- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Pengembangan Game Interaktif dalam Meningkatkan Kecerdasan Matematika Anak di Taman Kanak-Kanak
DOI:
https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i3.3934Keywords:
Game Interaktif, Kecerdasan Matematika, Anak Usia DiniAbstract
Pembelajaran yang ideal yaitu pembelajaran yang mampu memenuhi kebutuhan sehingga tercapai tujuan pembelajaran. Smartphone merupakan suatu hal yang menarik bagi anak sehingga mengurangi waktu untuk belajar. Maka salah satu cara efektif denganmenciptakan game interaktif dalam pembelajaran untuk menstimulasi kecerdasan anak terutama matematika. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan game edukasi untuk meningkatkan kecerdasan matematika anak usia dini yang valid, praktis, dan efektif. Penelitian ini menggunakan metode pengembangan model ADDIE (Analisis, Desain, Development, Implemention, dan Evaluation). Hasil validitas game edukasi untuk meningkatkan kecerdasan logika matematika anak usia dini dinyatakan valid dan hasil kelayakan media sangat layak digunakan, dengan nilai rata-rata Aiken’s V oleh ahli materi yaitu 0,85 dan hasil nilai rata-rata Aiken’s V oleh ahli media yaitu 0,90. Hasil praktikalitas game interaktif untuk meningkatkan kecerdasan matematika anak usia dini dinyatakan sangat praktis, dengan hasil rata-rata persentase praktikalitas yaitu 92 %. Hasil presentase efektivitas yaitu 89% dan game interaktif untuk meningkatkan kecerdasan matematika anak usia dini dinyatakan sangat efektif. Penekanan pada matematika meliputi aspek berpikir simbolik dan pemecahan masalah dengan beberapa item masing-masingnya dengan jumlah butir 4 item. Berdasarkan 1 aspek, untuk berpikir simbolik dapat meningkat secara mandiri hanya dengan bantuan audio, namun untuk aspek pemecahan masalah dibutuhkan bantuan guru. Hasil pengembangan dari penelitian ini adalah produk baru yang dapat membantu orang tua dan guru dalam meningkatkan kecerdasan matematika anak yang dinyatakan valid, praktis dan efektif
Downloads
References
Amalia, R., Akbar, Z., & Nurani, Y. (2021). Pengembangan Media Game Edukasi Adventure Cooking untuk Meningkatkan Perilaku Prososial Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3), 1501–1513. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i3.1697
Armstrong, T. (2009). Multiple Intelligences in the Classroom (3rd ed.). Alexandria, VA: Association for Supervision & Curriculum Development..
Batuwael, E., Lumenta, A. S. ., & Tulenan, V. (2016). Analisa Dan Perancangan Game Edukasi Kebersihan Mulut Pada Anak Umur 5-10 Tahun Berbasis Android. Jurnal Teknik Informatika, 7(1), 1–6. https://doi.org/10.35793/jti.7.1.2016.10771
Booth, R., & O’Brien, P. J. (2008). An holistic approach for counsellors: Embracing multiple intelligences. International Journal for the Advancement of Counselling, 30(2), 79–92. https://doi.org/10.1007/s10447-008-9046-0
Cahyo, A. N. (2011). Game Khusus Penyeimbang Otak Kanan dan Kiri. Jogjakarta:Flashbooks.
Damanik, R. (2019). Metode Pengacakan Algoritma Fisher Yates Pada Game Edukasi Pengenalan Kosakata Bahasa Inggris. Information System Development, 4(1), 1–6. https://ejournal-medan.uph.edu/index.php/isd/article/view/223
Duh, E. S., Koceska, N., & Koceski, S. (2017). Game-based learning: educational game Azbuka to help young children learn writing Cyrillic letters. Multimedia Tools and Applications, 76(12), 14091–14105. https://doi.org/10.1007/s11042-016-3829-9
Efwan, D. F. A., Bunyamin, & Wahyudin. (2014). Pengembangan Game Edukasi 3 Dimensi Bahasa Inggris Sebagai Media Pembelajaran Untuk Anak. Jurnal Algoritma, 11(1), 1–7. https://jurnal.itg.ac.id/index.php/algoritma/article/view/144
Fitri, R., & Rakimahwati, R. (2021). Game Edukasi Berbasis Budaya Lokal Sumbang Duo Baleh untuk Meningkatkan Kecerdasan Interpersonal Anak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 239–251. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i1.1220
Gardner, H. (2011). Frames of Mind The Theory of Multiple Intelligences.
