Pengembangan Motorik Halus Anak Usia Dini melalui Kegiatan Finger Painting

Author


Sri Wahyuningsih(1Mail), Sri Wahyuni(2), Rosmaimuna Siregar(3),
Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan, Indonesia(1)
Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan, Indonesia(2)
Pendidikan Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan, Indonesia(3)

Mail Corresponding Author
Article Analytic
 PDF Full Text   [File Size: 575KB]

Published : 2023-02-15

Article can trace at:


Article Metrics

Abstract Views: 1814 times PDF Downloaded: 761 times

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi adanya permasalahan yang ada di TK Asyiyah Bustanul Athfal, yaitu masih kurangnya anak-anak yang mampu mengoptimalkan indera peraba dan penglihatannya dalam melakukan kegiatan akademik salah satunya kegiatan mewarnai. Finger painting merupakan sebuah teknik dimana anak-anak bisa lebih leluasa menggunakan jari-jarinya dalam kegiatan menggambar dan mewarnai, hal ini tentunya bagus dalam melatih koordinasi antara kemampuan indera peraba dan penglihatannya. Finger painting menjadi focus utama dalam penelitian ini yaitu mengenai sejauh mana peran teknik ini dalam meningkatkan motorik halus pada anak. Ini merupakan penelitian kualikatif dengan menggunakan wawancara dan dokumentasi dalam metode pengumpulan datanya. Adapun pihak yang terlibat pada riset ini yaitu para tenaga pendidik dan peserta didik. Dari penelitian ini di dapatkan hasil bahwa dalam teknik finger painting ini dapat mengembangkan motorik halus pada anak-anak.


Keywords


anak usia dini; motorik halus; finger painting

References


Agustina, S., Nasirun, M., & D., D. (2019). Meningkatkan Keterampilan Motorik Halus Anak Melalui Bermain Dengan Barang Bekas. Jurnal Ilmiah Potensia, 3(1), 24–33. https://doi.org/10.33369/jip.3.1.24-33

Anggraheni, I. (2019). Profil Perkembangan Motorik Halus Dan Kreativitas Anak Kelompok B Dalam Kegiatan Cooking Class. Thufuli : Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(1), 46. https://doi.org/10.33474/thufuli.v1i1.2788

Fazira, S., Daulay, M. I., & Marleni, L. (2018). Pengaruh Bermain Kolase Terhadap Kemampuan Motorik Halus Usia Dini. Aulad : Journal on Early Childhood, 1(1), 60–71. https://doi.org/10.31004/aulad.v1i1.7

Haryono, M., & Harlina, Y. (2020). Meningkatkan Kreativitas Menggambar Menggunakan Media Finger Painting Pada Anak Kelompok B Paud Gentaralia Desa Jambat Akar Kecamatan Semidang Alas Maras Kabupaten Seluma. Edunesia : Jurnal Ilmiah Pendidikan, 1(3), 21–30. https://doi.org/10.51276/edu.v1i3.55

Hasanah, A., & Muryanti, E. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Diorama terhadap Perkembangan Kemampuan Motorik Halus Anak Usia Dini. Aulad : Journal on Early Childhood, 2(2), 1–7. https://doi.org/10.31004/aulad.v2i2.29

Huliyah, M. (2016). Hakikat pendidikan bagi anak usia dini. As-Sibyan : Jurnal Pendidikan Guru Raudhatul Athfal, 1(3), 6–71. https://doi.org/10.24090/insania.v15i3.1552

J. W. Creswell. (2018). Penelitian Kualitatif dan Desain Riset. In Mycological Research (Vol. 94, Issue 4). Pustaka Pelajar.

