- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Pengembangan Video Animasi terhadap Kecerdasan Interpersonal Anak Usia Dini
DOI:
https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i1.4033Keywords:
ianak usia dini, kecerdasan interpersonal, video animasiaAbstract
Kecerdasan interpersonal merupakan aspek kecerdasan yang penting bagi pertumbuhan dan perkembangan anak usia dini. Temuan penelitian mengungkapkan bahwa beberapa anak memiliki kecerdasan interpersonal yang rendah, pemalu, dan kesulitan mengendalikan emosinya. Mereka juga mengalami kesulitan menyesuaikan diri dengan lingkungan baru. Pembuatan video animasi untuk meningkatkan kecerdasan interpersonal anak usia 5 sampai 6 tahun merupakan tujuan dari penelitian ini. Tahapan analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi terdiri dari metode R&D dari ADDIE.â€Data penelitian diperoleh dari hasil observasi, angket, dokumentasi, dan uji validasi ahli. Hasil Uji validasi materi dan validasi media dikatakan sangat valid, sehingga media sangat layak digunakan.. Untuk hasil uji kepraktisaniberdasarkan indikator pada penggunaan media, waktu, tampilan media produk dinyatakan sangat praktis dan pada indikator komunikasi dan empati produk dinyatakan sangat efektif. Hasilnya, media video animasi yang dijelaskan pada hasil penelitian ini layak digunakan sebagai media pembelajaran, khususnya bagi individu yang memiliki kecerdasan interpersonal pada anak usia dini
Downloads
References
Ainun, S. N. A. (2021). Penerapan Video Animasi Interaktif untuk Mengenalkan Nilai-Nilai Keagamaan pada Anak. Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal, 9(2). http://dx.doi.org/10.21043/thufula.v9i2.11893
Andriyani, N. L., & Suniasih, N. W. (2021). Development of Learning Videos Based on Problem-Solving Characteristics of Animals and Their Habitats Contain in Ipa Subjects on 6th-Grade. Journal of Education Technology, 5(1), 37–47. https://doi.org/10.23887/jet.v5i1.32314
Anida, A., & Eliza, D. (2021). Pengembangan Model Pembelajaran Saintifik Berbasis Kearifan Lokal untuk Perkembangan Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1557–1565. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.898
Apriansyah, M. R. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Video Berbasis Animasi Mata Kuliah Ilmu Bahan Bangunan Di Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan Fakultas Teknik Universitas Negeri Jakarta. PenSil. https://doi.org/10.21009/jpensil.v9i1.12905
Ariani, N. K., & Ujianti, P. R. (2021). Media Video Animasi untuk Meningkatkan Listening Skill Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 9(1), 43-52. https://doi.org/10.23887/paud.v9i1.35690
Azhar, A. (2011). Media Pembelajaran. Raja Graf & Cepi Riyanto Indo Persada.
Hasanah, U. (2016). Pengembangan Kecerdasan Jamak Pada Anak Usia Dini. ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal, 4(1), 1. https://doi.org/10.21043/thufula.v4i1.1938
Hasmira, Anwar, & Yusuf, M. (2017). .Jurnal Wahana Kajian Pendidikan IPS, 1(2), 128–137.https://doi.org/10.31004/basicedu.v1i1.149
Jaelani, A. dkk. (2020). Penggunaan Media Online Dalam Proses Kegiatan Belajar PAI di Masa Pandemi Covid-19. Ika Pgsd Unars, 8(1), 12–24. https://doi.org/10.36841/pgsdunars.v8i1.579
Knoop-van Campen, C. A. N., Segers, E., & Verhoeven, L. (2020). Effects of audio support on multimedia learning processes and outcomes in students with dyslexia. Computers and Education, 150(June 2019), 103858. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2020.103858
Kurniasih, S. (2021). Kecerdasan Interpersonal Anak Usia Dini. Jakarta: Guepedia.
