- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Analisis Pengembangan Komunikasi, Persepsi, Bunyi, dan Irama (PKPBI) Anak Tunarungu dan Kebutuhan Media Pembelajarannya
DOI:
https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i5.4130Keywords:
media berbasis android, anak tunarungu, analisis kebutuhan kemampuan komunikasiAbstract
Dampak langsung bagi tunarungu mengalami hambatan komunikasi dan hambatan proses pembelajaran. Untuk melatih kemampuan komunikasi dan mendengar tunarungu, diperlukan latihan PKPBI. Kajian ini bermaksud guna menganalisa kebutuhan pengembangan media PKPBI dengan basis android bagi anak tunarungu yang menunjang pembelajaran di kelas. Penelitian dilaksanakan di SLB Cendana Duri dalam jangka waktu 6 minggu berturut-turut. Subjek penelitian seorang guru PKPBI dan 7 anak tunarungu SDLB. Penelitian menggunakan pengembangan model ADDIE, tahapan dipakai terbatas pada tahap analisis. Instrumen penelitian adalah pedoman observasi dan wawancara analisis kebutuhan anak tunarungu dan media. Teknik analisa data memakai model Miles dan Huberman, yaitu (1) reduksi data, (2) penyajian data, dan (3) penarikan kesimpulan. Hasil penelitian diperoleh bahwa 1) anak mengalami gangguan pendengaran alhasil mengalami hambatan dalam berkomunikasi dan persepsi bunyi dan irama, 2) dibutuhkan media pembelajaran praktis, dan 3) peneliti bertujuan guna mengembangkan media pembelajaran berbasis android sesuai analisis kebutuhan.
Downloads
References
Ardisal, A., & Damri, D. (2013). Pelaksanaan Pembelajaran Siswa Berkebutuhan Khusus Di Smk Negeri 4 Padang. Pedagogi: Jurnal Ilmu Pendidikan, 13(1), 105. https://doi.org/10.24036/pendidikan.v13i1.2216
Berliana, A. U., Mailizar, Faiza, & Leonard. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android melalui Model Pembelajaran PAIKEM (Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, dan Menyenangkan). Jidr, 2(2), 58–68. https://eduresearch.web.id/index.php/jidr/article/view/14
Cikarge, G. P., & Utami, P. (2018). Analisis Dan Desain Media Pembelajaran Praktik Teknik Digital Sesuai Rps. Elinvo (Electronics, Informatics, and Vocational Education), 3(1), 92–105. https://doi.org/10.21831/elinvo.v3i1.20509
Fibrianti, D. W. I., & Wijiastuti, A. (2020). Pengembangan Media Pola Kalimat Sederhana Berbasis Android Pada Pembelajaran Sains Untuk Siswa Tunarungu. Jurnal Pendidikan Khusus. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-khusus/article/view/34746
Ganur, M. H., Bunga, B. N., & Kiling, I. Y. (2014). Pola Komunikasi Anak Usia Dini Tunarungu Bukan Bawaan. Jurnal Transformasi Edukasi, 3(2), 63–69.
Hernawati, T. (2007). Pengembangan Kemampuan Berbahasa dan Berbicara Anak Tunarungu. JASSI_anakku, 7(1), 101–110. http://file.upi.edu/direktori/fip/jur._pend._luar_biasa/196302081987032-tati_hernawati/jurnal.pdf
Khoeriah, N. D., Yuli Astuti, E., Ardiansyah, T., Ratnawulan, T., Budhi Santoso, Y., Mastiani, E., & Novianti, R. (2019). Assistive Technology of Vocational Skills Learning For Children With Cerebral Palsy. International Journal of Recent Technology and Engineering, 8(1C2), 727–730. https://repository.uninus.ac.id/223/1/A11220581C219.pdf
Khotimah, K., & Sujarwanto. (2013). Metode Bermain Peran Terhadap Kemampuan Bahasa Ekspresif Anak Tunarungu. Jurnal Pendidikan Khusus, 11(1), 1–10. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-khusus/article/view/16105
Kuswanto, J., & Radiansah, F. (2018). Media Pembelajaran Berbasis Android Pada Mata Pelajaran Sistem Operasi Jaringan Kelas XI. Jurnal Media Infotama, 14(1). https://doi.org/10.37676/jmi.v14i1.467
Lubis, H., & Elvianti, D. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Akuntansi Berbasis Android Dengan Aplikasi “AKSI ( Asah Akuntansi ).†Seminar Nasional Pendidikan, 11–23. http://hdl.handle.net/11617/10236
Miles, M. B., Huberman, A. M., Rohidi, T. R., & Mulyarto. (1992). Analisis data kualitatif : buku sumber tentang metode metode baru / Matthew B. Miles, A. Michael Huberman ; penerjemah, Tjetjep Rohendi ; pendamping, Mulyarto. Universitas Indonesia (UI -Press).
