- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Analisis Serial Diva sebagai Media Pengembangan Karakter Cinta Tanah Air untuk Anak Usia Dini
DOI:
https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i2.4295Keywords:
pendidikan kakakter, cinta tanah air, media pembelajaran, anak usia dini, serial DivaAbstract
Dihadapkan dengan perkembangan zaman yang sudah maju, guru dan orang tua perlu memanfaatkan teknologi sebagai media pengembangan karakter untuk anak usia dini salah satunya melalui film animasi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis konten serial animasi untuk dapat digunakan sebagai media pengembangan karakter cinta tanah air bagi anak usia dini. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan metode analisis isi. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi, studi dokumentasi dan wawancara. Hasil yang didapatkan dari penelitian ini bahwa unsur intrinsik dan ekstrinsik dalam serial animasi Diva mengandung konten karakter cinta tanah air sehingga berpotensi dimanfaatkan sebagai media pengembangan karakter cinta tanah air anak. Adapun fitur dan pemanfatan serial animasi Diva sebagai media pengembangan karakter cinta tanah air dapat dilihat melalui fungsi media pembelajaran yang diantaranya fungsi media sebagai sumber belajar, fungsi psikologis, serta fungsi semantik. Pemanfaatan teknologi seperti animasi sebagai media pengembangan karakter dapat menjadi alternatif media pengembangan karakter cinta tanah air untuk anak usia dini. Implikasi praktis dari hasil ini diharapkan menjadi dasar bagi guru dan orang tua memanfaatkan film animasi dengan muatan karakter dalam proses pembelajaran baik di sekolah dan di luar sekolah.
Downloads
References
Alhadika, M., Suryono, H., & Nuryadi, M. H. (2021). Cultivating Character Education Based on Values Culturalin Students in the Globalization Era. Advances in Social Science, Education and Humanities Research, 524, 146–150. https://doi.org/10.2991/assehr.k.210204.023
Anggraini, A., Tressyalina, T., & Noveria, E. (2018). Karakteristik Struktur dan Alur dalam Teks Cerpen Karya Siswa Kelas XI SMA Negeri 2 Payakumbuh. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 7(3), 34–40. http://ejournal.unp.ac.id/index.php/pbs/article/view/100707
Arnolia, T. R., Kanzunnudin, M., & Kironoratri, L. (2021). Struktur dan Nilai Karakter Film Animasi Anak “Diva the Series†Karya Kastari Animation. Indonesian Values and Character Education Journal (IVCEJ), 4(1), 20–27. https://doi.org/10.23887/ivcej.v4i1.31999
Asrial, A., Syahrial, S., Kurniawan, D. A., & Zulkhi, M. D. (2022). Response, Peace-Loving Characters and Homeland Love Characters: Integrating Traditional Game of Petak Umpet. Jurnal Iqra’ : Kajian Ilmu Pendidikan, 7(1), 275–294. https://doi.org/10.25217/ji.v7i1.2064
Bayu, D. C. P., Sa’diyah, K., Safitri, L. A., Dzulkarnaen, R. K., & Hi’mah, N. (2022). Implementasi Peningkatan Nilai Karakter Toleransi Melalui Pembelajaran PKN di Sekolah Dasar. Prosiding Seminar Nasional Hasil Riset Dan Pengabdian, 1059–1067. https://snhrp.unipasby.ac.id/prosiding/index.php/snhrp/article/view/434
Cahyaningrum, E. S., Sudaryanti, & Purwanto, N. A. (2017). Pengembangan Nilai-Nilai Karakter Anak Usia Dini Melalui Pembiasaan dan Keteladanan. Jurnal Pendidikan Anak, 6(2), 203–213. https://doi.org/10.21831jpa.v6i2.17707
Chairiyah, C. (2017). Implementasi Pendidikan Karakter Melalui Nilai-Nilai Kearifan Lokal di SD Taman Siswa Jetis Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, 4(1), 208–215. https://doi.org/10.30738/trihayu.v4i1.2116
