
Author
Muniroh Munawar(1

Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas PGRI Semarang, Indonesia(1)
Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Universitas PGRI Semarang, Indonesia(2)
Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas PGRI Semarang, Indonesia(3)
Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas PGRI Semarang, Indonesia(4)

Published : 2023-03-30
Article can trace at:







Article Metrics
Abstract Views: 1053 times
PDF Downloaded: 937 times
Abstract
Tingkat literasi bangsa Indonesia sangat rendah sehingga harus segera diatasi agar tidak semakin tertinggal dengan negara lain. Salah satu cara untuk mengatasinya adalah dengan mengajarkan literasi digital melalui permainan coding di kelas PAUD. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis evaluasi terhadap konteks, input, proses dan produk dalam program pendidikan literasi digital di PAUD melalui permainan coding Robokids STEAM. Tahapan evaluasi program yang dilakukan yaitu persiapan, pelaksanaan dan monitoring. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan pendekatan evaluasi. Dalam pengumpulan data, peneliti mengunjungi langsung lokasi penelitian yaitu 15 sekolah TK untuk melakukan pengamatan langsung terhadap anak-anak saat bermain Robokids STEAM di kelas, wawancara kepada guru terkait dengan objek penelitian dan mendokumentasikan pelaksanaan kegiatan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam evaluasi program pendidikan literasi digital di PAUD melalui permainan coding Robokids STEAM memerlukan dasar kebijakan baik tingkat makro maupun meso, pelatihan untuk seluruh warga sekolah, dan bahan bacaan serta alat peraga atau permainan berbasis digital di kelas. Penelitian ini juga berkontribusi memperkenalkan Robokids STEAM sebagai permainan robotika untuk pembelajaran coding dan literasi digital di kelas anak usia dini
Keywords
References
Afnida, M., & Suparno, S. (2020). Literasi dalam pendidikan anak usia dini: persepsi dan praktik guru di prasekolah Aceh. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 971–981. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.480
Ambiyar, & Dewi, M. (2019). Metodologi penelitian evaluasi program. Alfabeta.
Anggun Paud. (2019). Literasi digital bagi guru dan tenaga kependidikan Taman Kanak-kanak. https://anggunpaud.kemdikbud.go.id
Arikunto, S., & Jabar, C. S. A. (2018). Evaluasi program pendidikan: pedoman teoritis praktis bagi mahasiswa dan praktisi pendidikan. Bumi Aksara.
Arsa, D. (2019). Literasi awal pada anak usia dini suku anak dalam Dharmasraya. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 127–136. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.159
Bers, M. U. (2018). Coding as a literacy for the 21st century. https://www.edweek.org/education/opinion-coding-as-a-literacy-for-the-21st-century/2018/01
Bers, M. U. (2019). Coding as another language: A pedagogical approach for teaching computer science in early childhood. Journal of Computers in Education, 6(4), 499–528. https://doi.org/10.1007/s40692-019-00147-3
Bers, M. U., González-González, C., & Armas–Torres, M. B. (2019). Coding as a playground: promoting positive learning experiences in childhood classrooms. 138, 130–145. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2019.04.013
Bers, M. U., Kazakoff, & R., E. (2012). Developmental Technologies. Technology and Human Development, 6. https://doi.org/10.1002/9781118133880.hop206026
Chen, H. T. (2015). Practical program evaluation: Theory-dirven evaluation and the integrated evaluation perspective (2nd ed.). SAGE.
Dewi, I., & Suryana, D. (2020). Analisis evaluasi kinerja pendidik Paud di PAUD Al Azhar Bukittinggi. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 1051–1059. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.465
Trimuliana, I. (2023). Pengenalan literasi digital pada anak usia dini. Paudpedia. Direktorat PAUD. https://paudpedia.kemdikbud.go.id/galeri-ceria/ruang-artikel/pengenalan-literasi-digital-pada-anak-usia-dini?ref=NzI5LTRlZDgzNGM4&ix=NDctNGJkMWM0YjQ=
Direktorat PAUD. (2020). Modul I Konsep pembelajaran coding serta peran PTK, orang tua, mitra dan komunitas dalam penerapan pembelajaran coding di satuan PAUD. https://repositori.kemdikbud.go.id/22505/1/Modul1_Coding.pdf
Dooley, C. M. M., Lewis Ellison, T., Welch, M. M., Allen, M., & Bauer, D. (2016). Digital Participatory Pedagogy: Digital Participation as a Method for Technology Integration in Curriculum. Journal of Digital Learning in Teacher Education. https://doi.org/10.1080/21532974.2016.1138912
Edwards, S. (2013). Digital play in the early years: A contextual response to the problem of integrating technologies and play-based pedagogies in the early childhood curriculum. European Early Childhood Education Research Journal. https://doi.org/10.1080/1350293X.2013.789190
Evita, D. (2017). Teknologi masyarakat Indonesia: malas baca tapi cerewet di medsos. https://www.kominfo.go.id/content/detail/10862/teknologi-masyarakat-indonesia-malas-baca-tapi-cerewet-di-medsos/0/sorotan_media
Forsling, K. (2023). Collegial learning and digital literacy education in a Swedish preschool. Early Childhood Education Journal, 51, 139–148. https://doi.org/10.1007/s10643-021-01289-9
