- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Analisis Kemampuan Berbahasa dan Mengenal Konsep Bilangan Anak melalui Teknologi pada Era Digital
DOI:
https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i2.3843Keywords:
kemampuan berbahasa, konsep bilangan, anak usia dini, teknologi, era digitalAbstract
Bahasa tidak hanya sebagai instrumen atau sarana untuk berkomunikasi dengan orang lain dan lingkungan, tetapi juga merupakan salah satu faktor yang berkontribusi terhadap perkembangan aspek-aspek lain pada anak salah satunya aspek kognitif dalam mengenal konsep bilangan. Untuk mengembangkan dan merangsang perkembangan bahasa dan kemampuan mengenal konsep bilangan dapat melakukan kegiatan seperti mendengarkan, berbicara, membaca dan menulis, serta menyebut dan membilang lambang bilangan dengan perangkat di era digital. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi dan meningkatkan perkembangan bahasa dan pemahaman konsep matematika anak prasekolah menggunakan teknologi melalui video pembelajaran. Metode pengumpulan data pustaka melalui membaca, menyimpan, dan mengelola bahan penelitian, serta menyimpulkan bahan penelitian. Dari hasil penelitian diketahui bahwa penggunaan teknologi melalui video pembelajaran di era digital berpengaruh positif dan baik dalam meningkatkan dan mengembangkan kemampuan berbahasa dan kemampuan kognitif dalam kemampuan mengenal konsep bilangan pada anak usia dini sehingga sangat cocok untuk diterapkan pada saat proses pembelajaran di kelas.
Downloads
References
Agustin, et al. (2021). Peranan Media Interaktif Animasi Terhadap Minat Belajar Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Pada Siswa Kelas IV SD Negeri 019 Tanjung Sawit Kecamatan Tapung Kabupaten Kampar Pembelajaran 2020/2021. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 3(1), 71–79. https://doi.org/10.31004/jpdk.v3i1.1385
Amada, N. Z., & Hakim, A. (2022). Analisis Penggunaan Youtube sebagai Media Ajar Pendidikan Anak Usia Dini di Era Digital. Jurnal Riset Pendidikan Guru PAUD Unisba Press, 2(1), 9–14. https://doi.org/10.29313/jrpgp.vi.612
Arianti. (2017). Urgensi Lingkungan Belajar yang Kondusif Dalam Mendorong Siswa Belajar Aktif. Dikdatika: Jurnal Kependidikan, 11(1), 41–61. https://doi.org/10.30863/didaktika.v11i1.161
Asri Devi, N. M. I. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Puzzle Angka untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Lambang Bilangan. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 3(3), 416. https://doi.org/10.23887/jippg.v3i3.28331
Batubara, H. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika berbasis Android. Jurnal Madrasah Ibtidaiyah, 3(1), 12–27. https://doi.org/10.31602/muallimuna.v3i1.952
Cahyanto, D. (2014). Pemanfaatan Media Video Pembelajaran “Bermain Dengan Angka†Untuk Meningkatkan Pengenalan Konsep Bilangan di TK Al Hidayah Krembangan Surabaya. Jurnal Pendidikan Unesa, 2(3), 1–7. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jmtp/article/view/10132
Chang, T. Y., Hong, G., Paganelli, C., Phantumvanit, P., Chang, W. J., Shieh, Y. S., & Hsu, M. L. (2021). Innovation of dental education during COVID-19 pandemic. Journal of Dental Sciences, 16(1), 15–20. https://doi.org/10.1016/j.jds.2020.07.011.
Chotimah, C., Siti, M., & Eko, D. (2021). Effect Of Educational Poster Media On The Ability To Recognize The Cocepts Of Numbers And Fine Motorics In Group A Children In Kindergarten. International Journal of Education and Social Science Research, 04(05), 102–112. https://doi.org/10.37500/ijessr.2021.4508
Diyantari, I. A. K. D., Wiyasa, N., & Manuaba, S. (2020). Model Snowball Throwing Berbantuan Media Pop Up Book Berpengaruh Terhadap Kompetensi Pengetahuan Ipa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 3(1), 09–21. https://doi.org/10.23887/jippg.v3i1.26973
Ekowati, D. W., & Suwandayani, B. I. (2020). Understanding the concept of π numbers for elementary school pre-service teachers on circle materials. Jurnal Prima Edukasia, 8(1), 12–19. https://doi.org/10.21831/jpe.v8i1.30103
Fahreza, F., & Husna, N. (2017). Pengaruh Strategi Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V SD Negeri Paya Peunaga Kabupaten Aceh Barat. Jurnal Bina Gogik, 4(2), 2355–3774.
