
Author
Try Riduwan Santoso(1

Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Institut Agama Islam Latifah Mubarokiyah, Indonesia(1)
Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Institut Agama Islam Latifah Mubarokiyah, Indonesia(2)
Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Institut Agama Islam Latifah Mubarokiyah, Indonesia(3)
Pendidikan Agama Islam, Institut Agama Islam Latifah Mubarokiyah, Indonesia(4)
Antropologi, Universitas Gadjah Mada, Indonesia(5)

Article Analytic |
Published : 2023-05-12
Copyright (c) 2023 Try Riduwan Santoso, Ulfa Munzilah Saefy, Syarief Hasani, Syarifah Setiana Ardiati
Article can trace at:








Article Metrics
Abstract Views: 128 times
PDF Downloaded: 28 times
Abstract
Implementasi pengembangan pembelajaran kinesthetic intelligence pada anak usia dini masih menunjukkan adanya permasalahan teknis dalam proses belajar mengajar. Studi ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana permasalahan pengembangan kinesthetic intelligence dan solusi dalam meningkatkan minat belajar pada anak usia dini. Penelitian ini bersifat deskriptif dengan pendekatan kualitatif melalui studi kasus pembelajaran kinestetik pada anak usia dini. Pengambilan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa permasalahan pembelajaran kinestetik pada anak usia dini adalah anak kurang semangat dalam belajar, cenderung pasif bergerak, less respond dan kurang percaya diri yang disebabkan kurang maksimalnya kreativitas guru dalam menggunakan metode pembelajaran, dan media pembelajaran yang variatif. Solusi dari permasalahan degradasi minat belajar anak usia dini adalah melalui kegiatan yang bersifat kolektif untuk membantu menstimulasi aspek perkembangan kinesthetic intelligence anak melalui kegiatan yang klasikal, seperti menari, menyusun straw, dan bermain peran. Kegiatan kolektif ini didukung oleh kreativitas guru, metode dan media belajar.
Keywords
References
Al-Onizat, S. H. (2016). Measurement of Multiple Intelligences among Sample of Students with Autism, and Intellectual Disability Using Teacher Estimation and Its Relationship with the Variables: The Type and Severity of Disability, Gender, Age, Type of Center. International Journal of Education. https://doi.org/10.5296/ije.v8i1.8268
Annisa, A. (2021). Pengembangan Model Pembelajaran Natural Messy Play sebagai Optimalisasi Kecerdasan Kinestetik Anak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 410–419. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i1.914
Apriliani, A. M., Yasbiati, Y., & Elan, E. (2020). Meningkatkan Keterampilan Gerak Lokomotor Anak Usia 5-6 Tahun Di Kelas B Hijau Melalui Permainan Engklek Rintangan Di Tk Negeri Pembina Kota Tasikmalaya. Jurnal PAUD Agapedia. https://doi.org/10.17509/jpa.v3i2.26680
Aryenis, A. (2018). Peningkatan Rasa Percaya Diri Anak Melalui Kegiatan Bermain Peran Di Taman Kanak-Kanak Restu Ibu. Jurnal Ilmiah Pesona PAUD. https://doi.org/10.24036/103726
Astuti, R., & Aziz, T. (2019). Integrasi Pengembangan Kreativitas Anak Usia Dini di TK Kanisius Sorowajan Yogyakarta. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i2.99
Endang Mulyatiningsih. (2018). Analisis Model-Model Pendidikan Karakter Untuk Usia Anak-Anak, Remaja Dan Dewasa. Pembentukan Anak Usia Dini : Keluarga, Sekolah, Dan Komunitas. http://staffnew.uny.ac.id/upload/131808329/penelitian/13B_Analisis+Model+Pendidikan+karakter.pdf
Fadlilah, A. N. (2020). Strategi Menghidupkan Motivasi Belajar Anak Usia Dini Selama Pandemi COVID-19 melalui Publikasi. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.548
Jamaluddin, J. (2020). Minat belajar. Jurnal Al-Qalam: Jurnal Kajian Islam & Pendidikan. https://doi.org/10.47435/al-qalam.v8i2.232
Kamelia, N. (2019). Perkembangan fisik motorik anak usia dini (standar tingkat pencapaian perkembangan anak ) stppa tercapai di ra harapan bangsa maguwoharjo condong catur yogyakarta. Kindergarten: Journal of Islamic Early Childhood Education. https://doi.org/10.24014/kjiece.v2i2.9064
Komaini, A. (2017). Peningkatan Keterampilan Gerak Dasar (Fundamental Motor Skills) Anak Melalui Pendekatan Bermain Murid Taman Kanakkanak Kota Padang. Jurnal Sains Keolahragaan Dan Kesehatan. https://doi.org/10.5614/jskk.2017.2.2.6
