- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Meningkatkan Motorik Kasar Anak Usia Dini Ditinjau dengan Model Permainan Ladder
DOI:
https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i4.4391Keywords:
model permainan ladder, motorik kasar, usia diniAbstract
Perkembangan motorik pada anak usia dini sangat penting untuk diperhatikan, hal tersebut akan mempengaruhi kemampuan gerak anak pada saat dewasa. Peningkatan kemampuan gerak pada anak usia dini dapat dilakukan dengan model model permainan yang sesuai dengan karakteristik anak usia dini. Model permainan yang akan dikembangkan pada penelitian ini adalah permainan gerak menggunakan ladder. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian pengembangan dari Borg and Gall. Penelitian tersebut akan melewati sepuluh tahapan dari mulai peneliti mengumpulkan masalah yang akan menjadi topik penelitian sampai dengan produksi skala besar. Penelitian ini juga melewati tahapan uji coba model permainan dan diberikan validasi.pada saat uji coba akan dilihat juga efektifitas model permainan ladder ini. Model permainan ladder ini setelah dikembangkan terdapat gerakan lompat dengan satu kaki maupun dua kaki. Penelitian ini dilaksanakan di Pendidikan Anak Usia Dini ( PAUD ) Bintang Harapan. Setelah melalui tahapan tahapan dalam penelitian pengembangan ini, dapat disimpulkan bahwa model permainan ladder dapat meningkatkan kemampuan motorik kasar pada anak usia dini.
Downloads
References
Ananditha, A. C. (2017). Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Perkembangan Motorik Kasar Pada Anak Toddler. Jurnal Keperawatan Muhammadiyah, 2(1), 113–122. https://doi.org/10.30651/jkm.v2i1.924
Ariyana, D., & Rini, S. N. (2009). Hubungan pengetahuan ibu tentang perkembangan anak dengan perkembangan motorik kasar dan motorik halus anak usia 4-5 tahun Di TK Aisyiyah Bustanul Athfal 7 Semarang. Jurnal Keperawatan (FIKkes), 2(2), 11–20. https://jurnal.unimus.ac.id/index.php/FIKkeS/article/view/235
Ariyanti, T. (2016). Pentingnya Pendidikan Anak Usia Dini Bagi Tumbuh Kembang Anak, The Importance of Childhood Education for Child Development, Jurnal Dinamika Pendidikan dasar, Volume 8, No.1, Maret 2016, hlm. 50. Dinamika Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(1), 51. http://jurnalnasional.ump.ac.id/index.php/Dinamika/article/view/943
Aryani, N. (2015). Konsep Pendidikan Anak Usia Dini Dalam Perspektif Pendidikan Islam. POTENSIA: Jurnal Kependidikan Islam, 1(2), 213–227. https://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/potensia/article/view/3187
Bennett, N., Borg, W. R., & Gall, M. D. (1984). Educational Research: An Introduction. British Journal of Educational Studies, 32(3), 274. https://doi.org/10.2307/3121583
Farida, A. (2016). Urgensi Perkembangan Motorik Kasar Pada Perkembangan Anak Usia Dini. Jurnal Raudhah, IV(2), 2338–2163.
Fauziddin, M. (2018). Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus melalui Teknik Mozaik pada Anak Kelompok B di TK Perdana Bangkinang Kota. Journal of Studies in Early Childhood Education (J-SECE), 1(1), 1. https://doi.org/10.31331/sece.v1i1.581
Fauziddin, M., & Mufarizuddin, M. (2018). Useful of Clap Hand Games for Optimalize Cogtivite Aspects in Early Childhood Education. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(2), 162. https://doi.org/10.31004/obsesi.v2i2.76
Formen, A. (2022). Calon Guru Paud Dan Tantangan Masa Depan: Temuan Awal Pandangan Mahasiswa Tentang Pendidikan Abad 21. Jurnal Ilmiah PTK PNF, 17(1), 26–42.
