Pengaruh Kepemimpinan Visioner dan Manajemen Berbasis Sekolah terhadap Kinerja Guru dan Implikasinya pada Kualitas PAUD

Author


Furtasan Ali Yusuf(1Mail), Basrowi Basrowi(2),
Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Bina Bangsa, Indonesia(1)
Manajemen, Universitas Bina Bangsa, Indonesia(2)

Mail Corresponding Author
Article Analytic
  Download PDF   [File Size: 438KB]  Language: id
Published : 2023-05-24
Copyright (c) 2023 Furtasan Ali Yusuf, Basrowi Basrowi

Article can trace at:


Article Metrics

Abstract Views: 41 times PDF Downloaded: 11 times

Abstract


Mutu pendidikan hanya dapat ditingkatkan melalui peningkatan kinerja guru. Termasuk kinerja guru Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) akan mampu meningkat manakala mampu mengetahui faktor-faktor yang mampu meningkatkannya, antara lain kepempimpinan visioner, dan Manajemen Berbasis Sekolah (MBS). Penelitian ini menggundakan metode kuantitatif dengan pendekatan structural equation modelling (SEM). Jumlah populasi yaitu 1.098 orang, dengan ukuran sampel 110 orang. Teknik sampling menggunakan proporsional random sampling. Data dianalisis dengan SmartPLS 3.3. hasil penelitian menunjukkan bahwa, kepemimpinan visioner berpengaruh terhadap kinerja guru, 2) MBS berpengaruh pada kinerja guru, 3) kepemimpinan visioner mempunyai efek terhadap kualitas PAUD, 4) MBS berpengaruh pada kualitas PAUD, 5) kinerja guru mempunyai efek pada kualitas PAUD, 6) Kinerja guru efektif dalam memediasi pengaruh tidak langsung kepemimpinan visioner terhadap kualitas PAUD, 7) kinerja guru berperan efektif dalam memediasi pengaruh tidak langsung MBS terhadap kualitas PAUD.


Keywords


teacher performance; PAUD quality; visionary leadership; school based management

References


Anggal, N., Kristianus, K., & Lio, Z. D. (2019). Kepemimpinan visioner kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru. Gaudium Vestrum: Jurnal Kateketik Pastoral, 3(1), 14–25. https://stkpkbi.ac.id/ojs/index.php/jgv/article/view/87

Armaiyetti, R., Marsidin, S., & Alkadri, H. (2020). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Dana Bos terhadap Prestasi Guru. Jurnal Basicedu, 4(2), 453–459. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i2.380

Aziz, A. Z. (2015). Manajemen berbasis sekolah: alternatif peningkatan mutu pendidikan madrasah. El-Tarbawi, 8(1), 69–92. https://doi.org/10.20885/tarbawi.vol8.iss1.art5

Basrowi & Maunnah, B. (2019) The Challenge of Indonesian Post Migrant Worker's Welfare, JARLE, Vol 10 Issue 4(42). https://doi.org/10.14505//jarle.v10.4(42).07

Beddu, A., Suaib, D., & Jennah, M. A. (2016). Pengaruh kepemimpinan visioner kepala sekolah terhadap kinerja guru SMP Negeri 12 SIGI. Katalogis, 4(7), 193–204. http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/Katalogis/article/view/6652

Budi, M. H. S. (2020). Kepemimpinan Visioner Kepala Madrasah MIN 13 Ngawi dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Salimiya: Jurnal Studi Ilmu Keagamaan Islam, 1(4), 151–170. https://ejournal.iaifa.ac.id/index.php/salimiya/article/view/205

Dewi, A. P. (2017). Pengaruh Kinerja Dosen Dan Kualitas Layanan Terhadap Kualitas Pendidikan Dan Kepuasan Mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Jakarta. Prosiding Semnastek. https://jurnal.umj.ac.id/index.php/semnastek/article/view/2025

Dinas Pendidikan Kota Serang, (2022) Laporan Kinerja Dinas Pendidikan Kota Serang 2022. Serang: Dinas Pendidikan

Direktorat SMA Kemendikbud. 2018. Manajemen Berbasis Sekolah. psma.kemendikbud.go.id

