- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Pengembangan Buku Cerita Big Book Kalender Meja dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi Anak Usia Dini
DOI:
https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i1.4067Keywords:
anak usia dini, media big book, kemampuan literasiAbstract
Permasalahan yang muncul adalah rendahnya kemampuan anak dalam mengenal literasi. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk menghasilkan sebuah produk baru dengan mengembangkan produk yang sudah ada sebelumnya menjadi bentuk kalender meja dan dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan literasi anak usia dini yang menyenangkan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan melibatkan validator yaitu 2 ahli materi, 1 ahli media, dan menguji kepraktisan penggunaan produk pada 7 guru PAUD. Uji coba produk dilakukan pada 10 anak kelompok A di TK Tunas Bangsa. Teknik analisis data menggunakan uji wilcoxon. Hasil penelitian diperoleh dari validasi kedua ahli materi sebesar 86%, validasi ahli media 92% serta dari 7 responden guru sebesar 92%. Dari uji coba produk memperoleh nilai Asymp (2-tailed) sebesar 0,004 < 0,05 yang menunjukkan buku cerita big book kalender meja dapat berpengaruh secara signifikan serta efektif dalam meningkatkan kemampuan literasi anak kelompok A di TK Tunas Bangsa
Downloads
References
Afnida, M., & Suparno, S. (2020). Literasi dalam Pendidikan Anak Usia Dini: Persepsi dan Praktik Guru di Prasekolah Aceh. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 971–981. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.480
Anggraeni, D., Hartati, S., & Nurani, Y. (2019). Implementasi Metode Bercerita dan Harga Diri dalam Meningkatkan Kemampuan Berbicara Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 404. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i2.224
Antariani, K. M., Gading, I. K., & Antara, P. A. (2021). Big book untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 9(3), 467–475. https://doi.org/10.23887/paud.v9i3.40594
Asha, N., Siraj, S., Ismail, H., Omar, R., Samad, S. A., & Ninari, E. F. (2020). Penggunaan Big Book Dalam Kalangan Guru Tadika Untuk Perkembangan Literasi Kanak-Kanak. Jurnal Pendidikan Awal Kanak-Kanak Kebangsaan, 9(ii), 106–112. https://ojs.upsi.edu.my/index.php/JPAK/article/view/4542
Chairilsyah, D. (2018). Mengidentifikasi Indikator Kognitif dan Membuat Instrumen Perkembangan Kognitif Pada Anak Usia Dini (O. Puspita & 0Rita Kurnia, Eds.; 1st ed.). UR. Press Pekanbaru.
Church, A., & Bateman, A. (2019). Methodology and professional development: Conversation Analytic Role-play Method (CARM) for early childhood education. Journal of Pragmatics, 143, 242–254. https://doi.org/10.1016/j.pragma.2019.01.022
Dheasari, A. E. (2020). Pengembangan Media Bigbook Cerita Rakyat Untuk Meningkatkan Empati dan Kemampuan Bercerita Anak Usia Dini. Edukasi: Urnal Penelitian & Artikel Pendidikan, 12(1), 41–54. https://doi.org/10.31603/edukasi.v12i1.3705
Evi Juli Artini, L., Magta, M., Rahayu Ujianti, P., & Pendidikan Dasar, J. (2019). Pengaruh Metode Membaca Dasar Bermedia Big Book Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Anak Kelompok A. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 7(2), 192–202. https://doi.org/10.23887/paud.v7i2.18994
Firda, A., & Suharni. (2022). Tingkat Kemampuan Literasi Sains Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 3868–3876. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i6.1928
Fitriani, D., Fajriah, H., & Rahmita, W. (2020). Media Belajar Big Book dalam Mengembangkan Kemampuan Berbahasa Reseptif Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 237–246. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.197
Hadi Astuti, N., Reffiane, F., & Baedowi, S. (2019). Pengembangan Media Big Bookpada Tema Kewajiban dan Hakku. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 3(2), 105–111. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.1928
Handayani, O. D. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran PAUD melalui PPG. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 93. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.522
Hayati, D. J., & Suparno. (2020). Efektivitas Buku Cerita Bergambar pada Keberhasilan Toilet Training Anak Usia 3-4 Tahun. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 1041–1050. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.498
Hayati, Z., Puspa Juwita, R., & Asmah, U. (2022). Pengembangan Media Big Book Prayer untuk Mengoptimalkan Religious Moral Activities Anak 4-5 Tahun. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(6), 6621–6640. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i6.2328
Islamiah, F., Fridani, L., & Supena, A. (2019). Konsep Pendidikan Hafidz Qur’an pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 30–38. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.132
Lukens, R. J. (2003). A Critical Hndbook of Children’s Literature. Longman.
