- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Analisis Permainan Kotak Kartu Kata untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Permulaan pada Anak
DOI:
https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i3.4386Keywords:
permainan kartu kata, permainan anak, menulis permulaanAbstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan menulis permulaan pada anak kelompok A. Hasil observasi yang telah dilakukan pada kelompok A yang berjumlah 17 anak, terdapat 12 anak belum bisa menulis permulaan yang telah diajarkan oleh guru. Permainan kotak kartu kata merupakan media yang efektif untuk menstimulasi kemampuan menulis. Penelitian ini bertujuan menganalisis penerapan media permainan kotak kartu kata dapat meningkatkan kemampuan menulis permulaan anak. Dengan pendekatan studi kasus, penelitian ini menggunakan metodologi kualitatif. Objek penelitian adalah anak kelompok A yang terdiri dari 17 orang anak. Penelitian dilaksanakan satu bulan  dari  November 2022 hingga Desember 2022. Temuan menunjukkan bahwa permainan kotak kartu kata terbukti dapat meningkatkan keterampilan menulis pertama anak, dengan peningkatan penulisan awal dari pengamatan pertama ke pengamatan ketiga dengan menggunakan permainan kotak kartu kata.
Downloads
References
Aguss, R. M. (n.d.). Analisis Perkembangan Motorik Halus Usia 5-6 Tahun Pada Era New Normal. Sport Science And Education Journal, 2(1), 21–26. https://doi.org/10.33365/ssej.v2i1.998
Agustika, T. (2022). Meningkatkan Kemampuan Membaca Anak Usia Dini Melalui Kegiatan Permainan Kartu Kata Di Tk Centre Desa Jatitengah Kecamatan Jatitujuh Kabupaten Majalengka. Journal of Early Childhood Islamic Education, 1(1), 25–30. https://doi.org/10.31949/ra.v1i1.2595
Amini, N., & Suyadi, S. (2020). Media Kartu Kata Bergambar Dalam Meningkatkan Kemampuan Kosakata Anak Usia Dini. PAUDIA : Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini, 9(2), 119–129. https://doi.org/10.26877/paudia.v9i2.6702
Ananda, R. (2017). Implementasi Nilai-nilai Moral dan Agama pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 19. https://doi.org/10.31004/obsesi.v1i1.28
Astuti, S. (2018). Penggunaan Media Kartu Huruf Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Permulaan Ditkintan Komara Kelompok B. Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(1). https://doi.org/10.17509/cd.v7i1.10546
Azis, M. (2019). Analisis Kesulitan Belajar Membaca dan Menulis Permulaan PAUD Di Kelompok Bermain Fun Islamic School. Al-Athfaal: Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini, 2(2), 100–110. https://doi.org/10.24042/ajipaud.v2i2.5927
Azizah, A., & Eliza, D. (2021). Pelaksanaan Metode Bermain Peran dalam Mengembangkan Kemampuan Membaca dan Menulis pada Anak. Jurnal Basicedu, 5(2), 717–723. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i2.798
Budiwaluyo, H., & Muhid, A. (2021). Manfaat Bermain Papercraft dalam Meningkatkan Kreativitas Berpikir Pada Anak Usia Dini. PEDAGOGI: Jurnal Anak Usia Dini Dan Pendidikan Anak Usia Dini, 7(1), 76–93. http://doi.org/10.30651/pedagogi.v7i1.6889
Caçola, P., & Lage, G. (2019). Developmental coordination disorder (DCD): An overview of the condition and research evidence. Motriz. Revista de Educacao Fisica, 25(2), 1–6. https://doi.org/10.1590/s1980-6574201900020001
