Dongeng sebagai Media Pembentuk Karakter Anti Perundungan pada Anak Usia Dini

Author


Angger Gilang Praditama(1Mail), Ari Kusmiatun(2), Dwi Hanti Rahayu(3),
Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia(1)
Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia(2)
Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia(3)

Mail Corresponding Author
Article Analytic
 PDF Full Text   [File Size: 358KB]

Published : 2023-12-06

Article can trace at:


Article Metrics

Abstract Views: 199 times PDF Downloaded: 103 times

Abstract


Kasus bullying (perundungan) masih kerap ditemukan di dunia, termasuk di Indonesia. Faktor yang mempengaruhi terjadinya perundungan sangat beragam, salah satunya adalah konten bacaan atau hiburan yang diberikan kepada anak. Dongeng dapat dimaafatkan sebagai stimulus pada anak untuk menumbuhkan nilai-nilai karakter yang baik. Tujuan dari penelitian ini adalah menemukan nilai-nilai karakter dalam dongeng Sanggau yang tercantum dalam buku Corita Muntuh Sanggau (Kumpulan Cerita Rakyat Sanggau) yang diharapkan mampu mencegah kasus perundungan pada anak. Data dalam penelitian ini berupa kutipan kata, klausa, kalimat, atau paragraf yang merujuk pada nilai karakter. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik baca catat. Data dianalisis dengan model interaktif Miles dan Huberman yang terdiri atas pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan simpulan atau verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam dongeng di Sanggau, ditemukan beberapa nilai karakter yaitu nilai karakter toleransi, bersahabat/komunikatif, cinta damai, dan peduli sosial yang diharapkan mampu mencegah perilaku perundungan pada anak usia dini.


Keywords


dongeng; karakter; perundungan; anak usia dini.

References


Al-Raqqad, H. K., Al-Bourini, E. S., Talahin, F. M. Al, & Aranki, R. M. E. (2017). The Impact of School Bullying On Students’ Academic Achievement from Teachers Point of View. International Education Studies, 10(6), 44. https://doi.org/10.5539/ies.v10n6p44

Asip, M., Elitasari, H. T., Safitri, I. Y. B., & Rakhmawati, Y. (2022). Analisis Tema Cerita Rakyat Bengkulu Untuk Siswa Sekolah Dasar. As Sibyan : Jurnal Kajian Kritis Pendidikan Islam dan Manajemen Pendidikan Dasar, 5(2), 107–122. https://doi.org/10.52484/as_sibyan.v5i2.348

Borualogo, I. S., & Gumilang, E. (2019). Kasus Perundungan Anak di Jawa Barat: Temuan Awal Children’s Worlds Survey di Indonesia. Psympathic : Jurnal Ilmiah Psikologi, 6(1), 15–30. https://doi.org/10.15575/psy.v6i1.4439

Bulan, A., & Hasan, H. (2020). Analisis Nilai Pendidikan Karakter dalam Kumpulan Dongeng Suku Mbojo. Ainara Journal (Jurnal Penelitian dan PKM Bidang Ilmu Pendidikan), 1(1), 31–38. https://doi.org/10.54371/ainj.v1i1.11

Daheri, M., Sarnoto, A. Z., Riyadi, S., Rahmah, S., & Prastawa, S. (2023). Dampak Permainan Kekerasan Online Terhadap Karakter Anak: Sistematik Literatur Review. Journal on Education, 05(04), 11791–11803. https://jonedu.org/index.php/joe/article/view/2136

Dewi, A. R. T., Mayasarokh, M., & Gustiana, E. (2020). Perilaku Sosial Emosional Anak Usia Dini. Jurnal Golden Age, 4(01), 181–190. https://doi.org/10.29408/jga.v4i01.2233

Ensari, P. (2017). How to Improve Emotional Intelligence and Social Skills among Adolescents: The Development and Test of a New Microexpressions Training. Journal of Behavioral and Brain Science, 07(05), 211–225. https://doi.org/10.4236/jbbs.2017.75016

