Strategi Peningkatan Motorik untuk Menstimulus Motorik Anak Usia Dini melalui Pendekatan Aktivitas Luar Ruangan

Authors

  • Hilmy Aliriad Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri, Bojonegoro, Indonesia https://orcid.org/0000-0002-7287-6429
  • Mohamad Da'i Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri, Bojonegoro, Indonesia
  • Adi S Universitas Negeri Semarang, Jawa Tengah, Indonesia
  • Rohmad Apriyanto Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri, Bojonegoro, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i4.4149

Keywords:

aktivitas luar ruangan, stimulus motorik anak usia dini, kemampuan motorik anak

Abstract

Perkembangan gerak pada anak usia dini sangat penting untuk memastikan kemampuan motorik yang baik. Penelitian dilakukan untuk mengetahui strategi aktivitas di luar ruangan terhadap perkembangan gerak anak usia dini dan bagaimana menyusun aktivitas yang tepat di luar ruangan untuk meningkatkan kemampuan motorik anak. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah aktivitas di luar ruangan dapat membantu meningkatkan kemampuan motorik anak usia dini, serta bagaimana cara menyusun aktivitas yang tepat di luar ruangan untuk membantu anak-anak mengembangkan kemampuan geraknya. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan korelasional dengan teknik pengambilan sampel yaitu teknik random sampling. Pengumpulan data berupa test dan dokumentasi. Teknik analisis data penelitian menggunakan analisis korelasi dan regresi. Hasil penelitian menyatakan bahwa program latihan yang tepat untuk menstimulus motorik anak usia dini adalah program yang mencakup aktivitas fisik seperti berjalan, lari, melompat, mendorong atau menarik, mengendalikan bola, memanjat tangga, merangkak, berdiri tanpa dukungan, mengambil benda dengan jari-jari, meningkatkan daya tahan fisik.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Hilmy Aliriad, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri, Bojonegoro

https://orcid.org/0000-0002-7287-6429

Mohamad Da'i, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri, Bojonegoro

https://orcid.org/0000-0002-0299-3531

Adi S, Universitas Negeri Semarang, Jawa Tengah

https://orcid.org/0000-0001-8450-2005

Rohmad Apriyanto, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri, Bojonegoro

https://orcid.org/ 0000-0003-2104-9228

References

Abdelkarim, O., Ammar, A., Chtourou, H., Wagner, M., Knisel, E., Hökelmann, A., & Bös, K. (2017). Relationship Between Motor And Cognitive Learning Abilities Among Primary School-Aged Children. Alexandria Journal Of Medicine, 53(4), 325–331. https://doi.org/10.1016/J.Ajme.2016.12.004

Anzani, R. W., & Insan, I. K. (2020). Perkembangan Sosial Emosi Pada Anak Usia Prasekolah. PANDAWA, 2(2), 180–193. https://doi.org/10.36088/Pandawa.V2i2.595

Arikunto, S. (2019). Prosedur Penelitian. Rineka Cipta.

Azizah, N., & Busyra, S. (2021). Strategi Orang Tua Dalam Perkembangan Aspek Sosial-Emosi Anak Usia Dini Di Masa Pandemi Covid-19. Atta’dib Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(2), 1–13. https://doi.org/10.30863/Attadib.V2i2.1466

Bell, J. M., Breiding, M. J., & Depadilla, L. (2017). CDC’s Efforts To Improve Traumatic Brain Injury Surveillance. Journal Of Safety Research, 62, 253–256. https://doi.Org/10.1016/J.Jsr.2017.04.002

Bento, G., & Dias, G. (2017). The Importance Of Outdoor Play For Young Children’s Healthy Development. Porto Biomedical Journal, 2(5), 157–160. https://doi.Org/10.1016/J.Pbj.2017.03.003

Darisman, E. K., Prasetiyo, R., & Bayu, W. I. (2021). Belajar Psikologi Olahraga Sebuah Teori Dan Aplikasi Dalam Olahraga. Jakad Media Publishing.

Desiningrum, D. R. (2017). Buku Ajar Psikologi Perkembangan Anak I. Fakultas Psikologi Undip.

Dini, J. P. A. U. (2021). Peningkatan Kemampuan Gerak Dasar Lokomotor Anak Melalui Modifikasi Seni Tradisional Burok. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1787–1798. https://doi.org/10.31004/Obsesi.V5i2.1005

Duan, Y., Wagner, P., Zhang, R., Wulff, H., & Brehm, W. (2018). Physical Activity Areas In Urban Parks And Their Use By The Elderly From Two Cities In China And Germany. Landscape And Urban Planning, 178, 261–269. https://doi.Org/10.1016/J.Landurbplan.2018.06.009

Fadlillah, M. (2019). Buku Ajar Bermain & Permainan Anak Usia Dini. Prenada Media.

