Buku Ajar Happy Thinking: Alternatif untuk Meningkatkan Kosa Kata Anak Usia Dini

Author


Hanifah Hanifah(1Mail), Choiriyah Widyasari(2),
Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Muhammadiyah Surakarta, Indonesia(1)
Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Muhammadiyah Surakarta, Indonesia(2)

Mail Corresponding Author
Article Analytic
 PDF Full Text   [File Size: 419KB]

Published : 2023-05-20

Article can trace at:


Article Metrics

Abstract Views: 397 times PDF Downloaded: 119 times

Abstract


Bahasa inggris sebagai alat untuk mempermudah berkomunikasi dengan orang lain. Tetapi terlebih dahulu memahami penggunaan kosa kata. Kebanyakan peserta didik kurang memahami penggunaan kosa kata dengan maksimal. Maka peneliti mempunyai ketertarikan untuk melaksanakan riset dengan tujuan menganalisis tingkat keefektifan pengimplementasian buku ajar happy thinking dalam meningkatkan kemampuan kosa kata pada anak-anak usia dini. Pelaksanaan riset ini mengimplementasikan metode eksperimen, dimana untuk mengetahui tingkat kemampuan anak-anak terkait kosa kata bahasa Inggris akan menerapkan pre-test dan post-test untuk mengetahui tingkat kemampuan kosa kata anak-anak setelah penggunaan buku ajar happy thinking. Kemudian metode pengujian data menerapkan N-Gain Score dan Paired Sample T-Test. Populasi terdiri dari 25 anak dan sampel yang berjumlah 15. Berdasarkan hasil pengujian N-Gain Score diperoleh nilai persentase 3,7387% untuk kelas eksperimen yang berada dalam kategori efektif. Sedangkan menurut pengujian Paired Sample T-Test, diperoleh nilai post-test-nya sebesar 3,93 dan 0,20 untuk nilai pre-test-nya. Sehingga pengimplementasian buku ajar happy thinking, dalam kategori efektif dalam meningkatkan kemampuan kosa kata anak-anak di TK Aisyiyah 31 Sidodadi.


Keywords


anak usia dini; buku ajar; kosa kata

References


Alam, S. K., & Lestari, R. H. (2019). Pengembangan Kemampuan Bahasa Reseptif Anak Usia Dini dalam Memperkenalkan Bahasa Inggris melalui Flash Card. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 284. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.301

Alfiani, Y., & Rukhiyah, Y. (2019). Upaya Meningkatkan Kosakata Bahasa Inggris Melalui Metode Bernyanyi Pada Anak Usia 5-7 Tahun di TK Kharisma Global School Kec. Panunggangan Barat Kab. Tangerang. Ceria: Jurnal Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini, 8(1), 44. https://doi.org/10.31000/ceria.v10i1.1766

Amalia, T. Z. (2021). Peran Guru Anak Usia Dini Dalam Pengenalan Bahasa Inggris Dasar di PAUD. Indonesian Journal of Islamic Early Childhood Education, 5(2), 21–35. https://doi.org/10.51529/ijiece.v5i2.195

Amelia, D. (2021). Upaya Peningkatan Kosakata Bahasa Inggris Melalui Storytelling Slide and Sound. Journal of Social Sciences and Technology for Community Service (JSSTCS), 2(1), 22. https://doi.org/10.33365/jsstcs.v2i1.948

Amini, N., & Suyadi, S. (2020). Media Kartu Kata Bergambar Dalam Meningkatkan Kemampuan Kosakata Anak Usia Dini. PAUDIA : Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini, 9(2), 119–129. https://doi.org/10.26877/paudia.v9i2.6702

Annisa, P., & Muryanti, E. (2022). Efektivitas Video Animasi terhadap Pengenalan Kosakata Bahasa Inggris Anak Usia Dini. Jurnal Pelita PAUD, 6(2), 216–221. https://doi.org/10.33222/pelitapaud.v6i2.1838

Buadanani, B., & Suryana, D. (2021). Upaya Meningkatkan Kosa Kata pada Anak Usia Dini melalui Permainan Tradisional Pancasila Lima Dasar. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3), 2067–2077. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i3.1951

Dahniar, N. (2019). Meningkatkan Kosakata Bahasa Inggris Melalui Bermain Gambar Pada Kelompok Belajar Anak Sd Di Kelurahan Katobengke. Sang Pencerah: Jurnal Ilmiah Universitas Muhammadiyah Buton, 4(2), 39–50. https://doi.org/10.35326/pencerah.v4i2.296

