Model Pemberdayaan Wali Murid melalui Buku Pendampingan PAUD untuk Optimalisasi Usia Emas Anak Pasca Covid-19

Authors

DOI:

https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i3.4455

Keywords:

covid-19, model pemberdayaan, paud

Abstract

Pembelajaran saat pandemic Covid-19 tidak maksimal, para guru mengalami hambatan dalam menstimulasi tumbuhkembang anak didiknya, dibutuhkan solusi inovatif dalam pembelajaran. Penelitian ini mengkaji model pemberdayaan pada wali murid yang dilakukan guru PAUD, tujuannya agar wali murid memiliki kemampuan menstimulasi anaknya dalam mengoptimalkan usia emas. Penelitian ini menggunakan pendekatan Research and Development, teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Subyek penelitian ini adalah Kepala sekolah, guru dan wali murid. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kualitatif. Hasil temuan dari penelitian ini adalah model pemberdayaan pada wali murid oleh guru dengan menggunakan media buku pendampingan PAUD sebagai alternatif pembelajaran yang tepat, terdekat, terjangkau dan efisien. Selain itu buku ini terpadu dan terpandu oleh lembaga PAUD dan guru, lengkap dengan asesmen formatif yang sederhana. Inovasi pembelajaran ini sebagai solusi alternatif dalam menghindari terjadinya lost learning. Pemberdayaan ini juga bermanfaat pasca pandemi Covid-19.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Dwi Astutiek, Administrasi Publik, Universitas Sunan Giri Surabaya, Indonesia

Administrasi Publik, 

Doktor Pengembangan SDM

 

References

Astutiek, D. (2017). Sampang Community Empowerment In Human Capital Theory Perspective. Advances in Social Sciences Research Journal, 4(2). https://doi.org/10.14738/assrj.42.2017

Astutiek, D., Dewi, D. K., Sardjono, S., Listyowati, A., Yustitia, L., & Suhatini, T. (2022). Menengok Tumbuh Kembang Anak Saat Pandemi Saat Pandemi Covid-19 (D. Astutik, Ed.; 1st ed.). Medpro.

Aziz, H. (2017). Guru Sebagai Role Model Pendidikan Karakter Anak Usia Dini Perspektif Pendidikan Islam dan Ki Hajar Dewantara. Golden Age: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, 1 (2), 1–14. https://doi.org/10.14421/jga.2016.12-01

Cholimah, N., Maryatun, I. B., Christianti, M., & Cahyaningrum, E. S. (2020). Buku panduan pembelajaran disiplin berlalu lintas di taman kanak-kanak. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 13(1), 63–71. https://doi.org/10.21831/jpipfip.v13i1.27634

Cotton, K., & Wikelund, K. R. (1989). Parent involvement in education. School Improvement Research Series, 6(3), 17–23. https://educationnorthwest.org/resources/school-improvement-research-series

Damayanthi, B. W. R. (2018). Academic performance of students the effect of class room level factors and private tutoring. https://doi.org/10.12691/education-6-3-13

Departemen Pendidikan Nasional. (2008). Kamus Besar Bahasa Indonesia Pusat Bahasa Edisi Keempat. Gramedia Pustaka Utama.

Dong, C., Cao, S., & Li, H. (2020). Young children’s online learning during COVID-19 pandemic: Chinese parents’ beliefs and attitudes. Children and Youth Services Review, 118, 105440. https://doi.org/10.1016/j.childyouth.2020.105440

Emerson, L., Fear, J., Fox, S., & Sanders, E. (2012). Parental engagement in learning and schooling: Lessons from research. A Report by the Australian Research Alliance for Children and Youth (ARACY) for the Family–School and Community Partnerships Bureau: Canberra.

Epstein, J. L. (1996). Perspectives and previews on research and policy for school, family, and community partnerships. Family-School Links: How Do They Affect Educational Outcomes, 209, 246. https://psycnet.apa.org/record/1996-97869-014

Fakhriyani, D. V. (2017). Pendidikan karakter anak usia dini sebagai salah satu jawaban dalam mempersiapkan generasi muda untuk menggapai bonus demografi. Wacana Didaktika, 5(01), 76–90. https://doi.org/10.32534/jjb.v8i2.1719

Hidayatulloh, M., Suhendy, B. F., & Fauziah, N. L. (2022). Inovasi Pendidikan Anak Usia Dini selama BDR. Annual Conference on Islamic Early Childhood Education (ACIECE), 6, 171–176. https://vicon.uin-suka.ac.id/index.php/aciece/article/ view/907

Irhamna, I., & Purnama, S. (2022). Peran Lingkungan Sekolah dalam Pembentukan Karakter Anak Usia Dini di PAUD Nurul Ikhlas. Jurnal Pendidikan Anak, 11(1), 68–77. https://doi.org/10.21831/jpa.v11i1.46688

Maarif, S. D., & Idhom, A. M. (2021). Mengenal Teori Pemberdayaan Masyarakat Menurut Para Ahli. Senin. https://tirto.id/mengenal-teori-pemberdayaan-masyarakat-menurut-para-ahli-gby

