- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Pentingnya Nilai-Nilai Kearifan Lokal Suku Ngalum Ok dalam Kurikulum PAUD guna Menghasilkan Siswa Berkepribadian Unggul
DOI:
https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i4.3984Keywords:
nilai-nilai kearifan lokal, suku ngalum ok, kurikulum PAUD, kepribadian unggulAbstract
Pentingnya fungsi, peran dan manfaat unsur budaya dan nilai-nilai kearifan lokal di dalamnya pada keberadaan dan keberlangsungan masyarakat dan kebudayaan suatu bangsa (suku), dengan demikian, upaya sosialisasi dan pelestarian perlu dilakukan seperti dengan memasukkan nilai-nilai kearifan lokal ke dalam kurikulum PAUD. Penelitian ini dimaksudkan untuk menunjukkan pentingnya memasukkan nilai-nilai kearifan lokal suku Ngalum Ok dalam kurikulum PAUD. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif dan pengumpulan data menggunakan wawancara mendalam, studi dokumentasi dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa unsur budaya dan nilai-nilai kearifan lokal suku Ngalum Ok masih memiliki fungsi, peran dan manfaat positif bagi kehidupan masyarakat pendukung. Maka penting untuk melestarikan unsur budaya dan nilai-nilai kearifan lokal suku Ngalum Ok yang meliputi: kejujuran, kesopanan, peduli, toleransi, keadilan, gotong-royong, saling menghormati dan sebagainya dalam kurikulum PAUD sebagai solusi cerdas untuk menghasilkan siswa PAUD yang unggul.
Downloads
References
Abah, J., Mashebe, P., & Denuga, D. D. (2015). Prospect of Integrating African Indigenous Knowledge Systems into the Teaching of Sciences in Africa. American Journal of Educational Research, 3(6), 668–673. https://doi.org/10.12691/education-3-6-1
Albantani, A. M. &, & Madkur, A. (2018). Think Globally, Act Locally: The Strategy of Incorporating Local Wisdom in Foreign Language Teaching in Indonesia. International Journal of Applied Linguistics and English Literature, 7(2), 1–8. https://doi.org/10.7575/aiac.ijalel.v.7n.2p.1
Allivna & Mundilarto. (2019). Developing Instrument Assessment of Student’s Process Skills in Physics Learning Based on Local Wisdom. International Journal of Educational Research Review, 4(4), 489–495. https://doi.org/10.24331/ijere.628160
Anida, & Eliza, D. (2021). Pengembangan Model Pembelajaran Saintifik Berbasis Kearifan Lokal untuk Perkembangan Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1556–1565. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.898
BPS. (2020). Indeks Pembangunan Manusia Pegunungan Bintang. https://pegununganbintangkab.bps.go.id/publikasi.html
Daniah. (2016). Kearifan Lokal (Local Wisdom) Sebagai Basis Pendidikan Karakter. Pionir: Jurnal Pendidikan, 5(2), 117. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.22373/pjp.v5i2.3356
Efendi, A. (2014). Implementasi Kearifan Budaya Lokal Pada Masyarakat Adat Kampung Kuta Sebagai Sumber Pembelajaran IPS. Sosio Didaktika, 01(02), 212–218. https://doi.org/10.15408/sd.v1i2.1263
Eliza, D., Mulyeni, T., Budayawan, K., Hartati, S., Khairiyah, F., & Permana, A. I. (2022). Pengembangan Teknologi Digital Cerita Sains Terintegrasi Kearifan lokal untuk Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(6), 7069–7077. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i6.3640
Fajarini, U. (2014). Peranan kearifan lokal dalam pendidikan karakter. Sosio Didaktika, 01(02). http://journal.uinjkt.ac.id/index.php/SOSIO-FITK/article/view/1225
Fuad, M., Efendi, A., & Muhammad, U. A. (2020). The Use of Pepaccur Local Wisdom for Indonesian Literary Teaching Materials. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 9(2), 213. https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v9i2.22779
Gani. (2020). Manusia Pendidikan dan Kebudayaan. Pustaka Reka Cipta.
