- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Penanaman Perilaku Hidup Bersih dan Sehat Berbasis Layanan Holistik Integratif
DOI:
https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i3.4413Keywords:
perilaku hidup bersih sehat, holistik integratif, ayah ibu, anak usia dini.Abstract
Peneliti mengkaji banyak ayah ibu yang masih tidak memahami pentingnya untuk menjaga kebugaran serta kebersihan sehingga peneliti melakukan riset sejauh mana kesadaran ayah ibu membentuk pola hidup bersih, sehat dengan pelayanan holistik integratif maupun pendidik memiliki tantangan untuk mampu menerapkan dalam kehidupan sehari-hari anak. Membentuk anak untuk mengubah kebiasaannya sejak kecil memang sulit, meski ada hubungan kerjasama antar pendidik dengan ayah ibu sehingga dapat mengkaji, dan membentuk kesadaran anak diberi makan bergizi, hidup sehat, 5 pelayanan holistik integratif, dan pentingnya dilaksanakan di lembaga PAUD. Metode kualitatif deskriptif dipakai riset ini. Teknik pengumpulan data adalah menggunakan; analisa perencanaan, menerapkan pada saat anak disekolah dan dirumah anak mampu menjaga kebersihan, asupan nutrisi yang terkecupi dengan baik untuk menjaga imun anak, dan menunjang tumbuh kembang anak sejak dini. Menggunakan hasil penelitian, menerapkannya sehingga dapat menjaga kebersihan, penerimaan yang sehat untuk mengimbangi kekebalan anak, dan mendukung perkembangan dan kemajuan anak sejak awal.
Downloads
References
Abdullah, A., Rahman, H. F., Warliah, W., Qomariah, N., & Sutriyani, S. (2022). PHBS (Clean and Healthy Living Habits) As Covid 19 Prevention Education for Early Childhood. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 3560–3569. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.2075
Afrinis, N., Indrawati, I., & Farizah, N. (2020). Analisis Faktor yang Berhubungan dengan Kejadian Karies Gigi Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 763. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.668
Amini, N., & Suyadi, S. (2020). Media Kartu Kata Bergambar Dalam Meningkatkan Kemampuan Kosakata Anak Usia Dini. PAUDIA : Jurnal Penelitian dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini, 9(2), 119-129. https://doi.org/10.26877/paudia.v9i2.6702
Astutiek, D. (2023). Model Pemberdayaan Wali Murid melalui Buku Pendampingan PAUD untuk Optimalisasi Usia Emas. 7(3), 2671–2684. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i3.4455
Dewi, I., & Suryana, D. (2020). Analisis Evaluasi Kinerja Pendidik Pendidikan Anak Usia Dini di PAUD Al Azhar Bukittinggi. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 1051. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.465
Huliatunisa, Y., Alfath, M. D., & Hendiati, D. (2020). Cuci Tangan Bersih Menggunakan Sabun. Jurnal Pasca Dharma Pengabdian Masyarakat, 1(2). https://doi.org/10.17509/jpdpm.v1i2.24027
Jannah, D. F., & Setiawan, R. (2022). Evaluasi Implementasi Program PAUD Holistik Integratif. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(6), 7163–7172. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i6.2970
Khairunnisa Ulfadhilah, M. U. (2021). Implementasi Layanan Kesehatan , Gizi , dan Perawatan dalam Menanamkan Disiplin Hidup Sehat. 9(1). https://doi.org/10.21043/thufula.v9i1.10288
Kusuma, W. S., & Sutapa, P. (2021). Dampak Pembelajaran Daring terhadap Perilaku Sosial Emosional Anak. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1635–1643. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.940
Mahyiddin, Z., Faudhiah, N., & Fauzia, S. N. (2023). Pendidikan Makan di PAUD Intan Payong. 7(3), 2829–2838. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i3.4260
Maryati, I., Annisa, N., & Amira, I. (2023). Faktor Dominan terhadap Kejadian Stunting Balita. 7(3), 2695–2707. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i3.4419
Na’imah, Wiresti, R. D. (2020). Aulad : Journal on Early Childhood Aspek Perkembangan Anak : Urgensitas Ditinjau dalam Paradigma Psikologi Perkembangan Anak. 3(1), 36–43. https://doi.org/10.31004/aulad.v3i1.53
