemic: Chinese parents’ beliefs and attitudes. Children and Youth Services Review, 118, 105440. https://doi.org/10.1016/j.childyouth.2020.105440
Emerson, L., Fear, J., Fox, S., & Sanders, E. (2012). Parental engagement in learning and schooling: Lessons from research. A Report by the Australian Research Alliance for Children and Youth (ARACY) for the Family–School and Community Partnerships Bureau: Canberra.
Epstein, J. L. (1996). Perspectives and previews on research and policy for school, family, and community partnerships. Family-School Links: How Do They Affect Educational Outcomes, 209, 246. https://psycnet.apa.org/record/1996-97869-014
Fakhriyani, D. V. (2017). Pendidikan karakter anak usia dini sebagai salah satu jawaban dalam mempersiapkan generasi muda untuk menggapai bonus demografi. Wacana Didaktika, 5(01), 76–90. https://doi.org/10.32534/jjb.v8i2.1719
Hidayatulloh, M., Suhendy, B. F., & Fauziah, N. L. (2022). Inovasi Pendidikan Anak Usia Dini selama BDR. Annual Conference on Islamic Early Childhood Education (ACIECE), 6, 171–176. https://vicon.uin-suka.ac.id/index.php/aciece/article/ view/907
Irhamna, I., & Purnama, S. (2022). Peran Lingkungan Sekolah dalam Pembentukan Karakter Anak Usia Dini di PAUD Nurul Ikhlas. Jurnal Pendidikan Anak, 11(1), 68–77. https://doi.org/10.21831/jpa.v11i1.46688
Maarif, S. D., & Idhom, A. M. (2021). Mengenal Teori Pemberdayaan Masyarakat Menurut Para Ahli. Senin. https://tirto.id/mengenal-teori-pemberdayaan-masyarakat-menurut-para-ahli-gby
Mulasi, S. (2021). Peran madrasatul ula dalam pembentukan kecerdasan spiritual anak. Genderang Asa: Journal of Primary Education, 2(1). https://doi.org/10.47766/ga.v2i1.1353
Oktaria, R., & Putra, P. (2020). Pendidikan anak dalam keluarga sebagai strategi Pendidikan Anak Usia Dini saat pandemi COVID-19. Jurnal Ilmiah Pesona PAUD, 7(1), 41–51. https://doi.org/10.24036/108806
Padmadewi, N. N., Artini, L. P., Nitiasih, P. K., & Swandana, I. W. (2018). Memberdayakan keterlibatan orang tua dalam pembelajaran literasi di sekolah dasar. Jurnal Ilmu Sosial Dan Humaniora, 7(1), 64–76. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JISH/article/view/13049
Peraturan Presiden No. 60 Tahun 2013 tentang PAUD Holistik Integratif, Pub. L. No. No 60, Peraturan Presiden (2013).
Permendagri RI No. 7 Tahun 2007 Pasal 1 Ayat 8 tentang Kader Pemberdayaan Masyarakat, Pub. L. No. No 7, Pemdagri RI (2007).
Permendikbud Nomor 30 Tahun 2017, tentang Pelibatan Keluarga pada Penyelenggaraan Pendidikan, Pub. L. No. No 30, Permendikbud RI (2017).
Pramana, C. (2020). Pembelajaran pendidikan anak usia dini (paud) dimasa pandemi covid-19. Indonesian Journal of Early Childhood: Jurnal Dunia Anak Usia Dini, 2(2), 115–123. https://doi.org/10.35473/ijec.v2i2.557
Rabbani, A. (2017, July 13). Pengertian Pemberdayaan Menurut Ahli. Sosiologi79. https://www.sosiologi79.com/2017/07/pengertian-pemberdayaan-menurut-ahli.html
Rahayu, A. D., & Haq, M. S. (2021). Sarana dan prasarana dalam mendukung pembelajaran daring pada masa pandemi covid-19. Jurnal Inspirasi Manajemen Pendidikan, 9(1), 186–199. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/inspirasi-manajemen pendidikan/article/view/38623
Santi, F. U., Sujarwo, S., Retnawati, H., & bin Hassan, A. (2022). Analisis Kesulitan Guru PAUD dalam Melaksanakan Pembelajaran di Era Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(6), 6877–6889. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i6.3184
Satrianingrum, A. P., & Prasetyo, I. (2021). Persepsi guru dampak pandemi Covid-19 terhadap pelaksanaan pembelajaran daring di PAUD. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 633–640. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.574
Soedarwo, V. S. D., Zuriah, N., Yuliati, R., & Suwignyo, S. (2017). Pemberdayaan masyarakat melalui pendidikan nonformal berbasis potensi lokal dalam membangun desa wisata adat. Pemberdayaan Masyarakat Melalui Pendidikan Nonformal Berbasis Potensi Lokal Dalam Membangun Desa Wisata Adat, 2(2), 97–103. https://doi.org/10.17977/um021v2i22017p096
Sopiah, C. (2021). Dampak pembelajaran online terhadap pendidikan karakter anak usia dini. Jurnal Jendela Bunda Program Studi PG-PAUD Universitas Muhammadiyah Cirebon, 8(2), 22–31. https://doi.org/10.32534/jjb.v8i2.1719
Taulany, H. (2020). Manajemen proses pembelajaran pendidikan anak usia dini pasca pandemi Covid-19. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana (PROSNAMPAS), 3(1), 150–157. https://proceeding.unnes.ac.id/index.php/snpasca/article/view/565
Thanasoulas, D. (2000). What is learner autonomy and how can it be fostered. The Internet TESL Journal, 6(11), 37–48. http://iteslj.org/Articles/Thanasoulas-Autonomy.html
Ujianti, P. R., Suastika, N., & Dewi, P. S. D. (2021). Tantangan praktek pembelajaran anak usia dini di masa pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 9(3), 318–324. https://doi.org/10.23887/paud.v9i3.41841
Yetty, M., Indriana, D., & SRG, K. A. (2022). Pemberdayaan Peran Orang Tua Dalam Pencegahan Penyalahgunaan Narkoba Pada Remaja Melalui Literasi Keagamaan Di Desa Kota Parit Kabupaten Langka. Maslahah: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(3), 191–200. https://doi.org/10.56114/maslahah.v3i3.456
Yuniarni, D., & Amalia, A. (2022). Pengembangan Buku Saku Panduan Layanan Inklusi untuk Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(6), 6710–6722. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i6.3473
Zunaidi, D. (2013). Pengembangan Masyarakat Wacana & Praktik. Jakarta: Kencana Prenada Media Group. http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/4430