- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Penerapan Berbagai Hipotesis Pemerolehan Bahasa Kedua Terhadap Anak Usia Dini
DOI:
https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i1.3893Keywords:
Hipotesis pemerolehan bahasa, usia dini, penerapan bahasa keduaAbstract
Pendapat bahwa sajian bahasa yang bermacam-macam bahasa atau menjadikan multi language pada anak usia dini akan mengakibatkan kebingungan bagi anak tidak selalu benar. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis berbagai hipotesis pemerolehan bahasa kedua. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif melalui study kasus. Teknik pengumpulan data dengan observasi, dokumentasi dan wawancara. Teknik pengumpulan data juga dilakukan dengan teknik simak bebas libat cakap. Subjek penelitian ini adalah anak usia 5,5 tahun. Data penelitian berupa pemerolehan bahasa kedua. Hasil observasi menunjukkan bahwa subjek merasa senang dalam memperoleh sajian beberapa bahasa. Proses mentransfer pemerolehan berbahasa kedua dilakukan melalui beberapa hipotesis pemerolehan bahasa, yaitu hipotesis input, hipotesis mitasi atau meniru dan hipotesis respon fisik secara total. Wujud hasil linguistik berupa kata benda, kata sifat, kata kerja, kata ganti kepemilikan, kata ganti, dan kata tanya.
Downloads
References
Adi Chandra, A. (2019). Peranan Pola Pengasuhan Terhadap Pemerolehan Bahasa Pada Anak. LITERASI: Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia Dan Daerah. https://doi.org/10.23969/literasi.v8i2.1288
Amanah, F. P. (2017). Teori Krashen sebagai Solusi Pemecahan Masalah Kemampuan Berbicara pada Pembelajar Bahasa Inggris Di Indonesia. Conference on Language and Language Teaching. https://semnas.untidar.ac.id/wp-content/uploads/2018/02/page-479-484-firma.pdf
Aryanto, D. E. (2020). Pemerolehan Bahasa Anak Somalia Umur 4 Tahun Terhadap Bahasa Kedua Dalam Lingkungan Masyarakat Ciputat Tangerang Selatan. Fon : Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 16(2), 97. https://doi.org/10.25134/fjpbsi.v16i2.2970
Baiti, N. (2020). Pola Asuh dan Komunikasi Orang Tua Terhadap Perkembangan Bahasa Anak. PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(01), 42–50. https://doi.org/10.31849/paud-lectura.v4i01.4959
Batubara, H. (2021). Proses Pemerolehan Bahasa Pertama Pada Anak. Kode : Jurnal Bahasa, 10(4), 75–86. https://doi.org/10.24114/kjb.v10i4.30772
Burhan, M. (2019). Pengaruh Parenting yang Baik dan Storytelling terhadap Kemampuan Berkomunikasi Bahasa Inggris. DEIKSIS, 11(02), 130. https://doi.org/10.30998/deiksis.v11i02.3461
Choirunnisa, B. C. (2020). Peranan Ibu dalam Pemerolehan Bahasa Anak Usia 4-5 tahun. Jubindo: Jurnal Ilmu Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 5(1), 30–37. https://doi.org/10.32938/jbi.v5i1.433
Darihastining, S., Aini, S. N., Maisaroh, S., & Mayasari, D. (2020). Penggunaan Media Audio Visual Berbasis Kearifan Budaya Lokal pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1594–1602. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.923
Helty, H., Izar, J., Afria, R., & Afifah, I. H. (2021). Tahapan Dan Perbandingan Pemerolehan Bahasa Pada anak laki-Laki Dan Perempuan Usia 18 Bulan: Kajian Psikolinguistik. Deiksis: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 7(2), 84. https://doi.org/10.33603/deiksis.v7i2.3650
Hinkin, T. R., Tracey, J. B., & Enz, C. a. (1997). Scale construction: Developing reliable and valid measurement instruments. Journal of Hospitality & Tourism Research, 21(1), 100–120. https://doi.org/10.1177/109634809702100108
Irwansyah, I. S. (2020). Pengaruh Usia Terhadap Kemampuan Memahami Bahasa Kedua. SASTRANESIA: Jurnal Program Studi Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 8(2). https://doi.org/10.32682/sastranesia.v8i2.1264
Khairi, H. (2018). Pemerolehan Bahasa. Jurnal Warna, 2(2 Desember), 15–28.
