- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Hubungan Durasi Bermain Gadget dengan Perkembangan Sosial Emosional Anak
DOI:
https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i2.4198Keywords:
gadget, perkembangan sosial emosional, anak usia diniAbstract
Penelitian ini dilatarbelakangi anak prasekolah yang menggunakan gadget secara berlebihan sehingga berdampak buruk pada perkembangan sosial emosional. Anak sulit bersosialisasi dan berinteraksi dengan orang lain, anak menjadi pribadi tertutup, suka menyendiri, susah diatur dan mudah marah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada hubungan antara durasi penggunaan gadget dengan perkembangan sosial emosional anak usia 4-5 tahun. Jenis penelitian menggunakan penelitian observasional analitik dengan desain penelitian cross sectional. Teknik pengambilan sampel menggunakan total sampling dengan jumlah sampel 30 siswa. Analisis data menggunakan uji Univariat dan Uji Bivariat dengan menggunakan korelasi Rank Spearman. Hasil analisis membuktikan terdapat hubungan antara durasi penggunaan gadget dengan perkembangan sosial emosional. Peneliti berharap agar pihak sekolah berkoordinasi dengan orang tua terkait dampak negatif gadget sehingga tidak mengganggu proses perkembangan anak.
Downloads
References
Ameliola, S., & Nugraha, H. D. (2013). Perkembangan media informasi dan teknologi terhadap anak. Inetrnational Conference on Indonesian Studies, 362–371. https://adoc.pub/perkembangan-media-informasi-dan-teknologi-terhadap-anak-dal.html
Ayu, I. M., Titik, R., & Yuli, S. (2020). Preschoolers’ mental health status based on their mobile gadget usage. Journal of Physics: Conference Series, 1469(1), 8–14. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1469/1/012054
Damayanti, E., Ahmad, A., & Bara, A. (2020). Dampak Negatif Penggunaan Gadget Berdasarkan Aspek Perkembangan Anak Di Sorowako. Martabat: Jurnal Perempuan Dan Anak, 4(1), 1–22. https://doi.org/10.21274/martabat.2020.4.1.1-22
Deotama, F. H., & Lestari, G. D. (2021). Hubungan Antara Tingkat Penggunaan Gadget Dengan Perkembangan Sosial Emosional Anak di Pg/Tk Asa Cendekia Pepe, Kec. Sedati, Kab. Sidoarjo. Jurnal Mahasiswa Pendidikan Luar Sekolah, 10(1), 408–418. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-luar-sekolah/article/view/44252
Febriati, L., & Fauziah, A. (2020). Pengaruh Intensitas Penggunaan Gadget terhadap Sosial Emosional Anak. The Shine Cahaya Dunia Kebidanan, 5(1), 1–12. https://ejournal.annurpurwodadi.ac.id/index.php/TSCBid/article/view/196
Hakim, arif rahman, Zohrani, Z., Yazid, M., Kudsiah, M., & Alwi, M. (2021). Pengaruh Penggunaan Gadget Terhadap Perkembangan Emosional dan Akhlak Peserta Didik. Jurnal DIDIKA, 7(1), 157. https://e-journal.hamzanwadi.ac.id/index.php/didika/article/view/3841
Hidayat, A., & Maesyaroh, S. S. (2022). Penggunaan Gadget pada Anak Usia Dini. JURNAL SYNTAX IMPERATIF : Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan, 1(5), 356. https://doi.org/10.36418/syntax-imperatif.v1i5.159
Imron, R. (2018). Hubungan Penggunaan Gadget dengan Perkembangan Sosial dan Emosional Anak Prasekolah di Kabupaten Lampung Selatan. Jurnal Ilmiah Keperawatan Sai Betik, 13(2), 148. https://doi.org/10.26630/jkep.v13i2.922
Keke, M. (2023). Dampak Penggunaan Gadget di Era New Normal Pada Perkembangan Sosial Emosional. Journal of Classroom Action Research, 5(1). https://jppipa.unram.ac.id/index.php/jcar/article/view/2736
Kemendikbud. (2014). Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia No. 137 tahun 2014. https://luk.staff.ugm.ac.id/atur/bsnp/Permendikbud137-2014StandarNasionalPAUD.pdf
Kemenkes, 2014. (2014). Pemantauan Pertumbuhan, Perkembangan, dan Gangguan Tumbuh Kembang Anak. Berita Negara Republik Indonesia Tahun 2014 Nomor 1524, 365. https://peraturan.bpk.go.id/Home/Details/154776/permenkes-no-66-tahun-2014
Maria, I., & Amalia, E. R. (2018). Perkembangan Aspek Sosial-Emosional dan Kegiatan Pembelajaran yang Sesuai untuk Anak Usia 4-6 Tahun. Institut Pesantren K.H. Abdul Chalim Mojokerto, 1–15. https://www.studocu.com/id/document/universitas-veteran-bangun-nusantara/social/1-perkembangan-aspek-sosial-ina-edited/37598029
Mashar, R. (2015). Emosi anak usia dini dan strategi pengembangannya. Kencana.
