Ketrampilan Seni Musik Anak Usia Dini melalui Ekstrakurikuler Angklung

Authors

  • Safariyatul Mahmudah Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
  • Joko Pamungkas Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i3.3746

Keywords:

seni musik, ekstrakurikuler angklung, pendidikan anak usia dini

Abstract

Pendidikan musik anak usia dini adalah salah satu alternatif yang dapat ditempuh untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan anak. Angklung adalah salah satu alat musik yang kaya akan nilai-nilai dan dapat mewariskan budaya-budaya Indonesia pada generasi sekarang. Tujuan dari penelitian ini yaitu mendeskripsikan bagaimana proses pembelajaran seni serta untuk mengetahui bagaimana keberhasilan ketrampilan seni musik anak melalui ekstrakurikuler Angklung di RA Masyithoh Karangnongko Yogyakarta. Metode penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dengan sumber data pelatih ekstrakurikuler angklung, guru pendamping dan Kepala Sekolah RA Masyithoh karangnongko Yogyakarta antara 1 Maret sd 11 Maret 2022. Pengumpulan data diperoleh dari observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan pendekatan induktif yang meliputi 3 langkah yaitu: reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan bermain musik angklung dapat bermanfaat positif bagi semua praktisi-praktisi pendidikan serta inovasi baru bermain musik anak dalam pembelajaran sejak dini hingga masa dewasanya kelak.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Antara, P. A. (2015). Pengembangan Bakat Seni Anak Pada Taman Kanak-Kanak. JIV-Jurnal Ilmiah Visi, 10(1), 29–34. https://doi.org/10.21009/jiv.1001.4

Ariska, K., & Naimah, N. (2020). Penggunaan alat musik tradisional sebagai media pengembangan motorik kasar dan kognitif anak. Jurnal Pelita PAUD, 4 (2). https://doi.org/10.33222/pelitapaud.v4i1.1011

Arjunanta, V., Pratama, H., & Kurniawan, S. (2021). Dampak Pandemi Covid 19 Terhadap Proses Pembelajaran Pada Peserta Didik. Sosial Khatulistiwa: Jurnal Pendidikan IPS, 01(02), 77–90. https://doi.org/10.26418/skjpi.v1i2.51004

Bustomi, M. Y. (2012). Panduan Lengkap PAUD Melejitkan Potensi dan Kecerdasan Anak Usia Dini. Jakarta: Citra Publishing.

Darihastining, S., Aini, S. N., Maisaroh, S., & Mayasari, D. (2020). Penggunaan Media Audio Visual Berbasis Kearifan Budaya Lokal pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1594–1602. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.923

Fadli, M. R. (2021). Memahami desain metode penelitian kualitatif. Humanika: Kajian Ilmiah Mata Kuliah Umum, 21(1), 33–54. https://doi.org10.21831/hum.v21i1.38075

Fauziddin, M. (2016). Peningkatan Kemampuan Kerja Sama melalui Kegiatan Kerja Kelompok Pada Anak Kelompok A TK Kartika Salo Kabupaten Kampar. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(1). https://doi.org/10.31004/obsesi.v2i1.47

Hermawan, D. (2013). Angklung Sunda Sebagai Wahana Industri Kreatif dan Pembentukan Karakter Bangsa. Panggung, 23(2). https://doi.org/10.26742/panggung.v23i2.95

Hurlock. (1980). Psikologi Perkembangan: Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Jakarta: Gramedia.

Indrawaty, Y., Ichwan, M., & Erlangga, A. (2013). Pengembangan Simulasi Pola Memainkan Angklung. Jurnal Informatika, 4(2), 12–20. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004

Iryana, & Kawasati, R. (1990). Teknik Pengumpulan Data Metode Kualitatif. 4(1). https://doi.org/10.31227/osf.io/2myn7

Komariyah, L. (2016). Pengaruh Musik Angklung Terhadap Kualitas Hidup Wanita Lanjut Usia. 2(1), 10–15. https://doi.org/10.17509/jpki.v2i1.2847

Kusumawardani, S., & Aulia, N. N. (2020). Analisis Keterampilan Bermain Alat Musik Angklung Pada Siswa Sekolah Dasar. Refleksi Edukatika : Jurnal Ilmiah Kependidikan, 11(1), 116–120. https://doi.org/10.24176/re.v11i1.4975

Miles, M. B., & Huberman, A. M. (1984). Drawing Valid Meaning from Qualitative Data: Toward a Shared Craft. Educational Researcher, 13(5), 20–30. https://doi.org/10.3102/0013189X013005020

Munastiwi, E. (2018). Manajemen Ekstrakurikuler Pendidikan Anak Usia Dini ( PAUD ). 3(November), 369–378. https://doi.org/10.14421/manageria.2018.32-09

Perdana, F. (2022). Musik Tradisional Bagi Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini. ASGHAR : Journal of Children Studies, 2(1), 81–92. https://doi.org/10.28918/asghar.v2i1.5772

Permendikbud. (2014). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 63 Tahun 2014 Tentang Pendidikan Kepramukaan Sebagai Kegiatan Ekstrakurikuler Wajib Pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah. Permendikbud No 63 Tahun 2014.

