- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Upaya Meningkatkan Kapasitas Atensi Anak Usia Dini untuk Siap Sekolah dengan Teknik Shaping
DOI:
https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i2.4157Keywords:
atensi anak usia dini, teknik shaping, kesiapan sekolahAbstract
Salah satu dampak PJJ pada anak usia dini adalah anak cenderung menampilkan perilaku dengan masalah inatensi. Sementara itu, kemampuan mempertahankan atensi adalah hal penting dalam kesiapan sekolah. Penelitian sebelumnya banyak membahas upaya meningkatkan atensi anak berkebutuhan khusus, tetapi jarang membahas upaya meningkatkan atensi anak usia dini untuk siap sekolah. Dengan demikian, tujuan dari penelitian ini adalah membuktikan efektivitas teknik shaping dengan modifikasi perilaku sebagai upaya meningkatkan kapasitas atensi anak usia dini untuk siap sekolah. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif eksperimental dengan subjek tunggal yang menggunakan desain penelitian A-B-A’. Subjek penelitian ini adalah X, seorang anak laki-laki yang berusia 6 tahun 4 bulan, sedang menempuh pendidikan jenjang TK-B, dan memiliki masalah inatensi. Data dikumpulkan dengan metode pencatatan durasi dan frekuensi. Analisis data menggunakan analisis visual yang ditampilkan dengan grafik.  Hasilnya terdapat peningkatan rata-rata durasi perilaku on-task dan penurunan frekuensi perilaku off-task. Manfaat penelitian ini dapat diterapkan oleh guru dan orang tua untuk memberikan intervensi pada anak usia dini dengan kecenderungan perilaku dengan masalah inatensi agar siap sekolah
Downloads
References
Anjani, S., & Tjakrawiralaksana, M. A. (2019). Penerapan teknik shaping untuk meningkatkan durasi on-task behavior pada anak dengan masalah atensi. Jurnal Ilmiah Psikologi Terapan, 7(2), 184–198. https://doi.org/10.22219/jipt.v7i2.9051
Asih, M. K., & Utami, R. R. (2018). Kesiapan Sekolah, Kematangan Sosial, dan Prestasi Belajar pada Peserta Didik Kelas 1 Sekolah Dasar di bawah Usia 7 Tahun. Philanthrophy Journal of Psychology, 2(2), 145–158. https://doi.org/10.26623/philanthropy.v2i2.1153
Beserra, V., Nussbaum, M., & Oteo, M. (2017). On-task and off-task behavior in the classroom: A study on mathematics learning with educational video games. Journal of Educational Computing Research, 56(8), 1361–1383. https://doi.org/10.1177/0735633117744346
Chairunnisa, R. S., & Kemala, C. N. (2020). Penerapan teknik shaping untuk meningkatkan durasi perilaku on-task anak dengan masalah atensi. Jurnal Psikologi Insight, 4(1), 15–31. https://doi.org/10.17509/insight.v4i1.24636
DeGangi, G. A. (2017). Problems of self-regulation in children: A longitudinal case study of a child from infancy to adulthood. Journal of Psychology and Clinical Psychiatry, 7(2). https://doi.org/10.15406/jpcpy.2017.07.00428
Denham, S. A., Bassett, Zinsser, K., & Wyatt, T. M. (2014). How Preschoolers’ Social–Emotional Learning Predicts Their Early School Success: Developing Theory-Promoting, Competency-Based Assessments. Infant and Child Development, 23, 426–454. https://doi.org/10.1002/icd.1840
Efastri, S. M., & Suharni. (2020). Peran Orangtua terhadap Kesiapan Sekolah Taman Kanak-Kanak pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 559–565. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.454
Fayez, M., Ahmad, J. F., & Oliemat, E. (2016). Jordanian Kindergarten And 1st-Grade Teachers’ Beliefs About Child-Based Dimensions of School Readiness. Journal of Research in Childhood Education, 30(3), 293–305. https://doi.org/10.1080/02568543.2016.1178195
Hatiningsih, N. (2013). Play Therapy Untuk Meningkatkan Konsentrasi Pada Anak Attention Deficit Hyperactive Disorder (ADHD). Jurnal Ilmiah Psikologi Terapan (JIPT), 1(2), 324–342. https://doi.org/10.22219/procedia.v1i1.1374
High, P. (2008). School Readiness. Pediatrics, 121(4), 1008–1015. https://doi.org/10.1542/peds.2008-0079
Husna, M., & Sugito. (2022). Eksplorasi Penerapan Pembelajaran Tatap Muka Terbatas pada Jenjang PAUD di Masa Kebiasaan Baru. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3), 1846–1858. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i3.1814
Imai-Matsumara, K., & Schultz, D. (2021). Development of the START Program for Academic Readiness and Its Impact on Behavioral Self‑regulation in Japanese Kindergarteners. Early Childhood Education Journal. ttps://doi.org/10.1007/s10643-021-01213-1
Kemendikbud RI. (2021). Dampak Negatif Satu Tahun PJJ, Dorongan Pembelajaran Tatap Muka Menguat. Kemendikbud RI. https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2021/04/dampak-negatif-satu-tahun-pjj-dorongan-pembelajaran-tatap-muka-menguat pada Januari 2023.
