Koreografi Permainan Tradisi Anak Membentuk Karakter Kebersamaan pada Pasca Pandemi

Authors

  • Ayo Sunaryo Pendidikan Tari, Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia
  • Rivaldi Indra Hapidzin Pendidikan Tari, Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia
  • Supartini Permata Sekolah Laboratorium Percontohan, Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia
  • Saeful Uyun Sekolah Laboratorium Percontohan, Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i2.4296

Keywords:

koreografi, permainan tradisi anak, karakter kebersamaan, pasca pandemic

Abstract

Artikel ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil penelitian mengenai pembelajaran seni tari yang membentuk karakter kebersamaan siswa akibat pandemik Covid-19 hampir selama 2 tahun belajar dari rumah secara individu. Metode penelitian yang digunakan yaitu mix method secara exploratory, dimana peneliti akan menggunakan penelitian secara kualitatif kemudian dilakukan penelitian secara kuantitatif. teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, studi dokumentasi dan angket. Penelitian ini dilakukan di Sekolah Laboratorium Percontohan Universitas Pendidikan Indonesia Cibiru Bandung. Data diperoleh dengan melakukan pembelajaran koreografi permainan tradisi anak pada 30 siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran yang dilakukan saat pandemi berdampak pada karakter kebersamaan yang kurang terjalin. Maka, peneliti melakukan pembelajaran koreografi yang terdapat pada permainan anak yang pada dasarnya terdapat gerak berkelompok dengan pola gerak saling bersentuhan meningkatkan rasa kebersamaan siswa. secara kuantitatif Berdasarkan output test statistik diatas diketahui nilai asymp.sig yaitu 0.000. karena nilai 0,000 lebih kecil dari 0,05. Dapat disimpulkan bahwa hipotesis diterima.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afiati, L. (2012). Kajian Struktur, Konteks Pertunjukan, Dan fungsi Dalam Kakawihan Kaulinan Barudak Lembur Pada Masyarakat Sunda Serta Model Pelestariannya. Universitas Pendidikan Indonesia.

Alif, M. Z., Sachari, A., & Sabana, S. (2015). Konsep Desain Venakular Dalam Bentuk pagawéan barudak di Baduy-Dalam. Panggung, 25(4), 391–404. https://doi.org/10.26742/panggung.v25i4.46

Andriani T. (2012). Permainan Tradisional Dalam Membentuk Karakter Anak Usia Dini. Jurnal Sosial Budaya, 9(1), 87–98. https://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/SosialBudaya/article/view/376

Anhert L., Pinquart M., & Lamb M. E. (2006). Security of Children`s Relationships With Nonparental Care Providers: A Meta-Analysis. Child Development, 74(3), 664–679. https://doi.org/10.1111/j.1467-8624.2006.00896.x

Benninga J., Berkowitz M., Kuehn P., & Smith K. (2003). The Relationship of Character Education Implementation and Academic Achiement in Elementary Schools. Journal of Research in Character Education, 1, 19–32. https://kremen.fresnostate.edu/centers-projects/bonnercenter/documents/Character_Education.pdf

Biasutti, M. (2013). Improvisation in dance education: teacher views. Research in Dance Education, 14(2), 120–140. https://doi.org/10.1080/14647893.2012.761193

Bjorbækmo, W. S., & Mengshoel, A. M. (2016). “A touch of physiotherapy†- The significance and meaning of touch in the practice of physiotherapy. Physiotherapy Theory and Practice, 32(1), 10–19. https://doi.org/10.3109/09593985.2015.1071449

Christin, M., Hidayat, D., & Rachmiatie, A. (2021). Construction of Social Reality for Physical Distancing During the COVID-19 Pandemic. Jurnal Komunikasi, 13(1), 1. https://doi.org/10.24912/jk.v13i1.9612

Fjørtoft, I. (2001). The natural environment as a playground for children: The impact of outdoor play activities in pre-primary school children. Early Childhood Education Journal, 29(2), 111–117. https://doi.org/10.1023/A:1012576913074

Flannigan, C., & Dietze, B. (2018). Children, Outdoor Play, and Loose Parts. Journal of Childhood Studies, 42(4), 53–60. https://doi.org/10.18357/jcs.v42i4.18103

Fransiscus Dwikotjo Sri Sumantyo. (2020). Pendidikan Tinggi Di Masa dan Pasca Covid-19. Jurnal Kajian Ilmiah, No. 1, 81–92. https://doi.org/10.31599/jki.v1i1.266

Gilbert, A. G. (2002). Creative Dance for All Ages (Second Edi). Human Kinetics.

Hännikäinen, M. (2018). Values of well-being and togetherness in the early childhood education of younger children. In Values in Early Childhood Education (pp. 147–162). Routledge. https://doi.org/10.4324/9781315317007-10

Hawkins, A. (2003). Moving form Within: A New Method for Dance Making. Bergerak Menurut Kata Hati. Terjemahan oleh I Wayan Dibya. MSPI.

Hermans, C. (2021). To Touch and to Be Touched: Interconnectedness and Participatory Sense-making in Play and Dance Improvisation. Journal of Dance Education. https://doi.org/10.1080/15290824.2020.1836647

Kessel, J. (2018). Let Our Children Play: The Importance of Play in Early Childhood Education. University of Montana Journal of Early Childhood Scholarship and Innovative Practice, 2(1).