Fransiska, W., Harapan, E., & Tahrun, T. (2020). Pengaruh Kepemimpinan Visioner Kepala Sekolah dan Disiplin Guru terhadap Kinerja Guru Sekolah Dasar. Journal of Education Research, 1(3), 308–316. https://doi.org/https://doi.org/10.37985/jer.v1i3.37

Ginting, R. A. (2021). Kepemimpinan Visioner Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru Di MTs Darul Qur’an Kec. Percut Sei Tuan. Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

Halimah, S., Rahmawati, I., & Lestari, H. (2022). Hubungan Kepemimpinan Visioner terhadap Mutu Layanan Sekolah di SMPN Satu Atap 01 Nanggung Bogor. Jurnal Dirosah Islamiyah, 4(3), 349–359. https://doi.org/https://doi.org/10.47467/jdi.v4i3.1188

Heryanto, A. (2014). Pengaruh kepemimpinan visioner kepala sekolah dan budaya sekolah terhadap manajemen mutu SD. Jurnal Administrasi Pendidikan, 21(2), 88–95. https://doi.org/10.17509/jap.v21i2.6678

Husain, M., Mustafa, H., & Nurung, J. (2021). Analisis Kepemimpinan Kepala Sekolah Dan Manajemen Berbasis Sekolah Terhadap Kinerja. Bata Ilyas Educational Management Review, 1(1). https://doi.org/10.37531/biemr.v1i1.97

Ismail, F. (2018). Manajemen Berbasis Sekolah: Solusi Peningkatan Kcalitas Pendidikan. Jurnal Ilmiah Iqra’, 2(2). https://doi.org/10.30984/jii.v2i2.541

Juniasih, I., Muis, A., & Chandrawati, T. (2019). Profesionalitas Guru PAUD. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka.

Khalimah, S. N., Soegito, A. T., & Nurkolis, N. (2018). Pengaruh kepemimpinan visioner kepala sekolah dan kompensasi terhadap kinerja guru Taman Kanak-kanak di Kecamatan Tembalang Kota Semarang. Jurnal Manajemen Pendidikan (JMP), 7(3). https://doi.org/10.26877/jmp.v7i3.3146

Komariah, A., & Triatna, C. (2016). Visionary leadership menuju sekolah efektif. Jakarta: Bumi Aksara. https://opac.perpusnas.go.id/DetailOpac.aspx?id=1110582

Latifah, L., & Handayani, N. F. (2022). Kontribusi Manajemen Berbasis Sekolah (Mbs) Dan Kepuasan Kerja Terhadap Pelaksanaan Kinerja Guru Di SD Muhammadiyah Martapura. Jurnal Terapung: Ilmu-Ilmu Sosial, 4(1), 18–32. https://doi.org/10.31602/jt.v4i1.7356

Marwan, M., Ibrahim, I., Nargis, S., & Ridhwan, M. (2021). Efektifitas kinerja guru sekolah menengah pertama ditinjau dari menajemen berbasis sekolah di banda aceh. Jurnal Serambi Akademica, 9(6), 953–960. https://doi.org/10.32672/jsa.v9i6.3160

Mudlofir (2012:62), Aplikasi Pengembangan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan dan Bahan Ajar dalam Pendidikan Agama Islam. Jakarta: Rajawali Pers

Nurhayati, N., Mukti, A., Wesnedi, C., Munawar, S., & Maisah, M. (2022). Kinerja kepala sekolah kinerja kepala sekolah, disiplin kerja guru dalam meningkatkan mutu pendidikan. Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 3(2), 634–644. https://doi.org/10.38035/jmpis.v3i2.1009

Patras, Y. E., Iqbal, A., Papat, P., & Rahman, Y. (2019). Meningkatkan kualitas pendidikan melalui kebijakan manajemen berbasis sekolah dan tantangannya. Jurnal Manajemen Pendidikan, 7(2), 800–807. https://doi.org/https://doi.org/10.33751/jmp.v7i2.1329

Peraturan Pemerintah No 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan

Pratiwi, S. N. (2016). Manajemen berbasis sekolah dalam meningkatkan Kualitas sekolah. EduTech: Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 2(1). https://doi.org/10.30596/edutech.v2i1.578

