Hubungan Parenting dalam Penanaman Karakter Murid Kelompok B pada Masa COVID -19

Authors

  • I Putu Suwika Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Universitas Tadulako, Indonesia
  • Nurhayati Nurhayati Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Universitas Tadulako, Indonesia
  • Amrullah Amrullah Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Universitas Tadulako, Indonesia
  • Sindy Sindy Guru Taman Kanak-kanak Al-Khairat Donggala, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i2.4227

Keywords:

parenting, penanaman karakter murid, anak usia dini

Abstract

Karakter sangat urgen untuk ditanamkan pada murid sejak dini sebab karakter merupakan bekal murid di masa depan. Ada beberapa indikator dalam  mempengaruhi perilaku anak yakni peran orang tua yang pertama dan utama dalam membentuk dan mendidik serta menemani anaknya. Tujuan penelitian dapat memahami pengaruh ibu dan ayah dalam penanaman perilaku murid. Metode pada penulisan ini merupakan kualitatif deskriptif serta beragam riset koresional. Cara yang gunakan dalam penelitian yaitu melalui wawancara, dokumentasi, dan pengamatan. Teknis analisis data yaitu mmenggunakan metode persentase uji korelasi. Penelitian dilaksanakan di Kelompok B. Dalam penelitian membuktikan terhadap pembentukan perilaku murid, parenting memiliki pengaruh terhadap pembentukan karakter pada anak 5-6 tahun. Penanaman karakter pada penelitian ini berupa aspek disiplin, sopan santun dan mandiri. Berdasarkan hasil rekaptulasi pengamatan terjadi peningkatan yaitu parenting pada semua aspek mengalami peningkatan perkembangan sesuai dengan tingkat perkembangan murid masing-masing pada asesmen penilaian guru

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agustina, R., Marlina, L., & Fahmi, F. (2020). Hubungan Pola Asuh Orang tua Dengan Kecerdasan Interpersonal Anak. Thufuli : Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2(1), 31. https://doi.org/10.33474/thufuli.v2i1.6314

Anas, S. (2012). Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers.

Aprianti, N., & Sugito, S. (2022). Pembelajaran dalam Pendidikan Anak Usia Dini Selama Masa Pandemi Covid-19: Sebuah Literature Review. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 2785–2794. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.1663

Apriyanti, H. (2017). Pemahaman Guru Pendidikan Anak Usia Dini Terhadap Perencanaan Pembelajaran Tematik. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(2), 111. https://doi.org/10.31004/obsesi.v1i2.22

Ariyanti, T. (2016). The Importance of Childhood Education for Child Development. Dinamika Pendidikan Dasar, 8(1), 50–58. https://jurnalnasional.ump.ac.id/index.php/Dinamika/article/view/943

Asma F, H., Siti Aisyah, D., & Karyawati, L. (2021). Dampak Pola Asuh Permisif Orang Tua Terhadap Perkembangan Sosial-Emosional Anak Usia Dini. Early Childhood : Jurnal Pendidikan, 5(2), 90–104. https://doi.org/10.33367/piaud.v2i2.2519

Bun, Y., Taib, B., & Mufidatul Ummah, D. (2020). Analisis Pola Asuh Otoriter Orang Tua Terhadap Perkembangan Moral Anak. Jurnal Ilmiah Cahaya Paud, 2(1), 128–137. https://doi.org/10.33387/cp.v2i1.2090

Dewi, L. A. P. (2017). Peranan Orang Tua Dalam Pembentukan Karakter Dan Tumbuh Kembang Anak. Pratama Widya, 2(2), 83–91. https://doi.org/10.25078/pw.v2i2.1021

Dewi, P. A. S. C., & Khotimah, H. (2020). Pola asuh orang tua pada anak di masa pandemi covid-19. Seminar Nasional Sistem Informasi, 4(1), 2433–2441.

