Penerapan Berbagai Hipotesis Pemerolehan Bahasa Kedua Terhadap Anak Usia Dini

Authors

  • Susi Darihastining Pendidikan Bahasa Indonesia, Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan PGRI Jombang, Indonesia
  • Wiwik Mardiana Pendidikan Bahasa Inggris, Universitas Islam Majapahit, Indonesia
  • Misnawati Misnawati Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Palangka Raya, Indonesia
  • Heny Sulistyowati Pendidikan Bahasa Indonesia, Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan PGRI Jombang, Indonesia
  • Yeni Rahmawati Sekolah Tinggi Pariwisata Ambarrukmo Yogyakarta, Indonesia
  • Sujinah Sujinah Universitas Muhammadiyah Surabaya, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i1.3893

Keywords:

Hipotesis pemerolehan bahasa, usia dini, penerapan bahasa kedua

Abstract

Pendapat bahwa sajian bahasa yang bermacam-macam bahasa atau menjadikan multi language pada anak usia dini akan mengakibatkan kebingungan bagi anak tidak selalu benar. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis berbagai hipotesis pemerolehan bahasa kedua. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif melalui study kasus. Teknik pengumpulan data dengan observasi, dokumentasi dan wawancara. Teknik pengumpulan data juga dilakukan dengan teknik simak bebas libat cakap. Subjek penelitian ini adalah anak usia 5,5 tahun. Data penelitian berupa pemerolehan bahasa kedua. Hasil observasi menunjukkan bahwa subjek merasa senang dalam memperoleh sajian beberapa bahasa. Proses mentransfer pemerolehan berbahasa kedua dilakukan melalui beberapa hipotesis pemerolehan bahasa, yaitu hipotesis input, hipotesis mitasi atau meniru dan hipotesis respon fisik secara total. Wujud hasil linguistik berupa kata benda, kata sifat, kata kerja, kata ganti kepemilikan, kata ganti, dan kata tanya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adi Chandra, A. (2019). Peranan Pola Pengasuhan Terhadap Pemerolehan Bahasa Pada Anak. LITERASI: Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia Dan Daerah. https://doi.org/10.23969/literasi.v8i2.1288

Amanah, F. P. (2017). Teori Krashen sebagai Solusi Pemecahan Masalah Kemampuan Berbicara pada Pembelajar Bahasa Inggris Di Indonesia. Conference on Language and Language Teaching. https://semnas.untidar.ac.id/wp-content/uploads/2018/02/page-479-484-firma.pdf

Aryanto, D. E. (2020). Pemerolehan Bahasa Anak Somalia Umur 4 Tahun Terhadap Bahasa Kedua Dalam Lingkungan Masyarakat Ciputat Tangerang Selatan. Fon : Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 16(2), 97. https://doi.org/10.25134/fjpbsi.v16i2.2970

Baiti, N. (2020). Pola Asuh dan Komunikasi Orang Tua Terhadap Perkembangan Bahasa Anak. PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(01), 42–50. https://doi.org/10.31849/paud-lectura.v4i01.4959

Batubara, H. (2021). Proses Pemerolehan Bahasa Pertama Pada Anak. Kode : Jurnal Bahasa, 10(4), 75–86. https://doi.org/10.24114/kjb.v10i4.30772

Burhan, M. (2019). Pengaruh Parenting yang Baik dan Storytelling terhadap Kemampuan Berkomunikasi Bahasa Inggris. DEIKSIS, 11(02), 130. https://doi.org/10.30998/deiksis.v11i02.3461

Choirunnisa, B. C. (2020). Peranan Ibu dalam Pemerolehan Bahasa Anak Usia 4-5 tahun. Jubindo: Jurnal Ilmu Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 5(1), 30–37. https://doi.org/10.32938/jbi.v5i1.433

Darihastining, S., Aini, S. N., Maisaroh, S., & Mayasari, D. (2020). Penggunaan Media Audio Visual Berbasis Kearifan Budaya Lokal pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1594–1602. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.923

Helty, H., Izar, J., Afria, R., & Afifah, I. H. (2021). Tahapan Dan Perbandingan Pemerolehan Bahasa Pada anak laki-Laki Dan Perempuan Usia 18 Bulan: Kajian Psikolinguistik. Deiksis: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 7(2), 84. https://doi.org/10.33603/deiksis.v7i2.3650

Hinkin, T. R., Tracey, J. B., & Enz, C. a. (1997). Scale construction: Developing reliable and valid measurement instruments. Journal of Hospitality & Tourism Research, 21(1), 100–120. https://doi.org/10.1177/109634809702100108

Irwansyah, I. S. (2020). Pengaruh Usia Terhadap Kemampuan Memahami Bahasa Kedua. SASTRANESIA: Jurnal Program Studi Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 8(2). https://doi.org/10.32682/sastranesia.v8i2.1264

Khairi, H. (2018). Pemerolehan Bahasa. Jurnal Warna, 2(2 Desember), 15–28.