Erviana, V. Y. (2021). Penanganan Dekadensi Moral melalui Penerapan Karakter Cinta Damai dan Nasionalisme Handling Moral Decadence Through the Application of Peace Love Characters and Nationalism. 14(1), 1–9. https://doi.org/10.21831/jpipfip.v14i1.27149https://doi.org/10.21831/jpipfip.v14i1.27149

Es, H. H., & Suryanto. (2014). Corita Muntuh Sanggau, Sanggau Begesah (Kumpulan Cerita Rakyat Sanggau). Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Sanggau.

Faiqoh, N. (2015). Implementasi Pendidikan Berbasis Multikultural Sebagai Upaya Penguatan Nilai Karakter Kejujuran, Toleransi, Dan Cinta Damai Pada Anak Usia Dini Di Kiddy Care, Kota Tegal. Belia: Early Childhood Education Papers, 4(2), 78–85. https://doi.org/10.15294/belia.v4i2.7541

Fauzi, A. R., & Atok, R. Al. (2017). Penguatan Karakter Rasa Ingin Tahu Dan Peduli Sosial Melalui Discovery Learning. Jurnal Teori dan Praksis Pembelajaran IPS, 2(2). https://doi.org/10.17977/um022v2i22017p079

Fitri, A. (2023). Program Preventif Bunuh Diri Untuk Mengurangi Ide Dan Percobaan Bunuh Diri. IDEA: Jurnal Psikologi, 7(1), 12–22. https://doi.org/10.32492/idea.v7i1.7103

Fitri, N., Rokoyah, A., & Hastuti, D. (2019). Mother ’ S Parenting Style And Television Media Access Determining Bullying Behavior On Elementary School Children Gaya Pengasuhan Ibu Dan Akses Media Televisi Menentukan Perilaku Bullying Siswa. Jurnal Ilmu Keluarga & Konsumen, 12(1), 52–62. https://doi.org/10.24156/jikk.2019.12.1.52

Gusmayanti, E., & Ayriza, Y. (2023). Analisis Picture Storybook dalam Meningkatkan Kemampuan Theory of Mind Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(1), 58–75. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i1.2726

Habsari, Z. (2017). Dongeng Sebagai Pembentuk Karakter Anak. BIBLIOTIKA : Jurnal Kajian Perpustakaan dan Informasi, 1(1), 21–29. https://doi.org/10.17977/um008v1i12017p021

Halim, A. (2017). Implementation of the Value of Mutual Cooperation Through Local Wisdom in Petik Laut District Mayangan. CoEMA, 45, 127–131. https://doi.org/10.2991/coema-17.2017.21

Halim, A. R., Mislinawati, & Awaluddin. (2020). Upaya Guru dalam Menerapkan Karakter Cinta Damai pada Siswa Sekolah Dasar Negeri 51 Kota Banda Aceh. Elementary Education Research, 5(2). https://jim.usk.ac.id/pgsd/article/view/13319

Jayani, D. H. (2019). PISA: Murid Korban ‘Bully’di Indonesia Tertinggi Kelima di Dunia. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2019/12/12/pisa-murid-korban-bully-di-indonesia-tertinggi-kelima-di-dunia

Junaini, E., Agustina, E., & Canrhas, A. (2017). Analisis Nilai Pendidikan Karakter Dalam Cerita Rakyat Seluma. Jurnal Ilmiah KORPUS, 1(1), 39–43. https://doi.org/10.33369/jik.v1i1.3202

Kurniasari, A. dkk. (2017). Stop Perundungan di Sekolah (Kekerasan Terhadap Anak Di Sekolah). Pusat Penelitian dan Pengembangan Kesejahteraan Sosial, Kementerian Sosial RI.

