- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Strategi Pendekatan Kurikulum Pendidikan Anak Usia Dini dengan Pembelajaran Tematik Integratif
DOI:
https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i1.4074Keywords:
pembelajaran tematik, kurikulum, anak usia diniAbstract
Semakin baru sebuah zaman maka akan semakin banyak tantangan dalam kehidupan sehingga menyebabkan anak harus dikenalkan berbagai kompetensi baru. Salah satu kemampuan yang dibutuhkan anak di era saat ini adalah kemampuan berpikir kritis dan pemecahan masalah. Pembelajaran tematik integratif memadukan dan mengintegrasikan beberapa aspek perkembangan dalam satu tema dengan tujuan memberikan pengalaman yang bermakna untuk anak. Akan tetapi kendala dalam implementasi tematik integratif masih ditemui di lapangan. Oleh karena itu, artikel ini bertujuan untuk memberikan gambaran mengenai strategi penyusunan kurikulum dengan pembelajaran tematik integratif di satuan PAUD. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kajian literature. Tujuh literature di analisis menggunakan pendekatan tematik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi penyusunan pembelajaran tema dilakukan dengan memperhatikan strategi pengembangan dan pemilihan tema, prinsip pemilihan tema, dan kegiatan dalam penjabaran tema. Implikasi hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai referensi bagi guru ketika akan menentukan tema pembelajaran dan penyusunan kurikulum.
Downloads
References
Abuga, M. E., Maina, A., & Meitamei, A. (2016). The Effectiveness of Thematic Teaching Approach on Developing Reading Skills Among Preschool Children in Manga Sub-County, Nyamira County, Kenya. International Journal of Recent Research in Social Sciences and Humanities (IJRRSSH), 3(2), 22–27. https://www.paperpublications.org/upload/book/The%20Effectiveness%20of%20Thematic-694.pdf
Adam, G. (2019). Pengembangan Tema Dalam Pembelajaran Anak Usia Dini. Jurnal Lonto Leok Pendidikan Anak Usia Dini, 2(1), 45–55. https://jurnal.unikastpaulus.ac.id/index.php/jllpaud/article/view/337
Ahlskog-Björkman, E., & Björklund, C. (2016). Communicative tools and modes in thematic preschool work. Early Child Development and Care, 186(8), 1243–1258. https://doi.org/10.1080/03004430.2015.1085863
Ain, N., & Rahutami, R. (2018). Theme network in thematic learning in elementary school. Journal of Physics: Conference Series, 1013(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1013/1/012065
Aini, Q., & Relmasira, S. C. (2018). Penerapan Pembelajaran Tematik Integratif Berbasis Kontekstual untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa Kelas 1 SD. Sekolah Dasar: Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan, 27(2), 124–132. https://doi.org/10.17977/um009v27i22018p124
Arifin, S. (2016). Pengaruh pembelajaran berbasis. Profesi Pendidikan Dasar, 3(1), 16–25. https://doi.org/10.23917/ppd.v3i1.2716
Astiningtyas, A. (2018). Kesiapan Guru Sekolah Dasar Dalam Pelaksanaan Pembelajaran Tematik Integratif Pada Kurikulum 2013. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(1), 60. https://doi.org/10.33578/jpfkip.v7i1.5340
Atik Wartini, A. N. (2016). Kebijakan Pembelajaran Tematik Integratif Dalam Kurikulum 2013 Paud. Al-Afkar : Jurnal Keislaman & Peradaban, 3(1), 47–70. https://doi.org/10.28944/afkar.v3i1.99
Batubara, D. S. (2019). Studi Kasus Tentang Kreativitas Guru Pada Pembelajaran Tematik Integratif Di Sd Anak Saleh Malang. Muallimuna : Jurnal Madrasah Ibtidaiyah, 5(1), 47. https://doi.org/10.31602/muallimuna.v4i1.1626
Chaerunnisa, L. Y. (2022). Studi Kasus Pembelajaran Tematik Integratif Berbasis Gender di Madrasah Ibtidaiyah. Journal of Integrated Elementary Education, 2(1), 41–49. https://doi.org/10.21580/jieed.v2i1.10854
Damayanti, G. A., & Muhroji, M. (2022). The Difficulties of Elementary School Teacher in Developing Thematic Learning Tools for the Merdeka Curriculum. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran, 8(3), 703. https://doi.org/10.33394/jk.v8i3.5770
Davidova, J. (2020). Thematic Approach As the Basis of Integrative Music Teaching/Learning in Preschool. ICERI2020 Proceedings, 1(14), 4177–4185. https://doi.org/10.21125/iceri.2020.0934
Faradiba, D. G., & Budiningsih, C. A. (2021). Pengembangan media komik berbasis pendidikan karakter peduli sosial pada pembelajaran tematik-integratif. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 7(2), 196–204. https://doi.org/10.21831/jitp.v7i2.24758
Frasandy, R. N. (2017). Pembelajaran Tematik Integratif ( Model Integrasi Mata Pelajaran Umum Sd / Mi Dengan Nilai Agama ). Elementary, Vol.5 No.2, 304–352. https://journal.iainkudus.ac.id/index.php/elementary/article/download/2991/pdf