Pristiwanti, D., Badariah, B. ., Hidayat, . S. ., & Dewi, R. S. . (2022). Pengertian Pendidikan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 7911–7915. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9498

Putri, Y. A., & Handayaningrum, W. (2022). Pelaksanaan Ekstrakurikuler Seni Musik Sebagai Implementasi Konsep Merdeka Belajar. Jurnal Pendidikan Sendratasik, 9(1), 13–28. https://doi.org/10.26740/jps.v9n1.p13-28

Rijali, A. (2018). Analisis Data Kualitatif. Alhadharah: Jurnal Ilmu Dakwah, 17(33), 81–95. https://jurnal.uin-antasari.ac.id/index.php/alhadharah/article/view/2374

Rizky, D., & Putri, K. (2012). Pembelajaran Angklung Menggunakan Metode Belajar Sambil Bermain. Harmonia Journal of Arts Research and Education, 12(2), 116–124. https://doi.org/10.15294/harmonia.v12i2.2519

Rohidi, T. R. (2016). Pendidikan Seni Isu & Paradigma. Semarang: Cipta Prima Nusantara.

Rosyadi, R. (2012). Angklung: dari Angklung Tradisional ke Angklung Modern. Patanjala: Journal of Historical and Cultural Research, 4(1), 25–38. https://doi.org/10.30959/ptj.v4i1.122

Rosydiana, E. (2018). Meningkatkan Kecerdasan Musik Melalui Permainan Angklung di PAUD AULIA. Yaa Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(2), 53-64. https://doi.org/10.24853/yby.1.2.53-64

Saputri, N., & Sa’adah, N. (2021). Pengembangan Minat dan Bakat Peserta Didik Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler. 2, 172–187. https://doi.org/10.21093/tj.v2i2.4268

Setyawati, T., Permanasari, A. T., & Yuniarti, T. C. E. (2017). Meningkatkan Kecerdasan Musikal Melalui Bermain Alat Musik Angklung (Penelitian Tindakan Pada Anak Kelompok B Usia 5-6 Tahun di TK Negeri Pembina Kota Serang-Banten). Jurnal Pendidikan Dan Kajian Seni, 2(1), 63–77. https://doi.org/10.30870/jpks.v2i1.2503

Setyowati, J., & Watini, S. (2022). Meningkatkan Konsentrasi Belajar Anak melalui Model Bermain “Asyikâ€(Reward & Yel-Yel “Asyikâ€) di Tk Mutiara Cemerlang. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6, 2065–2072. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/3253

Siburian, B. P., Nurhasanah, L., & Fitriana, J. A. (2021). Pengaruh Globalisasi Terhadap Minat Generasi Muda Dalam Melestarikan Kesenian Tradisional Indonesia. Jurnal Global Citizen : Jurnal Ilmiah Kajian Pendidikan Kewarganegaraan, 10(2). https://doi.org/10.33061/jgz.v10i2.5616

Sugiyono. (2008). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Suharyanto, A. (2017). Sejarah Lembaga Pendidikan Musik Klasik Non Formal di Kota Medan. Gondang: Jurnal Seni Dan Budaya, 1(1), 6. https://doi.org/10.24114/gondang.v1i1.5967

Surahman, S. (2004). DAMPAK GLOBALISASI MEDIA TERHADAP SENI DAN BUDAYA INDONESIA. 1992. https://doi.org/10.30656/lontar.v2i1.334

Untari, A. D. (2018). Kegiatan Ekstrakurikuler Kesenian Angklung Sebagai Sarana Pengembangan Perilaku Cinta Tanah Air. Pro Patria: Jurnal Pendidikan, Kewarganegaraan, Hukum, Sosial, Dan Politik, 1(1), 14–29. https://doi.org/10.47080/propatria.v1i1.136

Watini, S. (2019). Pendekatan Kontekstual dalam Meningkatkan Hasil Belajar Sains pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 82. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.111

Widiastuti, E., & Watini, S. (2022). Implementasi Model “Asyik†Dalam Meningkatkan Konsentrasi Bermain Angklung Di TK Tadika Puri. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 8(3), 2063. https://doi.org/10.37905/aksara.8.3.2063-2076.2022

Yusra, Dewi Yunisari, dan M. Q. (2020). Mengembangkan Nilai Kemandirian Anak Melalui Metode Bercerita Pada Usia 5-6 Tahun. 7(2), 211–223. https://doi.org/10.46244/buahhati.v7i2.1147

Zulaini, Yuline, & Halida. (2015). Pengenalan alat musik tradisional melalui metode demonstrasi pada anak usia 5-6 tahun. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(6), 1–12. https://doi.org/10.26418/jppk.v4i6.10307

Downloads

Additional Files

Published

03-06-2023

How to Cite

Mahmudah, S., & Pamungkas, J. (2023). Ketrampilan Seni Musik Anak Usia Dini melalui Ekstrakurikuler Angklung. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(3), 2885–2894. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i3.3746

Issue

Section

Articles