Koeners, M. P., & Francis, J. (2020). The physiology of play: potential relevance for higher education. International Journal of Play, 0(1), 1–17. https://doi.org/10.1080/21594937.2020.1720128

Larsen, L. J. (2015). Play and space–towards a formal definition of play. International Journal of Play, 4(2), 175–189. https://doi.org/10.1080/21594937.2015.1060567

Lavender, L. (1996). Dancers Talking Dance: Critical Evaluation in the Choreography Class. Human Kinetics.

Lavender, L. (2006). Creative Process Mentoring: Teaching the “Making†in Dance-Making. Journal of Dance Education, 6(1), 6–13. https://doi.org/10.1080/15290824.2006.10387306

Lickona, T. (2013). Educating for Character, How Our School Can Teach Respect and Responsibility. Bantam Books.

Mayakania, N. D. (2014). Internalisasi Ajen Atikan Melalui Kakawihan Kaulinan Barudak Buhun Untuk Membina Kesalehan Budaya (Studi pada Komunitas Hong di Dago Pakar Badung). Universitas Pendidikan Indonesia.

McCutchen, B. P. (2006). Teaching Dance as Art in Education. Human Kinetics.

Munawaroh, H. (2017). Pengembangan Model Pembelajaran dengan Permainan Tradisional Engklek Sebagai Sarana Stimulasi Perkembangan Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(2), 86. https://doi.org/10.31004/obsesi.v1i2.19

Nugraha M., Satria M., & Wibowo H. (2020). Ngindung ka Waktu Ngawula ka Jaman. Direktorat Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

Palayew, A., Norgaard, O., Safreed-Harmon, K., Andersen, T. H., Rasmussen, L. N., & Lazarus, J. v. (2020). Pandemic publishing poses a new COVID-19 challenge. In Nature Human Behaviour (Vol. 4, Issue 7, pp. 666–669). Nature Research. https://doi.org/10.1038/s41562-020-0911-0

Pravat Kumar Jena. (2020). Impact of Pandemic Covid-19 On Education In India. International Journal of Current Research, 12(7), 12583–12586.

Procentese, F., Capone, V., Caso, D., Donizzetti, A. R., & Gatti, F. (2020). Academic community in the face of emergency situations: Sense of responsible togetherness and sense of belonging as protective factors against academic stress during covid-19 outbreak. Sustainability (Switzerland), 12(22), 1–12. https://doi.org/10.3390/su12229718

Purwanto. (1991). Evaluasi Hasil Belajar. Pustaka Pelajar.

Republik Indonesia. (2003) Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Rosala, D., Masunah, J., Narawati, T., Karyono, T., & Sunaryo, A. (2021). Internalisasi Nilai Tri-Silas melalui Pembelajaran Tari Anak Berbasis Budaya Lokal. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1973–1986. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.1087

Rothlein, L., Einspruch, E., & Goldberg, S. (1988). A study of traditional circle games played in public school kindergartens across the United States. International Journal of Early Childhood, 20(2), 55–61. https://doi.org/10.1007/BF03174563

Suhendi Afryanto. (2013). Internalisasi Nilai Kebersamaan Melalui Pembelajaran Seni Gamelan (Pendidikan Gamelan Bagi Mahasiswa). Jurna Seni & Budaya Pangguang, 23, 30–41. https://doi.org/10.26742/panggung.v23i1.85

Sunaryo, A. (2020). Dasar-Dasar Koreografi (1st ed.). UPI Press.

Sunaryo, A. (2021). Koreografi Tari Anak: Tri Silas Pada Permainan Tradisi (J. Masunah, Ed.). UPI Press.

Sunaryo, A., Masunah, J., Narawati, T., & Nugraheni, T. (2020). Gerak Relationship Pada Permainan Anak Sunda Sebagai Sumber Penciptaan Komposisi Tari Anak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 1076. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.499

Supriyanto, E. (2018). Ikat Kait Impulsif Sarira: Gagasan Yang Mewujud Era 1990-2010 (R. S. Wulan, Ed.). Garudhawaca.

Syahrial, S., Kurniawan, A. R., Alirmansyah, A., & Alazi, A. (2019). Strategi Guru dalam Menumbuhkan Nilai Kebersamaan pada Pendidikan Multikultural di Sekolah Dasar. Jurnal Gentala Pendidikan Dasar, 4(2), 232–244. https://doi.org/10.22437/gentala.v4i2.8455

Tati Narawati, & Ridwan. (2020). From Local to Global: The Transformation of the Value of Togetherness in Songah. Journal of Art and Humanities, 09(10), 49–60. https://theartsjournal.org/index.php/site/article/view/1995

Tutuk Ningsih. (2015). Implementasi Pendidikan Karakter. STAIN PRESS.

Wijarnako, B. (2013). Pewarisan Nilai-Nilai Kearifan Tradisional Dalam Masyarakat Adat (Peranan Kepala Adat Dalam Mewariskan Aturan Adat Di Kampung Adat Dukuh Desa Cijambe, Kecamatan Cikelet, Kabupaten Garut, Propinsi Jawa Barat). Jurnal Geografi Gea, 13(2). https://ejournal.upi.edu/index.php/gea/article/view/3356

Wolfson E. (1995). Circle in The Square Studies in Use of Gender in Kabbalistic Symbolysm. State University of New York Press.

Zari, N., & Masunah, J. (2018). Body Relationship with Dancing Skills. 255(Icade 2018), 214–216. https://doi.org/10.2991/icade-18.2019.49

Downloads

Additional Files

Published

01-04-2023

How to Cite

Sunaryo, A., Hapidzin, R. I., Permata, S., & Uyun, S. (2023). Koreografi Permainan Tradisi Anak Membentuk Karakter Kebersamaan pada Pasca Pandemi. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(2), 1897–1909. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i2.4296

Issue

Section

Articles