Handayani, P., & Khoiriyah, M. A. (2022). Media Video Games Wordwall dan Lembar Kerja untuk Kemampuan Membilang dan Motivasi Anak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(6), 6523–6536. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i6.3152
Hidayat, A., & Nur, M. (2022). Game Animasi Animal Karambol Berbasis Aplikasi Android untuk Meningkatkan Pengetahuan Sains pada Anak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(6), 5863–5872. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i6.3277
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (2014) Peraturan Menteri dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 137 Tahun 2014 tentang Standar Pendidikan Anak Usia Dini. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Krisnawan, G. N. A. (2015). Rancang Bangun Aplikasi Game Edukasi Bahasa Inggris untuk Anak Berbasis Android. Konferensi Nasional Sistem Dan Informatika (KNS&I), 86, 955–960. http://ejournal.stikom-bali.ac.id/index.php/knsi/article/view/520
Manggena, T. F., Putra, K. P., & Elingsetyo Sanubari, T. P. (2017). Pengaruh Intensitas Bermain Game Terhadap Tingkat Kognitif (Kecerdasan Logika-Matematika) Usia 8-9 Tahun. Satya Widya, 33(2), 146–153. https://doi.org/10.24246/j.sw.2017.v33.i2.p146-153
Misrawati, M., & Suryana, D. (2021). Bahan Ajar Matematika Berbasis Model Pembelajaran Tematik terhadap Kemampuan Berhitung Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 298–306. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i1.1249
Munawaroh, H., Widiyani, A. Y. E., & Muntaqo, R. (2020). Pengembangan Multimedia Interaktif Tema Alam Semesta pada Anak Usia 4-6 Tahun. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1164–1172. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.619
Muncarno, & Yulina. (2017). Hubungan Kecerdasan Verbal dan Kecerdasan Logika Matematika dengan Kemampuan Menyelesaikan Soal Cerita Matematika siswa SD. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 6(3), 421–431. https://ojs.fkip.ummetro.ac.id/index.php/matematika/article/view/1176/0
Najafi, M., Akouchekian, S., Ghaderi, A., Mahaki, B., & Rezaei, M. (2017). Multiple Intelligences Profiles of Children with Attention Deficit and Hyperactivity Disorder in Comparison with Nonattention Deficit and Hyperactivity Disorder. Advanced Biomedical Research, 6(1), 1–7. https://doi.org/10.4103/abr.abr_222_15
Novitasari, Y., & Fauziddin, M. (2022). Analisis Literasi Digital Tenaga Pendidik pada Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 3570–3577. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.2333
Nurtiani, A. T., & Sheilisa. (2017). Efektivitas Metode Fun Learning terhadap Kecerdasan Logika Matematika Anak Kelompok B di TK Methodist Banda Aceh. Jurnal Buah Hati, 4(2), 75–81. https://ejournal.bbg.ac.id/buahhati/article/view/556
Plastoi, C. D. (2017). the Theory of Multiple Intelligences and Their Impact on Learning Specific Movements in Swimming. Bulletin of the Transilvania University of Brasov, Series IX: Sciences of Human Kinetics, 10(1), 49–54. https://www.proquest.com/openview/a8c3352b37ac3f72042732f73fa2015a
Pramuditya, S. A., Noto, M. S., & Purwono, H. (2018). Desain Game Edukasi Berbasis Android pada Materi Logika Matematika. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 2(2), 165–179. https://doi.org/10.33603/jnpm.v2i2.919
