Pentingnya Nilai-Nilai Kearifan Lokal Suku Ngalum Ok dalam Kurikulum PAUD guna Menghasilkan Siswa Berkepribadian Unggul

Authors

  • Elka Mimin Studi Pembangunan, Universitas Kristen Satya Wacana, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i4.3984

Keywords:

nilai-nilai kearifan lokal, suku ngalum ok, kurikulum PAUD, kepribadian unggul

Abstract

Pentingnya fungsi, peran dan manfaat unsur budaya dan nilai-nilai kearifan lokal di dalamnya pada keberadaan dan keberlangsungan masyarakat dan kebudayaan suatu bangsa (suku), dengan demikian, upaya sosialisasi dan pelestarian perlu dilakukan seperti dengan memasukkan nilai-nilai kearifan lokal ke dalam kurikulum PAUD. Penelitian ini dimaksudkan untuk menunjukkan pentingnya memasukkan nilai-nilai kearifan lokal suku Ngalum Ok dalam kurikulum PAUD. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif dan pengumpulan data menggunakan wawancara mendalam, studi dokumentasi dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa unsur budaya dan nilai-nilai kearifan lokal suku Ngalum Ok masih memiliki fungsi, peran dan manfaat positif bagi kehidupan masyarakat pendukung. Maka penting untuk melestarikan unsur budaya dan nilai-nilai kearifan lokal suku Ngalum Ok yang meliputi: kejujuran, kesopanan, peduli, toleransi, keadilan, gotong-royong, saling menghormati dan sebagainya dalam kurikulum PAUD sebagai solusi cerdas untuk menghasilkan siswa PAUD yang unggul.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abah, J., Mashebe, P., & Denuga, D. D. (2015). Prospect of Integrating African Indigenous Knowledge Systems into the Teaching of Sciences in Africa. American Journal of Educational Research, 3(6), 668–673. https://doi.org/10.12691/education-3-6-1

Albantani, A. M. &, & Madkur, A. (2018). Think Globally, Act Locally: The Strategy of Incorporating Local Wisdom in Foreign Language Teaching in Indonesia. International Journal of Applied Linguistics and English Literature, 7(2), 1–8. https://doi.org/10.7575/aiac.ijalel.v.7n.2p.1

Allivna & Mundilarto. (2019). Developing Instrument Assessment of Student’s Process Skills in Physics Learning Based on Local Wisdom. International Journal of Educational Research Review, 4(4), 489–495. https://doi.org/10.24331/ijere.628160

Anida, & Eliza, D. (2021). Pengembangan Model Pembelajaran Saintifik Berbasis Kearifan Lokal untuk Perkembangan Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1556–1565. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.898

BPS. (2020). Indeks Pembangunan Manusia Pegunungan Bintang. https://pegununganbintangkab.bps.go.id/publikasi.html

Daniah. (2016). Kearifan Lokal (Local Wisdom) Sebagai Basis Pendidikan Karakter. Pionir: Jurnal Pendidikan, 5(2), 117. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.22373/pjp.v5i2.3356

Efendi, A. (2014). Implementasi Kearifan Budaya Lokal Pada Masyarakat Adat Kampung Kuta Sebagai Sumber Pembelajaran IPS. Sosio Didaktika, 01(02), 212–218. https://doi.org/10.15408/sd.v1i2.1263

Eliza, D., Mulyeni, T., Budayawan, K., Hartati, S., Khairiyah, F., & Permana, A. I. (2022). Pengembangan Teknologi Digital Cerita Sains Terintegrasi Kearifan lokal untuk Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(6), 7069–7077. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i6.3640

Fajarini, U. (2014). Peranan kearifan lokal dalam pendidikan karakter. Sosio Didaktika, 01(02). http://journal.uinjkt.ac.id/index.php/SOSIO-FITK/article/view/1225

Fuad, M., Efendi, A., & Muhammad, U. A. (2020). The Use of Pepaccur Local Wisdom for Indonesian Literary Teaching Materials. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 9(2), 213. https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v9i2.22779

Gani. (2020). Manusia Pendidikan dan Kebudayaan. Pustaka Reka Cipta.