Lewis, S. (2015). Qualitative Inquiry and Research Design: Choosing Among Five Approaches. In Health Promotion Practice (Vol. 16, Issue 4, pp. 473–475). Sage publications. https://doi.org/10.1177/1524839915580941

Lilawati, A. (2020). Peran Orang Tua dalam Mendukung Kegiatan Pembelajaran di Rumah pada Masa Pandemi. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 549. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.630

Mislikhah, S. (2019). Pemerolehan Bahasa Kedua Pada Anak Usia Dini Di Taman Kanak-Kanak Dewi Masyithoh I Kraton Kencong Jember. SASTRANESIA: Jurnal Program Studi Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 6(4), 1. https://doi.org/10.32682/sastranesia.v6i4.961

Muliawati, H. (2016). Pemerolehan dan Pembelajaran Bahasa Indonesia sebagai Bahasa Kedua bagi Orang Asing Melaui Proses Attitude dan Aptitude. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 1, 12–16. https://www.fkip-unswagati.ac.id/ejournal/index.php/deiksis/article/view/48

Muradi, A. (2018). Pemerolehan Bahasa Dalam Perspektif Psikolinguistik Dan Alquran. Jurnal Tarbiyah : Jurnal Ilmiah Kependidikan, 7(2). https://doi.org/10.18592/tarbiyah.v7i2.2245

Nufus, H. (2015). Hipotesis Pemerolehan Bahasa dan pemerolehan Sintaksis. Wahana Didaktika : Jurnal Ilmu Kependidikan, 12(3), 43–53. https://jurnal.univpgri-palembang.ac.id/index.php/didaktika/article/view/56

Pallawagau, B., & Rasna, R. (2022). Pemerolehan Bahasa Asing Sebagai Bahasa Kedua (Kajian Pemerolehan Bahasa Arab). JAEL: Journal of Arabic Education and Linguistic, 2(2), 64–76. https://journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/jael/article/view/31151

Puspita, Y., Hanum, F., Rohman, A., Fitriana, F., & Akhyar, Y. (2022). Pengaruh Faktor Lingkungan Keluarga untuk Perkembangan Pemerolehan Bahasa Pertama Anak Usia 2 Tahun 5 Bulan. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 4888–4900. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.2500

Putri, S. W. (2020). Pengaruh Peran Orang Tua Dalam Pemerolehan Bahasa Pada Anak Usia 4--5 Tahun. Kadera Bahasa. https://doi.org/10.47541/kaba.v12i2.140

Setiyadi, A. C., & Salim, M. S. (2013). Pemerolehan Bahasa Kedua Menurut Stephen Krashen. At-Ta’dib, 8(2). https://doi.org/10.21111/at-tadib.v8i2.504

Solikhin, A. (2019). Pemerolehan Bahasa pada Anak-Anak. JUPENDIK:Jurnal Pendidikan, 3(2), 30–40. http://jupendik.or.id/index.php/jupendik/article/view/19

Sulistianingsih, E., Dwi Hartati, M., & Darihastining, S. (2020). Discovering Second Language Acquisition in Higher Education in Dealing with Industrial Revolution 4.0 Challenges. SSRN Electronic Journal. https://doi.org/10.2139/ssrn.3565768

Syamsiyah, D. (2017). Analisis Deskriptif Teori Pemerolehan Bahasa Kedua. Al-Manar, 6(2), 59–80. https://doi.org/10.36668/jal.v6i2.26

Taulany, H., & Prahesti, S. I. (2019). Media Pembelajaran Wayang Huruf untuk Meningkatkan Kosa Kata Bahasa Inggris Anak Usia 4-6 Tahun. Indonesian Journal of Early Childhood: Jurnal Dunia Anak Usia Dini, 1(2), 71. https://doi.org/10.35473/ijec.v1i2.361

Downloads

Published

08-02-2023

How to Cite

Darihastining, S., Mardiana, W., Misnawati, M., Sulistyowati, H., Rahmawati, Y., & Sujinah, S. (2023). Penerapan Berbagai Hipotesis Pemerolehan Bahasa Kedua Terhadap Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(1), 685–698. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i1.3893

Issue

Section

Articles