Latifah, S. A., Sutejo, & Suprayitno, E. (2021). Nilai Pendidikan Karakter Dan Pesan Edukatif Dalam Dongeng Nusantara Bertutur. Jurnal Bahasa dan Sastra, 8(2), 127–136. https://jurnal.stkippgriponorogo.ac.id/index.php/JBS/article/view/99

Marwany, Kurniawan, H., & Lestari, Y. A. (2022). Penanaman Sikap Toleransi Anak Usia Dini dalam Buku Dongeng Binatang Penyelamat Penyu Belimbing. Generasi Emas: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 5(2), 56–66. https://doi.org/10.25299/ge:jpiaud.2022.vol5(2).10755

Maureen, I. Y., Meij, H. van der, & Jong, T. de. (2018). Supporting Literacy and Digital Literacy Development in Early Childhood Education Using Storytelling Activities. International Journal of Early Childhood, 50(3), 371–389. https://doi.org/10.1007/s13158-018-0230-z

Menganti, S. A. (2021). Penanaman Karakter Peduli Sosial Pada Siswa Sekolah Dasar. 13(2), 289–308. https://doi.org/10.37680/qalamuna.v13i2.802

Nicolopoulou, A., Cortina, K. S., Ilgaz, H., Cates, C. B., & Sá, A. B. de. (2015). Using a narrative- and play-based activity to promote low-income preschoolers’ oral language, emergent literacy, and social competence. Early Childhood Research Quarterly, 31, 147–162. https://doi.org/10.1016/j.ecresq.2015.01.006

Pamungkas, J., Sayuti, S. A., & Rohman, A. (2021). Character value that formed through learning the art of playing GACIL in early childhood. Cypriot Journal of Educational Sciences, 16(4), 1503–1516. https://doi.org/10.18844/cjes.v16i4.6004

Patras, Y. E., & Sidiq, F. (2016). Dampak Bullying Bagi Kalangan Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pedagogika dan Dinamika Pendidikan, 4(2), 87–95. https://doi.org/10.30598/pedagogikavol5issue1page12-24

Pebriana, P. H. (2017). Analisis Kemampuan Berbahasa dan Penanaman Moral pada Anak Usia Dini melalui Metode Mendongeng. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(2), 131. https://doi.org/10.31004/obsesi.v1i2.25

Pramesthi, A. V., & Reza, M. (2021). Pengembangan Buku Cerita Anti Perundungan Pada Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal PAUD Teratai, 10, 83–92. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/paud-teratai/article/view/43166

Prasetyaningrum, S., & Rahma, F. O. (2016). Kepribadian Terhadap Gaya Kelekatan Dalam Hubungan Persahabatan. Psympathic : Jurnal Ilmiah Psikologi, 2(2), 153–168. https://doi.org/10.15575/psy.v2i2.456

Primadata, A. P., & Biroli, A. (2020). Humaniora dan Era Disrupsi E-Prosiding Seminar Nasional Pekan Chairil Anwar Kerja Sama Fib Tradisi Lisan: Perkembangan Mendongeng Kepada Anak di Era Modern. Prosiding Seminar Nasionalpekan Chairil Anwar, 1(1), 496–505. https://jurnal.unej.ac.id/index.php/prosiding/issue/view/1031

Putrihapsari, R., & Dimyati, D. (2021). Penanaman Sikap Sopan Santun dalam Budaya Jawa pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 2059–2070. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.1022

Putry, R. (2019). Nilai Pendidikan Karakter Anak Di Sekolah Perspektif Kemendiknas. Gender Equality: International Journal of Child and Gender Studies, 4(1), 39. https://doi.org/10.22373/equality.v4i1.4480

Rahiem, M. D. H. (2021). Storytelling in early childhood education: Time to go digital. International Journal of Child Care and Education Policy, 15(1). https://doi.org/10.1186/s40723-021-00081-x

Ramdhani, S., Yuliastri, N. A., Sari, S. D., & Hasriah, S. (2019). Penanaman Nilai-Nilai Karakter melalui Kegiatan Storytelling dengan Menggunakan Cerita Rakyat Sasak pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 153. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.108