Khoeriyah, N., Warto, & Sariyatun. (2018). Learning history integrated local wisdom values “babad Banyumas†to build a student’s national identity. SHS Web of Conferences, 42, 00091. https://doi.org/10.1051/shsconf/20184200091

Khumairo, A. (2017). Konseling Keluarga dalam Mengembangkan Nilai-Nilai Kearifan Lokal Pada Pola Pikir Anak. Elementary, 3, 61–71. https://e-journal.metrouniv.ac.id/index.php/elementary/article/view/789

Kurniati, A., Kudus, I., Marwah, & Hartati. (2021). Pembelajaran Kearifan Lokal Pakaian Adat Suku Buton bagi Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1101–1112. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.737

Kusuma, R. S. (2018). Peran Sentral Kearifan Lokal Dalam Peningkatan Kualitas Pendidikan. Jurnal Pedagogik, 05(02), 228–239. https://www.ejournal.unuja.ac.id/index.php/pedagogik/article/view/385

Marhayani, D. A. (2016). Development of Character Education Based on Local Wisdom in Indegenous People Tengahan Sedangagung. JETL (Journal Of Education, Teaching and Learning), 1(2), 66. https://doi.org/10.26737/jetl.v1i2.40

Marit, E. L. (2016). Noken dan Perempuan Papua: Analisis Wacana Gender dan Ideologi. Melanesia: Jurnal Ilmiah Kajian Sastra Dan Bahasa, 1(1), 33–42. file:///C:/Users/WINDOWS 10/Downloads/736-783-1-SM (2).pdf

Mimin, E. (2021). Pengembangan Model Kurikulum PAUD 2013 Berbasis Kearifan Lokal Suku Ngalum Ok. Jurnal Obsesi: Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 374–388. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i1.1327

Mubah, A. S. (2011). Strategi Meningkatkan Daya Tahan Budaya Lokal dalam Menghadapi Arus Globalisasi. Jurnal Unair, 24(4), 302–308. https://doi.org/10.1159/000322138

Nadlir. (2014). Urgensi Pembelajaran Berbasis Kearifan Lokal. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(2), 300–330. https://doi.org/10.15642/jpai.2014.2.2.299-330

Naryatmojo, D. L. (2019). Internalization the Concept of Local Wisdom for Students in the Listening Class. Arab World English Journal, 10(1), 382–394. https://doi.org/10.24093/awej/vol10no1.31

Pingge, H. D. (2017). Kearifan Lokal dan Penerapannya di Sekolah. Jurnal Edukasi Sumba, 01(02), 128–135. http://jurnalstkip-weetebula.ac.id/index.php/jes/article/view/27http://jurnalstkip-weetebula.ac.id/index.php/jes/article/view/27

Rahmawati, Rusli, M., & Yahiji, K. (2018). Actualization of Local Wisdom in Anticipating Radicalism of Religion In Gorontalo Indonesia. Kalam, 12(2), 327–352. https://doi.org/10.24042/klm.v12i2.2676

Redhana, I. W., Suja, I. W., & Antara, P. A. (2020). Kearifan Lokal Bali Untuk Mengembangkan Nilai-Nilai Kemanusiaan Siswa PAUD Sathya Sai Kumara. Proceeding Senadimas Undiksha, 903–914. https://dosen.undiksha.ac.id/profile/198303022006041001

Richardson, J. (1986). The Forms Of Capital. In Handbook of Theory and Research for the Sociology of Education. https://doi.org/10.15639/teflinjournal.v29i1/45-71

Riezal, C., Joebagio, H., & Susanto. (2018). Upaya Internalisasi Nilai-Nilai Budaya Peumulia Jamee Masyarakat Aceh dalam Pembelajaran Sejarah (Studi Kasus di SMA Negeri 1 Darul Makmur). BRILIANT: Jurnal Riset Dan Konseptual, 3(2), 190–200. https://doi.org/10.28926/briliant.v3i2.167

Septiarti, S. W., Hanum, F., Wahyono, S. B., Astuti, S. I., & Efianingrum, A. (2018). Sosiologi dan Antropologi Pendidikan. UNY Press.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitataif dan Kombinasi (Mixed Methods). Alfabeta.