Mahyuddin, M. (2017). The Use of aVideo Camera in Learning Process of Polite Talk at Kindergarten in Padang. International Conference of Early Childhood Education. Vol 169 https://dx.doi.org/10.2991/icece-17.2018.68
Maria, U., Rusilowati, A., Hardyanto, W., Tengah, C., & Tengah, J. (2019). Interactive Multimedia Development in The Learning Process of Indonesian Culture Introduction Theme for 5-6 Year Old Children Article Info. Journal of Primary Education,8(3), 344–353. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jpe/article/view/27929
Miranda, D. (2019). Pengembangan Video Animasi Berbasis Karakter Cinta Tanah Air Untuk Anak Usia Dini. Jurnal Visi Ilmu Pendidikan, 11(2), 12. https://doi.org/10.26418/jvip.v11i2.32565
Munir. (2013). Multimedia dan Konsep Aplikasi dalam Pendidikan. Alfabeta.
Nurfadilah, H., & Rahman, T. (2021). Kecerdasan Interpersonal Anak Usia 5-6 Tahun Di Tk Bina Tunas Warga Ii Tirtawangunan. PAUD Agapedia, 5(2), 159–167. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jpe/article/view/27929
Nurhafizah. (2017). Strategi Pengembangan Kemampuan Sains Anak Taman Kanak-Kanak Di Koto Tangah Padang. Pedagogi: Jurnal Anak Usia Dini Dan Pendidikan Anak Usia Dini, 3(3b), 72–77.http://journal.um-surabaya.ac.id/index.php/Pedagogi/article/view/1067
Nurhafizah, N., & Kosnin, A. M. (2015). Implementasi Permainan Tradisional Indonesia Di Taman Kanak-Kanak Kota Padang. Pedagogi: Jurnal Ilmu Pendidikan, 15(1), 85. https://doi.org/10.24036/pedagogi.v15i1.5249
Nurhayati, I., Khumaedi, M., & Yudiono, H. (2018). The Effectiveness of the Use of Video Media on Learning on the Competence of Scalp and Hair Care of Vocational High School Students of Beauty Department. Journal of Vocational and Career Education, 3(1), 66–72. https://doi.org/10.15294/jvce.v3i1.15388
Pratiwi, A. R., & Ayriza, Y. (2018). Improvement of interpersonal and intrapersonal intelligence through traditional games. Psychological Research and Intervention, 1(1), 1–9. https://doi.org/10.21831/pri.v1i1.21192
Putra, L. D., & Ishartiwi, I. (2015). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Mengenal Angka Dan Huruf Untuk Anak Usia Dini. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 2(2), 169–178. https://doi.org/10.21831/tp.v2i2.7607
Rahmi, P. (2018). Strategi Pembelajaran Anak Usia Dini Berbasis Kecerdasan Interpersonal. Jurnal Pendiikan Anak Bunayya, 4(1), 45–56.https://jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/bunayya/article/view/6808
Riduwan. (2018). Aplikasi Statistika dan Metode Penelitian untuk. Administrasi dan Manajemen. Bandung: Dewa Ruci
Rose, J. A., O’Meara, J. M., Gerhardt, T. C., & Williams, M. (2016). Gamification: using elements of video games to improve engagement in an undergraduate physics class. Physics Education, 5, 51. https://doi.org/10.1088/0031-9120/51/5/055007
Rusdi, M. (2018). Penelitian Desain dan Pengembangan Kependidikan (Konsep, Prosedur dan Sintesis Pengetahuan Baru). PT. Raja Grafindo Persada.
Rusmawan, A. D. S. K. (2015). Kendala Guru Sekolah Dasar Dalam Implementasi Kurikulum 2013. Jurnal Cakrawala Pendidikan,no 3, 457–467.https://doi.org/10.21831/cp.v3i3.7409
Suryana, D., & Hijriani, A. (2022). Pengembangan Media Video Pembelajaran Tematik Anak Usia Dini 5-6 Tahun Berbasis Kearifan Lokal. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(2), 1077–1094. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i2.1413
Suyadi, M. U. (2013). Konsep Dasar PAUD. PT Remaja Rosdakarya.
Yaswinda, Y., Yulsyofriend, Y., & Sari, H. M. (2021). Analisis Pengembangan Kognitif dan Emosional Anak Kelompok Bermain Berbasis Kawasan Pesisir Pantai. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 996–1008. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.711