- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Pengaruh Metode Pemberian Tugas terhadap Sikap Tanggung Jawab Anak Usia 5-6 Tahun
DOI:
https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i4.3834Keywords:
anak usia dini, sikap tanggung jawab, metode pemberian tugasAbstract
Tanggung Jawab adalah sikap atau perilaku dimana seorang individu harus melakukan apa yang seharusnya dilakukannya dan berani menanggung konsekuensi dari apa yang dilakukannya, berlaku bagi dirinya sendiri maupun orang lain dalam kehidupan di keluarga, lingkungan dan masyarakat. Sangat penting bagi seorang individu memiliki sikap tanggung jawab dalam dirinya, karena sikap tanggung jawab yang dimilikinya akan mempengaruhi bagaimana seorang individu dapat diterima di lingkungannya. Tujuan dari penelitian ini untuk melihat apakah metode pemberian tugas berpengaruh terhadap sikap tanggung jawab anak usia 5-6 tahun. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain factorial, data awal didapatkan dengan melakukan pengamatan secara langsung terhadap perilaku anak, selanjutnya data penelitian didapatkan dari instrumen (angket) yang diisi oleh responden (guru). Kemudian data yang telah diperoleh akan dianalisis menggunakan uji normalitas, uji linearitas dan uji regresi. Didapatkan besaran pengaruh metode pemberian tugas terhadap sikap tanggung jawab anak usia 5-6 tahun adalah 1,65. Nilai 1,65 termasuk dalam Strong Effect (Kuat), maka dapat disimpulkan bahwa metode pemberian tugas berpengaruh terhadap sikap tanggung jawab anak usia 5-6 tahun.
Downloads
References
Aditya, D. Y. (2016). Pengaruh penerapan metode pembelajaran resitasi terhadap hasil belajar matematika siswa. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 1(2), 165–174. https://doi.org/10.30998/sap.v1i2.1023
Andrianti, S. (2019). Pendekatan model pembelajaran berbasis portofolio dalam meningkatkan tanggung jawab belajar mahasiswa di sekolah tinggi teologi. DUNAMIS: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Kristiani, 3(2), 135. https://doi.org/10.30648/dun.v3i2.188
Anggraeni, C., Elan, & Mulyadi, S. (2021). Metode pembiasaan untuk menanamkan karakter disiplin dan tanggung jawab di RA Daarul Falaah Tasikmalaya. Jurnal PAUD Agapedia, 5(1), 100–109. https://doi.org/10.17509/jpa.v5i1.39692
Asmedy. (2021). Pengaruh metode pemberian tugas terhadap hasil belajar matematika siswa. Ainara Journal (Jurnal Penelitian Dan PKM Bidang Ilmu Pendidikan), 2(3), 169–174. https://doi.org/10.54371/ainj.v2i3.71
Astuti, B., & Mufrihah, A. (2019). Arrangment of responsibility character module using expert validation. Journal of Education and Learning (EduLearn), 13(3), 402–409. https://doi.org/10.11591/edulearn.v13i3.9808
Chen, P. Y. (2016). The implication on life education in early childhood based on “freedom†education of Maria Montessori—a study about developing wellbeing early children (unpublished master dissertation). Ching Kuo Institute of Management and Health.
Cheng, C. S. (2016). Theory of factorial design: Single and multi stratum experiments. In Theory of Factorial Design: Single- and Multi-Stratum Experiments. CRC Press.
Cutcher, A., & Boyd, W. (2016). Preschool children, painting and palimpsest: Collaboration as pedagogy, practice and learning. International Journal of Art and Design Education, 37(1), 53–64. https://doi.org/10.1111/jade.12113
Damayati, N., Idris, M., Oktasari, M., Monanisa, & Nuranisa. (2022). Megembangkan karakter tanggung jawab siswa melalui metode pemberian tugas mata pelajaran IPS (Geografi) kelas VII SMP Negeri 2 Penukal. 7(1), 10–16. https://doi.org/10.31851/swarnabhumi.v7i1.5933
Djamarah, S. B. (2013). Strategi belajar mengajar. Rineka Cipta.
