Manajemen Strategi Pemasaran Pasca Covid-19 di Lembaga Pendidikan Anak Usia Dini

Author


Syifa Fauziah(1Mail), Swantyka Ilham Prahesti(2), Ahmad Ali(3),
Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Ngudi Waluyo, Indonesia(1)
Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Ngudi Waluyo, Indonesia(2)
Bisnis dan Manajemen Ritel, Universitas Ngudi Waluyo, Indonesia(3)

Mail Corresponding Author

 PDF Full Text  

Published : 2023-08-11

Article can trace at:


Article Metrics

Abstract Views: 888 times PDF Downloaded: 349 times

Abstract


Di era globalisasi strategi pemasaran jasa pendidikan memiliki posisi yang sangat penting, era dimana iklim persaingan telah memasuki semua lini kehidupan. Manajemen strategi pemasaran sangat penting untuk dilakukan paca pandemic covid 19. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis manajemen pemasaran yang meliputi strategi pemasaran di lembaga Pendidikan anak usia dini dan media yang digunakan dalam promosi di lembaga Pendidikan anak usia dini. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif. sedangkan teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi pemasaran menggunakan 2 cara yaitu offline dan online. Pemasaran dengan metode strategi offline yang digunakan adalah sosialisasi langsung kepada orang tua siswa baik dalam agenda pertemuan wali murid maupun dalam kegiatan parenting, serta sosialisasi kepada masyarakat sekitar melalui kegiatan rutin seperti pertemuan pembinaan kesejahteraan keluarga, pengajian mingguan. Pemasaran menggunakan metode strategi online yang digunakan melalui media sosial antara lain Whatsapp, Instagram dan Facebook, tik tok, video. Media pemasaran yang digunakan adalah brosur, poster dan spanduk.


Keywords


manajemen pemasaran; strategi pemasaran; pasca pandemi covid 19

References


Abdillah, A., Lumas, A. O., Krisdayana, C., & Yulia, D. (2019). Pengaruh Strategi Produk Terhadap Daya Saing Produk Aqua Di Kabupaten Karawang. Buana Ilmu, 3(2), 36–54. https://doi.org/10.36805/bi.v3i2.647

Abery, E., & Drummond, C. (2014). Implementation of mandatory nutritional guidelines in South Australian primary school canteens: A qualitative study. Improving Schools, 17(1), 41–53. https://doi.org/10.1177/1365480213519183

Fathurrochman, I., Endang, E., Bastian, D., Ameliya, M., & Suryani, A. (2021). Strategi Pemasaran Jasa Pendidikan Dalam Meningkatkan Nilai Jual Madrasah Aliyah Riyadus Sholihin Musirawas. Jurnal Isema : Islamic Educational Management, 6(1), 1–12. https://doi.org/10.15575/isema.v6i1.9471

Handayani, B., & Ismanto, B. (2019). Evaluasi Manajemen Pemasaran Jasa Pendidikan Nonformal Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (Pkbm). Jurnal Manajemen Dan Supervisi Pendidikan, 4(1), 83–88. https://doi.org/10.17977/um025v4i22020p083

HMS, D. (2020). FIS (Fun-Innovative-Spritual): Manajemen Pemasaran di KB. Fun Islamic School Purworejo. Golden Age: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, 5(1), 1–10. https://doi.org/10.14421/jga.2020.1-10

Hu, J., Gordon, C., Yang, N., & Ren, Y. (2021). “Once Upon A Star”: A Science Education Program Based on Personification Storytelling in Promoting Preschool Children’s Understanding of Astronomy Concepts. Early Education and Development, 32(1), 7–25. https://doi.org/10.1080/10409289.2020.1759011

Hurriyanti, R. (2010). Bauran Konsumen dan Loyalitas Konsumen (1st ed.). Alfa Beta.

