Adversity Quotient sebagai Perantara Pengaruh Persepsi dan Kecerdasan Mengelola Emosi terhadap Kekerasan Verbal pada Anak

Author


Asmah Asmah(1Mail), Sulaiman Sulaiman(2), Noorhapizah Noorhapizah(3),
Pendidikan Aanak Usia Dini, Universitas Lambung Mangkurat, Indonesia(1)
Pendidikan Aanak Usia Dini, Universitas Lambung Mangkurat, Indonesia(2)
Pendidikan Aanak Usia Dini, Universitas Lambung Mangkurat, Indonesia(3)

Mail Corresponding Author

 PDF Full Text   [File Size: 504KB]

Published : 2023-01-11

Article can trace at:


Article Metrics

Abstract Views: 571 times PDF Downloaded: 346 times

Abstract


Perlindungan terhadap kekerasan sangat penting bagi perkembangan anak. Anak yang sering mendapatkan perlakuan kekerasan akan terhambat perkembangan fisik dan psikisnya.  Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan dan menganalisis pengaruh persepsi dan kecerdasan mengelola emosi terhadap kekerasan verbal melalui adversity quotient. Sampel penelitian sebanyak 117 orang tua di 6 sekolah, dipilih secara proposional random sampling dari populasi sebesar 166 orang tua di gugus 3 Kecamatan Daha Utara. Metode penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif korelatif. Pengumpulan data menggunakan instrument, dianalisis secara deskriptif, regresi linier, dan analisis jalur. Hasil penelitian menunjukkan: terdapat pengaruh langsung yang signifikan persepsi terhadap kekerasan verbal, kecerdasan mengelola emosi terhadap kekerasan verbal, dan adversity quotient terhadap kekerasan verbal pada anak dengan korelasi negative; terdapat pengaruh langsung persepsi terhadap adversity quotient dan kecerdasan mengelola emosi terhadap adversity quotient dengan korelasi positif; terdapat pengaruh tidak langsung persepsi terhadap kekerasan verbal melalui adversity quotient dan kecerdasan mengelola emosi terhadap kekerasan verbal melalui adversity quotient.


Keywords


adversity quotient; kecersdasan mengelola emosi; kekerasan verbal; persepsi

References


Agung, P. (2021). Pengaruh spiritual, emosional dan Adversity Quotient terhadap self-control dan self-success siswa di MAN Se- Kabupaten Blitar. In Nuevos sistemas de comunicación e información (Issue 1). Tesis Pascasarjana Institut Agama Islam Negeri Tulungagung.

Alfiariski. (2021). Adversity Quotient dan Persepsi terhadap situasi pandemi terhadap Kecenderungan Stress (Vol. 000) [Universitas Tujuh Belas Agustus Surabaya]. http://repository.untag-sby.ac.id/10090/8/JURNAL .pdf

Apriatama, D., Wayan, Annisa, Aldo, Aldi, & Theo. (2021). Analisis kecerdasan emosional orangtua untuk mendampingi anak dalam pembelajaran daring pada masa pandemi covid-19. Syams: Jurnal Kajian Keislaman, 2(1), 1–8. https://doi.org/10.46799/jst.v2i12.472

Erniwati, & Fitriani, W. (2020). Faktor-faktor penyebab orang tua melakukan kekerasan verbal pada anak usia dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 1–8. https://jurnal.umj.ac.id/index.php/YaaBunayya/article/view/6680

Fatwikiningsih, N., & Fajriyah, L. (2021). Perbedaan Pola Hubungan antara Orang Tua dan Anak Usia Dini Ditinjau dari Tingkat Stres Pengasuhan pada Masa Pandemi Covid-19. Journal Ashil: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 20–36. https://doi.org/10.33367/piaud.v1i1.1518

García-Sancho, E., Salguero, J. M., & Fernández-Berrocal, P. (2014). Relationship between emotional intelligence and aggression: A systematic review. In Aggression and Violent Behavior (Vol. 19, Issue 5, pp. 584–591). Elsevier Ltd. https://doi.org/10.1016/j.avb.2014.07.007

Gutiérrez-Cobo, M. J., Megías, A., Gómez-Leal, R., Cabello, R., & Fernández-Berrocal, P. (2018). The role of emotional intelligence and negative affect as protective and risk factors of aggressive behavior: A moderated mediation model. Aggressive Behavior, 44(6), 638–646. https://doi.org/10.1002/ab.21788

Hambali, & Rahmania, K. (2021). Adversity Quotient terhadap Self Control dan Self Succes Mahasantri Program Takhosus Ilmu Faroid di Ma’had Aly Nurul Jadid. Jurnal Edureligia, 05(01), 68–79. https://ejournal.unuja.ac.id/index.php/edureligia/article/view/2093

Hanifa, Y. (2017). Emotional Quotient dan Adversity Quotient dengan Kecemasan Menghadapi Dunia Kerja. Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi, 5(1), 25–33. https://doi.org/10.30872/psikoborneo.v5i1.4327

Huda, N., & Damar, D. (2021). Asosiasi Adversity Quotient dengan Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Jenjang SMP. Journal of Instructional Mathematics, 2(1), 10–20. https://doi.org/10.37640/jim.v2i1.892

Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Kemen PPPA). (2021). Peraturan Menteri Pemberdayaan Perempuan Dan Perlindungan Anak Republik Indonesia Nomor 2 Tahun 2021. In Jdih.Kemenpppa.Go.Id.