Fitriana Dewi, N., Asmah, A., & Muntomimah, S. (2021). Efektifitas meaningful learning terhadap tanggung jawab anak kelompok B Usia 3-4 tahun di playgroup Amanah Bunda Malang. Jurnal Warna : Pendidikan Dan Pembelajaran Anak Usia Dini, 6(1), 15–26. https://doi.org/10.24903/jw.v6i1.633
Glover, J. (1970). Responsibility. Humanities.
Habibah, F. (2020). Pengaruh metode resitasi dan pola asuh orang tua terhadap sikap tanggung jawab peserta didik di kelas X SMK Negeri 9 Jakarta (Vol. 2, Issue 1). Institut Perguruan Tinggi Ilmu Al Qur’an.
Hidayati, K., Budiyono, & Sugiman. (2018). Development and validation of student’s responsibility scale on mathematics learning using subject scaling model. International Journal of Instruction, 11(4), 499–512. https://doi.org/10.12973/iji.2018.11431a
Hisbullah, & Nurhayati, S. (2018). Pembelajaran ilmu pengetahuan alam di sekolah dasar. Aksara Tiur.
Humaedi, H., Saparia, A., Nirmala, B., & Abduh, I. (2021). Deteksi dini motorik kasar pada anak usia 4-6 tahun. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 558–564. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i1.1368
Kemendikbud. (2022). Peraturan Pemerintah RI Nomor 4 Tahun 2022, tentang Perubahan atas Peraturan Pemerintah Nomor 57 Tahun 2021 tentang Standar Nasional Pendidikan. https://peraturan.bpk.go.id/Home/Details/196151/pp-no-4-tahun-2022
Indrawati, R., Darmawani, E., & Padilah. (2022). Penerapan metode pemberian tugas terhadap kemampuan mengenal bilangan pada anak usia dini. PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(02), 45–52. https://doi.org/10.31849/paud-lectura.v5i02.8736
Ita, E. (2017). Manajemen metode pengembangan karakter bagi anak usia dini. Jurnal Edudikara, 2(September), 200–209. https://doi.org/10.32585/edudikara.v2i3.49
Khonila, Timoera, D. A., & Martono, A. (2021). Pembentukan tanggung jawab siswa melalui daring pada pembelajaran PPKN ( studi kualitatif pada siswa kelas IX SMPN 5 Sungailiat Kabupaten Bangka ). 4(2). https://doi.org/10.23969/civicedu.v4i2.4425
Lickona, T. (2013). Mendidik untuk membentuk karakter. Bumi Aksara.
Lina, H. H. U. (2021). Menumbuhkan karakter tanggungjawab AUD melalui recalling hadist kebersihan di TK Muslimat NU Nurul Islam Kudus. Journal of Industrial Engineering & Management Research, 4(2), 1–11. https://doi.org/10.7777/jiemar.v2i5.201
Majcen, S. A., & Drvodelić, M. (2022). Quality pedagogical practice in early childhood education institutions relating to children at risk of social exclusion. Center for Educational Policy Studies Journal, 12(3), 81–101. https://doi.org/10.26529/cepsj.1086
Majid, A. (2017). Pembelajaran tematik terpadu. Remaja Rosdakarya.
Mawardi, F. (2021). Pelaksanaan metode Resitasi pada peserta didik untuk meningkatkan karakter tanggung jawab. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 7(02), 375–392. https://doi.org/10.36989/didaktik.v7i02.233
Miller, J. (2005). 10-minute life lessons for kids. Harper Collins Publishers.
Moeslichatoen. (2004). Metode pengajaran di taman kanak-kanak. Rineka Cipta.
NAEYC. (2020). A position statement held on behalf of the early childhood education profession professional standards and competencies for early childhood educators. NAEYC.
Nurani, Y. (2019). Perspektif baru konsep dasar pendidikan anak usia dini. Campustaka.
