- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Strategi Peningkatan Motorik untuk Menstimulus Motorik Anak Usia Dini melalui Pendekatan Aktivitas Luar Ruangan
DOI:
https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i4.4149Keywords:
aktivitas luar ruangan, stimulus motorik anak usia dini, kemampuan motorik anakAbstract
Perkembangan gerak pada anak usia dini sangat penting untuk memastikan kemampuan motorik yang baik. Penelitian dilakukan untuk mengetahui strategi aktivitas di luar ruangan terhadap perkembangan gerak anak usia dini dan bagaimana menyusun aktivitas yang tepat di luar ruangan untuk meningkatkan kemampuan motorik anak. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah aktivitas di luar ruangan dapat membantu meningkatkan kemampuan motorik anak usia dini, serta bagaimana cara menyusun aktivitas yang tepat di luar ruangan untuk membantu anak-anak mengembangkan kemampuan geraknya. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan korelasional dengan teknik pengambilan sampel yaitu teknik random sampling. Pengumpulan data berupa test dan dokumentasi. Teknik analisis data penelitian menggunakan analisis korelasi dan regresi. Hasil penelitian menyatakan bahwa program latihan yang tepat untuk menstimulus motorik anak usia dini adalah program yang mencakup aktivitas fisik seperti berjalan, lari, melompat, mendorong atau menarik, mengendalikan bola, memanjat tangga, merangkak, berdiri tanpa dukungan, mengambil benda dengan jari-jari, meningkatkan daya tahan fisik.
Downloads
References
Abdelkarim, O., Ammar, A., Chtourou, H., Wagner, M., Knisel, E., Hökelmann, A., & Bös, K. (2017). Relationship Between Motor And Cognitive Learning Abilities Among Primary School-Aged Children. Alexandria Journal Of Medicine, 53(4), 325–331. https://doi.org/10.1016/J.Ajme.2016.12.004
Anzani, R. W., & Insan, I. K. (2020). Perkembangan Sosial Emosi Pada Anak Usia Prasekolah. PANDAWA, 2(2), 180–193. https://doi.org/10.36088/Pandawa.V2i2.595
Arikunto, S. (2019). Prosedur Penelitian. Rineka Cipta.
Azizah, N., & Busyra, S. (2021). Strategi Orang Tua Dalam Perkembangan Aspek Sosial-Emosi Anak Usia Dini Di Masa Pandemi Covid-19. Atta’dib Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(2), 1–13. https://doi.org/10.30863/Attadib.V2i2.1466
Bell, J. M., Breiding, M. J., & Depadilla, L. (2017). CDC’s Efforts To Improve Traumatic Brain Injury Surveillance. Journal Of Safety Research, 62, 253–256. https://doi.Org/10.1016/J.Jsr.2017.04.002
Bento, G., & Dias, G. (2017). The Importance Of Outdoor Play For Young Children’s Healthy Development. Porto Biomedical Journal, 2(5), 157–160. https://doi.Org/10.1016/J.Pbj.2017.03.003
Darisman, E. K., Prasetiyo, R., & Bayu, W. I. (2021). Belajar Psikologi Olahraga Sebuah Teori Dan Aplikasi Dalam Olahraga. Jakad Media Publishing.
Desiningrum, D. R. (2017). Buku Ajar Psikologi Perkembangan Anak I. Fakultas Psikologi Undip.
Dini, J. P. A. U. (2021). Peningkatan Kemampuan Gerak Dasar Lokomotor Anak Melalui Modifikasi Seni Tradisional Burok. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1787–1798. https://doi.org/10.31004/Obsesi.V5i2.1005
Duan, Y., Wagner, P., Zhang, R., Wulff, H., & Brehm, W. (2018). Physical Activity Areas In Urban Parks And Their Use By The Elderly From Two Cities In China And Germany. Landscape And Urban Planning, 178, 261–269. https://doi.Org/10.1016/J.Landurbplan.2018.06.009
Fadlillah, M. (2019). Buku Ajar Bermain & Permainan Anak Usia Dini. Prenada Media.
Farida, A. (2016). Urgensi Perkembangan Motorik Kasar Pada Perkembangan Anak Usia Dini. Jurnal Raudhah, 4(2). http://dx.doi.Org/10.30829/Raudhah.V4i2.52
Fitriani, R., & Adawiyah, R. (2018). Perkembangan Fisik Motorik Anak Usia Dini. Jurnal Golden Age, 2(01), 25–34. https://doi.Org/10.54396/Saliha.V6i1.523
Gill, S. V, & Hung, Y.-C. (2014). Effects Of Overweight And Obese Body Mass On Motor Planning And Motor Skills During Obstacle Crossing In Children. Research In Developmental Disabilities, 35(1), 46–53. https://doi.Org/10.1016/J.Ridd.2013.10.024
Haywood, K. M., & Getchell, N. (2021). Life Span Motor Development. Human Kinetics.