Fitria, T. N. (2022). Pengajaran Kosakata Dasar Bahasa Inggris (English Basic Vocabulary) dengan Metode Drilling Untuk Anak-Anak Desa Kalangan Mulur Sukoharjo. Lamahu: Jurnal Pengabdian Masyarakat Terintegrasi, 1(2), 67–72. https://doi.org/10.34312/ljpmt.v1i2.15435

Halim, D., & Munthe, A. P. (2019). Dampak Pengembangan Buku Cerita Bergambar Untuk Anak Usia Dini. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 9(3), 203–216. https://doi.org/10.24246/j.js.2019.v9.i3.p203-216

Helmi Rahma Wati, & Yulsyofriend. (2019). Stimulasi Kemampuan Berbicara Anak di PAUD Solok Selatan Sejahtera. Golden Age: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, 4(2), 51–60. https://doi.org/10.14421/jga.2019.42-05

Ilma, F., Sularti, S., & Handayani, D. (2023). Analisis Buku Cerita Bergambar Bilingual Kumpulan Dongeng Karakter Baik untuk Anak sebagai Sumber Belajar Bahasa Inggris. 7(1), 730–744. https://doi.org/10.31004/obsesi.7i1.4000

Khomsin, K., & Rahimmatussalisa, R. (2021). Efektivitas Media Permainan Ular Tangga untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Kosakata Bahasa Inggris pada Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak, 10(1), 25–33. https://doi.org/10.21831/jpa.v10i1.37872

Lindawati, N. P. (2019). Keefektifan Pengajaran Kosakata Bahasa Inggris Pada Anak Sekolah Dasar Dengan Menggunakan Flash Card. Jurnal Manajemen Pelayanan Hotel, 2(2), 59. https://doi.org/10.37484/manajemen_pelayanan_hotel.v2i2.40

Liyana, A., & Kurniawan, M. (2019). Speaking Pyramid sebagai Media Pembelajaran Kosa Kata Bahasa Inggris Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 225. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.178

Lube, C. I., & Nuraeni, S. (2020). Improving English Vocabulary Mastery Through Word Game. PROJECT (Professional Journal of English Education), 3(1), 109. https://doi.org/10.22460/project.v3i1.p109-113

Marli’ah, S., & Apriliyana, F. N. (2021). Efektivitas Strategi Read Aloud Dalam Mengenalkan Bahasa Inggris Pada Anak Usia Dini. JCE (Journal of Childhood Education), 5(1), 74. https://doi.org/10.30736/jce.v5i1.496

Ningtias, N. E. (2022). Efektivitas Buku Ajar Happy Thinking Unit IIIParts of the Plantuntuk Meningkatkan Kosakata Awal Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 4713–4725. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.2657

Novitasari, Y., Adolf Bastian, & Azlin Atika Putri. (2019). Analisis Pengembangan Bahasa Inggris Awal Anak Usia 5-6 Tahun. PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(02), 111–118. https://doi.org/10.31849/paud-lectura.v2i02.2513

Nurhayati, T., & Rufi’i, R. (2020). Pengembangan Buku Ajar Bahasa Inggris untuk Peserta Didik Lamban Belajar. Journal of Education and Instruction (JOEAI), 3(2), 259–269. https://doi.org/10.31539/joeai.v3i2.1609

Pertiwi, A. B., Rahmawati, A., & Hafidah, R. (2021). Metode Pembelajaran Kosakata Bahasa Inggris Pada Anak Usia Dini. Kumara Cendekia, 9(2), 95. https://doi.org/10.20961/kc.v9i2.49037

Priyoambodo, G. A. E., & Suminar, D. R. (2021). Hubungan Screen Time dan Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini : A Literature Review. JURNAL SYNTAX IMPERATIF : Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan, 2(5), 327. https://doi.org/10.36418/syntax-imperatif.v2i5.119

Purandina, I. P. Y. (2021). Implementasi Media Digital Untuk Perkembangan Bahasa Inggris Anak Usia Dini. Pratama Widya : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 66. https://doi.org/10.25078/pw.v6i1.2086

Purba, R., Resmi, R., Saputra, N., & Herman, H. (2022). Exploring the Teaching of Language Variation Use from Early Children’s Acquisition at School. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(6), 5446–5453. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i6.2907