Lewis, S. (2015). Qualitative Inquiry and Research Design: Choosing Among Five Approaches. In Health Promotion Practice (Vol. 16, Issue 4, pp. 473–475). Sage publications. https://doi.org/10.1177/1524839915580941
Lilawati, A. (2020). Peran Orang Tua dalam Mendukung Kegiatan Pembelajaran di Rumah pada Masa Pandemi. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 549. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.630
Mislikhah, S. (2019). Pemerolehan Bahasa Kedua Pada Anak Usia Dini Di Taman Kanak-Kanak Dewi Masyithoh I Kraton Kencong Jember. SASTRANESIA: Jurnal Program Studi Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 6(4), 1. https://doi.org/10.32682/sastranesia.v6i4.961
Muliawati, H. (2016). Pemerolehan dan Pembelajaran Bahasa Indonesia sebagai Bahasa Kedua bagi Orang Asing Melaui Proses Attitude dan Aptitude. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 1, 12–16. https://www.fkip-unswagati.ac.id/ejournal/index.php/deiksis/article/view/48
Muradi, A. (2018). Pemerolehan Bahasa Dalam Perspektif Psikolinguistik Dan Alquran. Jurnal Tarbiyah : Jurnal Ilmiah Kependidikan, 7(2). https://doi.org/10.18592/tarbiyah.v7i2.2245
Nufus, H. (2015). Hipotesis Pemerolehan Bahasa dan pemerolehan Sintaksis. Wahana Didaktika : Jurnal Ilmu Kependidikan, 12(3), 43–53. https://jurnal.univpgri-palembang.ac.id/index.php/didaktika/article/view/56
Pallawagau, B., & Rasna, R. (2022). Pemerolehan Bahasa Asing Sebagai Bahasa Kedua (Kajian Pemerolehan Bahasa Arab). JAEL: Journal of Arabic Education and Linguistic, 2(2), 64–76. https://journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/jael/article/view/31151
Puspita, Y., Hanum, F., Rohman, A., Fitriana, F., & Akhyar, Y. (2022). Pengaruh Faktor Lingkungan Keluarga untuk Perkembangan Pemerolehan Bahasa Pertama Anak Usia 2 Tahun 5 Bulan. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 4888–4900. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.2500
Putri, S. W. (2020). Pengaruh Peran Orang Tua Dalam Pemerolehan Bahasa Pada Anak Usia 4--5 Tahun. Kadera Bahasa. https://doi.org/10.47541/kaba.v12i2.140
Setiyadi, A. C., & Salim, M. S. (2013). Pemerolehan Bahasa Kedua Menurut Stephen Krashen. At-Ta’dib, 8(2). https://doi.org/10.21111/at-tadib.v8i2.504
Solikhin, A. (2019). Pemerolehan Bahasa pada Anak-Anak. JUPENDIK:Jurnal Pendidikan, 3(2), 30–40. http://jupendik.or.id/index.php/jupendik/article/view/19
Sulistianingsih, E., Dwi Hartati, M., & Darihastining, S. (2020). Discovering Second Language Acquisition in Higher Education in Dealing with Industrial Revolution 4.0 Challenges. SSRN Electronic Journal. https://doi.org/10.2139/ssrn.3565768
Syamsiyah, D. (2017). Analisis Deskriptif Teori Pemerolehan Bahasa Kedua. Al-Manar, 6(2), 59–80. https://doi.org/10.36668/jal.v6i2.26
Taulany, H., & Prahesti, S. I. (2019). Media Pembelajaran Wayang Huruf untuk Meningkatkan Kosa Kata Bahasa Inggris Anak Usia 4-6 Tahun. Indonesian Journal of Early Childhood: Jurnal Dunia Anak Usia Dini, 1(2), 71. https://doi.org/10.35473/ijec.v1i2.361