Penerapan Kegiatan Meronce dalam Mengembangkan Kemampuan Motorik Halus di Lembaga PAUD

Author


Anisa Oktafiani(1Mail), Rakimahwati Rakimahwati(2),
Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Padang, Indonesia(1)
Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Padang,

Mail Corresponding Author
Article Analytic
  Download PDF   [File Size: 251KB]  Language: id
Published : 2023-04-26
Copyright (c) 2023 Anisa Oktafiani

Article can trace at:


Article Metrics

Abstract Views: 683 times PDF Downloaded: 208 times

Abstract


Motorik halus yaitu suatu kegiatan yang terkoordinasi antara susunan saraf, otot, otak, spinal cord. Motorik halus sangat berperan penting bagi kelangsungan hidup di masa mendatang. Pengembangan motorik yang optimal di usia dini dapat menunjang kehidupan selanjutnya. Untuk mengembangkan motorik halus diperlukan beberapa cara diantaranya dengan meronce. Kegiatan meronce merupakan salah satu pembelajaran yang disukai anak. Dalam melaksanakan kegiatan meronce, harus memiliki wawasan tentang aspek tujuan dan fungsi, prinsip penyusunan dan penataan, aspek bahan, aspek teknik, aspek penyelesaian. Tujuan dari penelitian ini untuk memaparkan pengaruh keterkaitan perkembangan motorik halus anak dengan kegiatan meronce. Peneliti menggunakan studi literature. Peneliti mengumpulkan data dengan menelaah beberapa artikel dari peneliti sebelumnya yang relevan dengan masalah penelitian. Berdasarkan penelitian terdahulu disimpulkan bahwa perkembangan motorik halus mengalami peningkatan dengan kegiatan meronce


Keywords


kegiatan meronce; motorik halus; anak usia dini

References


Ariska Tjaya Y.A Tjaya, G. Y., Wondal, R., & Haryati, H. (2020). Peranan Kegiatan Meronce Dengan Bahan Bekas Dalam Meningkatkan Motorik Halus Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Ilmiah Cahaya Paud, 2(1), 59–71. https://doi.org/10.33387/cp.v2i1.1984

Ayu. (2019). Melalui Kegiatan Meronce Bentuk dan Warna dapat Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak pada Kelompok B TK Harapan Kelayu. Jurnal Edukasi Dan Sains, 1(1), 118–133. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/edisi/article/view/329

Bakken, L., Brown, N., & Downing, B. (2017). Early Childhood Education: The Long-Term Benefits. Journal of Research in Childhood Education, 31(2), 255–269. https://doi.org/10.1080/02568543.2016.1273285

Darmastuti, T. (2012). Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak Dalam Kegiatan Meronce Dengan Manik – Manik Melalui Metode Demonstrasi Pada Anak Kelompok a Di Tk Khadijah 2 Surabaya. PAUD Teratai: Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 7. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/paud-teratai/article/view/644

Diyenti, A. K., & Rakimahwati, R. (2019). The Influence of Traditional Games and Gender on Childrenâ€TM s Motoric Physical Development. Journal of Nonformal Education, 5(2), 154–160. https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/jne/article/view/20204

Hasbin, H., Taib, B., & Arfa, U. (2021). Analisis Kegiatan Meronce Menggunakan Tutup Botol Bekas Terhadap Keterampilan Motorik Halus Anak Usia Dini 5-6 Tahun. Jurnal Ilmiah Cahaya PAUD, 3(1), 77–89. https://doi.org/10.33387/cp.v3i1.2168

Hera, A. J., & Latief, F. (2020). Peningkatan Kemampuan Motorik Halus Melalui Kegiatan Meronce Pada Anak Kelompok B Tk Islam Nurussalam Kabupaten Maros. TEMATIK: Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Pendidikan Anak Usia Dini, 6(2), 99. https://doi.org/10.26858/tematik.v6i2.16163

Isnawati, & Harahap, M. S. (2022). Melatih Motorik Halus Anak Melalui Kegiatan Meronce Studi Kasus Lembaga Pendidikan Islam di Aceh Tengah. Jurnal Pendidikan Guru Ibdtidaiyah, III(2), 164–183.

Jannah, W. (2019). Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak Melalui Kegiatan Meronce Bentuk Dan Warna Pada Kelompok B Tk Pertiwi Selong. Bintang : Jurnal Pendidikan Dan Sains, 1(3), 232–254. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/bintang/article/view/446

Khayyirah, G. K., Sumardi, S., Elan, E., & Gandana, G. (2020). Peningkatan Kemampuan Motorik Halus Anak Usia Dini Melalui Kegiatan Meronce Menggunakan Manik-Manik Pada Kelompok B2 Di Tk Al- Hamid Kecamatan Kawalu Kota Tasikmalaya. Jurnal Paud Agapedia, 2(2), 150–162. https://doi.org/10.17509/jpa.v2i2.24541

Kuswanto, C. W., Marsya, D., Jatmiko, A., & Pratiwi, D. D. (2021). Kegiatan meronce untuk perkembangan motorik halus anak usia 5-6 tahun. JIV-Jurnal Ilmiah Visi, 16(1), 57–68. https://doi.org/10.21009/jiv.1601.6

Linda, S., & Suryana, D. (2020). Pengaruh Stencil Print dalam Mengembangkan Kemampuan Motorik Halus Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(2), 1399–1407. https://www.jptam.org/index.php/jptam/article/view/605

Masniwati. (2019). Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak Melalui Permainan Kreatif Pada Kelompok B Tk Dharma Wanita Kotaraja Kecamatan Sikur. Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 1(1), 111–112.

