Pengembangan Video Animasi terhadap Kecerdasan Interpersonal Anak Usia Dini

Authors

  • Sri Bunga Hariyati PendidikaniAnak Usia Dini,iUniversitas Negeri Padang, Indonesia
  • Nurhafizah Nurhafizah PendidikaniAnak Usia Dini,iUniversitas Negeri Padang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i1.4033

Keywords:

ianak usia dini, kecerdasan interpersonal, video animasia

Abstract

Kecerdasan interpersonal merupakan aspek kecerdasan yang penting bagi pertumbuhan dan perkembangan anak usia dini. Temuan penelitian mengungkapkan bahwa beberapa anak memiliki kecerdasan interpersonal yang rendah, pemalu, dan kesulitan mengendalikan emosinya. Mereka juga mengalami kesulitan menyesuaikan diri dengan lingkungan baru. Pembuatan video animasi untuk meningkatkan kecerdasan interpersonal anak usia 5 sampai 6 tahun merupakan tujuan dari penelitian ini. Tahapan analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi terdiri dari metode R&D dari ADDIE.â€Data penelitian diperoleh dari hasil observasi, angket, dokumentasi, dan uji validasi ahli. Hasil Uji validasi materi  dan validasi media dikatakan sangat valid, sehingga media sangat layak digunakan.. Untuk hasil uji kepraktisaniberdasarkan indikator pada penggunaan media, waktu, tampilan media produk dinyatakan sangat praktis dan pada indikator komunikasi dan empati produk dinyatakan sangat efektif. Hasilnya, media video animasi yang dijelaskan pada hasil penelitian ini layak digunakan sebagai media pembelajaran, khususnya bagi individu yang memiliki kecerdasan interpersonal pada anak usia dini

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ainun, S. N. A. (2021). Penerapan Video Animasi Interaktif untuk Mengenalkan Nilai-Nilai Keagamaan pada Anak. Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal, 9(2). http://dx.doi.org/10.21043/thufula.v9i2.11893

Andriyani, N. L., & Suniasih, N. W. (2021). Development of Learning Videos Based on Problem-Solving Characteristics of Animals and Their Habitats Contain in Ipa Subjects on 6th-Grade. Journal of Education Technology, 5(1), 37–47. https://doi.org/10.23887/jet.v5i1.32314

Anida, A., & Eliza, D. (2021). Pengembangan Model Pembelajaran Saintifik Berbasis Kearifan Lokal untuk Perkembangan Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1557–1565. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.898

Apriansyah, M. R. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Video Berbasis Animasi Mata Kuliah Ilmu Bahan Bangunan Di Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan Fakultas Teknik Universitas Negeri Jakarta. PenSil. https://doi.org/10.21009/jpensil.v9i1.12905

Ariani, N. K., & Ujianti, P. R. (2021). Media Video Animasi untuk Meningkatkan Listening Skill Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 9(1), 43-52. https://doi.org/10.23887/paud.v9i1.35690

Azhar, A. (2011). Media Pembelajaran. Raja Graf & Cepi Riyanto Indo Persada.

Hasanah, U. (2016). Pengembangan Kecerdasan Jamak Pada Anak Usia Dini. ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal, 4(1), 1. https://doi.org/10.21043/thufula.v4i1.1938

Hasmira, Anwar, & Yusuf, M. (2017). .Jurnal Wahana Kajian Pendidikan IPS, 1(2), 128–137.https://doi.org/10.31004/basicedu.v1i1.149

Jaelani, A. dkk. (2020). Penggunaan Media Online Dalam Proses Kegiatan Belajar PAI di Masa Pandemi Covid-19. Ika Pgsd Unars, 8(1), 12–24. https://doi.org/10.36841/pgsdunars.v8i1.579

Knoop-van Campen, C. A. N., Segers, E., & Verhoeven, L. (2020). Effects of audio support on multimedia learning processes and outcomes in students with dyslexia. Computers and Education, 150(June 2019), 103858. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2020.103858

Kurniasih, S. (2021). Kecerdasan Interpersonal Anak Usia Dini. Jakarta: Guepedia.