Donato, S., & Bertoni, A. (2017). Positive parenting as responsible care: Risks, protective factors, and intervention evaluation. Journal of Prevention and Intervention in the Community, 45(3), 151–155. https://doi.org/10.1080/10852352.2016.1198120

Fadlilah, A. N. (2020). Strategi Menghidupkan Motivasi Belajar Anak Usia Dini Selama Pandemi COVID-19 melalui Publikasi. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 373. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.548

Haslam, D., Poniman, C., Filus, A., Sumargi, A., & Boediman, L. (2020). Parenting Style, Child Emotion Regulation and Behavioral Problems: The Moderating Role of Cultural Values in Australia and Indonesia. Marriage and Family Review, 56(4), 320–342. https://doi.org/10.1080/01494929.2020.1712573

Haslip, M. L., & Haslip, M. J. (2013). From Malaysia to America: Community-Based Character Education for Children and Youth. Childhood Education, 89(5), 296–302. https://doi.org/10.1080/00094056.2013.830899

Jerome, L., & Kisby, B. (2022). Lessons in character education: incorporating neoliberal learning in classroom resources. Critical Studies in Education, 63(2), 245–260. https://doi.org/10.1080/17508487.2020.1733037

Khamim, N. (2021). Cite this article: Khamim, Nur (2021). Perkembangan Kepribadian Anak Dengan Pola Asuh Permisif, Over Protektif dan Otoritatif. Journal of Education and Religious Studies, 01(01). https://doi.org/10.57060/jers.v1i01.6

Latifah, A. (2020). Peran Lingkungan Dan Pola Asuh Orang Tua Terhadap Pembentukan Karakter Anak Usia Dini. (JAPRA) Jurnal Pendidikan Raudhatul Athfal (JAPRA), 3(2), 101–112. https://doi.org/10.15575/japra.v3i2.8785

Marintan Marintan, D., & Priyanti, N. Y. (2022). Pengaruh Pola Asuh Demokratis terhadap Keterampilan Sikap Toleransi Anak Usia 5-6 Tahun di TK. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 5331–5341. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.3114

McGrath, R. E., Han, H., Brown, M., & Meindl, P. (2022). What does character education mean to character education experts? A prototype analysis of expert opinions. Journal of Moral Education, 51(2), 219–237. https://doi.org/10.1080/03057240.2020.1862073

Metcalfe, J., & Moulin-Stożek, D. (2021). Religious education teachers’ perspectives on character education. British Journal of Religious Education, 43(3), 349–360. https://doi.org/10.1080/01416200.2020.1713049

Miller, N. V., Johnston, C. J., & Pasalich, D. S. (2014). Parenting and conduct problems: Moderation by child empathy. Journal of Psychopathology and Behavioral Assessment, 36(1), 74–83. https://doi.org/10.1007/s10862-013-9366-1

Nisa, K., & Sujarwo, S. (2020). Efektivitas Komunikasi Guru terhadap Motivasi Belajar Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 229. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.534

Nuraeni, L., Andrisyah, A., & Nurunnisa, R. (2019). Efektivitas Program Sekolah Ramah Anak dalam Meningkatkan Karakter Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 20. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.204

Nuryatmawati, A. M., & Fauziah, P. (2020). Pengaruh Pola Asuh Permisif Terhadap Kemandirian Anak Usia Dini. PEDAGOGI: Jurnal Anak Usia Dini Dan Pendidikan Anak Usia Dini, 6(2), 81–92. https://journal.um-surabaya.ac.id/index.php/Pedagogi/article/view/5286

O’Connor, A., Nolan, A., Bergmeier, H., Hooley, M., Olsson, C., Cann, W., Williams-Smith, J., & Skouteris, H. (2017). Early childhood education and care educators supporting parent-child relationships: a systematic literature review. Early Years, 37(4), 400–422. https://doi.org/10.1080/09575146.2016.1233169

Kulsum, U., & Yuwono, H. (2013). Pengaruh Pola Asuh Orang Tua (Permisif) Terhadap Kedisiplinan Belajar Anak Kelompok B Di Paud Harapan 1 Kartasura Tahun Ajaran 2017/2018. Universitas Muhammadiyah Surakart. http://eprints.ums.ac.id/64511

Parveen, M. (2020). Challenges Faced by Pandemic Covid 19 Crisis: A Case Study in Saudi Arabia. Challenge, 63(6), 349–364. https://doi.org/10.1080/05775132.2020.1822659