Nurcahayati, T., & Adhani, D. N. (2022). Perbedaan tingkat pendidikan Ibu terhadap sikap tanggung jawab anak pasca pandemi COVID-19. Journal of Early Childhood Education and Research, 3(2), 46–52. https://doi.org/10.19184/jecer.v3i2.33764
Nurhofifah, R, M., & Amalia, A. (2022). Peran menanamkan tanggung jawab anak usia 5-6 tahun di Tk Islam AL-Ikhwan Pontianak Kota. 11, 2715–2723. https://doi.org/10.26418/jppk.v11i12.60849
Perdana, Y., Parhama, W. P., Nadira, F. F., & Alfarisi, R. (2021). Implementasi nilai-nilai karakter dengan metode pembelajaran resitasi berbasis website melalui pembelajaran eejarah di Sman 9 Bandar Lampung. Jurnal Candrasangkala Pendidikan Sejarah, 7(2), 121. https://doi.org/10.30870/candrasangkala.v7i2.11733
Permendikbud. (2014). Peraturan menteri pendidikan dan kebudayaan republik Indonesia nomor 137 tahun 2014. https://doi.org/10.33578/jpsbe.v10i1.7699
Pribadi, A. R., Oktafiani, U., & Aulia, I. J. (2019). Efektivitas pemberian tugas dalam rangka penguatan karakter tanggung jawab peserta Didik di SDN Serang 21. 6(2), 134–147. https://doi.org/10.24114/js.v6i2.33686
Purba, N. (2018). Meningkatkan prestasi belajar dengan metode resitasi pada siswa kelas V SD Negeri 163086 Tebing Tinggi tahun ajaran 2017/2018. 8(4). https://doi.org/10.24114/esjpgsd.v8i4.11886
Shabrina, M. N., Azizah, N., & Rifqi, M. Z. (2020). Pembelajaran tahfidz sebagai media menumbuhkan karakter tanggung jawab pada anak temper tantrum. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 1099. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.511
Sharma, R., & Aswal, M. (2021). Contemporary relevance of bertrand russell’s views on early childhood education. Issues and Ideas in Education, 9(1), 33–37. https://doi.org/10.15415/iie.2021.91004
Shih, Y.-H. (2018). The research of early childhood art education in Taiwan. Children and Teenagers, 1(1), 24. https://doi.org/10.22158/ct.v1n1p24
Spiteri, J. (2021). Quality early childhood education for all and the covid-19 crisis: A viewpoint. Prospects, 51(1–3), 143–148. https://doi.org/10.1007/s11125-020-09528-4
Sugiyono. (2019). Metode penelitian pendidikan. Alfabeta.
Susanto, A. (2015). Bimbingan konseling di taman kanak-kanan. Kencana.
Widiyono, A., & Zumrotun, E. (2022). Pembentukan karakter mandiri dan tanggung jawab anak melalui cooking class di RA Imama Mijen Semarang. Al-Hikmah : Indonesian Journal of Early Childhood Islamic Education, 6(1), 44–55. https://doi.org/10.35896/ijecie.v6i1.268
Windayani, N. L. I., Dewi, N. W. R., Yuliantini, S., Widyasanti, N. P., Ariyana, I. K. S., Keban, Y. B., Mahartini, K. T., Daviq, N., Suparman, S., & Ayu, P. E. S. (2021). Teori dan aplikasi pendidikan anak usia dini. Yayasan Penerbit Muhammad Zaini.
Wulandari, A., & Suparno, S. (2020). Pengaruh model problem based learning terhadap kemampuan karakter kerjasama anak usia dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 862. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.448
Yalçın, V. (2021). Moral development in early childhood: Benevolence and responsibility in the context of children’s perceptions and reflections. Educational Policy Analysis and Strategic Research, 16(4), 140–163. https://doi.org/10.29329/epasr.2021.383.8
Zuchdi, D. (2011). Pendidikan karakter dalam perspektif teori dan praktik. UNY Press.