Ratna S. Hutasuhur. (2020). Analisis Pengaruh Film Nussa dan Rara terhadap Empati Anak Usia Dini di Kota Padang. Jurnall Pendidikan Tambusai, 4(2), 1237–1246. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/590

Rosmawati, C., & Watini, S. (2023). Peran TV Sekolah sebagai Media Syiar Konten Edukasi bagi Anak Usia Dini. 7(1), 185–196. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i1.3692

Saefudin, & Santoso, S. (2018). Tipologi Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Pembentukan Karakter Cinta Damai Siswa SMP Piri 1 Yogyakarta. MANAGERIA: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 3, 47–67. https://doi.org/10.14421/manageria.2018.31-03

Saracho, O. N. (2017). Bullying Prevention Strategies in Early Childhood Education. Early Childhood Education Journal, 45(4), 453–460. https://doi.org/10.1007/s10643-016-0793-y

Saugi, W., Zurqoni, Syarifaturrahmatullah, Hasan, M., Abdillah, Susmiyati, S., & Sutoko, I. (2022). Cinta dan Kehangatan: Studi Kualitatif Pembentukan Nilai Toleransi Anak Usia Dini di Papua. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(6), 5630–5640. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i6.2787

Sayono, J., & Nafi’ah, U. (2015). Nilai-nilai Pendidikan Karakter dalam Dongeng Gagak Rimang. Sejarah Dan Budaya: Jurnal Sejarah, Budaya, Dan Pengajarannya, 9(2), 236–256. http://journal2.um.ac.id/index.php/sejarah-dan-budaya/article/view/1546

Sit, M. (2015). Psikologi Perkembangan Anak Usia Dini. Perdana Publishing.

Sukatin, Qomariyyah, Horin, Y., Afrilianti, A., Alivia, & Bella, R. (2020). Analisis Psikologi Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini. Bunnaya : Pendidikan Anak, VI(2), 156–171. https://doi.org/10.22373/bunayya.v6i2.7311

Sukma, H. H. (2016). Pendidikan Karakter Pada Anak Sekolah Dasar Di Era Digital Dini. Seminar Dies Natalis UTP Surakarta, 1(1), 85–92. https://doi.org/10.36728/semnasutp.v1i01.13

Tabiin, A. (2017). Menumbuhkan sikap peduli pada anak melalui interaksi kegiatan sosial. IJTIMAIYA: Journal of Social Science Teaching, 1(1). https://journal.iainkudus.ac.id/index.php/Ijtimaia/article/view/3100/0

Tsoraya, N. D., Khasanah, I. A., Asbari, M., & Purwanto, A. (2023). Pentingnya Pendidikan Karakter Terhadap Moralitas Pelajar di Lingkungan Masyarakat Era Digital. Literaksi: Jurnal Manajemen Pendidikan, 1(01), 7–12. https://doi.org/10.1111/literaksi.v1i01.4

Wahyuni, A., Triwikromo, T., & Noventari, W. (2019). Strategi Pembentukan Karakter Melalui Metode Dongeng Dan Pendampingan Anak Di Rumah Dongeng Kinciria. Waskita: Jurnal Pendidikan Nilai dan Pembangunan Karakter, 3(2), 77–92. https://doi.org/10.21776/ub.waskita.2019.003.02.6

Wibowo, A. (2013). Pendidikan Karakter Usia Dini: strategi membangun karakter di usia emas. Pustaka Pelajar.

Widiastuti, R., Sudharto, S., & Suwandi, S. (2018). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Madrasah Dan Motivasi Kerja Terhadap Budaya Kerja Guru Madrasah Aliyah Di Kecamatan Mranggen Kabupaten Demak. Jurnal Manajemen Pendidikan (JMP), 7(3). https://doi.org/10.26877/jmp.v7i3.3147


Refbacks

  • There are currently no refbacks.