Mahyuddin, M. (2017). The Use of aVideo Camera in Learning Process of Polite Talk at Kindergarten in Padang. International Conference of Early Childhood Education. Vol 169 https://dx.doi.org/10.2991/icece-17.2018.68

Maria, U., Rusilowati, A., Hardyanto, W., Tengah, C., & Tengah, J. (2019). Interactive Multimedia Development in The Learning Process of Indonesian Culture Introduction Theme for 5-6 Year Old Children Article Info. Journal of Primary Education,8(3), 344–353. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jpe/article/view/27929

Miranda, D. (2019). Pengembangan Video Animasi Berbasis Karakter Cinta Tanah Air Untuk Anak Usia Dini. Jurnal Visi Ilmu Pendidikan, 11(2), 12. https://doi.org/10.26418/jvip.v11i2.32565

Munir. (2013). Multimedia dan Konsep Aplikasi dalam Pendidikan. Alfabeta.

Nurfadilah, H., & Rahman, T. (2021). Kecerdasan Interpersonal Anak Usia 5-6 Tahun Di Tk Bina Tunas Warga Ii Tirtawangunan. PAUD Agapedia, 5(2), 159–167. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jpe/article/view/27929

Nurhafizah. (2017). Strategi Pengembangan Kemampuan Sains Anak Taman Kanak-Kanak Di Koto Tangah Padang. Pedagogi: Jurnal Anak Usia Dini Dan Pendidikan Anak Usia Dini, 3(3b), 72–77.http://journal.um-surabaya.ac.id/index.php/Pedagogi/article/view/1067

Nurhafizah, N., & Kosnin, A. M. (2015). Implementasi Permainan Tradisional Indonesia Di Taman Kanak-Kanak Kota Padang. Pedagogi: Jurnal Ilmu Pendidikan, 15(1), 85. https://doi.org/10.24036/pedagogi.v15i1.5249

Nurhayati, I., Khumaedi, M., & Yudiono, H. (2018). The Effectiveness of the Use of Video Media on Learning on the Competence of Scalp and Hair Care of Vocational High School Students of Beauty Department. Journal of Vocational and Career Education, 3(1), 66–72. https://doi.org/10.15294/jvce.v3i1.15388

Pratiwi, A. R., & Ayriza, Y. (2018). Improvement of interpersonal and intrapersonal intelligence through traditional games. Psychological Research and Intervention, 1(1), 1–9. https://doi.org/10.21831/pri.v1i1.21192

Putra, L. D., & Ishartiwi, I. (2015). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Mengenal Angka Dan Huruf Untuk Anak Usia Dini. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 2(2), 169–178. https://doi.org/10.21831/tp.v2i2.7607

Rahmi, P. (2018). Strategi Pembelajaran Anak Usia Dini Berbasis Kecerdasan Interpersonal. Jurnal Pendiikan Anak Bunayya, 4(1), 45–56.https://jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/bunayya/article/view/6808

Riduwan. (2018). Aplikasi Statistika dan Metode Penelitian untuk. Administrasi dan Manajemen. Bandung: Dewa Ruci

Rose, J. A., O’Meara, J. M., Gerhardt, T. C., & Williams, M. (2016). Gamification: using elements of video games to improve engagement in an undergraduate physics class. Physics Education, 5, 51. https://doi.org/10.1088/0031-9120/51/5/055007

Rusdi, M. (2018). Penelitian Desain dan Pengembangan Kependidikan (Konsep, Prosedur dan Sintesis Pengetahuan Baru). PT. Raja Grafindo Persada.

Rusmawan, A. D. S. K. (2015). Kendala Guru Sekolah Dasar Dalam Implementasi Kurikulum 2013. Jurnal Cakrawala Pendidikan,no 3, 457–467.https://doi.org/10.21831/cp.v3i3.7409

Suryana, D., & Hijriani, A. (2022). Pengembangan Media Video Pembelajaran Tematik Anak Usia Dini 5-6 Tahun Berbasis Kearifan Lokal. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(2), 1077–1094. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i2.1413

Suyadi, M. U. (2013). Konsep Dasar PAUD. PT Remaja Rosdakarya.

Yaswinda, Y., Yulsyofriend, Y., & Sari, H. M. (2021). Analisis Pengembangan Kognitif dan Emosional Anak Kelompok Bermain Berbasis Kawasan Pesisir Pantai. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 996–1008. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.711

Downloads

Published

16-02-2023

How to Cite

Hariyati, S. B., & Nurhafizah, N. (2023). Pengembangan Video Animasi terhadap Kecerdasan Interpersonal Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(1), 1024–1034. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i1.4033

Issue

Section

Articles