Khoeriyah, N., Warto, & Sariyatun. (2018). Learning history integrated local wisdom values “babad Banyumas†to build a student’s national identity. SHS Web of Conferences, 42, 00091. https://doi.org/10.1051/shsconf/20184200091
Khumairo, A. (2017). Konseling Keluarga dalam Mengembangkan Nilai-Nilai Kearifan Lokal Pada Pola Pikir Anak. Elementary, 3, 61–71. https://e-journal.metrouniv.ac.id/index.php/elementary/article/view/789
Kurniati, A., Kudus, I., Marwah, & Hartati. (2021). Pembelajaran Kearifan Lokal Pakaian Adat Suku Buton bagi Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1101–1112. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.737
Kusuma, R. S. (2018). Peran Sentral Kearifan Lokal Dalam Peningkatan Kualitas Pendidikan. Jurnal Pedagogik, 05(02), 228–239. https://www.ejournal.unuja.ac.id/index.php/pedagogik/article/view/385
Marhayani, D. A. (2016). Development of Character Education Based on Local Wisdom in Indegenous People Tengahan Sedangagung. JETL (Journal Of Education, Teaching and Learning), 1(2), 66. https://doi.org/10.26737/jetl.v1i2.40
Marit, E. L. (2016). Noken dan Perempuan Papua: Analisis Wacana Gender dan Ideologi. Melanesia: Jurnal Ilmiah Kajian Sastra Dan Bahasa, 1(1), 33–42. file:///C:/Users/WINDOWS 10/Downloads/736-783-1-SM (2).pdf
Mimin, E. (2021). Pengembangan Model Kurikulum PAUD 2013 Berbasis Kearifan Lokal Suku Ngalum Ok. Jurnal Obsesi: Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 374–388. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i1.1327
Mubah, A. S. (2011). Strategi Meningkatkan Daya Tahan Budaya Lokal dalam Menghadapi Arus Globalisasi. Jurnal Unair, 24(4), 302–308. https://doi.org/10.1159/000322138
Nadlir. (2014). Urgensi Pembelajaran Berbasis Kearifan Lokal. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(2), 300–330. https://doi.org/10.15642/jpai.2014.2.2.299-330
Naryatmojo, D. L. (2019). Internalization the Concept of Local Wisdom for Students in the Listening Class. Arab World English Journal, 10(1), 382–394. https://doi.org/10.24093/awej/vol10no1.31
Pingge, H. D. (2017). Kearifan Lokal dan Penerapannya di Sekolah. Jurnal Edukasi Sumba, 01(02), 128–135. http://jurnalstkip-weetebula.ac.id/index.php/jes/article/view/27http://jurnalstkip-weetebula.ac.id/index.php/jes/article/view/27
Rahmawati, Rusli, M., & Yahiji, K. (2018). Actualization of Local Wisdom in Anticipating Radicalism of Religion In Gorontalo Indonesia. Kalam, 12(2), 327–352. https://doi.org/10.24042/klm.v12i2.2676
Redhana, I. W., Suja, I. W., & Antara, P. A. (2020). Kearifan Lokal Bali Untuk Mengembangkan Nilai-Nilai Kemanusiaan Siswa PAUD Sathya Sai Kumara. Proceeding Senadimas Undiksha, 903–914. https://dosen.undiksha.ac.id/profile/198303022006041001
Richardson, J. (1986). The Forms Of Capital. In Handbook of Theory and Research for the Sociology of Education. https://doi.org/10.15639/teflinjournal.v29i1/45-71
Riezal, C., Joebagio, H., & Susanto. (2018). Upaya Internalisasi Nilai-Nilai Budaya Peumulia Jamee Masyarakat Aceh dalam Pembelajaran Sejarah (Studi Kasus di SMA Negeri 1 Darul Makmur). BRILIANT: Jurnal Riset Dan Konseptual, 3(2), 190–200. https://doi.org/10.28926/briliant.v3i2.167
Septiarti, S. W., Hanum, F., Wahyono, S. B., Astuti, S. I., & Efianingrum, A. (2018). Sosiologi dan Antropologi Pendidikan. UNY Press.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitataif dan Kombinasi (Mixed Methods). Alfabeta.
Suharyanto, A. (2015). Pendidikan dan Proses Pembudayaan dalam Keluarga. Jurnal Pendidikan Ilmu-Ilmu Sosial Pendidikan, 7(2), 162–165. https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/jupiis/article/view/3123
Suyahman. (2018). Aktualisasi Nilai Kearifan Lokal Dalam Pembelajaran PPKN Di SMP Berdasarkan Kurikulum 2013. 0291. https://pgsd.umk.ac.id/files/prosiding/2018/6_Suyahman_43-48.pdf
Syahrial, Asrial, Maison, Mukminin, A., & Kurniawan, D. A. (2020). Ethnoconstructivism analysis: Study of pedagogic mathematics competence of primary school teachers. International Journal of Evaluation and Research in Education, 9(3), 614–624. https://doi.org/10.11591/ijere.v9i3.20256
Tatminingsih, S., & Dian, N. (2016). Kearifan Lokal Dan Pembelajaran Era Digital: Antara Harapan Dan Fakta (Persepsi Guru TK di Wilayah Yogjakarta). Prosiding Temu Ilmiah Nasional Guru (TING) VIII, November, 203–211. http://repository.ut.ac.id/6492
Toharudin, U., Kurniawan, I. S., & Dahlia, F. (2021). Sundanese Traditional Game “Bebentengan†(Castle): Development of Learning Method Based on Sundanese Local Wisdom. European Journal of Educational Research, 10(1), 199–209. https://doi.org/10.12973/EU-JER.10.1.199
Vygotsky, L. S. (1978). Mind in Society. In University of Texas Press Slavic series.
Wahyudi, A. A., & Setyawati, R. E. (2017). Prosiding Seminar Nasional. Pembelajaran Macapat Sebagai Upaya Melestarikan Kearifan Lokal Madura, 365–374. https://jurnal.unej.ac.id/index.php/fkip-epro/article/view/4906
We, A. Y., & Fauziah, P. Y. (2021). Tradisi Kearifan Lokal Minangkabau “Manjujai†untuk Stimulasi Perkembangan Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1339–1351. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.660
Wulansari, B. Y. (2017). Pelestarian Seni Budaya Dan Permainan Tradisional Melalui Tema Kearifan Lokal Dalam Kurikulum Pendidikan Anak Usia Dini. Indria (Jurnal Ilmiah Pendidikan PraSekolah) Dan Sekolah Awal, II(I), 1–11. https://doi.org/10.24269/jin.v2n1.2017.pp1-11
Yamin, M. (2017). Integrating The Local Wisdom Values into The National Curriculum to Create the Nationalism Strength. Journal of Education and Practice, 8(33), 47–53. The Local Wisdom Values into The National Curriculum to Create the Nationalism Strength.pdfhttp://eprints.ulm.ac.id/3500/1/Integrating
Yufiarti, Rivai, R. K., & Pratiwi, A. P. (2018). Development of Adiwiyata curriculum model based on local wisdom. AIP Conference Proceedings, 2019(October 2018). https://doi.org/10.1063/1.5061865
Zhang, L. (2021). Chinese Traditional Culture Education: Implementing the Child’s Position and Perspective in the Elementary School Textbook Morality and Law. ECNU Review of Education, 1–16. https://doi.org/10.1177/2096531121990509