- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Penerapan Bermain Matematika Terintegrasi Program Save Maninjau di TK Islam Rasuna Said
DOI:
https://doi.org/10.31004/obsesi.v8i4.4190Keywords:
Bermain Matematika, Anak Usia Dini, Program Save ManinjauAbstract
Matematika dikenalkan melalui kegiatan bermain sehingga anak akan mengenali konsep matematika yang menyenangkan. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan gambaran detail serta mendalam terkait penerapan bermain matematika yang terintegrasi dengan program Save Maninjau di TK Islam Rasuna Said. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif menggunakan metode deskiptif dengan pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data dianalisis dengan tiga tahap yaitu reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Kemudian teknik pengabsahan data menggunakan uji credibility, uji transferability, uji dependability, dan uji confirmability. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa landasan penerapan bermain matematika di TK Islam Rasuna Said meliputi Kurikulum Nasional berupa Kurikulum 2013 yang terintegrasi dengan program Save Maninjau yang digagas oleh pemerintah daerah Kabupaten Agam. Penerapan bermain matematika yang terintegrasi program save Maninjau terlihat dari perancangan program semester berupa tema dan subtema yang fokus pada program Save Maninjau kemudian diturunkan menjadi Program mingguan dan program harian.
Downloads
References
Amalina, A. (2020). Pembelajaran Matematika Anak Usia Dini di Masa Pandemi COVID-19 Tahun 2020. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 538. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.592
Aziza, A., Pratiwi, H., & Ageng Pramesty Koernarso, D. (2020). Pengaruh Metode Montessori dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Anak Usia Dini di Banjarmasin. Al-Athfal : Jurnal Pendidikan Anak, 6(1), 15–26. https://doi.org/10.14421/al-athfal.2020.61-02
Dodge, Diane Trister, Colker, Laura J, & Heroman, Cat. 2002. Creative Curriculum for Preschool Fourth Edition. Washington DC: Teaching Strategies.
Eliza, Delfi. 2013. Penerapan Model Pembelajaran Kontekstual Learning (CTL) Berbasis Centra di Taman Kanak-kanak. Jurnal Pedagogi Vol XIII No. 2 November 2013
Ifada, N. (2016). Matematika Dalam Program Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Pendidikan Anak Bunayya, 2(1), 1–20. https://www.academia.edu/download/50451863/Matematika_di_PAUD.pdf
Ilmiyah, N., Handayani, N., & Pramesti, S. L. D. (2021). Studi Praktik Pendekatan Etnomatematika Dalam Pembelajaran Matematika Kurikulum 2013. In SANTIKA: Seminar Nasional Tadris Matematika (Vol. 1, pp. 177–200). https://proceeding.iainpekalongan.ac.id/index.php/santika/article/view/258
Karwati, E. (2016). Pengembangan Pembelajaran Dengan Menekankan Budaya Lokal Pada
Pendidikan Anak Usia Dini. EduHumaniora | Jurnal Pendidikan Dasar Kampus
Cibiru, 6(1), 53-60. https://doi.org/10.17509/eh.v6i1.2861
Kustandi, Cecep dan Bambang Sutjipto. 2011. Media Pembelajaran; Manual dan Digital. Bogor: Ghalia Indonesia
Latif, Mukhtar, dkk. 2014. Orientasi Baru Pendidikan Anak Usia Dini: Teori dan Aplikasi. Jakarta: Kencana
Lestari, D. (2020). Eksplorasi Etnomatematika Pada Alat Permainan Tradisional dan Kontribusinya bagi Pendidikan di SD. Repository STKIP PGRI Pacitan. https://repository.stkippacitan.ac.id/id/eprint/163
Moeslichatoen. 2004. Metode Pengajaran di Taman Kanak-kanak. Jakarta: Rineka Cipta
Morrison, George S. 2012. Dasar-dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Indeks
Dhitia Octaviani, Usman, D. Y. (2014). Peran Guru Dalam Pengenalan Sains Pada Anak.
Özdoǧan, E. (2011). Play, mathematic and mathematical play in early childhood education. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 15, 3118–3120. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2011.04.256
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 137 tahun 2014 tentang Standar Nasional PAUD
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 146 tahun 2014 tentang Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini
Samiudin, 2016, Peran Metode untuk Mencapai Tujuan Pembelajaran. Jurnal Studi Islam, Vol 11, No 2
Smith, Susan Sperry. 2009. Early Childhood Mathematics. United States of America: Pearson
Wulansari, B. Y. (2017). Pelestarian Seni Budaya Dan Permainan Tradisional Melalui Tema
Kearifan Lokal Dalam Kurikulum Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal INDRIA (Jurnal
Ilmiah Pendidikan Prasekolah Dan Sekolah Awal), 2(1), 1-11.
https://doi.org/10.24269/jin.v2n1.2017.pp1-11
Yaswinda, Yulsyofriend & Heni Melia Sari. 2021. Analisis Pengembangan Kognitif dan Emosional Anak Kelompok Bermain Berbasis Kawasan Pesisir Pantai. Jurnal Obsesi Vol 5 Issue 2, hal 996-1008. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.711