Choeriyah, S. N. (2021). Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Dalam Film Animasi Syamil Dan Dodo [Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Purwokerto]. http://repository.uinsaizu.ac.id/9373/
Dhida, T. T. (2021). The Effect of Animation Video Learning Media on Social Emotional Development of Early Children: A Literature Review. Early Childhood Education and Development Journal, 3(1), 47–58. https://jurnal.uns.ac.id/ecedj
Faiz, A., Hakam, K. A., Nurihsan, J., & Komalasari, K. (2022). Pembelajaran Kognitif Moral melalui Cerita Dilema Berbentuk Animasi. Jurnal Basicedu, 6(4), 6463–6470. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3284
Fardani, D. N., & Lismanda, Y. F. (2019). Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Untuk Anak Usia Dini dalam Film “NUSSA.†THUFULI; Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(2), 39–49. https://doi.org/10.33474/thufuli.v1i2.4921
Fatmawati, L., Pratiwi, R. D., & Erviana, V. Y. (2018). Pengembangan Modul Pendidikan Multikultural Berbasis Karakter Cinta Tanah Air dan Nasionalis pada Pembelajaran Tematik. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 8(1), 80–92. https://doi.org/10.24246/j.js.2018.v8.i1.p80-92
Fatoni, A. (2017). The strategy of Character Education in Globalization Era. International Journal of Scientific & Technology Research, 6(4), 112–114. http://www.ijstr.org/final-print/apr2017/The-Strategy-Of-Character-Education-In-Globalization-Era.pdf
González, M. P. L., Infantes-Paniagua, Ã., Thornborrow, T., & Jordan, O. C. (2020). Associations Between Media Representations of Physical, Personality, and Social Attributes by Gender: A Content Analysis of Children’s Animated Film Characters. International Journal of Communication, 14, 6026–6048. https://ijoc.org/index.php/ijoc/article/view/16149
Hariyono, H. (2022). Pengaruh Menonton Film Kartun Terhadap Perilaku Anak SD Negeri 109 Bengkulu Utara. [Diploma Thesis]. Universitas Islam Negeri Fatmawati Soekarno Bengkulu. http://repository.iainbengkulu.ac.id/8251/
Hidayah, N. (2015). Penanaman Nilai-Nilai Karakter dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 2(2), 190–204. https://doi.org/10.24042/terampil.v2i2.1291
Ismaya, E. A., Setiawan, D., & Susanti, R. (2022). Persepsi Anak Usia 10 Tahun terhadap Film Animasi Upin dan Ipin Episode “Ikhlas dari Hati†di Desa Pulorejo. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 8(1), 373–382. https://doi.org/10.5281/zenodo.5849442
Kaniati, M., Hidayat, S., & Kosasih, E. (2018). Tingkat Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dalam Menyelesaikan Soal-Soal Teks Nonfiksi. Pedadidaktika: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 5(3), 100–111. https://ejournal.upi.edu/index.php/pedadidaktika/article/view/12709
Khoirina, N. J. (2017). The Challenges of Globalization of Pancasila Character Education for Millenial Generations in Universities. Jurnal Scientia Indonesia, 3(1), 11–34. https://doi.org/10.15294/jsi.v3i1.35984
Khumairoh, A. (2022). The Importance of Inculcating Character Education in Facing the Era of Globalization in the 21st Century Generation. Jurnal Pendidikan Karakter, 13(1), 27–37. https://doi.org/10.21831/jpka.v13i1.41787
Kuning, D. S. (2018). Character Education for Indonesia in Globalization Era. Edukasi Lingua Sastra, 16(1), 118–126. https://doi.org/10.47637/elsa.v16i1.83
Kusumadana, R. (2016). Pengaruh Penggunaan Media Video “Diva The Series†Terhadap Kecerdasan Emosional Anak Kelompok A TK ABA Kuncen II Yogyakarta. [Undergraduate Thesis]. Universitas Negeri Yogyakarta. https://eprints.uny.ac.id/36158/