Farida, A. (2016). Urgensi Perkembangan Motorik Kasar Pada Perkembangan Anak Usia Dini. Jurnal Raudhah, 4(2). http://dx.doi.Org/10.30829/Raudhah.V4i2.52

Fitriani, R., & Adawiyah, R. (2018). Perkembangan Fisik Motorik Anak Usia Dini. Jurnal Golden Age, 2(01), 25–34. https://doi.Org/10.54396/Saliha.V6i1.523

Gill, S. V, & Hung, Y.-C. (2014). Effects Of Overweight And Obese Body Mass On Motor Planning And Motor Skills During Obstacle Crossing In Children. Research In Developmental Disabilities, 35(1), 46–53. https://doi.Org/10.1016/J.Ridd.2013.10.024

Haywood, K. M., & Getchell, N. (2021). Life Span Motor Development. Human Kinetics.

Hulteen, R. M., Smith, J. J., Morgan, P. J., Barnett, L. M., Hallal, P. C., Colyvas, K., & Lubans, D. R. (2017). Global Participation In Sport And Leisure-Time Physical Activities: A Systematic Review And Meta-Analysis. Preventive Medicine, 95, 14–25. https://doi.Org/10.1016/J.Ypmed.2016.11.027

Juwantara, R. A. (2019). Analisis Teori Perkembangan Kognitif Piaget Pada Tahap Anak Usia Operasional Konkret 7-12 Tahun Dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 9(1), 27–34. https://doi.Org/10.18592/Aladzkapgmi.V9i1.3011

Maksum, A. (2012). Metodologi Penelitian Dalam Olahraga.

Marinda, L. (2020). Teori Perkembangan Kognitif Jean Piaget Dan Problematikanya Pada Anak Usia Sekolah Dasar. An-Nisa’: Jurnal Kajian Perempuan Dan Keislaman, 13(1), 116–152. https://doi.Org/10.35719/Annisa.V13i1.26

Mashar, M. F. (2021). Fungsi Psikologis Ruang Terbuka Hijau. Jurnal Syntax Admiration, 2(10), 1930–1943. https://doi.Org/10.46799/Jsa.V2i10.332

Ndari, S. S., Vinayastri, A., & Masykuroh, K. (2019). Metode Perkembangan Sosial Emosi Anak Usia Dini. Edu Publisher.

Nurmalitasari, F. (2015). Perkembangan Sosial Emosi Pada Anak Usia Prasekolah. Buletin Psikologi, 23(2), 103–111. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/pandawa/article/view/595

Paramitha, M. V. A., & Sutapa, P. (2019). Pengembangan Model Pembelajaran Berbasis Permainan Sirkuit Untuk Meningkatkan Motorik Halus Anak Usia 4-5 Tahun. Jurnal Golden Age, 3(01), 1–16. https://doi.Org/10.29408/Goldenage.V3i01.1336

Polak, E., & Wojtuń-Sikora, B. (2022). Changes In Motor Skills Among Early School Aged Girls Under The Influence Of Regularly Practiced Dance. Research In Dance Education, 23(3), 300–315. https://doi.Org/10.1080/14647893.2020.1867089

Saripudin, A. (2019). Analisis Tumbuh Kembang Anak Ditinjau Dari Aspek Perkembangan Motorik Kasar Anak Usia Dini. Equalita: Jurnal Studi Gender Dan Anak, 1(1), 114–130. https://doi.org/10.24235/Equalita.V1i1.5161

Suryana, D. (2021). Pendidikan Anak Usia Dini Teori Dan Praktik Pembelajaran. Prenada Media.

Trianingsih, R. (2016). Pengantar Praktik Mendidik Anak Usia Sekolah Dasar. Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI, 3(2), 197–211. http://dx.doi.Org/10.24235/Al.Ibtida.Snj.V3i2.880

Valerio, G., Gallarato, V., D’Amico, O., Sticco, M., Tortorelli, P., Zito, E., Nugnes, R., Mozzillo, E., & Franzese, A. (2014). Perceived Difficulty With Physical Tasks, Lifestyle, And Physical Performance In Obese Children. Biomed Research International, 2014. https://doi.Org/10.1155/2014/735764

Veronica, N. (2018). Permainan Edukatif Dan Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini. Pedagogi: Jurnal Anak Usia Dini Dan Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 49–55. http://dx.doi.Org/10.30651/Pedagogi.V4i2.1939

Wainwright, N., Goodway, J., John, A., Thomas, K., Piper, K., Williams, K., & Gardener, D. (2020). Developing Children’s Motor Skills In The Foundation Phase In Wales To Support Physical Literacy. Education 3-13, 48(5), 565–579. https://doi.Org/10.1080/03004279.2019.1633374

Widati, T. (2018). Pengaruh Lingkungan Fisik Terhadap Performa Belajar Siswa. Jurnal Perspektif Arsitektur│ Volume, 13(1).http://dx.doi.Org/10.30651/Pedagogi.V4i2.1939

Wulandari, A. P. (2020). Pengembangan Panduan Bimbingan Kelompok Dalam Peningkatan Determinasi Diri (Self Determination) Untuk Pencegahan Agresivitas Siswa. Universitas Negeri Padang. http://Repository.Unp.Ac.Id/30275

Downloads

Additional Files

Published

25-08-2023

How to Cite

Aliriad, H., Da’i, M., S, A., & Apriyanto, R. (2023). Strategi Peningkatan Motorik untuk Menstimulus Motorik Anak Usia Dini melalui Pendekatan Aktivitas Luar Ruangan. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(4), 4609–4623. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i4.4149

Issue

Section

Articles