Hapidin, H., Nurjannah, N., & Hartati, S. (2018). Pengembangan Model Pembelajaran Tematik Integratif Berbasis Proyek Dalam Menerapkan Pendidikan Kelautan Pada Anak Di Kepulauan Seribu. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 12(1). https://doi.org/10.21009//JPUD.121.05
Havigerová, J. M., Pohnětalová, Y., Strnadová, K., Kocourková, K., & Podubecká, D. (2021). Preschool Children’s Drawings: Frequency and Theme Analysis. International Journal of Education and Literacy Studies, 9(3), 70. https://doi.org/10.7575/aiac.ijels.v.9n.3p.70
Ibrahim, M. (2014). Hakikat Kurikulum dan Pembelajaran. In Modul Pembelajaran. http://repository.ut.ac.id/4618/2/PEKI4303-M1.pdf
Joni. (2009). Pembelajaran Tematik pada Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal At-Ta’dib, 4(1), 35–49. https://ejournal.unida.gontor.ac.id/index.php/tadib/article/view/571
Kemendikbud. (2018). Buku Pedoman Pengembangan Tema Pembelajaran. https://banpaudpnf.kemdikbud.go.id/upload/download-center/Buku Pedoman Pengembangan Tema Pembelajaran_1554107121.pdf
Loka, N., Ghozali, M., & Alam, M. (2022). An implementation of the integrative thematic-based 2013 curriculum in Al-Ittifaqiah Islamic kindergarten post-covid-19. Al-Athfaal: Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 159–168. http://ejournal.radenintan.ac.id/index.php/al-athfaal/article/view/14113
Maryatun, I. B. (2017). Pengembangan Tema Pembelajaran Untuk Taman Kanak-Kanak. Jurnal Pendidikan Anak, 6(1), 41–47. https://doi.org/10.21831/jpa.v6i1.15679
Nasution. (2011). Asas-Asas kurukulum. Bumi Aksara.
Ningsih, Yunimar, S., & Suryana, D. (2020). Desain Pengembangan Kurikulum Pada Pembelajaran Anak Usia Dini. Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 1–3.
Ningsih, S. Y., & Mahyuddin, N. (2021). Desain E-Module Tematik Berbasis Kesantunan Berbahasa Anak Usia Dini di Taman Kanak-Kanak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 137–149. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i1.1217
Rahmi, N., & Suryana, D. (2013). Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini Tentang Mengenal Membaca Dalam Penerapan Kurikulum 2013 Di Taman Kanak-Kanak. Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan.
Ramdhani, S., & Yuliastri, N. A. (2018). Model Pembelajaran Tematik Integratif Untuk Membentuk Karakter Jujur Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Pelita Paud, 2(2), 149–150. http://jurnal.upmk.ac.id/index.php/pelitapaud/article/view/226
Rasmani, U. E. E., Nurjanah, N. E., Widiastuti, Y. K. W., Mujiyati, S., & Agustina, P. (2022). Upaya Meningkatkan Pembelajaran Tematik Integratif pada Guru Pendidikan Anak Usia Dini melalui Pelatihan dan Pendampingan E-Learning. International Journal of Community Service Learning, 6(1), 61–68. https://doi.org/10.23887/ijcsl.v6i1.41000
Sakti, B. P., & Budiyono, S. (2019). Pelaksanaan Pembelajaran Tematik Di Sdn 1 Kragilan. Refleksi Edukatika : Jurnal Ilmiah Kependidikan, 10(1), 65–70. https://doi.org/10.24176/re.v10i1.3860
Sopacua, E. E. D., & Rahardjo, M. M. (2021). Analisa Pembelajaran Tematik Dalam Pendidikan Anak Usia Dini. Satya Widya, 36(1), 64–76. https://doi.org/10.24246/j.sw.2020.v36.i1.p64-76
Venugopal, K., & Varun, A. (2016). Impact of Thematic Approach on Communication skills in Preschool. Imperial Journal of Interdisciplinary Research, 2(10), 2454–1362. https://files.eric.ed.gov/fulltext/ED581398.pdf
Ward Geoff. (2003). TOTAL LITERACY: Pathways to Reading Writing and Learning - Chapter 14: Using Theme Cycles. James Cook University, 439–465.
Westbury, I., Aspfors, J., Fries, A. V., Hansén, S. E., Ohlhaver, F., Rosenmund, M., & Sivesind, K. (2016). Organizing curriculum change: an introduction*. Journal of Curriculum Studies, 48(6), 729–743. https://doi.org/10.1080/00220272.2016.1186736
Widya Saputri, A. T., & Mawardi, M. (2018). Pengembangan Desain Pembelajaran Tematik Integratif Berbasis Pendekatan Contextual Teaching and Learning (Ctl) Kelas 4 Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 4(2), 104. https://doi.org/10.30659/pendas.4.2.104-114
Yang, W., & Li, H. (2019). Changing culture, changing curriculum: a case study of early childhood curriculum innovations in two Chinese kindergartens. Curriculum Journal, 30(3), 279–297. https://doi.org/10.1080/09585176.2019.1568269
Zin, D. M. M., Mohamed, S., Bakar, K. A., & Ismail, N. K. (2019). Further Study on Implementing Thematic Teaching in Preschool: A Needs Analysis Research. Creative Education, 10(12), 2887–2898. https://doi.org/10.4236/ce.2019.1012214