Priyanto, S., Pribadi, P., & Hamdi, A. (2014). Game Edukasi “Matching Three†Untuk Anak Usia Dini. Telematika, 7(2), 32. https://ejournal.amikompurwokerto.ac.id/index.php/telematika/article/view/248
Putri, C. R., Hasmunir, & Harun, M. Y. (2016). Penerapan Strategi Pembelajaran Murder untuk Meningkatkan Hasil Belajar Geografi dengan Menggunakan Metode Game Edukasi Permainan Miskin pada Siswa Kelas X IPS 2 di MAN Banda Aceh 1. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Geografi FKIP Unsyiah, I(1), 26–37. https://jim.usk.ac.id/geografi/article/view/419
Roza, D., Nurhafizah, N., & Yaswinda, Y. (2020). Urgensi Profesionalisme Guru Pendidikan Anak Usia Dini dalam Penyelenggaraan Perlindungan Anak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 277–283. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.325
Sapriani, R. (2019). Profesionalisme Guru PAUD Melati Terpadu dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan pada Era Revolusi Industri 4.0. Prosiding Seminar Nasional Program Pascasarjana Universitad PGRI Palembang, 741–754. https://jurnal.univpgri-palembang.ac.id/index.php/Prosidingpps/article/view/2631
Setiawan, W., & Aprianti, E. (2018). Peningkatan Kecerdasan Logika Matematika melalui Biblioterapi Anak Usia Dini Kelompok A di Kober Warna Plus. Jurnal Ceria, 1(4), 7–15. https://journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/ceria/article/view/2202
Sugiyanto, & Hening, D. Y. (2011). Game Edukasi " Ragam Budaya " Sebagai Media Pembelajaran Budaya tentang Pakaian dan Rumah Adat di Indonesia. Seminar Nasional Teknologi Informasi & Komunikasi Terapan, 1(1). http://publikasi.dinus.ac.id/index.php/semantik/article/view/184
Sujiono, Y. N. (2011). Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: PT Indeks Macanan Jaya Cemerlang.
Suryana, D. (2013). Pendidikan Anak Usia Dini. Padang. Padang:UNP Press.
Suryana, D. (2017). Pembelajaran Tematik Terpadu Berbasis Pendekatan Saintifik di Taman Kanak-kanak. JPUD - Jurnal Pendidikan Usia Dini, 11(1), 67–82. https://doi.org/10.21009/jpud.111.05
Suyanti, S., & Abd Jabar, C. S. (2022). Studi Deskriptif Isi Pesan Moral Pada Lirik Lagu Dolanan Khas Jawa. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(6), 5605–5614. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i6.3256
Trianto. (2011). Desain Pengembangan Pembelajaran Tematik bagi Anak Usia Dini. Kharisma Putra Utama.
Wajannati, M. (2016). Peningkatan Kecerdasan Logika Matematik Usia 5-6 Tahun melalui Media Maze Angka. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 105–114. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004
Waspodo, M. (2012). Pengembangan Profesional Berkelanjutan bagi Guru PAUD. Jurnal Ilmiah VISI P2TK PAUD NI, 7(1), 77–81. https://journal.unj.ac.id/unj/index.php/jiv/article/view/2679
Wiryanto, W., Fauziddin, M., Suprayitno, S., & Budiyono, B. (2023). Systematic Literature Review : Implementasi STEAM di Sekolah Dasar Kelas Rendah. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(2), 1545–1555. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i2.4268
Yanti, D. (2016). Meningkatkan Kecerdasan Logika Matematika melalui Kegiatan Fun Cooking (Penelitian Tindakan pada Anak Kelompok B2 di TK Negeri Pembina Pandeglang). Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 7–18. https://jurnal.untirta.ac.id/index.php/jpppaud/article/view/4603