Marwiyati, S., & Agung Hidayatulloh, M. (2018). Peran “Cakruk Baca Bergerak†Dalam Pengembangan Literasi Anak Usia Dini. AWLADY: Jurnal Pendidikan Anak, 4(2), 61–77. https://doi.org/10.24235/awlady.v4i2.3236
Miranda, D. (2018). Pengembangan Buku Cerita Berbasis Pendidikan Karakter Untuk Meningkatkan Kreativitas AUD. Jurnal Visi Ilmu Pendidikan, 10(1), 18–30. https://doi.org/10.26418/jvip.v10i1.25975
Nahdi, K., & Yunitasari, D. (2020). Literasi Berbahasa Indonesia Usia Prasekolah: Ancangan Metode Dia Tampan dalam Membaca Permulaan. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 434–441. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.372
Novitasari, K. (2019). Penggunaan Teknologi Multimedia Pada Pembelajaran Literasi Anak Usia Dini. Jurnal Golden Age, 3(01), 50–56. https://doi.org/10.29408/goldenage.v3i01.1435
Nurhayati, R., Yogyakarta, S., & Koresponden, P. (2019). Membangun Budaya Literasi Anak Usia Dini dalam Keluarga. Jurnal Nuansa Akademik: Jurnal Pembangunan Masyarakat, 4(1), 79–88. https://jurnal.ucy.ac.id/index.php/nuansaakademik/article/view/918
Roza, D., Nurhafizah, N., & Yaswinda, Y. (2020). Urgensi Profesionalisme Guru Pendidikan Anak Usia Dini dalam Penyelenggaraan Perlindungan Anak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 277–273. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.325
Rusdawati, & Eliza, D. (2022). Pengembangan Video Pembelajaran Literasi Sains Anak Usia Dini 5-6 Tahun Untuk Belajar Dari Rumah. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 3648–3658. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i6.1350
Saputro, B. (2017). Manajemen Penelitian Pengembangan (Research & Development) Bagi Penyusun Tesis dan Disertasi (1st ed.). Aswaja Pressindo.
Setiyaningsih, G., & Syamsudin, A. (2019). Pengembangan Media Big Book Untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Anak Usia 5-6 Tahun. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 9(1), 19–28. https://doi.org/10.24246/j.js.2019.v9.i1.p19-28
Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R & D). Alfabeta.
Sumiati, N. K., & Tirtayani, L. A. (2021). Pemanfaatan Buku Cerita Bergambar Digital Berbasis Audio Visual terhadap Stimulasi Kemampuan Empati Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 9(2), 220–230. https://doi.org/10.23887/paud.v9i2.35514
Tahmidaten, L., & Krismanto, W. (2020). Permasalahan Budaya Membaca di Indonesia (Studi Pustaka Tentang Problematika & Solusinya). Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 10(1), 22–33. https://doi.org/10.24246/j.js.2020.v10.i1.p22-33
Tatminingsih, S. (2022). Analisis Proses Pengembangan Big Book sebagai Strategi untuk Menstimulasi Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(6), 6123–6136. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i6.3384
Yansyah, Hamidah, J., & Ariani, L. (2022). Pengembangan Big Book Storytelling Dwibahasa untuk Meningkatkan Literasi Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3), 1449–1460. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i3.1779
Yansyah, Y., Hamidah, J., & Ariani, L. (2021). Pengembangan Big Book Storytelling Dwibahasa untuk Meningkatkan Literasi Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3), 1449–1460. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i3.1779
Yanuarsi, Y., & Mayar, F. (2022). Pengembangan Video Pembelajaran Berbagai Bentuk Geometri untuk Meningkatkan Kemampuan Kreativitas. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 3629–3647. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.1715
Yulia, R., & Eliza, D. (2021). Pengembangan Literasi Bahasa Anak Usia Dini. Golden Age: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, V(1), 53–60. https://ejournal.unisba.ac.id/index.php/golden_age/article/view/8437