Ningrum, M. A., Hasibuan, R., Mas’udah, M., & Fitri, R. (2023). PAUD Holistik Integratif Berdimensi Profil Pelajar Pancasila. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(1), 563–574. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i1.3730
Nurma, Purnama, S. (2022). Penanaman Nilai Agama Dan Moral Pada Anak Usia Dini. Ya Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 53–62. https://jurnal.umj.ac.id/index.php/YaaBunayya/article/view/11531
Ode, W., Astarin, S., & Formen, A. (2023). Kapasitas Pendidik dalam Program Layanan PAUD HI ditinjau dari Pengalaman Mengajar dan Pengembangan Diri. 7(2), 2094–2108. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.4176
Oktaviani, D. A. (2021). Penerapan PAUD Holistik Integratif pada Masa. 5(2), 1870–1882. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.995
Paramashanti, B. A., & Benita, S. (2020). Early introduction of complementary food and childhood stunting were linked among children aged 6-23 months. Jurnal Gizi Klinik Indonesia, 17(1), 1. https://doi.org/10.22146/ijcn.53788
Rahayu, A. K., & Setiasih, O. (2022). Strategi Orang Tua dalam Membiasakan PHBS Anak Usia Dini saat Pandemi COVID-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 4118–4127. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.2115
Ratna Julianti, W. (2018). Pelaksanaan PHBS Di Lingkungan Sekolah. Ilmiah Potensia, 3(2), 11–17. https://ejournal.unib.ac.id/index.php/potensia/article/view/2960
Romadona, N. F., & Rudiyanto, R. (2022). Pembelajaran Kesehatan dan Gizi bagi Guru Taman Kanak-Kanak: Sebuah Penelitian Gabungan. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(6), 6417–6428. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i6.3314
Santoso, M. B., Nurwati, N., Humaedi, S., & Irfan, M. (2021). Parenting Training Anak Usia Dini Di Masa Pandemi Covid-19 Bagi Kader Posyandu Kecamatan Jatinangor Kabupaten Sumedang. Prosiding Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 7(3), 561. https://doi.org/10.24198/jppm.v7i3.32149
Syahrul, S., & Nurhafizah, N. (2021). Analisis Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Terhadap Perkembangan Sosial dan Emosional Anak Usia Dini Dimasa Pandemi Corona Virus 19. Jurnal Basicedu, 5(2), 683–696. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i2.792
Tabi’in, A. (2020). Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat(Phbs) Pada Anak Usia Dini Sebagai Upaya Pencegahan Covid 19. JEA (Jurnal Edukasi AUD), 6(1), 58. https://doi.org/10.18592/jea.v6i1.3620
Trisnawati, W., & Sugito, S. (2020). Pendidikan Anak dalam Keluarga Era Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 823–831. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.710
Ulfadhilah, Khairunnisa, N. (2021). Aulad : Journal on Early Childhood Penerapan Pola Hidup Bersih dan Sehat pada Anak Usia Dini Era Pandemi Covid-19. 4(3), 151–159. https://doi.org/10.31004/aulad.v4i3.101
Ulfadhilah, K., & Munastiwi, E. (2021). Parenting Program to Develop Social and Emotional Ability of Children with Special Needs During the Covid-19 Pandemic. 8(1), 33–40. http://journal2.um.ac.id/index.php/jppplb/article/view/21345
Ulfah, M. (2020). Pendekatan Holistik Integratif Berbasis Penguatan Keluarga pada Pendidikan Anak Usia Dini Full Day. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 4(1), 10–19. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.255
Utami, F., & Prasetyo, I. (2021). Pengasuhan Keluarga terhadap Perkembangan Karakter Disiplin Anak Usia Dini. 5(2), 1777–1786. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.985
Wulan, W. M., & Watini, S. (2023). Implementasi Model ASYIK dalam Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus di KB Inklusi. 7(1), 323–335. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i1.3107
Yani, A., & Jazariyah, J. (2020). Penyelenggaraan PAUD Berbasis Karakter Kebhinekaan sebagai Upaya Pencegahan Radikalisme Sejak Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 1. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.503