Pengembangan, P., Bunyi, P., & Marjanti, H. (2016). Pelaksanaan Pengembangan Persepsi Bunyi. Jurnal Widia Ortodidaktika, 5(8), 827–838. https://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/plb/article/view/6388
Pradnyani, I. A. A. Y., Sugihartini, N., & Pradnyana, I. M. A. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Untuk Guru Pengajar Siswa Penyandang Tunarungu Di Slb Negeri 1 Buleleng. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 18(1), 55. https://doi.org/10.23887/jptk-undiksha.v18i1.25479
Pujianto, H. H., Marianus, S., & Rusmawati, R., D. (2020). Aplikasi Berbasis Android untuk Meningkatkan Kemampuan Berbahasa pada Anak Tuna Rungu Siswa TKLB. Jurnal Education and Development Institut Pendidikan Tapanuli Selatan, 8(2), 390–398. https://doi.org/10.37081/ed.v8i2
Putri, D. P. E., & Ratih, R. (2021). Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Android Terhadap Aspek Kognitif Siswa Tunarungu di SDLB N Pangkalpinang (Studi Kasus Pembelajaran Shalat Kelas 3). EDUGAMA: Jurnal Kependidikan Dan Sosial Keagamaan, 7, 2614–0217. https://jurnal.lp2msasbabel.ac.id/index.php/edu/article/view/2032
Qoyyimah, A. D., & Adi, E. P. (2017). Aplikasi Permainan Berbasis Android dalam Meningkatkan Kemampuan Kosakata Anak Tunarungu. Jurnal ORTOPEDAGOGIA, 3(2), 81–86. https://doi.org/10.17977/um031v3i22017p081
Rahmah, F. N. (2018). Problematika Anak Tunarungu Dan Cara Mengatasinya. Quality, 6(1), 1. https://doi.org/10.21043/quality.v6i1.5744
Richards, J. C. (2001). Curriculum Development in Language Teaching. In Curriculum Development in Language Teaching. https://doi.org/10.1017/cbo9780511667220
Rusnaili. (2014). Pengembangan Media Cd Interaktif Pembelajaran Bina Komunikasi Persepsi Bunyi Dan Irama (Bkpbi) Bagi Siswa Tunarungu Kelas 1 SDLB-B Di SLB Negeri Metro. Universitas Pendidikan Indonesia.
Sepdyana Kartini, K., Tri, N., & Putra, A. (2022). Kebutuhan Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android pada Materi Hidrokarbon. Jurnal Edutech Undiksha, 10(1), 117–125. https://doi.org/10.23887/jeu.v10i1.41877
Setyaningsih, M. A., & Rahmawati, R. (2019). Pelaksanaan program pembelajaran pengembangan komunikasi persepsi bunyi dan irama tahap identifikasi siswa tunarungu kelas. JPK (Jurnal Pendidikan Khusus), 14(1), 18–25. https://doi.org/10.21831/jpk.v14i1.25163
Swandi, N. L. I. D., & Sinaga, T. D. V. (2010). Pengaruh Menari Tari Balih-Balihan Terhadap Harga Diri Remaja Tunarungu di SLB B Bali. Jurnal Psikologi Udayana, 131(Edisi Khusus Psikologi Umum), 12–24.
Tarigan, H. G. (2009). Pengajaran Kosakata Kualitatif. Angkasa.
Utari, T. (2014). Studi Pelaksanaan Bina Komunikasi Persepsi Bunyi Dan Irama di SDLB-B. Jurnal Pendidikan Khusus, 6(6), 2–8. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-khusus/article/view/9266
Wirna, Y., Silitonga, E. C., Putri, M. F. R., & Zulmiyetri, Z. (2018). Aplikasi Korektor Kalimat Berbasis Android Untuk Anak Tunarungu. INVOTEK: Jurnal Inovasi Vokasional Dan Teknologi, 18(2), 41–48. https://doi.org/10.24036/invotek.v18i2.267