Lawe, I. G. A. R., Irfansyah, I., & Ahmad, H. A. (2020). Animasi sebagai Media Pendidikan Karakter Berbasis Tri Kaya Parisudha untuk Anak-Anak. Mudra: Jurnal Seni Budaya, 35(2), 242–249. https://doi.org/10.31091/mudra.v35i2.975
Lestari, D. E. (2019). Peran Media Visual dalam Membangun Karakter Peduli Lingkungan Anak Usia Dini di RA Al-Hikmah Kota Jambi. Jurnal AUDI: Jurnal Ilmiah Kajian Ilmu Anak Dan Media Informasi PAUD, 4(2), 122–134. https://doi.org/10.33061jai.v4i2.3305
Loliyana, L., Anggaraini, D. T., & Efendi, U. (2022). Penggunaan Media Pop-Up Book terhadap Keterampilan Membaca dan Menulis Peserta Didik Kelas I SD. TERAMPIL: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 9(1), 19–30. https://doi.org/10.24042/terampil.v9i1.9602
Miranda, D. (2019). Pengembangan Video Animasi Berbasis Karakter Cinta Tanah Air untuk Anak Usia Dini. Jurnal Visi Ilmu Pendidikan, 11(2), 12–22. https://doi.org/10.26418/jvip.v11i2.32565
Munawar, B., Hasyim, A. F., & Ma’arif, M. (2020). Desain Pengembangan Bahan Ajar Digital Berbantuan Aplikasi Animaker. Jurnal Golden Age, 04(2), 310–320. https://doi.org/10.29408/goldenage.v4i02.2473
Munawaroh, R. L., & Prasetyo, S. A. (2019). Nilai Karakter dalam Film Animasi “Horton Hears A Who †Sudut Pandang. Indonesian Values and Character Educaton Journal (IVCEJ), 2(1), 19–27. https://doi.org/10.23887/ivcej.v2i1.17925
Mustapa, M. (2019). Love of Homeland Character Education through Green Harmony Program in State Elementary School Border Sambas - Malaysia. JP2D (Jurnal Penelitian Pendidikan Dasar), 2(1), 11–21. https://doi.org/10.26418/jp2d.v2i1.62
Ngatman, N., & Fatimah, S. (2018). Analisis Film Kartun “Cloud Bread†sebagai Media Pengenalan Kata Baku dan Pendidikan Karakter Anak. DWI CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik, 2(2), 64–72. https://doi.org/10.20961/jdc.v2i2.25448
Ningrum, K. D. (2018). Upaya Meningkatkan Minat Belajar Siswa melalui Penggunaan Media Audio Visual pada Siswa Kelas V di SDN Manggarai 09 Pagi Jakarta Selatan. Prosiding Seminar Dan Diskusi Nasional Pendidikan Dasar, 307–313. https://journal.unj.ac.id/unj/index.php/psdpd/article/view/10153
Oktavia, I. D. (2022). Nilai-Nilai Pendidikan Karakter dalam Film Rudy Habibie Karya Hanung Bramantyo dan Relevansinya Terhadap Pendidikan Agama Islam [Undergraduate Thesis]. Universitas Islam Indonesia. https://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/41144
Oktaviani, L., Hidayah, N., & Haryani, P. (2022). Revitalisasi Nilai Karakter Toleransi pada Siswa Sekolah Dasar Melalui Serial Nussa dan Rarra. Proseding Didaktis: Seminar Nasional Pendidikan Dasar, 1227–1237. http://proceedings.upi.edu/index.php/semnaspendas/article/view/2461
Pasrah, R., Ganda, N., & Mulyadiprana, A. (2020). Nilai-Nilai Karakter yang Terdapat dalam Film Animasi Upin dan Ipin Episode “Jembatan Ilmu.†PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendiidkan Guru Sekolah Dasar, 7(3), 152–164. https://doi.org/10.17509/pedadidaktika.v7i3.28665
Pitaloka, D. L., Dimyati, D., & Purwanta, E. (2021). Peran Guru dalam Menanamkan Nilai Toleransi pada Anak Usia Dini di Indonesia. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1696–1705. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.972
Putri, R., Murtono, & Ulya, H. (2021). Nilai - Nilai Pendidikan Karakter Film Animasi Upin dan Ipin. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(3), 1253–1263. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i3.1401