Faizatun, L. (2018). Efektivitas Media Spindle Box Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Bilangan Pada Anak Usia Dini. Purwokerto: Universitas Muhammadiyah Purwokerto. https://repository.ump.ac.id/8859
Fazriah, S. T. H. J. R. (2021). Penggunaan Media Film Animasi Bisu Untuk Stimulasi Perkembangan Anak Usia Dini TK Kemala Bhayangkari 10 Purwakarta. Jurnal UPI: Indonesian Journal of Community Services in Engineering & Education, 1(1), 22–27. https://ejournal.upi.edu/index.php/IJOCSEE/article/view/33199
Gunanti, E., Wahyuningsih, S., & Dewi, N. K. (2021). Mengenal Konsep Bilangan Melalui Pembelajaran Multimedia Pada Anak Usia 4-5 Tahun. Jurnal Kumara Cendekia, 9(2), 66. https://doi.org/10.20961/kc.v9i2.47620
Halim, Ling Ling, Marmawi R, F. (2015). Efektivitas Penggunaan Media Video Pembelajaran Terhadap Kemampuan Bahasa Lisan Anak Usia Dini. Jurnal PG-PAUD FKIP UNTAN Pontianak, 1–8. https://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/49323
Iin, P. dan S. (2015). Optimalisasi kecerdasan emosi melalui musik feeling band pada anak usia dini. Jurnal Care., 03(1), 20–33. http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/JPAUD/article/view/861
Intan Atika, dan N. S. (2019). Pementasan drama operet dalam menstimulasi keterampilan berbahasa anak usia dini di TK Dunia Suzan Tegalsari Surabaya. Jurnal PAUD Teratai, 01(1), 1–6. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/paud-teratai/article/view/27878
Juannita, E., & Mahyuddin, N. (2022). Video Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif dalam Meningkatkan Keterampilan Menyimak Anak Usia Dini. 6(4), 3300–3313. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.2198
Kobandaha, D. (2015). Pengenalan Konsep Bilangan 1-20 dengan Permainan Pohon Hitung pada Anak Kelompok B di TK Siti Massita 1 Desa Passi 1 Kecamatan Passi Barat Kabupaten Bolaang Mongondow. In Ekp. Universitas Negeri Gorontalo.
Kurnia, G. dan R. (2018). Media Pembelajaran Anak Usia Dini. Surabaya: CV Jakad Publishing Surabaya.
Kurnia, L. (2019). Bahasa Anak Usia Dini. Yogyakarta: Deepublish CV Budi Utama.
Kurniawaty, L., Ristiani, I., Apriliani, S. R. A., Gustini, G., Sa’diyah, H. M., & Rosdiana, D. (2021). Penggunaan Video Pembelajaran bagi Anak Usia Dini dalam Pembelajaran Daring. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 11(1), 64. https://doi.org/10.30999/jpkm.v11i1.1295
Madyawati, L. (2016). Strategi Pengembangan Bahasa Pada Anak. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.
Mei, H. (2019). Perbedaan Kemampuan Musik Anak Yang Mengikuti Ekstrakurikuler Kolintang dengan Anak Yang Tidak Mengikuti Ekstrakurikuler Kolintang di TK Negeri Kintelan Semarang. Universitas Negeri Semarang.
Musfah, J. (2012). Pendidikan Holistik: Pendekatan Lintas Perspektif. Jakarta: Kencana Prenada Media Grup.