Pratiwi, S. N. (2020). Manajemen Berbasis Sekolah Dalam Meningkatkan Kualitas Sekolah. EduTech, 2(1), 86–96. https://doi.org/10.30596/edutech.v2i1.578

Pratiwi, W. A., Prasetyo, I., & Shabrina, M. N. (2021). Faktor-Faktor yang Berpengaruh terhadap Kinerja Guru Taman Kanak-Kanak. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Din, 5(2), 1741–1753. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.9700.31004/obsesi.v5i2.970

Purwanto, R. (2021). Kepemimpinan Visioner Kepala Sekolah Terhadap Mutu dan Kualitas Sekolah di SD Negeri Soko. Jurnal Pendidikan Dan Teknologi Indonesia, 1(4), 151–160. https://doi.org/10.52436/1.jpti.26

Putri, N. H., & Wibowo, U. B. (2018). Pengaruh kinerja kepala sekolah terhadap keberhasilan manajemen berbasis sekolah melalui partisipasi masyarakat di SMP. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 6(1), 45–59. https://doi.org/10.21831/amp.v6i1.9810

Ruhiyat, M. Y. (2017). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Madrasah dan Supervisi Pengawas Madrasah terhadap Kinerja Guru untuk Mewujudkan Mutu Pendidikan di Madrasah. Jurnal Pendidikan UNIGA, 11(1), 26–37. https://journal.uniga.ac.id/index.php/jp/article/view/26

Safariya, N., Latiana, L., & Suminar, T. (2022). Pengaruh Kompetensi Kewirausahaan dan Kepemimpinan Visioner Kepala Taman Kanak-Kanak (TK) Terhadap Mutu. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(6), 6850–6862. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i6.3455

Sahara Siregar, G. G. (2020). Pengaruh kepemimpinan kepala sekolah, peran komite sekolah dan kinerja guru terhadap efektivitas manajemen berbasis sekolah di MAN Kota Medan. EduTech: Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 6(2), 379022. https://dx.doi.org/10.30596/edutech.v6i2.4928

Suminah, E., Nugraha, A., Yusuf, F., & Puspita, W. A. (2015). Kerangka Dasar dan Struktur Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Direktorat Pembinaan Pendidikan Anak Usia Dini.

Trihandayani, N., Utomo, S. W., & Astuti, E. (2018). Pengaruh Kinerja Guru dan Implementasi Total Quality Management terhadap Peningkatan Mutu Pendidikan di SMK N 5 Madiun. FIPA: Forum Ilmiah Pendidikan Akuntansi, 6(1). http://prosiding.unipma.ac.id/index.php/FIPA/article/view/435

Undang Undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional

Usman, A. S. (2014). Meningkatan Mutu Pendidikan Melalui Penerapan Manajemen Berbasis Sekolah. Jurnal Ilmiah Didaktika: Media Ilmiah Pendidikan Dan Pengajaran, 15(1), 13–31. https://doi.org/10.22373/jid.v15i1.554

Wahyuni, S., & Satiman, S. (2021). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Visioner Kepala Sekolah, Kinerja Guru Dan Fasilitas Belajar Terhadap Mutu Lulusan di SMK Pelayaran Samudera Indonesia Medan. Jurnal Manajemen Pendidikan Dasar, Menengah Dan Tinggi [JMP-DMT], 1(3), 194–206. https://doi.org/10.30596/jmp-dmt.v1i3.6981

Wibawani, D. T., Wiyono, B. B., & Benty, D. D. N. (2019). Kepemimpinan visioner kepala sekolah sebagai pemimpin perubahan dalam peningkatan mutu pendidikan. JAMP: Jurnal Administrasi Dan Manajemen Pendidikan, 2(4), 181–187. https://doi.org/10.17977/um027v2i42019p181

Zuldesiah, Gistituati, N., & Sabandi, A. (2021). Kontribusi Gaya Kepemimpinan dan Pelaksanaan Supervisi Kepala Sekolah terhadap Kinerja Guru-guru Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(2), 663–671. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i2.791


Refbacks

  • There are currently no refbacks.