Mahmud, B. (2019). Kekerasan verbal pada anak. Jurnal An Nisa’, 12(2), 689–694. https://jurnal.iain-bone.ac.id/index.php/annisa/article/view/667

Muarifah, A., Wati, D. E., & Puspitasari, I. (2020). Identifikasi Bentuk dan Dampak Kekerasan pada Anak Usia Dini di Kota Yogyakarta. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 757. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.451

Muranto, O. T. K. (2020). Hubungan Antara Kecerdasan Emosional dengan Adversity Quotient pada Mahasuswa Merantau yang sedang Mengerjakan Skripsi. Perpustakaan Gunadarma.

Nurkomariyah, S. (2021). Pengaruh kecerdasan emosional, pola asuh dan variabel demografi terhadap kecerdasan adversitas. repository.uinjkt.ac.id. https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/57642

Putri, A. M., & Santoso, A. (2012). Persepsi orang tua tentang kekerasan verbal pada anak. Jurnal Nursing Studies, 1, 22–29. https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/jnursing/article/view/127

Rahayu, E., Anggraini, V. A., & Islam, S. N. (2019). Peran Orang Tua Dalam Pendampingan Anak Usia SD/MI. Jurnal Auladuna, 2(1), 37–49. https://doi.org/10.30631/smartkids.v1i2.55

Republik Iindonesia. (1945). Undang Undang Dasar Republik Indonesia Tahun 1945 (Vol. 105, Issue 3, pp. 129–133).

Salasiah, Asniwati, & Effendi, R. (2018). Instilling Character Values In Early Chilhood In The Perspective Of Curriculum And Parenting ( Multi-Site Study In PAUD Islam Sabilal Muhtadi And PAUD Mawaddah , Banjarmasin, Indonesia ). Journal of Education Studies, 5(7), 36–48. https://doi.org/10.5281/zenodo.1494201

Setyawati, N. S., Sulaiman, & Noorhafizah. (2020). The Influence of Parents’ Role and Parenting on Communication and Social Independence of Children in Kindergarten Cempaka Cluster, Central Banjarmasin Subdistrict. Journal of K6 Education and Management, 3(1), 66–73. https://doi.org/10.11594/jk6em.03.01.09

Singh, S., & Sharma, T. (2018). Affect of emotional intelligence on adversity quotient of Indian managers. AIP Conference Proceedings, 2016(September). https://doi.org/10.1063/1.5055537

Somaratne, C. S. N., Jayawardena, L. N. A. C., & Perera, B. M. K. (2020). Role of Adversity Quotient (AQ) on Perceived Stress of Managers: with specific reference to AQ Dimensions. Kelaniya Journal of Management, 8(2), 40. https://doi.org/10.4038/kjm.v8i2.7603

Sulvinajayanti, S., Saleh, A. A., & Hamang, M. N. (2021). Pengasuhan Disiplin Positif Islami Sebagai Upaya Penurunan Kekerasan Terhadap Anak di Kabupaten Sidrap. Jurnal Penelitian, 15(1), 77. https://doi.org/10.21043/jp.v15i1.10241

Suprayogi, A., & Setyowati, N. (2019). Persepsi Orang Tua Terhadap Kekerasan Pada Anak Di Daerah Rw 07 Kemlaten Karangpilang Surabaya. Kajian Moral Dan …, 07(02), 918–932. https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-kewarganegaraa/article/view/29910

Wardani, W. (2019). Pengaruh kecerdasan adversitas dan kecerdasan emosional melalui model inkuiri sosial terhadap keterampilan sosial siswa. Jurnal Teori Dan Praksis Pembelajaran IPS, 4(2), 66–73. https://doi.org/10.17977/um022v4i22019p066

Wati, D. E., & Puspitasari, I. (2018). Kekerasan Terhadap Anak, Penanaman Disiplin, dan Regulasi Emosi Orang Tua. Jurnal VARIDIKA, 30(1), 21–26. https://doi.org/10.23917/varidika.v30i1.6541

Zahroh, C., Anggraini, R., Yusuf, A., & Sudiana, I. K. (2020). The Relationship of Intelligence and Health Perceptions. Indian Journal of Public Health Research & Development, 11(03), 2398–2401. https://doi.org/10.37506/ijphrd.v11i5.9403

Zuhrudin, A. (2017). Reformulasi Bahasa Santun Sebagai Upaya Melawan Kekerasan Verbal Terhadap Anak. Sawwa: Jurnal Studi Gender, 12(2), 265. https://doi.org/10.21580/sa.v12i2.1706


Refbacks

  • There are currently no refbacks.