Musfiroh, T. (2019). Multiple Intelligences dan Implikasinya dalam Pendidikan. 85–97. https://doi.org/10.1007/978-981-13-7213-1_7
Musriani, V. (2020). Penyebab Perilaku Kurang Percaya Diri Saat Pembelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas VII SMP Muhammadiyah 4 Tanggul. Universitas Muhammadiyah Jember. http://repository.unmuhjember.ac.id/6862
Ningtyas, F. Y. (2014). Metode Bermain Lego Dalam Upaya Menumbuhkembangkan Kecerdasan Kinestetik Pada Anak Usia Dini, Studi Kasus di Lembaga Pendidikan Manusia Unggul. Jurnal Empowerment. https://e-journal.stkipsiliwangi.ac.id/index.php/empowerment/article/view/579
Nur’afifah, D., Kurniawati, L., & Gustiana, A. D. (2019). Meningkatkan Kecerdasan Kinestetik Anak Usia Dini Melalui Pembelajaran Tari Kijang. Edukid. https://doi.org/10.17509/edukid.v16i1.20730
Pratama, D. (2020). Taksonomi Bloom (ranah Kognitif, afektif, dan Psikomotor). In taksonomi Bloom serta Indentifikasi Permasalahan Pendidikan di Indonesia. http://elearning.iainkediri.ac.id/pluginfile.php/319821/mod_resource/content/1/7325Taksonomi%20Bloom.pdf
Priyanto, A. (2014). Pengembangan Kreativitas Pada Anak Usia Dini Melalui Aktivitas Bermain. Jurnal Ilmiah Guru Caraka Olah Pikir Edukatif, 18(2). https://journal.uny.ac.id/index.php/cope/article/view/2913
Rajali, A. (2019). Analisis Data Kualitatif . Alhadharah: Jurnal Ilmu Dakwah, 17(33), 81–95. https://doi.org/10.18592/alhadharah.v17i33.2374
Rambe, E. (2021). Strategi Komunikasi Pembelajaran Anak Usia Dini. An Nadwah. https://doi.org/10.37064/nadwah.v26i1.9474
Sari, N. P., Novitawati, N., Setiawan, M. A., & Mutiani, M. (2022). Peran Yoga dalam Meningkatkan Kecerdasan Kinestetik Bagi Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 4681–4689. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.2451
Sartika, & Erni Munastiwi. (2019). Peran Guru Dalam Mengembangkan Kreativitas Anak Usia Dini Di TK Islam Terpadu Salsabila Al-Muthi’in Yogyakarta. Golden Age: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini. https://doi.org/10.14421/jga.2019.42-04
Sobariah, S., & Santana, F. D. T. (2019). Meningkatkan kecerdasan kinestetik anak usia dini melalui media tari mapag layung. Ceria (Cerdas Energik Responsif Inovatif Adaptif). https://doi.org/10.22460/ceria.v2i6.p370-375
Sri Wahyuni, Atika Putri, A., & Fadillah, S. (2021). Motivasi Belajar Anak Usia Dini Dalam Program Belajar Dari Rumah Di Masa Pandemi Covid-19. Incrementapedia: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. https://doi.org/10.36456/incrementapedia.vol3.no01.a3754
Syarifah Nurliana, Muhamad Ali, H. (2016). Strategi Guru Mengembangkan Kecerdasan Kinestetik Anak Usia 5-6 Tahun di TK BINA SARI Pontianak. Pendidikan Dan Pembalajaran Khatulistiwa. http://repository.radenintan.ac.id/2564/1/Skripsi_Full.pdf
Talango, S. R. (2020). Konsep Perkembangan Anak Usia Dini. Early Childhood Islamic Education Journal. https://doi.org/10.54045/ecie.v1i1.35
Tanu, I. K. (2019). Penggunaan metode mengajar di paud dalam rangka menumbuhkan minat belajar anak. Pratama widya : jurnal pendidikan anak usia dini. https://doi.org/10.25078/pw.v3i2.733
Valle, A., Baglio, G., Zanette, M., Massaro, D., Baglio, F., Marchetti, A., & Blasi, V. (2021). A New Perspective on the Role of Self-Confidence and Confidence in the Evaluation and Rehabilitation of Children With Adverse Life Experience and Borderline Intellectual Functioning: A Preliminary Study. Frontiers in Psychology. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2021.720219
Veronica, N., & Lutfiah, L. (2019). Peningkatan Perkembangan Kognitif Melalui Permainan Puzzle pada Anak TK B. Didaktis: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Pengetahuan. https://doi.org/10.30651/didaktis.v19i3.3985
Zaini, H., & Dewi, K. (2017). Pentingnya Media Pembelajaran Untuk Anak Usia Dini. Raudhatul Athfal: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini. https://doi.org/10.19109/ra.v1i1.1489
Ziv, I., Golbez, N., & Shapira, N. (2020). Parental sense of competence, resilience, and empathy in relation fathers’ responses to children’s negative emotions in the context of everyday paternal childrearing decisions. Cogent Psychology. https://doi.org/10.1080/23311908.2020.1794681
Refbacks
- There are currently no refbacks.