Purwanti, R., & Suhaimi, S. (2020). Model GELPITAS (gerak & lagu, picture & picture, talking stick) untuk meningkatkan perkembangan bahasa Inggris anak taman kanak-kanak. JPPM (Jurnal Pendidikan Dan Pemberdayaan Masyarakat), 7(2), 124–134. https://doi.org/10.21831/jppm.v7i2.30204

Puspita Dewi Ruslan RH, A., Samad, F., & Samad, R. (2020). Penguasaan Kosa Kata Bahasa Inggris Anak Melalui Media Flash Card Pada Kelompok B Di PAUD Terpadu Alkhairaat Skeep Kota Ternate. Jurnal Ilmiah Cahaya Paud, 2(2), 47–60. https://doi.org/10.33387/cp.v2i1.4277

Salsabila, A. (2022). Peningkatan Kosakata Bahasa Inggris Melalui Media Buku Bergambar Pada Anak Desa Sitimerto. Jurnal Pengabdian Pendidikan Masyarakat (JPPM), 3(1), 49–56. https://doi.org/10.52060/jppm.v3i1.564

Samini, E., & Suendarti, M. (2020). Pengaruh Minat Baca dan Penguasaan Kosakata terhadap Kemampuan Menulis Teks Narasi. Diskursus: Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia, 3(01), 27. https://doi.org/10.30998/diskursus.v3i01.6681

Saranani, M. S. (2022). Efektivitas Model Pembelajaran Berbasis Multimedia dalam Pengembangan Bahasa Anak Autisme. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(6), 5827–5839. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i6.2280

Sari, N. E., & Suryana, D. (2019). Thematic Pop-Up Book as a Learning Media for Early Childhood Language Development. JPUD - Jurnal Pendidikan Usia Dini, 13(1), 43–57. https://doi.org/10.21009/10.21009/jpud.131.04

Setiawan, C. (2019). Improving Students’ Vocabulary Mastery Through Listening Song. PROJECT (Professional Journal of English Education), 2(3), 392. https://doi.org/10.22460/project.v2i3.p392-397

Shahab, N. A., Muzammil, A. R., & Syahrani, A. (2022). Pemerolehan Kosakata Pada Anak Usia Dini Di Paud Al-Hadid Melalui Permainan, Nyanyian, Dan Bercerita. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK), 11(6), 398. https://doi.org/10.26418/jppk.v11i6.55831

Susantini, N. L. P., & Kristiantari, M. G. R. (2021). Media Flashcard Berbasis Multimedia Interaktif untuk Pengenalan Kosakata Bahasa Inggris pada Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 9(3), 439. https://doi.org/10.23887/paud.v9i3.37606

Syamsiyah, L., & Diana, D. (2022). Efektivitas Media Fuzzy Felt untuk Meningkatkan Kosakata Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 2700–2710. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.1421

Toyyibah12, B., Mutamainnah, L., Khoiriyah, W., Jahrawi, N., Kamilah, B., Maszaeri, & Wardani, L. (2022). Strategi Guru Dalam Mengevaluasi Pembelajaran Bahasa Inggris Anak Usia Dini Di Paud Al-Madani. Islamic EduKids, 4(1), 1–13. https://doi.org/10.20414/iek.v4i1.4431

Ulandari, S., Miranda., & Lukmanulhakim. (2023). Pengaruh Metode Buku Cerita Bergambar Terhadap Kemampuan Kosakata Pada Anak Usia 5-6 Tahun Di Kb Abu Hurairah Malikian, Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 12(2), 2715–2723. https://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/62207

Ulfah, M., Maemonah, M., Purnama, S., Hamzah, N., & Fatwa Khomaeny, E. F. (2021). Pengembangan Buku Ajar Digital Parenting: Strategi Perlindungan Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3), 1416–1428. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i3.1773

Ulya, N., & Na’imah, N. (2022). Peran Bahan Ajar dalam Pengenalan Bahasa Inggris pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 5191–5199. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.2925

Yansyah, Y., Hamidah, J., & Ariani, L. (2021). Pengembangan Big Book Storytelling Dwibahasa untuk Meningkatkan Literasi Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3), 1449–1460. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i3.1779

Yunus, Y. (2019). Pendidikan Bahasa. Jurnal Bastra (Bahasa Dan Sastra), 1(01). https://doi.org/10.36709/jb.v1i01.7599


Refbacks

  • There are currently no refbacks.