Paul, S. A. S., Hart, P., Augustin, L., Clarke, P. J., & Pike, M. (2022). Parents’ perspectives on home-based character education activities. Journal of Family Studies, 28(3), 1158–1180. https://doi.org/10.1080/13229400.2020.1806097

Purnomo, H. (2013). Peran Orang Tua dalam Optimalisasi Tumbuh Kembang Anak untuk Membangun Karakter Anak Usia Dini. Prosiding Seminar Nasional Parenting, 34–47. https://publikasiilmiah.ums.ac.id/handle/11617/3994

Rahman, Anita. (2020). Penguatan Peran Orang Tua Dalam Mendapingi Pendidikan Anak Usia Dini Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Golden Age, 4(02), 322–331. https://doi.org/10.29408/jga.v4i02.2520

Saputra, F. W., & Yani, M. T. (2020). Pola Asuh Orang tua dalam Pembentukan Karakter Anak. Kajian Moral Dan Kewarganegaraan, 8(3), 1037–1051. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-kewarganegaraa/article/view/37073

Sari, S. Y., & Nofriadi, N. (2019). Pembentukan Karakter Pada Anak Usia Dini. SMART KIDS: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(2), 1. https://doi.org/10.30631/smartkids.v1i2.50

Shofa, M. F. (2020). Inovasi Pembelajaran pada Pendidikan Anak Usia Dini di Masa Pandemi Covid-19. 5. https://doi.org/10.22515/bg.v5i2.2820

Tanjung, R. (2020). Peran Orang tua dalam Pendidikan Anak Usia Dini di Masa Pandemi Covid-19. Murhum : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2, 64–73. https://doi.org/10.37985/murhum.v1i2.18

Treyvaud, K., Thompson, D. K., Kelly, C. E., Loh, W. Y., Inder, T. E., Cheong, J. L. Y., Doyle, L. W., & Anderson, P. J. (2021). Early parenting is associated with the developing brains of children born very preterm. Clinical Neuropsychologist, 35(5), 885–903. https://doi.org/10.1080/13854046.2020.1811895

Trisnawati, W., & Sugito, S. (2020). Pendidikan Anak dalam Keluarga Era Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 823–831. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.710

Udampo, A., Onibala, F., & Bataha, Y. (2017). Hubungan Pola Asuh Permisif Orang Tua Dengan Perilaku Mengkonsumsi Alkohol Pada Anak Usia Remaja Di Desa Bulude Selatan Kabupaten Talaud. Jurnal Keperawatan UNSRAT, 5(1), 109646. https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/jkp/article/view/14668

Vieten, U. M., Eranti, V., & Blokker, P. (2020). Thinking and writing in the time of pandemic COVID-19. European Journal of Cultural and Political Sociology, 7(2), 117–122. https://doi.org/10.1080/23254823.2020.1754558

Wana, M. (2019). Pengaruh Pola Asuh Permisif di Era Digital Terhadap Sosial Emosional Anak Usia 5-6 Tahun di Desa Sekincau Kecamatan Sekincau Kabupaten Lampung Barat. Journal UIN Raden Intan. http://repository.radenintan.ac.id/5554

Wang, J., Hilliard, L. J., Hershberg, R. M., Bowers, E. P., Chase, P. A., Champine, R. B., Buckingham, M. H., Braun, D. A., Gelgoot, E. S., & Lerner, R. M. (2015). Character in childhood and early adolescence: models and measurement. https://doi.org/10.1080/03057240.2015.1040381

Warmansyah, J. (2020). Program Intervensi Kembali Bersekolah Anak Usia Dini Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 743. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.573

Wijayanti, A. (2021). Pendidikan Karakter Anak Usia Dini di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Modern, 6(03), 130–140. https://doi.org/10.37471/jpm.v6i03.248

Downloads

Additional Files

Published

16-03-2023

How to Cite

Suwika, I. P., Nurhayati, N., Amrullah, A., & Sindy, S. (2023). Hubungan Parenting dalam Penanaman Karakter Murid Kelompok B pada Masa COVID -19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(2), 1575–1586. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i2.4227

Issue

Section

Articles