Nurhamsa, Agustan Arifin, Tomia, M., & Mahmud, A. (2020). Analisis Perkembangan Bahasa Anak Melalui Media Pembelajaran Video Interaktif Kelompok A Di TK Al-Khairat Skep Kota Ternate Tengah. Jurnal Ilmiah Cahaya Paud, 2(2), 1–14. https://doi.org/10.33387/cp.v2i1.4273
Oktapiani, N. P. G., Asril, N. M., & Wirabrata, I. D. G. F. (2021). Upaya Meningkatkan Kosakata Bahasa Inggris Pada Anak Usia Dini Dengan Media Wayang Melalui Video Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 9(2), 285. https://doi.org/10.23887/paud.v9i2.37466
Permendikbud, N. 146. (2014). Tentang Kurikulum 2013 PAUD.
Permendikbud No, 137. (2014). Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini.
Putri, W., Herwina, & Susi, H. (2022). Mengenalkan Konsep Bilangan Melalui Media Audio Visual Pada Anak Usia 5-6 Tahun. Journal of Early Childhood Education, 13(01), 44–57. http://ejournal.stkipaisyiyahriau.ac.id/index.php/talenta/article/view/284
Rahmatia, R., Pajarianto, H., Kadir, A., Ulpi, W., & Yusuf, M. (2021). Pengembangan Model Bermain Konstruktif dengan Media Balok untuk Meningkatkan Visual-Spasial Anak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 47–57. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i1.1185
Rakhmawati, N. I. S. (2017). Metode Pengembangan Kemampuan Bahasa Anak. Surabaya: Unesa University Press.
Rogde, K., Melby-Lervåg, M., & Lervåg, A. (2016). Improving the General Language Skills of Second-Language Learners in Kindergarten: A Randomized Controlled Trial. Journal of Research on Educational Effectiveness, 9, 150–170. https://doi.org/10.1080/19345747.2016.1171935
Roostin, E. (2021). Analisis Kemampuan Konsep Bilangan Anak Usia 3-4 Tahun dengan Media Montessori Number Rods. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(2), 801–808. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i2.1093
Rusniah. (2017). Meningkatkan Perkembangan Bahasa Indonesia Anak Usia Dini Melalui Penggunaan Metode Bercerita Pada Kelompok A TK Malahayati. Jurna Edukasil Bimbingan Konseling, 1(7), 114–130. ttps://doi.org/10.22373/je.v3i1.1445
Sari, D. N. (2021). Implementation of Educative Learning Media Counting Tree to Improve Student’s Cognitive Abilities in Kartika Tanjung Morawa Kindergarten. Britain International of Linguistics Arts and Education (BIoLAE) Journal, 3(1), 22–28. https://doi.org/10.33258/biolae.v3i1.406
Siregar, M., Meilanie, S. M., & Purwanto, A. (2020). Pengenalan Ecoliteracy pada Anak Usia Dini melalui Metode Bercerita. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 719. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.700
Suprapti, E. (2016). Peningkatan Pembelajaran Matematika Anak Usia Dini Dengan Microsoft Powerpoint Ispring Pada Materi Pengenalan Konsep Bilangan. Jurnal Pedagogi, 2(1), 27–33. https://journal.umsurabaya.ac.id/index.php/Pedagogi/article/view/27
Tahirah, I. (2022). Peningkatan Kemampuan Mengenal Konsep Bilangan Melalui Video Pembelajaran Interaktif di PAUD Ahrissa Syadina Kelompok A Kabupaten Takalar. Makassar: Universitas Muhammadiyah Makassar.
Tomia, M., Mahmud, N., & Agustan Arifin, A. (2020). Analisis Perkembangan Bahasa Anak Melalui Media Pembelajaran Video Interaktif Kelompok A Di TK Al-Khairat Skep Kota Ternate Tengah. Jurnal Ilmiah Cahaya Paud, 2(2), 1–14. https://doi.org/10.33387/cp.v2i1.4273
Udiani, N. K. I., & Kristiantari, M. G. R. (2021). Video Pembelajaran Pengenalan Lambang Bilangan Berbasis Teori Brunner untuk Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 9(2), 202. https://doi.org/10.23887/paud.v9i1.34445
Walk, A., Matsuo, H., & Giovanoni, A. (2015). Preschool Predictors of Kindergarten Language Outcomes. The IAFOR Journal of Education. , 3(01), 150–170. https://doi.org/10.22492/ije.3.1.08
Wiresti, R. D. (2020). Analisis Dampak Work From Home pada Anak Usia Dini di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 641. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.563