Efektifitas Bermain Peran terhadap Kepercayaan Diri Anak Usia Dini

Authors

  • Riiza Nomy Yunifia Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Muhammadiyah Surakarta, Indonesia
  • Junita Dwi Wardhani Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Muhammadiyah Surakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i2.4191

Keywords:

pendidikan anak usia dini, bermain peran, kepercayaan diri anak

Abstract

Metode bermain peran ialah sebuah strategi yang dipakai untuk memberikan dorongan terhadap rasa percaya diri terhadap anak usia pra sekolah supaya mampu meningkat. Kepercayaan diri pada anak masih rendah, maka dari itu perlu dilakukannya metode bermain peran yang mampu mengoptimalkan kepercayaan diri siswa. Riset berikut bertujuan guna memahami efektifitas bermain peran pada kepercayaan diri pada anak usia dini. Peneliti memakai jenis riset kuantitatif serta rancangan Quasi Eksperimental. Sampel yang dipakai pada riset sejumlah 37 siswa. Teknik pengambilan sampel nonprobelitiy sampling dengan sampling jenuh. Instrumen dalam mengumpulkan data mempergunakan test. Dan teknik analisa data menggunakan pengujian statistik. Hasil riset memaparkan bahwasanya terdapat dampak metode bermain peran pada kepercayaan diri anak, tidak terdapat dampak metode bercerita pada kepercayaan diri anak. Maka bisa dibuat simpulan bahwasanya pemakaian metode bermain peran cukup efektif mengoptimalkan kepercayaan diri pada siswa.


Downloads

Download data is not yet available.

References

Alwi, S. (2017). Problematika Guru dalam Pengembangan Media Pembelajaran. ITQAN: Jurnal Ilmu-Ilu Kependidikan, 8(2), 145–167. http://ejurnal.iainlhokseumawe.ac.id/index.php/itqan/article/view/107

Arikunto, S. (2018). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik Edisi Revisi. Rineka Cipta.

Bellina, O. (2019). Penerapan Metode Bermain Peran Untuk Meningkatkan Keterampilan Sosial Dan Keterampilan Berkomunikasi Siswa Tk. Jurnal Dinamika Manajemen Pendidikan, 4(1), 60. https://doi.org/10.26740/jdmp.v4n1.p60-64

Daif-Allah, A. S., & Al-Sultan, M. S. (2023). The Effect of Role-Play on the Development of Dialogue Skills among Learners of Arabic as a Second Language. Education Sciences, 13(1), 50. https://doi.org/10.3390/educsci13010050

Dohaney, J., Brogt, E., Wilson, T., & Kennedy, B. (2017). Using Role-Play to Improve Students’ Confidence and Perceptions of Communication in a Simulated Volcanic Crisis. In Advances in Volcanology (pp. 691–714). https://doi.org/10.1007/11157_2016_50

Fitriani, A. (2016). Strategi Pengembangan Kepercayaan Diri Pada AUD. Jurnal Penelitian & Artikel Pendidikan, 2, 35–44. https://journal.unimma.ac.id/index.php/edukasi/article/view/627

Halida, H. (2011). Metode Bermain Peran dalam Mengoptimalkan Kemampuan Berbicara AUD (4-5 Tahun). Jurnal Cakrawala Kependidikan, 9(1). https://www.neliti.com/id/publications/218594/metode-bermain-peran-dalam-mengoptimalkan-kemampuan-berbicara-anak-usia-dini-4-5

Ilsa, F. N., & Nurhafizah. (2020). Penggunaan Metode Bermain Peran dalam Pengembangan Kemampuan Sosial AUD. Jurnal Pendidikan, 4(2), 1080–1090. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/571

Kansil, V. E., Tuna, J. R., & Liando, N. V. F. (2022). Analysis of the effect of students’ self-confidence on speaking skill. JoTELL Journal of Teaching English, 1(5), 653–675. https://ejurnal.unima.ac.id/index.php/jotell/article/view/4209

Khairi, H. (2018). Karakteristik Perkembangan AUD dari 0-6 Tahun. Jurnal Warna, 2(2), 15–28. https://ejournal.iaiig.ac.id/index.php/warna/article/view/87

Larasani, N., Yeni, I., & Mayar, F. (2020). Hubungan Pola Asuh Orangtua dengan Kepercayaan Diri AUD di Taman Kanak-Kanak. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(3), 2368–2374. https://jim.usk.ac.id/paud/article/view/15240

Lestari, T., Mulyana, E. H., Nurzaman, I., Gandana, G., & Apriyaningsih, E. (2019). Exploring the integrating potentials of role playing with YouTube in building student’s self confidence. Journal of Physics: Conference Series, 1318(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1318/1/012014

Lili, M., & Rivda, Y. (2020). Penerapan Metode Bermain Peran Dalam Mengembangkan Bahasa AUD. Pendidikan Tambusa, 4(July), 502.