Hidayanti, M. (2013). Peningkatan kemampuan motorik kasar anak melalui permainan bakiak. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 7(1), 195–200. https://www.neliti.com/id/publications/117598/peningkatan-kemampuan-motorik-kasar-anak-melalui-permainan-bakiak
Hikmah, N., & Alam, M. (2022). Prinsip Prinsip Pendidikan Anak Usia Dini dalam Al- Qur ’ an. Edukasi Islam : Jurnal Pendidikan Islam, 2, 899–921. https://doi.org/10.30868/ei.v11i01.2344
Lutviatiani, M., Shofia, N. C., Wijaksono, C. F., & Zawawi, A. A. (2023). The Implementation of an Online Distance Learning Program with an Independent Curriculum-Based on Improving Child-Parent Relations. Educative: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 1(2), 51–62. https://doi.org/10.37895/educative.v1i2.56
Mahfud, I., & Fahrizqi, E. B. (2020). Pengembangan Model Latihan Keterampilan Motorik Melalui Olahraga Tradisional Untuk Siswa Sekolah Dasar. SPORT SCIENCE AND EDUCATION JOURNAL, 1(1), 31–37. https://doi.org/10.33365/.v1i1.622
Mahmud, B. (2019). Urgensi Stimulasi Kemampuan Motorik Kasar Pada Anak Usia Dini. DIDAKTIKA : Jurnal Kependidikan, 12(1), 76–87. https://doi.org/10.30863/didaktika.v12i1.177
Mashuri, H., Mappaompo, M. A., A, P., Rahman, T., Saparia, A., & Juhanis, J. (2022). Pengaruh Permainan Gerak Dasar dengan Circuit Training terhadap Perkembangan Motorik Kasar Anak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(6), 6583–6593. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i6.2213
Mu’mala, K. A., & Nadlifah, N. (2019). Optimalisasi Permainan Lompat Tali dalam Mengembangkan Motorik Kasar Anak. Golden Age: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, 4(1), 57–68. https://doi.org/10.14421/jga.2019.41-06
Nugroho, I. H., Sukmana, A. A., Lestariningrum, A., Septiano, N. I., & Rizqi, A. B. (2021). Efektifitas Pengembangan Model Permainan Bola Keranjang Aspek Motorik Kasar Anak 5-6 Tahun. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3), 2127–2137. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i3.1974
Nuridayu, N., Kiya, A., & Wahyuni, I. W. (2020). Pengembangan Motorik Kasar Anak Usia Dini Melalui Permainan Gerakan Binatang. As-Sibyan: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 107–120. https://doi.org/10.32678/as-sibyan.v5i2.2701
Nurkholishoh, S., & Da’warul Choiro, U. (2022). Peran Permainan Tradisional Bakiak Dalam Meningkatkan Kemampuan Motorik Kasar Anak Usia 3-4 Tahun. Abata : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2(1), 142–152. https://doi.org/10.32665/abata.v2i1.340
Nurzaman, I., Yasbiati, Y., & Rahmattya, E. (2017). Penggunaan Permainan Pesan Gambar Berantai untuk Meningkatkan Kosakata Bahasa Inggris Anak Usia Dini. JURNAL PAUD AGAPEDIA, 1(1), 40–52. https://doi.org/10.17509/jpa.v1i1.7159
Partami, I. A. M., & Sujana, I. W. (2021). Keterampilan Mengajar Guru PAUD dalam Pembelajaran Daring. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 9(2), 167. https://doi.org/10.23887/paud.v9i2.35068
Putro, K. Z. (2016). Mengembangkan Kreativitas Anak Melalui Bermain. Aplikasia: Jurnal Aplikasi Ilmu-Ilmu Agama, 16(1), 19. https://doi.org/10.14421/aplikasia.v16i1.1170
Ramdani, L. A., & Azizah, N. (2019). Permainan Outbound untuk Perkembangan Motorik Kasar Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 494. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.407
Reswari, A. (2021). Efektivitas Permainan Bola Basket Modifikasi terhadap Kemampuan Motorik Kasar Anak Usia 5- 6 Tahun. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 17–29. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i1.1182
Riah Ayu Pratami, Abd. Gafur, Nur Ulmy Mahmud, Sumiaty, & Septiyanti. (2021). Hubungan Antara Pola Pemberian ASI Terhadap Perkembangan Motorik Kasar Pada Bayi Usia 6-11 Bulan di Puskesmas Rappokalling Kota Makassar. Window of Public Health Journal, 01(04), 359–369. https://doi.org/10.33096/woph.v1i4.164
Riswandi, F. N. (2021). Peningkatan Kemampuan Motorik Kasar melalui Pengembangan Model Permainan Sirkuit Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal PG-PAUD Trunojoyo : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Anak Usia Dini, 8(1), 66–78. https://doi.org/10.21107/pgpaudtrunojoyo.v8i1.10233
Saleh, Y. T., Nugraha, M. F., & Nurfitriani, M. (2017). Model Permainan Tradisional “Boy-boyan†untuk Meningkatkan Perkembangan Sosial Anak SD. Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 1(2b), 127–138. https://journal.um-surabaya.ac.id/index.php/pgsd/article/view/1062/0
Sudarsana, I. K. (2017). Membentuk Karakter Anak Sebagai Generasi Penerus Bangsa Melalui Pendidikan Anak Usia Dini. In Purwadita : Jurnal Agama dan Budaya (Vol. 6, Issue 2, pp. 41–48). https://jurnal.stahnmpukuturan.ac.id/index.php/Purwadita/article/view/8
Sulastri, S., & Ahmad Tarmizi, A. T. (2017). Peran Orang Tua Dalam Pendidikan Anak Usia Dini. Raudhatul Athfal: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(1), 61–80. https://doi.org/10.19109/ra.v1i1.1526
Tangse, U. H. M., & Dimyati, D. (2021). Permainan Estafet untuk Meningkatkan Kemampuan Motorik Kasar Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 9–16. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i1.1166
Widodo, P., & Lumintuarso, R. (2017). Pengembangan model permainan tradisional untuk membangun karakter pada siswa SD kelas atas. Jurnal Keolahragaan, 5(2), 183. https://doi.org/10.21831/jk.v5i2.7215