Pengaruh Pembelajaran Project Based Learning terhadap Kecerdasan Visual Spasial Anak Usia 5-6 Tahun

Author


Rohmatul Hasanah(1Mail), Sri Katoningsih(2), Joushua Caseley Anak Akun(3),
Pendidikan Guru Anak Usia Dini, Universitas Muhammadiyah Surakarta, Indonesia(1)
Pendidikan Guru Anak Usia Dini, Universitas Muhammadiyah Surakarta, Indonesia(2)
Jabatan Pendidikan Negeri Sarawak, Malaysia, Malaysia(3)

Mail Corresponding Author
Article Analytic
 PDF Full Text   [File Size: 475KB]

Published : 2023-04-01

Article can trace at:


Article Metrics

Abstract Views: 898 times PDF Downloaded: 459 times

Abstract


Kecerdasan visual spasial anak (KVS) sangat penting untuk membantu dan melatih anak untuk mengekspresikan dalam aktivitas sehari-hari terutama berkaitan dengan visual. Studi ini bertujuan untuk menganalisis kecerdasan visual spasial anak usia dini yang dipengaruhi oleh skema pembelajaran project based learning. Hal ini dimaksudkan agar para pendidik mempunyai referensi untuk membuat pilihan teknik maupun skema yang cocok dalam mendorong kecerdasan visual spasial peserta didik selama pembelajaran. Peneliti menggunakan paragdima penelitian kuantitatif dan metode yang digunakan untuk mengumpulkan data yakni melalui kuesioner. Kemudian teknik penganalisaan data menerapkan analisis regresi linier berganda. Berdasarkan pengujian yang dilakukan diperoleh kecerdasan visual spasial anak usia dini dipengaruhi oleh skema pembelajaran project based learning. Kemampuan anak dalam mengekspresikan objek yang dilihat secara detail dan dapat mendeskripsikan kembali secara jelas tergantung dari tingkat kecerdasan spasial maupun visual. Implikasi dari studi ini adalah guru dapat mengevaluasi dan dapat memberikan alternatif untuk meningkatkan kecerdasan visual spasial anak.


Keywords


project based learning; visual spasial; anak usia dini

References


Agustin, N., Syaikhu, A., Nadar, W. (2021). Peningkatan Kemampuan Scientific Thinking melalui Project Based Learning pada Anak Usia Dini. Seminar Nasional Pendidikan STKIP Kusuma Negara III , 141–147. https://jurnal.stkipkusumanegara.ac.id/index.php/semnara2020/article/view/1335

Andersen, L. (2014). Visual–Spatial Ability: Important in STEM, Ignored in Gifted Education. Roeper Review, 36(2), 114–121. https://doi.org/10.1080/02783193.2014.884198

Anggraini, P. D., & Wulandari, S. S. (2021). Analisis Penggunaan Model Pembelajaran Project Based Learning Dalam Peningkatan Keaktifan Siswa. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 9(2), 292–299. https://journal.unesa.ac.id/index.php/jpap/article/view/9902

Ardiana, R. (2022). Pembelajaran Berbasis Kecerdasan Majemuk dalam Pendidikan Anak Usia Dini. Murhum : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1–12. https://doi.org/10.37985/murhum.v3i1.65

Arikunto. (2013). Procedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta.

Arikunto, S. (2002). Prosedur penelitian suatu pendekatan praktek. Rineka Cipta.

Danang, D., Prasetyo, M., & Zainal, A. (2021). Pengembangan Kecerdasan Visual Spasial Pengembangan Kecerdasan Visual Spasial Melalui Kegiatan Menggunting dan Menempel di TKIT Yaumi Fatimah Pati. Jurnal Pendidikan & Agama Islam (SALIHA), 4(2), 236–248. https://doi.org/10.54396/saliha.v4i2.195

Halawa. (2021). Penerapan Model Project-Based Learning Dalam Meningkatkan Motivasi Anak Usia Dini Melalui Media Komik Di Ii Sd Negeri 071057 Hiliweto Gido. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 4(1), 1–8. https://doi.org/10.31004/jrpp.v4i1.1939

Farida, N., & Rasyid, H. (2019). The Effectiveness of Project-based Learning Approach to Social Development of Early Childhood. Proceedings of the International Conference on Special and Inclusive Education (ICSIE 2018). https://doi.org/10.2991/icsie-18.2019.67

Fasrita, F., Salmina, M., & Nurtiani, A. T. (2020). Efektivitas Kegiatan Menggambar Terhadap Kecerdasan Visual Spasial Anak Kelompok TK B di PAUD Mina Aceh Besar. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan, 1(1). https://doi.org/10.2991/icsie-18.2019.67

Ghozali, I. (2012). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 20. Penerbit Universitas Diponegoro.