Mukminin, M. A., & Dadan, S. (2019). Pengaruh Montase Terhadap Perkembangan Motorik Halus Anak Di Taman Kanak-Kanak Assyofa Kota Padang. Jurnal Pendidikan Tambusai, 3(6), 1619–1626. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/410

Nabila Fahira. (2021). Pengaruh Kolase terhadap Kemampuan Motorik Halus Anak. PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(02), 24–35. https://doi.org/10.31849/paud-lectura.v4i02.5851

Nofitri, D., Hartati, S., & Rakimahwati. (2019). Pengaruh kegiatan flying colours terhadap perkembangan motorik halus anak di taman kanak-kanak fadhilah amal 3 padang. Jurnal Pendidikan Tambusai, 3(20), 1605–1613.

Norani. (2023). Peningkatan kemampuan motorik anak dengan kegiatan meronce tk muslimat nu iii kec. Pangarengan kab. Sampang. KOLONI: Jurnal Multidisiplin Ilmu, 2(1), 6–16. https://koloni.or.id/index.php/koloni/article/view/367

Nuraya, N., Nurhasanah, N., Suarta, I. N., & Astawa, I. M. S. (2022). Pengembangan Kegiatan Meronce Untuk Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak Usia 4-5 Tahun di PAUD Mekar Sari Kota Mataram. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(4b), 2630 – 2638. https://doi.org/10.29303/jipp.v7i4b.1052

Pamadhi, H. (2008). Seni keterampilan Anak. Universitas Terbuka.

Rakimahwati, R., & Roza, D. (2020). Developing of Interactive Game Based on Role Play Game to Improve the Reading Abilities. Journal of Nonformal Education, 6(2), 193–201. https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/jne/article/view/25574

Sari, I., & Rakimahwati, R. (2019). Peningkatan kemampuan motorik halus melalui bermain playdough di taman kanak-kanak qur’aniah air runding pasaman barat. JRTI (Jurnal Riset Tindakan Indonesia), 4(1), 37. https://doi.org/10.29210/3003279000

Subaesah. (2019). Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak Melalui Kegiatan Meronce Bentuk dan Warna pada Kelompok B TK Dharma Wanita Belanting. PENSA: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 1(1), 21–37.

Sumirah, S. (2020). Upaya Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak Melalui Media Plastisin 3 Dimensi pada Kelompok B TK Dharma Wanita 1 Mojotengah Kecamatan Kedu Kabupaten Temanggung Semester I Tahun Pelajaran 2017/2018. Media Penelitian Pendidikan : Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pendidikan Dan Pengajaran, 14(2), 197–208. https://doi.org/10.26877/mpp.v14i2.7701

Umah, K. K., & Rakimahwati, R. (2021). Perkembangan Kreativitas Anak Melalui Permainan Pasir Ajaib di Taman Kanak-kanak. Aulad: Journal on Early Childhood, 4(1), 28–36. https://doi.org/10.31004/aulad.v4i1.86

Utami, F. P., Yeni, I., & Rakimahwati, R. (2020). Efektivitas Penggunaan Jari Tangan dalam Mengembangkan Motorik Halus Anak di Taman Kanak-kanak Bhayangkari 1 Padang. Journal on Teacher Education, 1(1), 45–56. https://doi.org/10.31004/jote.v1i1.504

Venetsanou, F., & Kambas, A. (2010). Environmental Factors Affecting Preschoolers’ Motor Development. Early Childhood Education Journal, 37(4), 319–327.

Wulandari, N. made A., & Pudjawan, I. K. (2019a). Penerapan metode demonstrasi melalui kegiatan meronce untuk meningkatkan perkembangan motorik halus. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 2(3). https://doi.org/10.23887/jippg.v2i3.15716

Wulandari, N. made A., & Pudjawan, I. K. (2019b). Penerapan metode demonstrasi melalui kegiatan meronce untuk meningkatkan perkembangan motorik halus. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 2(3), 290–297. https://doi.org/10.23887/jippg.v2i3.15716

Wulandari, N. made A., & Pudjawan, I. K. (2019c). Penerapan metode demonstrasi melalui kegiatan meronce untuk meningkatkan perkembangan motorik halus pada anak kelompok b1 tk kartika vii-3 singaraja. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 2(3), 214–221. https://doi.org/10.23887/jippg.v2i3.15716

Yuriastien, E. (2013). Games Therapy untuk Kecerdasan Bayi & Balita. PT Wahyu Media.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.