Putry, R. (2019). Nilai Pendidikan Karakter Anak di Sekolah Perspektif Kemendiknas. Gender Equality: International Journal of Child and Gender Studies, 4(1), 39–54. https://doi.org/10.22373/equality.v4i1.4480
Ramdan, M., Sudrajat, R. T., & Kamaluddin, T. (2020). Unsur Intrinsik dan Ekstrinsik dalam Film “Jokowi.†Parole: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 3(4), 549–558. https://doi.org/10.22460/p.v3i4p549-558.5183
Rosa, C. M. I. (2021). Nilai-Nilai Toleransi dalam Serial Kartun Nussa Serta Relevansinya dengan Pendidikan Karakter Peduli Sosial bagi Siswa Tingkat Dasar [Undergraduate Thesis]. Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. http://etheses.iainponorogo.ac.id/15648/
Samsu, S. (2017). Metode Penelitian: Teori dan Aplikasi Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, Mixed Methods, serta Research & Development. Pustaka Jambi. https://anyflip.com/lojoj/cztm/basic
Saptatiningsih, R. I., & Permana, S. A. (2019). Early Childhood Character Building Troughtechnological Education. Journal of Physics: Conference Series, 1254, 012048. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1254/1/012048
Sayekti, O. M. (2019). Film Animasi “Nussa dan Rara Episode Baik Itu Mudah â€sebagai Sarana Penanaman Karakter pada Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak, 8(2), 164–171. https://doi.org/10.21831/jpa.v8i2.29093
Simanjuntak, M. B. (2020). The Educational Values of the Main Character in Beautiful Mind Film. Journal of Advanced English Studies, 3(1), 1–6. https://doi.org/10.47354/jaes.v3i1.83
Sugiyono, S. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta.
Suri, D. (2021). Parenting Pattern in Instilling The Character for Children From an Early Age. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3), 1599–1604. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i3.1794
Suwanto, I., & Nisa, A. T. (2017). Cinema Therapy sebagai Intervensi dalam Konseling Kelompok. Prosiding Seminar & Workshop Nasional Bimbingan Dan Konseling, 147–152. https://www.gci.or.id/assets/papers/jambore-konseling-3-2017-204.pdf
Talapessy, R., Kumalasari, D., & Salouw, J. H. (2020). The Role of Teachers in Shaping the Love Character of the Student’s Homeland through Historical Learning. European Journal of Education Studies, 7(10), 367–378. https://doi.org/10.46827/ejes.v7i10.3314
Triani, L., Hartati, S., & Meilani, R. S. M. (2021). Tueak Serembeak: The Role of Parenting in Early Character Development and Education. JPUD - Jurnal Pendidikan Usia Dini, 15(2), 281–299. https://doi.org/10.21009/jpud.152.05
Triyanto, & Rejekiningsih, T. (2021). Building Tolerance Character for Students in the Digital Era. Advances in Social Science, Education and Humanities Research, 524, 58–63. https://doi.org/10.2991/assehr.k.210204.008
Tyas, E. H., & Naibaho, L. (2020). Building a Culture of Tolerance Since Early Childhood. International Journal of Research -GRANTHAALAYAH, 8(8), 244–249. https://doi.org/10.29121/granthaalayah.v8.i8.2020.999
Unjunan, O. P., & Budiartati, E. (2020). Pelaksanaan Pendidikan Karakter pada Usia Dini di PAUD Sekar Nagari UNNES. Eksistensi Pendidikan Luar Sekolah (E-Plus), 5(2), 174–189. https://doi.org/10.30870/e-plus.v5i2.9258
Yuniria, A., Utari, E., & Suhendar, S. (2022). Analisis Karakter Peduli Sosial Anak Usia Dini dalam Film Animasi Riko the Series. Jurnal Pendidikan Anak, 11(2), 154–161. https://doi.org/10.21831/jpa.v11i2.54471
Zaman, B. (2019). Urgensi Pendidikan Karakter yang Sesuai dengan Falsafah Bangsa Indonesia. Al GHAZALI: Jurnal Kajian Pendidikan Islam Dan Studi Islam, 2(1), 16–31. https://www.ejournal.stainupwr.ac.id/index.php/al_ghzali/article/view/101