Christianti, M. (2013). Membaca dan Menulis Permulaan Untuk Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak, 2(2). https://doi.org/10.21831/jpa.v2i2.3042
Daeni, E. I. (2020). Meningkatkan Minat Baca Anak Melalui Permainan Kartu Kata Bergambar Di Kelompok B2 TK Darussalam. 6(2), 500–503. https://doi.org/10.31949/educatio.v6i2.503
Devi, H. M., & Putri, R. S. M. (2021). Analisa Korelasional Pola Asuh Permisif Orangtua Terhadap Efikasi Diri Anak Usia Sekolah Dan Remaja Di Rt 03/ Rw 02 Desa Landungsari Kabupaten Malang. Nursing News : Jurnal Ilmiah Keperawatan, 5(2). https://publikasi.unitri.ac.id/index.php/fikes/article/view/2305
Ellison, J. A. (2017). How they teach the Holocaust in Jewish day schools. Cogent Education, 4(1), 1–14. https://doi.org/10.1080/2331186X.2017.1310010
Fajriah, Z. (2015). Peningkatan Penguasaan Kosakata Bahasa Arab (Mufradat)Melalui Penggunaan Media Kartu Kata Bergambar (Penelitian Tindakan Pada Siswa kelas I MI Nurul HakimKediri Lombok Barat Tahun 2015). Jurnal Pendidikan Usia Dini, 9(1), 107–126. Retrieved from https://doi.org/10.21009/JPUD.091
Fatimah, S. D., Hasanudin, C., & Amin, A. K. (2021). Pemanfaatan Aplikasi Tik Tok Sebagai Media Pembelajaran Mendemonstrasikan Teks Drama. Indonesian Journal Of Education and Humanity, 1(2), 120–128. http://ijoehm.rcipublisher.org/index.php/ijoehm/article/view/19
Fiantika, F. (2022). Metodologi Penelitian Kualitatif. Rake Sarasin, (March), 54–68.
Hanani, R., & Syauqy, A. (2017). Perbedaan Perkembangan Motorik Kasar, Motorik Halus, Bahasa, Dan Personal Sosial Pada Anak Stunting Dan Non Stunting. Journal of Nutrition College, 5(4), 412-418. https://doi.org/10.14710/jnc.v5i4.16452
Ginting, M. B. (2018). Membangun Pengetahuan Anak Usia Dini Melalui Permainan Konstruktif Berdasarkan Perspektif Teori Piaget. Jurnal Caksana : Pendidikan Anak Usia Dini, 1(02), 159–171. https://doi.org/10.31326/jcpaud.v1i02.190
Hidayah, N., & Lazim, N. (2022). Penggunaan Media Kartu Kata Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Pemulaan Siswa Kelas II SDN 164 Pekanbaru Utilizing Word Card. Jurnal PAJAR ( Pendidikan dan Pengajaran ), 6(1), 40–46. https://pajar.ejournal.unri.ac.id/index.php/PJR/article/view/8269
Isna, A. (2019). Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini. Al-Athfal, 2(2), 62–69. https://www.ejournal.stainupwr.ac.id/index.php/Al_Athfal/article/view/140
Joko, I., & Karim, S. A. (2017). Penerapan Kartu Kata Bergambar Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Dan Menulis Siswa Kelas I SD Islam NU Pungkuran Tahun 2017. Seminar Nasional Pendidikan, Sains dan Teknologi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Muhammadiyah Semarang (2006). https://jurnal.unimus.ac.id/index.php/psn12012010/article/view/3317
Kartika, D. (2019). Peningkatan Keterampilan Pra Menulis Anak Usia 4-5 Tahun Melalui Bahan Serbuk Kayu Di Tk Aba Tanjungsari. Universitas Negeri Semartang. http://lib.unnes.ac.id/33857
Kurniasih, S. (2020). Peningkatan Kemampuan Menulis Permulaan Anak Melalui Media Sand Paper Alphabet Di Kelompok B Tk Nursa Bandar Lampung. Tumbuh Kembang: Kajian Teori Dan Pembelajaran PAUD, 7(1), 40–49. https://doi.org/10.36706/jtk.v7i1.11566
Muhyidin, A., Rozidin, O., & Salpariansi, E. (2018). Metode Pembelajaran Membaca Dan Menulis Permulaan Di Kelas Awal. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar (JPsd). 4(1). https://jurnal.untirta.ac.id/index.php/jpsd/article/view/2464