Hulteen, R. M., Smith, J. J., Morgan, P. J., Barnett, L. M., Hallal, P. C., Colyvas, K., & Lubans, D. R. (2017). Global Participation In Sport And Leisure-Time Physical Activities: A Systematic Review And Meta-Analysis. Preventive Medicine, 95, 14–25. https://doi.Org/10.1016/J.Ypmed.2016.11.027
Juwantara, R. A. (2019). Analisis Teori Perkembangan Kognitif Piaget Pada Tahap Anak Usia Operasional Konkret 7-12 Tahun Dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 9(1), 27–34. https://doi.Org/10.18592/Aladzkapgmi.V9i1.3011
Maksum, A. (2012). Metodologi Penelitian Dalam Olahraga.
Marinda, L. (2020). Teori Perkembangan Kognitif Jean Piaget Dan Problematikanya Pada Anak Usia Sekolah Dasar. An-Nisa’: Jurnal Kajian Perempuan Dan Keislaman, 13(1), 116–152. https://doi.Org/10.35719/Annisa.V13i1.26
Mashar, M. F. (2021). Fungsi Psikologis Ruang Terbuka Hijau. Jurnal Syntax Admiration, 2(10), 1930–1943. https://doi.Org/10.46799/Jsa.V2i10.332
Ndari, S. S., Vinayastri, A., & Masykuroh, K. (2019). Metode Perkembangan Sosial Emosi Anak Usia Dini. Edu Publisher.
Nurmalitasari, F. (2015). Perkembangan Sosial Emosi Pada Anak Usia Prasekolah. Buletin Psikologi, 23(2), 103–111. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/pandawa/article/view/595
Paramitha, M. V. A., & Sutapa, P. (2019). Pengembangan Model Pembelajaran Berbasis Permainan Sirkuit Untuk Meningkatkan Motorik Halus Anak Usia 4-5 Tahun. Jurnal Golden Age, 3(01), 1–16. https://doi.Org/10.29408/Goldenage.V3i01.1336
Polak, E., & Wojtuń-Sikora, B. (2022). Changes In Motor Skills Among Early School Aged Girls Under The Influence Of Regularly Practiced Dance. Research In Dance Education, 23(3), 300–315. https://doi.Org/10.1080/14647893.2020.1867089
Saripudin, A. (2019). Analisis Tumbuh Kembang Anak Ditinjau Dari Aspek Perkembangan Motorik Kasar Anak Usia Dini. Equalita: Jurnal Studi Gender Dan Anak, 1(1), 114–130. https://doi.org/10.24235/Equalita.V1i1.5161
Suryana, D. (2021). Pendidikan Anak Usia Dini Teori Dan Praktik Pembelajaran. Prenada Media.
Trianingsih, R. (2016). Pengantar Praktik Mendidik Anak Usia Sekolah Dasar. Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI, 3(2), 197–211. http://dx.doi.Org/10.24235/Al.Ibtida.Snj.V3i2.880
Valerio, G., Gallarato, V., D’Amico, O., Sticco, M., Tortorelli, P., Zito, E., Nugnes, R., Mozzillo, E., & Franzese, A. (2014). Perceived Difficulty With Physical Tasks, Lifestyle, And Physical Performance In Obese Children. Biomed Research International, 2014. https://doi.Org/10.1155/2014/735764
Veronica, N. (2018). Permainan Edukatif Dan Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini. Pedagogi: Jurnal Anak Usia Dini Dan Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 49–55. http://dx.doi.Org/10.30651/Pedagogi.V4i2.1939
Wainwright, N., Goodway, J., John, A., Thomas, K., Piper, K., Williams, K., & Gardener, D. (2020). Developing Children’s Motor Skills In The Foundation Phase In Wales To Support Physical Literacy. Education 3-13, 48(5), 565–579. https://doi.Org/10.1080/03004279.2019.1633374
Widati, T. (2018). Pengaruh Lingkungan Fisik Terhadap Performa Belajar Siswa. Jurnal Perspektif Arsitektur│ Volume, 13(1).http://dx.doi.Org/10.30651/Pedagogi.V4i2.1939
Wulandari, A. P. (2020). Pengembangan Panduan Bimbingan Kelompok Dalam Peningkatan Determinasi Diri (Self Determination) Untuk Pencegahan Agresivitas Siswa. Universitas Negeri Padang. http://Repository.Unp.Ac.Id/30275