Lubis, M. Y. (2019). Mengembangkan Sosial Emosional AUD Melalui Bermain. Generasi Emas, 2(1), 47. https://doi.org/10.25299/ge.2019.vol2(1).3301

Mansouri, F., Pourghane, P., Mansour-Ghanaei, R., & Roushan, Z. (2021). The Effects of Education through Role-Playing on Self-Concept among Older Adults. Nursing and Midwifery Studies, 10(1), 7–12. https://doi.org/10.4103/nms.nms_5_20

Musyarofah. (2017). Pendidikan AUD dalam Islam. Interdisciplinary Journal of Communication, 2(1), 99–122. https://media.neliti.com/media/publications/223896-pengembangan-aspek-sosial-anak-usia-dini.pdf

Pendidikan, F. I., & Padang, U. N. (2022). Pengaruh Macro Role Play terhadap Kepercayaan Diri Anak Usia 5-6 Tahun di Taman kanak Kanak Pembina 01 Linggo Sari Baganti The Effect of The Macro Role Playing Method on Children ’ S Self Confident at Pembina 01 Linggo Sari Baganti Kindergarten. Jurnal Ilmiah Pesona PAUD, 9(2), 162–172. https://doi.org/https://doi.org/10.24036/118887

Perni, N. N. (2019). Penerapan Metode Bermain Peran Untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Menggunakan Bahasa Bali. Journal for Lesson and Learning Studies, 2(1), 142–149. https://doi.org/10.23887/jlls.v2i1.17380

Pujiastuti, E., & Nurunnisa, R. (2021). Meningkatkan Rasa Percaya Diri Anak Melalui Kegiatan Bermain Aktif. Jurnal Ceria (Cerdas Energik Responsif Inovatif Adaptif), 4(4), 451–459. https://journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/ceria/article/view/7298

Rafsanjani, A. A., Suwandi, S., & Linggar Bharati, D. A. (2020). The Effectiveness of Role-Play and Information-Gap in E – Teaching Speaking Skill for High-Low Self-Confident Students. English Education Journal, 10(4), 493–503. https://doi.org/10.15294/eej.v10i4.39569

Ruslan. (2020). Students’ Perception on the Use of Role Play By the Teacher in Efl Classroom. Journal of Teaching & Learning English in Multicultural Contexts (TLEMC), 4(1), 46–53.

Sangadji, K. (2020). International Journa L Of Education , Information Technology And Others ( IJEIT ) The Influence of Role Play Engineering And Therapy Cinema to Believe in Self-Class VIII Students in SMP Negeri 4 Pasarwajo. 3(1). https://doi.org/10.5281/zenodo.3766718

Sayekti, T., Khosiah, S., & Endah, E. (2022). Pengaruh Metode Bermain Peran terhadap Peningkatan Perilaku Prososial. Misykat Al-Anwar: Jurnal Kajian Islam Dan Masyarakat | Doi: Misykat Al-Anwar: Jurnal Kajian Islam Dan Masyarakat, 5(2). https://jurnal.umj.ac.id/index.php/MaA16/article/view/13465

Siti Nurleni. (2022). Mengembangkan Rasa Percaya Diri Melalui Model Direct Instruction, Metode Role Playing Berbasis Cerita Daerah. Jurnal Inovasi, Kreatifitas AUD (JIKAD), 2(8.5.2017), 2003–2005. https://ppjp.ulm.ac.id/journals/index.php/jikad/article/view/5439

Suganda, L. A., Zuraida, Z., & Kurniawan, D. (2018). The Effect of Role-Playing for Building Students’ Speaking Motivation and Positive Characters. Science and Technology Publications, 1(3), 295–298. https://doi.org/10.5220/0007166202950298

Takumansang, R. C., Triyono, T., & Sulthoni, S. (2020). Role Playing untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara pada Anak Kelompok A Taman Kanak-Kanak. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 5(2), 165. https://doi.org/10.17977/jptpp.v5i2.13161

Tusaroh, A., & Juhji, J. (2020a). The Effect of Role-Playing Method on Student’s Confidence in Indonesian Language Subjects. Madrosatuna: Journal of Islamic Elementary School, 4(1), 01–07. https://doi.org/10.21070/madrosatuna.v4i1.370

Tusaroh, A., & Juhji, J. (2020b). The Effect of Role-Playing Method on Student’s Confidence in Indonesian Language Subjects. Madrosatuna: Journal of Islamic Elementary School. https://doi.org/10.21070/madrosatuna.v4i1.370

Utami, R. W. T., & Hanafi, M. (2018). Pengaruh Metode Bermain Peran Terhadap Peningkatan Percaya Diri Pada Anak Usia Pra Sekolah (4-5 Tahun) di Pendidikan AUD Insan Harapan Klaten. Jurnal Keperawatan Soedirman, 12(2), 84. https://doi.org/10.20884/1.jks.2017.12.2.694

Wulandari, A. T., Pratolo, B. W., & Junianti, R. (2021). Students’ perception on the use of role-play to improve students’ communicative competence. UAD TEFL International Conference, 2, 137. https://doi.org/10.12928/utic.v2.5748.2019

Downloads

Additional Files

Published

20-04-2023

How to Cite

Yunifia, R. N., & Wardhani, J. D. (2023). Efektifitas Bermain Peran terhadap Kepercayaan Diri Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(2), 2163–2176. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i2.4191

Issue

Section

Articles