Gonzales-Dehas, A. R., Willems, P. P., Powers, J. R., & Mussgrove, A. T. (2022). Parental involvement in supporting students’ digital learning. Educational Psychologist, 57(4), 281–294. https://doi.org/10.1080/00461520.2022.2129647
Green, B. (1988). Subject-specific literacy and school learning: a focus on writing. Australian Journal of Education, 32(2), 156–179. https://doi.org/10.1177/000494418803200203
Harahap, M., & Eliza, D. (2022). E-modul pembelajaran coding berbasis pengenalan budaya Indonesia untuk meningkatkan computational thinking. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 3063–3077. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.2314
Hutchison, A., Nadolny, L., & Estapa, A. (2016). Using coding apps to support literacy instruction and develop coding literacy. The Reading Teacher, 69(5), 493–503. https://doi.org/10.1002/trtr.1440
Ibrahim, G. A., Ismadi, H. D., Zabdi, F., & Mayani, L. A. (2017). Peta jalan gerakan literasi nasional. Kemendikbud.
Jatmiko, A., Hadiati, E., & Oktavia, M. (2020). Penerapan evaluasi pembelajaran anak usia dini di Taman Kanak-Kanak. Al Athfaal: Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 83–97. https://doi.org/10.24042/ajipaud.v3i1.687
Kemdikbud. (2019). Literasi tak hanya bebas buta aksara. https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2019/02/literasi-tak-hanya-bebas-buta-aksara
Kemdikbud. (2020). Pedoman pelaksanaan bantuan pembelajaran coding bagi PAUD tahun 2020. https://paudpedia.kemdikbud.go.id/uploads/anggun/images/2020/FINAL_-_CODING_-_REVISI_BIRO_TTE.pdf
Kemendikbud. (2017). Materi Pendukung Literasi Digital: Gerakan Literasi Nasional. https://gln.kemdikbud.go.id/glnsite/wp-content/uploads/2017/10/cover-materi-pendukung-literasi-digital-gabung.pdf
Kurniawati, N., Maolida, E. H., & Anjaniputra, A. G. (2018). The praxis of digital literacy in the EFL classroom: Digital-immigrant vs digital-native teacher. Indonesian Journal of Applied Linguistics, 8(1), 28–37. https://doi.org/10.17509/ijal.v8i1.11459
Loewus, L. (2016). What is digital literacy? digital Literacy: an evolving definition. Education Week. https://www.edweek.org/teaching-learning/what-is-digital-literacy/ 2016/11
Manches, A., & Plowman, L. (2015). Computing education in children’s early years: A call for debate. British Journal of Educational Technology, 48(1). https://doi.org/10.1111/bjet.12355
Monteiro, A. F., Miranda-Pinto, M., & Osório, A. J. (2021). Coding as literacy in preschool: A case study. Education Sciences, 11(5), 198. https://doi.org/10.3390/educsci11050198
Munawar, M., Fakhruddin, F., Rodiyah, R., & Prihatin, T. (2021). Digital literacy curriculum management in kindergarten. Cypriot Journal of Educational Sciences, 16(5), 2115–2136. https://doi.org/10.18844/cjes.v16i5.6226
Novitasari, Y., & Fauziddin, M. (2022). Analisis literasi digital tenaga pendidik pada pendidikan anak usia dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 3570–3577. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.2333
Parker, L. (2018). Teacher competencies or certification competencies. Behavioral Disorders, 5(3), 163–168. https://doi.org/10.1177/019874298000500307
PAUD Jateng. (2019). Surat edaran No. 1839/C.C2/TU/2009 calistung PAUD + PSB. https://www.paud.id/surat-edaran-no-1839-cc2-tu-2009-calistung-tk
Paul, C. M., Spires, H., & Kerkhoff, S. (2017). Digital Llteracy for the 21st century. In Advanced Methodologies and Technologies in Library Science, Information Management, and Scholarly Inquiry (pp. 2235–2242). IGI Global. https://doi.org/: 10.4018/978-1-5225-7659-4.ch002
Pea, R. D., & Kurland, D. M. (1984). On the cognitive effects of learning computer programming. New Ideas in Psychology, 2(2), 137–168. https://doi.org/10.1016/0732-118X(84)90018-7
Prasetia, I., Gajah, N., Sekali, P. B. K., & Rahman, A. A. (2022). Influence of early childhood programs literacy movement on students’ interest and reading ability. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(6), 7173–7185. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i6.3594
Purnomosari, E., Jabar, C. S. A., & Muthmainah. (2022). Penerapan literasi pada anak usia 5-6 Tahun sebagai upaya persiapan masuk ke jenjang SD/MI. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 3381–3390. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.2348
Stufflebeam, D. L. (1987). Stufflebeam, D.L. In Evaluation models. Evaluation in education and human services (6th ed.). Springer. https://doi.org/https://doi.org/10.1007/978-94-009-6669-7_7
Stufflebeam, D. L., & Coryn, C. L. S. (2014). Evaluation, theory, models & applications (2nd ed.). Jossey Bass.
Su, J., Yang, W., & Li, H. (2022). A scoping review of studies on coding curriculum in early childhood: investigating its design, implementation, and evaluation. Journal of Research in Childhood Education. https://doi.org/10.1080/02568543.2022.2097349
Waterford.org. (2021). Coding for Kids: How Children Can Learn Digital Literacy Skills. https://www.waterford.org/resources/coding-for-kids
Widoyoko, E. P. (2013). Evaluasi program pembelajaran. Pustaka Pelajar.
Refbacks
- There are currently no refbacks.