Karela, Y., Iswantiningtyas, V., & Kurniawati, E. (2020). Kegiatan Montase Sebagai Upaya Mengembangkan Motorik Halus di Kelompok Bermain. Child Education Journal, 2(2), 92–97. https://doi.org/10.33086/cej.v2i2.1648

Karimah, A. (2015). Pengembangan Kreativitas Berpikir Anak Usia Dini Dengan Permainan Bahasa. LISAN AL-HAL: Jurnal Pengembangan Pemikiran Dan Kebudayaan, 9(1), 165–188. https://doi.org/10.35316/lisanalhal.v9i1.83

Ma’sum, T. (2018). Konsep Pendidikan Anak Usia Dini. Intizam, Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(2), 95–112. https://ejournal.staida-krempyang.ac.id/index.php/intizam/article/view/14

Mayar, F., Fitri, R. A., Isratati, Y., Netriwinda, N., & Rupnidah, R. (2022). Analisis Pembelajaran Seni melalui Finger painting pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 2795–2801. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.1978

Muarifah, A., & Nurkhasanah, N. (2019). Identifikasi Keterampilan Motorik Halus Anak. Journal of Early Childhood Care and Education, 2(1), 14. https://doi.org/10.26555/jecce.v2i1.564

Nur Hayati. (2007). Peran orang tua dalam pendidikan anak usia dini. 23–26. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.579

Pura, D. N., & Asnawati, A. (2019). Perkembangan Motorik Halus Anak Usia Dini Melalui Kolase Media Serutan Pensil. Jurnal Ilmiah Potensia, 4(2), 131–140. https://doi.org/10.33369/jip.4.2.131-140

Sholeh, M. (2018). Pendidikan Anak Usia Dini Dalam Perspektif Pendidikan Islam. YINYANG: Jurnal Studi Islam, Gender Dan Anak, 13(1), 71–83. https://doi.org/10.24090/yinyang.v13i1.2018.pp71-83

Sit, M. (2023). Optimalisasi Keterampilan Motorik Halus dengan Bahan Bekas Pada Anak Usia Dini. Educative: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 1(1), 8–14. https://doi.org/10.37985/educative.v1i1.3

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D.

Sundari, R. (2022). Metode Collective Painting untuk Meningkatkan Kreativitas Mahasiswa PIAUD. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 4932–4944. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.1729

Sundari, R., & Zahro, F. (2021). Peningkatan Kreativitas Melalui Pelatihan Finger Painting Bagi Guru PAUD. Journal of Early Childhood and Character Education, 1(1), 73–90. https://doi.org/10.21580/joecce.v1i1.6610

Surono, & Ifendi, M. (2021). Upaya meningkatkan kemampuan motorik halus melalui tehnik finger painting pada anak usia 4-5 tahun di paud teratai I desa pinayungan kecamatan teluk jambe timur karawang. Thawalib | Jurnal Kependidikan Islam, 2(2), 103–130. https://doi.org/10.54150/thawalib.v1i1.10

Wahyuni, R., & Erdiyanti. (2020). Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak Melalui Finger Painting Menggunakan Tepung Singkong. Murhum : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 28–40. https://doi.org/10.37985/murhum.v1i1.5

Wahyuni, S. (2019). Model Kepemimpinan Lembaga PAUD Kelas Menengah Berbasis Full Day School di Pre-school Jogja Kids Park. 67–83. https://doi.org/10.15642/jeced.v1i2.455

Widayati, S., Rinakit Adhe, K., Nafisa, F., & Faiza Silvia, E. (2019). Tahapan Menggunting dalam Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak Usia Dini. Child Education Journal, 1(2), 50–57. https://doi.org/10.33086/cej.v1i2.1402

Widyawaty, E. D. (2021). Gambaran Perkembangan Motorik Halus pada Balita Usia 3-5 Tahun di PAUD Al-Usman. JECIE (Journal of Early Childhood and Inclusive Education), 5(1), 26–32. https://doi.org/10.31537/jecie.v5i1.610

Yuniati, E. (2018). Sandplay Mempengaruhi Perkembangan Motorik Halus Anak Usia Prasekolah. Indonesian Journal of Nursing Practice, 2(2), 61–67. https://doi.org/10.18196/ijnp.2280


Refbacks

  • There are currently no refbacks.