Suharyanto, A. (2015). Pendidikan dan Proses Pembudayaan dalam Keluarga. Jurnal Pendidikan Ilmu-Ilmu Sosial Pendidikan, 7(2), 162–165. https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/jupiis/article/view/3123

Suyahman. (2018). Aktualisasi Nilai Kearifan Lokal Dalam Pembelajaran PPKN Di SMP Berdasarkan Kurikulum 2013. 0291. https://pgsd.umk.ac.id/files/prosiding/2018/6_Suyahman_43-48.pdf

Syahrial, Asrial, Maison, Mukminin, A., & Kurniawan, D. A. (2020). Ethnoconstructivism analysis: Study of pedagogic mathematics competence of primary school teachers. International Journal of Evaluation and Research in Education, 9(3), 614–624. https://doi.org/10.11591/ijere.v9i3.20256

Tatminingsih, S., & Dian, N. (2016). Kearifan Lokal Dan Pembelajaran Era Digital: Antara Harapan Dan Fakta (Persepsi Guru TK di Wilayah Yogjakarta). Prosiding Temu Ilmiah Nasional Guru (TING) VIII, November, 203–211. http://repository.ut.ac.id/6492

Toharudin, U., Kurniawan, I. S., & Dahlia, F. (2021). Sundanese Traditional Game “Bebentengan†(Castle): Development of Learning Method Based on Sundanese Local Wisdom. European Journal of Educational Research, 10(1), 199–209. https://doi.org/10.12973/EU-JER.10.1.199

Vygotsky, L. S. (1978). Mind in Society. In University of Texas Press Slavic series.

Wahyudi, A. A., & Setyawati, R. E. (2017). Prosiding Seminar Nasional. Pembelajaran Macapat Sebagai Upaya Melestarikan Kearifan Lokal Madura, 365–374. https://jurnal.unej.ac.id/index.php/fkip-epro/article/view/4906

We, A. Y., & Fauziah, P. Y. (2021). Tradisi Kearifan Lokal Minangkabau “Manjujai†untuk Stimulasi Perkembangan Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1339–1351. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.660

Wulansari, B. Y. (2017). Pelestarian Seni Budaya Dan Permainan Tradisional Melalui Tema Kearifan Lokal Dalam Kurikulum Pendidikan Anak Usia Dini. Indria (Jurnal Ilmiah Pendidikan PraSekolah) Dan Sekolah Awal, II(I), 1–11. https://doi.org/10.24269/jin.v2n1.2017.pp1-11

Yamin, M. (2017). Integrating The Local Wisdom Values into The National Curriculum to Create the Nationalism Strength. Journal of Education and Practice, 8(33), 47–53. The Local Wisdom Values into The National Curriculum to Create the Nationalism Strength.pdfhttp://eprints.ulm.ac.id/3500/1/Integrating

Yufiarti, Rivai, R. K., & Pratiwi, A. P. (2018). Development of Adiwiyata curriculum model based on local wisdom. AIP Conference Proceedings, 2019(October 2018). https://doi.org/10.1063/1.5061865

Zhang, L. (2021). Chinese Traditional Culture Education: Implementing the Child’s Position and Perspective in the Elementary School Textbook Morality and Law. ECNU Review of Education, 1–16. https://doi.org/10.1177/2096531121990509

Downloads

Published

24-08-2023

How to Cite

Mimin, E. (2023). Pentingnya Nilai-Nilai Kearifan Lokal Suku Ngalum Ok dalam Kurikulum PAUD guna Menghasilkan Siswa Berkepribadian Unggul. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(4), 4500–4512. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i4.3984

Issue

Section

Articles