Manurung, M. P., & Simatupang, D. (2019). Meningkatkan Konsentrasi Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Penggunaan Metode Bercerita di TK ST Theresia Binjai. Jurnal Usia Dini, 5(1), 58–75. https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/jud/article/view/16189
Martin, G., & Pear, J. (2015). Behavior Modification, What It Is And How To Do It. Pearson. Pearson.
Mash, E. J., & Wolfe, D. A. (2016). Abnormal Child Psychology (6th Editio). Cengage Learning.
Miltenberger, R. G. (2016). Behavior Modification (6th Editio). Wadsworth Cengage Learning.
Murti, H. A. S. (2018). Fungsi Eksekutif dan Bahasa: Tinjauan Meta-analisis. Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Psikologi, 23(2), 137–150. https://doi.org/10.20885/psikologika.vol23.iss2.art5
Pan, et. al. (2019). School Readiness Profiles and Growth in Academic Achievement. Frontiers in Education, 4(127). https://doi.org/10.3389/feduc.2019.00127
Prahmana, R. C. I. (2021). Single Subject Research Teori dan Implementasinya: Suatu Pengantar. Kampus Universitas Ahmad Dahlan. http://eprints.uad.ac.id/24309/1/Buku%20Referensi%20-%20Single%20Subject%20Research.pdf
Pratiwi, W. (2018). Kesiapan Anak Usia Dini Memasuki Usia Sekolah Dasar. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 6(1), 1–13. https://journal.iaingorontalo.ac.id/index.php/tjmpi/article/view/502
Schunk, D. H., & Zimmerman, B. J. (2007). Influencing Children’s Self-Efficacy And Self-Regulation Of Reading And Writing Through Modeling. Reading & Writing Quarterly, 23(1), 7–25. https://doi.org/10.1080/10573560600837578
Shafiei, D. (2019). Exploring the effect of the ‘Growing Together’ parenting education kit on early parenting - study protocol for a cluster randomised controlled trial. BMC Psychology, 7. https://doi.org/10.1186/s40359-019-0314-z
Siregar, J. R. (2018). Teori, Penelitian, dan Praktik Attention-Deficit Hyperactivity Disorder pada Anak. P.T. Alumni.
Ulfah, D. M., & Daengsari, D. P. (2019). Efektivitas program modifikasi perilaku dengan teknik shaping untuk meningkatkan durasi perilaku on-task pada tugas akademik. Jurnal Psikogenesis, 7(1), 54–66. https://academicjournal.yarsi.ac.id/index.php/Jurnal-Online-Psikogenesis/article/view/877
Wardani, A., & Ayriza, Y. (2021). Analisis Kendala Orang Tua dalam Mendampingi Anak Belajar di Rumah Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 772–782. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.705.
Widihapsari, I. A. G. ., & Yoenanto, N. H. (2021). Aplikasi teknik shaping dan token ekonomi untuk meningkatkan durasi perilaku on-task pada anak dengan ADHD. Jurnal Psikologi Teori Dan Terapan, 12(1), 64-80. https://journal.unesa.ac.id/index.php/jptt/article/view/13506
Widodo, S. A., & Dkk. (2021). Single Subject Research: Alternatif Penelitian Pendidikan Matematika di Masa New Normal. Journal of Instructional Mathematics, 2(2), 78-89. https://jurnal.stkipkusumanegara.ac.id/index.php/jim/article/view/1040
Zulfitria, Z., Rahmatunnisa, S., & Khanza, M. (2021). Penggunaan Metode Bercerita Dalam Pengembangan Kemampuan Kognitif Pada Anak Usia Dini. Yaa Bunayya Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5.(1), 53–60. https://jurnal.umj.ac.id/index.php/YaaBunayya/article/view/9300