Jannah, N. (2021). Manajemen Pemasaran Lembaga PAUD pada Masa Pandemi Covid-19. Journal of Islamic Early Childhood Education, 4(2), 223–234. https://doi.org/10.24014/kjiece.v4i2.12906

Khasanah, A. (2015). Pemasaran Jasa Pendidikan Sebagai Strategi Peningkatan Mutu Di Sd Alam Baturraden. El-Tarbawi, 8(2), 161–176. https://doi.org/10.20885/tarbawi.vol8.iss2.art4

Küçükturan, A. G., & Altun, S. A. (2017). Motivations and barriers in promoting preschool education. Kuram ve Uygulamada Egitim Bilimleri, 17(4), 1433–1450. https://doi.org/10.12738/estp.2017.4.0368

Mentari, E. G., & Purwasih, W. (2018). Manajeman Strategi Pemasaran dalam Mempertahankan Mutu Pendidikan di TK An Nur 1 Yogyakarta. Athfal : Jurnal Kajian Perkembangan Anak Dan Manajemen Pendidikan Usia Dini, 6(1), 91–105. https://www.ejournal.stainupwr.ac.id/index.php/Al_Athfal/article/view/50

Mustafa, L. M., Yunus, N. K. Y., & Azman, M. N. A. (2014). An Overview of Private Preschool in Malaysia: Marketing Strategies and Challenges. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 130(May), 105–113. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2014.04.013

Najiha, N., & Munastiwi, E. (2022). Strategi Manajemen Pemasaran Lembaga Sekolah dalam Menarik Peserta Didik Baru Di TK/KB Tahfidz Qolbun Salim. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(5), 6846–6855. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i5.3174

Nurmalasari, N., & Masitoh, I. (2020). Manajemen Strategi Pemasaran Pendidikan Berbasis Media Sosial. Journal of Management Review, volume 4(3), 543. https://jurnal.unigal.ac.id/index.php/managementreview/article/view/4524

Pratiwi, I., & Munastiwi, E. (2021). Analisis Strategi Pemasaran PAUD. Indonesian Journal of Islamic Early Childhood Education, 5(2), 36–40. https://doi.org/10.51529/ijiece.v5i2.192

Rasmani, U. E. E., Wahyuningsih, S., Nurjanah, N. E., Jumiatmoko, J., Zuhro, N. S., Fitrianingtyas, A., & Winarji, B. (2022). Manajemen Promosi Lembaga PAUD di Era Revolusi Industri 5.0. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(6), 6443–6449. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i6.3479

Rezieka, D. G., & Ismiulya, F. (2022). Analisis Manajemen Pemasaran Paud. Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak, 4(1), 54–70. https://jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/bunayya/article/view/12256

Sopiyan, P. (2019). Pengaruh Strategi Harga dan Visual Merchandising terhadap Keputusan Pembelian Online. Jurnal Inspirasi Bisnis Dan Manajemen, 3(2), 193–205. https://jurnal.ugj.ac.id/index.php/jibm/article/view/2204

Suyadi. (2011). Manajemen Paud. Pustaka pelajar.

Syahrullah, M. G. I., & Dkk. (2021). Innovative Education Management Beyond Global Pandemic: Kajian Dinamika Pengembangan Lembaga Pendidikan Islam Kontemporer di Indonesia (M. Thoyib & R. Harsoyo (eds.); 1st ed.). Jurusan Manajemen Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FATIK) Institut Agama Islam Negeri Ponorogo.

Trisia, E., Wulandari, R., Sari, S. N., & Meiyansari, M. (2022). Pengelolaan Pemasaran Kelompok Bermain. Jurnal Multidisipliner Kapalamada, 1(3), 380–389. https://azramedia-indonesia.azramediaindonesia.com/index.php/Kapalamada/article/view/432

Wijaya, D. (2012). Pemasaran Jasa Pendidikan: Mengapa Sekolah Memerlukan Marketing. In Penerbit Salemba Empat. Salemba Empat.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.