Muthiah, Sumardi, & Rahman, T. (2020). Desain Media Pasir Kinetik untuk Memfasilitasi Kemampuan Permulaan Anak Usia Dini. Jurnal PAUD Agapedia, 4(2), 207–218. https://ejournal.upi.edu/index.php/agapedia/article/view/30440
Parlena, P. (2020). Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar dan Kemampuan Menulis Permulaan Siswa Melalui Penerapan Media Pembelajaran Kartu Kata Pada Kelas I SDN 170 Bengkulu Utara. Journal of Elementary School (JOES), 3(2), 85-97. https://doi.org/10.31539/joes.v3i2.1868
Permainan, K., Bola, M., Dan, K., Kata, K., Mengenalkan, U., Membaca, K., … Usia, A. (2016). Journal of Primary Education. 5(2), 138–146. https://doi.org/10.15294/jpe.v5i2.12904
Prasekolah, B. P. (2010). ( The Play Approach In Teaching Language And Literacy For Preschool Education ). Pendidikan Bahasa Melayu, 1, 1–15. Retrieved from http://spaj.ukm.my/jpbm/index.php/jpbm/article/view/26
Rizki, H., & Aguss, R. M. (2020). Analisis Tingkat Pencapaian Perkembangan Motorik Kasar Anak Usia 4-5 Tahun Pada Masa Pandemi Covid-19. Journal Of Physical Education, 1(2), 20–24. https://doi.org/10.33365/joupe.v1i2.588
Sanjiwani, K. I., & Ambara, D. P. (2022). Kesulitan Menulis Awal Pada Anak Usia Dini. 10, 190–196. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPAUD/article/view/50859
Sholikhah, A. (2017). Statistik Deskriptif Dalam Penelitian Kualitatif. KOMUNIKA: Jurnal Dakwah Dan Komunikasi, 10(2), 342–362. https://doi.org/10.24090/komunika.v10i2.953
Siska Anggraini, E. (2021). Pola Komunikasi Guru Dalam Pembelajaran Anak Usia Dini Melalui Bermain. Jurnal Bunga Rampai Usia Emas, 7(1), 2502–7166. https://doi.org/10.24114/jbrue.v7i1.25783
Suastika, N. S. (2019). Problematika Pembelajaran Membaca Dan Menulis Permulaan Di Sekolah Dasar. Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar, 3(1), 57. https://doi.org/10.25078/aw.v3i1.905
Thalib, M. A. (2022). Pelatihan Analisis Data Model Miles Dan Huberman Untuk Riset Akuntansi Budaya. Madani: Jurnal Pengabdian Ilmiah, 5(1), 23–33. https://doi.org/10.30603/md.v5i1.2581
Theresia Dina. (2017). Pengaruh Bermain Kotak Kartu Kata Terhadap Kemampuan Menulis Awal Pada Anak Usia 5-6 Tahun. BELIA: Early Childhood Education Papers, 3(2), 109–116. https://doi.org/10.15294/belia.v3i2.3773
Tursina, A., & Pd, M. (2021). Meningkatkan Kemampuan Menulis Dasar Anak Usia Dini Melalui Metode Demonstrasi TK Islam Nasrullah. Jurnal Raudhah, 9(1), 140–152. http://jurnaltarbiyah.uinsu.ac.id/index.php/raudhah/article/view/935
Wardhani, J. D., Hikmat, M. H., Sidiq, Y., & Nurjanah, S. (2022). Penguatan Keterampilan Menstimulasi Perkembangan Literasi , Numerasi , dan Life Skill bagi Cikgu di Sanggar Belajar Subang Mewah. Buletin KKN Pendidikan, 4(2), 184–193. https://doi.org/10.23917/bkkndik.v4i2.21284
Widyaningrum, H. K., & Hasanudin, C. (2019). Kajian Kesulitan Belajar Membaca Menulis Permulaan (MMP) di Sekolah Dasar. Pedagogia : Jurnal Pendidikan, 8(2), 189–199. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v8i2.2219
Yuliani, D., Antara, P. A., & Magta, M. (2017). Pengaruh Video Pembelajaran Terhadap Kemampuan Berhitung Permulaan Anak Kelompok B di Taman Kanak-Kanak. Pendidikan Anak Usia Dini Universitas Pendidikan Ganesha, 5(1), 96–105. https:/ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPAUD/article/view/11309