Mulyantari, A. I., Romadhona, N., Nuripah, G., Susanti, Y., & Respati, T. (2019). Hubungan Kebiasaan Penggunaan Gadget dengan Status Mental Emosional pada Anak Usia Prasekolah. Jurnal Integrasi Kesehatan & Sains, 1(1), 10–15. https://doi.org/10.29313/jiks.v1i1.4213
Nafaida, R., , N., & , N. (2020). Dampak Penggunaan Gadget Terhadap Perkembangan Anak. BEST Journal (Biology Education, Sains and Technology), 3(2), 57–61. https://doi.org/10.30743/best.v3i2.2807
Nasrudin, N. (2013). Hubungan Fungsi Afektif Keluarga Terhadap Kecerdasan Emosional Remaja. Jurnal EduHealth, 3(2), 89–96. http://journal.unipdu.ac.id/index.php/eduhealth/article/view/329/0
Nursalam. (2015). Metodologi Penelitian Ilmu Keperawatan : Pendekatan Praktis (4th ed.). Salemba Medika. https://adoc.pub/metodologi-penelitian-ilmu-keperawatan.html
Pagestu, R. (2017). Ratna Pangastuti. Fenomena Gadget Dan Perkembangan Sosial Bagi Anak Usia Dini, 2, 165–174. https://doi.org/10.51529/ijiece.v2i2.69
Pebriana, P. H. (2017). Analisis Penggunaan Gadget terhadap Kemampuan Interaksi Sosial pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 1. https://doi.org/10.31004/obsesi.v1i1.26
Pediatrics, A. A. of. (2001). Committee on Public Education. AAP Coding Webinars, 107(2), 423–426. https://doi.org/10.1542/peds.107.2.423
Radliya, N. R., Apriliya, S., & Zakiyyah, T. R. (2017). Pengaruh Penggunaan Gawai Terhadap Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini. Jurnal Paud Agapedia, 1(1), 1–12. https://doi.org/10.17509/jpa.v1i1.7148
Rahayu, N. S., Elan, & Mulyadi, S. (2021). Analisis Penggunaan Gagdet Pada Anak Usia Dini. Jurnal Paud Agapedia, 5(2), 202–210. https://doi.org/10.17509/jpa.v5i2.40743
Rahmawati, M., & Latifah, M. (2020). Gadget Usage, Mother-Child Interaction, and Social-Emotional Development among Preschool Children. Jurnal Ilmu Keluarga Dan Konsumen, 13(1), 75–86. https://doi.org/10.24156/jikk.2020.13.1.75
Santiya, A. (2020). Regulasi Emosi Pada Anak Usia Dini Dalam Keluarga Yang Mengalami Alone Together. Journal Information, 1–26. https://repository.unair.ac.id/102041
Sari, I. Y. (2019). Hubungan Durasi Penggunaan Gadget Dengan Interaksi Sosial Anak Usia Prasekolah Di Kelurahan Terban Wilayah Kerja Puskesmas Gondokusuman Ii 2018. Jurnal Kesehatan, 7(1), 9–17. https://doi.org/10.35913/jk.v7i1.128
Sari, T. P., & Mitsalia, A. A. (2016). Pengaruh Penggunaan Gadget Terhadap Personal Sosial Anak Usia Pra Sekolah Di Tkit Al Mukmin. Profesi, 13, 72–78. https://doi.org/10.26576/profesi.124
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta.
Sujianti. (2018). Hubungan Lama dan Frekuensi Penggunaan Gadget dengan Perkembangan Sosial Anak Pra Sekolah di TK Islam Al Irsyad 01 Cilacap. 54–65. https://doi.org/10.31983/jkb.v8i1.3735
U.S. Department of Education. (2013). The Creative Curriculum ® for What Works Clearinghouse TM. March, 1–25.
Widiawati, I., Sugiman, H., & Edy. (2014). Pengaruh penggunaan gadget terhadap daya kembang anak. Jurnal Multidisiplin Ilmu, 4(10), 106–112. https://idoc.pub/queue/dampak-perkembangan-gadget-x4e60rgjw3n3