Mulasi, S. (2021). Peran madrasatul ula dalam pembentukan kecerdasan spiritual anak. Genderang Asa: Journal of Primary Education, 2(1). https://doi.org/10.47766/ga.v2i1.1353

Oktaria, R., & Putra, P. (2020). Pendidikan anak dalam keluarga sebagai strategi Pendidikan Anak Usia Dini saat pandemi COVID-19. Jurnal Ilmiah Pesona PAUD, 7(1), 41–51. https://doi.org/10.24036/108806

Padmadewi, N. N., Artini, L. P., Nitiasih, P. K., & Swandana, I. W. (2018). Memberdayakan keterlibatan orang tua dalam pembelajaran literasi di sekolah dasar. Jurnal Ilmu Sosial Dan Humaniora, 7(1), 64–76. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JISH/article/view/13049

Peraturan Presiden No. 60 Tahun 2013 tentang PAUD Holistik Integratif, Pub. L. No. No 60, Peraturan Presiden (2013).

Permendagri RI No. 7 Tahun 2007 Pasal 1 Ayat 8 tentang Kader Pemberdayaan Masyarakat, Pub. L. No. No 7, Pemdagri RI (2007).

Permendikbud Nomor 30 Tahun 2017, tentang Pelibatan Keluarga pada Penyelenggaraan Pendidikan, Pub. L. No. No 30, Permendikbud RI (2017).

Pramana, C. (2020). Pembelajaran pendidikan anak usia dini (paud) dimasa pandemi covid-19. Indonesian Journal of Early Childhood: Jurnal Dunia Anak Usia Dini, 2(2), 115–123. https://doi.org/10.35473/ijec.v2i2.557

Rabbani, A. (2017, July 13). Pengertian Pemberdayaan Menurut Ahli. Sosiologi79. https://www.sosiologi79.com/2017/07/pengertian-pemberdayaan-menurut-ahli.html

Rahayu, A. D., & Haq, M. S. (2021). Sarana dan prasarana dalam mendukung pembelajaran daring pada masa pandemi covid-19. Jurnal Inspirasi Manajemen Pendidikan, 9(1), 186–199. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/inspirasi-manajemen pendidikan/article/view/38623

Santi, F. U., Sujarwo, S., Retnawati, H., & bin Hassan, A. (2022). Analisis Kesulitan Guru PAUD dalam Melaksanakan Pembelajaran di Era Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(6), 6877–6889. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i6.3184

Satrianingrum, A. P., & Prasetyo, I. (2021). Persepsi guru dampak pandemi Covid-19 terhadap pelaksanaan pembelajaran daring di PAUD. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 633–640. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.574

Soedarwo, V. S. D., Zuriah, N., Yuliati, R., & Suwignyo, S. (2017). Pemberdayaan masyarakat melalui pendidikan nonformal berbasis potensi lokal dalam membangun desa wisata adat. Pemberdayaan Masyarakat Melalui Pendidikan Nonformal Berbasis Potensi Lokal Dalam Membangun Desa Wisata Adat, 2(2), 97–103. https://doi.org/10.17977/um021v2i22017p096

Sopiah, C. (2021). Dampak pembelajaran online terhadap pendidikan karakter anak usia dini. Jurnal Jendela Bunda Program Studi PG-PAUD Universitas Muhammadiyah Cirebon, 8(2), 22–31. https://doi.org/10.32534/jjb.v8i2.1719

Taulany, H. (2020). Manajemen proses pembelajaran pendidikan anak usia dini pasca pandemi Covid-19. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana (PROSNAMPAS), 3(1), 150–157. https://proceeding.unnes.ac.id/index.php/snpasca/article/view/565

Thanasoulas, D. (2000). What is learner autonomy and how can it be fostered. The Internet TESL Journal, 6(11), 37–48. http://iteslj.org/Articles/Thanasoulas-Autonomy.html

Ujianti, P. R., Suastika, N., & Dewi, P. S. D. (2021). Tantangan praktek pembelajaran anak usia dini di masa pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 9(3), 318–324. https://doi.org/10.23887/paud.v9i3.41841

Yetty, M., Indriana, D., & SRG, K. A. (2022). Pemberdayaan Peran Orang Tua Dalam Pencegahan Penyalahgunaan Narkoba Pada Remaja Melalui Literasi Keagamaan Di Desa Kota Parit Kabupaten Langka. Maslahah: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(3), 191–200. https://doi.org/10.56114/maslahah.v3i3.456

Yuniarni, D., & Amalia, A. (2022). Pengembangan Buku Saku Panduan Layanan Inklusi untuk Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(6), 6710–6722. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i6.3473

Zunaidi, D. (2013). Pengembangan Masyarakat Wacana & Praktik. Jakarta: Kencana Prenada Media Group. http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/4430

Downloads

Published

19-05-2023

How to Cite

Astutiek, D. (2023). Model Pemberdayaan Wali Murid melalui Buku Pendampingan PAUD untuk Optimalisasi Usia Emas Anak Pasca Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(3), 2671–2684. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i3.4455

Issue

Section

Articles