Penerapan Bermain Matematika Terintegrasi Program Save Maninjau di TK Islam Rasuna Said

Authors

  • Gita Ollyvia Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Padang, Indonesia
  • Yaswinda Yaswinda Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Padang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/obsesi.v8i4.4190

Keywords:

Bermain Matematika, Anak Usia Dini, Program Save Maninjau

Abstract

Matematika dikenalkan melalui kegiatan bermain sehingga anak akan mengenali konsep matematika yang menyenangkan. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan gambaran detail serta mendalam terkait penerapan bermain matematika yang terintegrasi dengan program Save Maninjau di TK Islam Rasuna Said. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif menggunakan metode deskiptif dengan pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data dianalisis dengan tiga tahap yaitu reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Kemudian teknik pengabsahan data menggunakan uji credibility, uji transferability, uji dependability, dan uji confirmability. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa landasan penerapan bermain matematika di TK Islam Rasuna Said meliputi Kurikulum Nasional berupa Kurikulum 2013 yang terintegrasi dengan program Save Maninjau yang digagas oleh pemerintah daerah Kabupaten Agam. Penerapan bermain matematika yang terintegrasi program save Maninjau terlihat dari perancangan program semester berupa tema dan subtema yang fokus pada program Save Maninjau kemudian diturunkan menjadi Program mingguan dan program harian.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amalina, A. (2020). Pembelajaran Matematika Anak Usia Dini di Masa Pandemi COVID-19 Tahun 2020. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 538. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.592

Aziza, A., Pratiwi, H., & Ageng Pramesty Koernarso, D. (2020). Pengaruh Metode Montessori dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Anak Usia Dini di Banjarmasin. Al-Athfal : Jurnal Pendidikan Anak, 6(1), 15–26. https://doi.org/10.14421/al-athfal.2020.61-02

Dodge, Diane Trister, Colker, Laura J, & Heroman, Cat. 2002. Creative Curriculum for Preschool Fourth Edition. Washington DC: Teaching Strategies.

Eliza, Delfi. 2013. Penerapan Model Pembelajaran Kontekstual Learning (CTL) Berbasis Centra di Taman Kanak-kanak. Jurnal Pedagogi Vol XIII No. 2 November 2013

Ifada, N. (2016). Matematika Dalam Program Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Pendidikan Anak Bunayya, 2(1), 1–20. https://www.academia.edu/download/50451863/Matematika_di_PAUD.pdf

Ilmiyah, N., Handayani, N., & Pramesti, S. L. D. (2021). Studi Praktik Pendekatan Etnomatematika Dalam Pembelajaran Matematika Kurikulum 2013. In SANTIKA: Seminar Nasional Tadris Matematika (Vol. 1, pp. 177–200). https://proceeding.iainpekalongan.ac.id/index.php/santika/article/view/258

Karwati, E. (2016). Pengembangan Pembelajaran Dengan Menekankan Budaya Lokal Pada
Pendidikan Anak Usia Dini. EduHumaniora | Jurnal Pendidikan Dasar Kampus
Cibiru, 6(1), 53-60. https://doi.org/10.17509/eh.v6i1.2861

Kustandi, Cecep dan Bambang Sutjipto. 2011. Media Pembelajaran; Manual dan Digital. Bogor: Ghalia Indonesia

Latif, Mukhtar, dkk. 2014. Orientasi Baru Pendidikan Anak Usia Dini: Teori dan Aplikasi. Jakarta: Kencana

Lestari, D. (2020). Eksplorasi Etnomatematika Pada Alat Permainan Tradisional dan Kontribusinya bagi Pendidikan di SD. Repository STKIP PGRI Pacitan. https://repository.stkippacitan.ac.id/id/eprint/163

Moeslichatoen. 2004. Metode Pengajaran di Taman Kanak-kanak. Jakarta: Rineka Cipta

Morrison, George S. 2012. Dasar-dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Indeks

Dhitia Octaviani, Usman, D. Y. (2014). Peran Guru Dalam Pengenalan Sains Pada Anak.

Özdoǧan, E. (2011). Play, mathematic and mathematical play in early childhood education. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 15, 3118–3120. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2011.04.256

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 137 tahun 2014 tentang Standar Nasional PAUD

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 146 tahun 2014 tentang Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini

Samiudin, 2016, Peran Metode untuk Mencapai Tujuan Pembelajaran. Jurnal Studi Islam, Vol 11, No 2

Smith, Susan Sperry. 2009. Early Childhood Mathematics. United States of America: Pearson

Wulansari, B. Y. (2017). Pelestarian Seni Budaya Dan Permainan Tradisional Melalui Tema
Kearifan Lokal Dalam Kurikulum Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal INDRIA (Jurnal
Ilmiah Pendidikan Prasekolah Dan Sekolah Awal), 2(1), 1-11.
https://doi.org/10.24269/jin.v2n1.2017.pp1-11

Yaswinda, Yulsyofriend & Heni Melia Sari. 2021. Analisis Pengembangan Kognitif dan Emosional Anak Kelompok Bermain Berbasis Kawasan Pesisir Pantai. Jurnal Obsesi Vol 5 Issue 2, hal 996-1008. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.711

Downloads

Published

17-09-2024

How to Cite

Ollyvia, G., & Yaswinda, Y. (2024). Penerapan Bermain Matematika Terintegrasi Program Save Maninjau di TK Islam Rasuna Said. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 8(4), 860–868. https://doi.org/10.31004/obsesi.v8i4.4190

Issue

Section

Articles