Pengaruh Media Pembelajaran dan Motivasi Diri terhadap Keterlibatan Orang Tua dalam Pendidikan Anak

Author


Dina Kartika Putri(1Mail), Myrnawati Handayani(2), Zarina Akbar(3),
Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Jakarta, Indonesia(1)
Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Jakarta, Indonesia(2)
Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Jakarta, Indonesia(3)

Mail Corresponding Author

 PDF Full Text   [File Size: 448KB]

Published : 2020-01-20

Article can trace at:


Article Metrics

Abstract Views: 12881 times PDF Downloaded: 7304 times

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh penggunaan media pembelajaran (audio visual dengan media pembelajaran visual) dan motivasi diri terhadap keterlibatan orang tua dalam pendidikan anak di TK Kabupaten Mojokerto. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen dengan desain faktorial 2 X 2, sampel berjumlah 56 diambil secara random dari populasi yang terbagi dalam empat kelompok, setiap kelompok terdiri dari 14 orang tua peserta didik. Instrumen yang digunakan berupa: angket motivasi diri orang tua siswa, dan kuesioner keterlibatan orang tua dalam pendidikan anak. Data penelitian dianalisis dengan analisis varians (ANAVA) dua jalur dan dilakukan uji lanjut karena terdapat interaksi antar faktor. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa keterlibatan orang tua pada pendidikan anak di TK dapat ditingkatkan yang melalui pembelajaran orang tua menggunakan media audio visual bagi orang tua memiliki motivasi diri tinggi, dan sebaliknya keterlibatan orang tua pada pendidikan siswa di TK dapat ditingkatkan yang melalui pembelajaran orang tua menggunakan media visual bagi orang tua memiliki motivasi diri rendah. Keberbaruan penelitian ini menunjukkan pentingnya keterlibatan orang tua dalam proses penyelenggaraan pendidikan.


Keywords


media pembelajaran; keterlibatan orang tua; dan motivasi diri.

References


Ari Pratiwi, I. (2013). Pengaruh Penggunaan Ice Breaker Terhadap Motivasi Belajar Anak Kelompok B Di Tk Laboratorium Pg-Paud Fip Unesa. PAUD Teratai, 2(3), 1–7.

Azhari, A. (2015). Peran Media Pendidikan Dalam Meningkatkan Kemampuan Bahasa Arab Siswa Madrasah. Jurnal Ilmiah Didaktika, 16(1), 43. https://doi.org/10.22373/jid.v16i1.586

Diadha, R. (2015). Keterlibatan Orang Tua Dalam Pendidikan Anak Usia Dini Di Taman Kanak-Kanak. Edusentris, 2(1), 61. https://doi.org/10.17509/edusentris.v2i1.161

Hornby, G., & Lafaele, R. (2011). Barriers to parental involvement in education: An explanatory model. Educational Review, 63(1), 37–52. https://doi.org/10.1080/00131911.2010.488049

Irma, C. N., Nisa, K., & Sururiyah, S. K. (2019). Keterlibatan Orang Tua dalam Pendidikan Anak Usia Dini di TK Masyithoh 1 Purworejo. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 214. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.152

Kustiawan, U. (2018). Children ’ S Songs Creation Technique Development.

Latunde, Y. (2017). The Role of Skills-Based Interventions and Settings on the Engagement of Diverse Families. School Community Journal, 27(2), 251–273.

Mariyana, R., Setiasih, O., & Indonesia, U. P. (n.d.). Meningkatkan Potensi Kecerdasan Jamak Anak. 241–249.

Muhson, A. (2010). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 8(2). https://doi.org/10.21831/jpai.v8i2.949

N, N. A. F. (2015). Hubungan antara Keyakinan Motivasional Orang Tua dengan Keterlibatan Orang Tua d alam Pendidikan Anak Usia Dini di Taman Kanak-Kanak PKK Kalijudan Surabaya Ayu Suci Wulandari. 25–31.

Pakter, A., & Chen, L.-L. (2013). The Daily Text: Increasing Parental Involvement in Education with Mobile Text Messaging. Journal of Educational Technology Systems, 41(4), 353–367. https://doi.org/10.2190/et.41.4.f

Rahayu, W. (2011). Analisis Intensitas Pendidikan Oleh Orang Tua Dalam Kegiatan Belajar Anak, Status Sosial Ekonomi Orang Tua Terhadap Motivasi Belajar Dan Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Universitas Negeri Malang, 18(1), 65–71.

Rahman, B. (2014). Kemitraan Orang Tua Dengan Sekolah Dan. Jurnal Pendidikan Progresif, 4(2), 129–138.

Retnaningtya, M. S., & Paramitha, P. P. (2015). Keterlibatan orang tua dalam pendidikan anak di tk anak ceria. Jurnal Psikologi Pendidikan Dan Perkembangan, 4(1), 9–17.

Siregar, N. S. S. (2013). Jurnal Ilmu Pemerintahan dan Sosial Politik UMA Persepsi Orang Tua terhadap Pentingnya Pendidikan bagi Anak. Jurnal Ilmu Pemerintahan Dan Sosial Politik, 1(1), 11–27.

Wulandari, Y., & Kristiawan, M. (2017). Strategi Sekolah Dalam Penguatan Pendidikan Karakter Bagi Siswa Dengan Memaksimalkan Peran Orang Tua. JMKSP (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, Dan Supervisi Pendidikan), 2(2), 290–302.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.