Hikmawati, N., Herman, H., & Amal, A, (2021). Pengaruh Media Papan Flanel Menggunakan Gambar Terhadap Kecerdasan Visual Spasial Anak Kelompok B. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pengembangan Pembelajaran, 10, 1–8. https://ojs.unm.ac.id/EDUSTUDENT/article/view/25797

Holm SAU, M., & Vernon, A.-M. N. (2011). Project-Based Instruction: A Review of the Literature on Effectiveness in Prekindergarten through 12th Grade Classrooms. InSight: Rivier Academic Journal, 7(2), 1–13. https://www.researchgate.net/publication/329000774

HP, B. S., Mochtar, H., & Suparman, A. (2020). The Effect of Blended Learning Approach and Visual-Spatial Ability on Learning Outcomes. JETL (Journal of Education, Teaching and Learning), 5(1), 193. https://doi.org/10.26737/jetl.v5i1.1150

Iliska, I. (2022). Pengaruh Penataan Ruang Kelas Terhadap Kecerdasan Visual Spasial Anak Usia 4-6 Tahun Di Paud Permata Bunda Kota Bengkulu. IAIN Bengkulu. http://repository.iainbengkulu.ac.id/8826

Khasanah, U. (2021). Analisis Regresi. UAD Press.

Lerner, F. (2018). Visual-Spatial Art and Design Literacy as a Prelude to Aesthetic Growth. International Journal of Art & Design Education, 37(1), 65–73. https://doi.org/10.1111/jade.12110

Masruroh., Mawarsari, D., & Purnomo, E. A. (2020). Pengembangan Media Pop-Up Book Geometri Untuk Meningkatkan Kecerdasan Visual Spasial Dan Logika Matematika Anak Usia Dini. 5(Inovasi Riset dan Pengabdian Masyarakat Guna Menunjang Pencapaian Sustainable Development Goals (SDGs)). Prosiding Seminar Nasional Unimus. https://prosiding.unimus.ac.id/index.php/semnas/article/view/631

Metin, Ş., & Aral, N. (2016). Analysis of the Effects of Project-Based Education on the Visual Perceptions of Five-Year-Old Children (60 -72 Months). TED EĞİTİM VE BİLİM, 41(186). https://doi.org/10.15390/EB.2016.4594

Nisfa, N. L., Latiana, L., Pranoto, Y. K. S., & Diana, D. (2022). Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Terhadap Kemampuan Sosial dan Emosi Anak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(6), 5982–5995. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i6.3032

Noorlaila, I. (2010). Panduan lengkap mengajar PAUD : kreatif mendidik dan bermain bersama anak. Pinus Book Publisher

Rydhanti, Q. R. (2021). Upaya Guru Dalam Mengembangkan Kecerdasan Visual Spasial Anak Usia Dini di TK Muslimat Nu 001 Ponorogo. IAIN Ponorogo. http://etheses.iainponorogo.ac.id/15431

Raharjo, A. T. (2010). Hubungan Antara Multiple Intelligence Dengan Prestasi Belajar Siswa Kelas XI di SMA Negeri 10 Malang. Jurnal Psikologi Tabularasa, 5(2), 311–322. https://jurnal.unmer.ac.id/index.php/jpt/article/view/183

Roberts, K. L., Englund Strait, J. A., & Decker, S. L. (2018). Developmental Trajectories of Verbal, Static Visual-Spatial, and Dynamic Visual-Spatial Working Memory. Contemporary School Psychology, 22(4), 458–467. https://doi.org/10.1007/s40688-018-0176-z

Rosidah, L. (2014). Peningkatan Kecerdasan Visual Spasial Anak Usia Dini Melalui Permainan Maze. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 8(2), 281–290. https://journal.unj.ac.id/unj/index.php/jpud/article/view/3593

Sari, A. Y., Rodiyah., sujati., & Zulfah, Z. (2018). Implementasi Pembelajaran Project Based Learning Untuk Anak Usia Dini. Jurna; Motoric, 1(1). https://doi.org/10.31090/paudmotoric.v1i1.547

Simatupang, D., & Ema L. (2015). Pengaruh Kegiatan Kolase Terhadap Kecerdasan Visual Spasial Anak Usia 5-6 Tahun Di Ra Masjid Agung Medan. Bunga Rampai Usai Emas, 1, 1–13. https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/jhp/article/view/9277

Solikhah, A. (2016). Statistik Deskriptif Dalam Penelitian Kualitatif. Komunika, 10(2). https://doi.org/10.24090/komunika.v10i2.953

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Sujiono, Y. N. (2009). Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Indeks.

Derung, T. N., & Mandonza, M. (2021). Peran Pembina Dalam Pelaksanaan Bina Iman Anak Usia Dini di Paroki Santo Andreas Tidar. Journal Pendidikan Dan Theologi, 1(6). https://doi.org/10.56393/intheos.v1i6.547

Wardhani, D., Irawa, E. B., & Sa’dijah, C. (2016). Origami Terhadap Kecerdasan Spasial Matematika Siswa. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 1(5), 905–909. http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/article/view/6301


Refbacks

  • There are currently no refbacks.