- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Penggunaan Metode Bercerita Berbasis Kearifan Lokal untuk Meningkatkan Karakter Tanggung Jawab Anak
DOI:
https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i5.3737Keywords:
kearifan lokal, metode bercerita, tanggung jawabAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi metode bercerita berbasis kearifan lokal untuk meningkatkan rasa tanggung jawab anak. Subjek penelitian adalah 15 anak dari kelompok B. Adapun pelaksanaan Penelitian ini yakni  pada tahun ajaran 2021/2022. Pendekatan yang digunakan yaitu kualitatif dan menggunakan penelitian tindakan kelas. Teknik pengumpulan data melalui  observasi dan dokumentasi. Fokus penelitian ini adalah meningkatkan rasa tanggung jawab anak melalui metode bercerita berbasis kearifan lokal. Data yang diperoleh  dianalisis dengan  deskriptif dan kualitatif, melalui observasi dan dokumentasi dianalisis dengan menggunakan analisis kualitatif untuk menggambarkan hasil penelitian. Hasil penelitian di TK Fathinah menunjukkan adanya peningkatan rasa tanggung jawab anak melalui penggunaan metode bercerita berbasis kearifan lokal, terlihat dari rata-rata hasil yang diperoleh  pada siklus I yang dikategorikan kurang meningkat dan pada siklus II dikategorikan baik.
Downloads
References
Adrianindita, S. (2015). Upaya Meningkatkan Keterampilan Sosial-Emosional Anak Usia 2-3 Tahun Melalui Metode Bercerita Di Kb Siti Sulaechah 04 Semarang. BELIA: Early Childhood Education Papers, 4(2), 32–37. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/belia/article/view/7499
Cahyati, N. (2018). Penggunaan Media Audio Visual Terhadap Karakter Tanggung Jawab Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Golden Age, 2(02), 75. https://doi.org/10.29408/goldenage.v2i02.1033
Ervanda, Y. (2021). Permainan Tradisional Cublak-Cublak Suweng Dari Provinsi Yogyakarta Dan Pembentukan Karakter Tanggung Jawab Pada Peserta Didik Mi/Sd Di Indonesia. Journal of Education and Teaching, 2(1), 133. https://doi.org/10.24014/jete.v2i1.9738
Hamidah, H., Sobarna, A., & Hakim, A. (2020). Penanaman Karakter Tanggung Jawab melalui Permainan Tradisional Egrang Batok Kelapa pada Anak Usia 4-5 Tahun di TK Bunga Bangsa Panyileukan Bandung. Jurnal Prosiding Pendidikan Guru Paud, 6(1), 81–85. https://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/paud/article/view/20478
Kasihani, K. (1999). Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Depdikbud.
Kristanto, W. (2018). Pengembangan Film Pendek Berbasis Karakter Pada Anak Usia Dini Di Tk. Maarif Nu. Hasanudin, Surabaya. Jurnal PAUD Agapedia, 2(1). https://ejournal.upi.edu/index.php/agapedia/article/view/24383
Krobo, A. (2020). Identifikasi Penerapan Pendidikan Karakter (Pilar Dua : Kemandirian, Disiplin dan Tanggung Jawab) Di TK. Pertiwi XIII Kotaraja. PERNIK : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 45–55. https://doi.org/10.31851/pernik.v3i2.4840
Lina, H. H. U. (2021). Menumbuhkan Karakter Tanggungjawab AUD melalui Recalling Hadist Kebersihan di TK Muslimat NU Nurul Islam Kudus. Journal of Industrial Engineering & Management Research, 1(4), 309–317. https://jiemar.org/index.php/jiemar/article/view/201
Novitasari, K. (2018). Pembelajaran Berbasis Proyek Untuk Menanamkan Karakter Tanggung Jawab Pada Anak Kelompok B Di Tk Nasima Kota Semarang. Repository.Upy.Ac.Id, 1–9. http://repository.upy.ac.id/1828
Novitasari, Y., & Fauziddin, M. (2022). Analisis Literasi Digital Tenaga Pendidik pada Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 3570–3577. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.2333
Permataputri, D. I., & Syamsudin, A. (2021). Pembelajaran Nilai Agama dan Moral Anak Usia Dini melalui Metode Montessori selama Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(2), 693–703. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i2.1042
Santrock, J. (2010). Child Development (Thirteeth Editiona).
Thomas Lickona. (2013). Pendidikan Karakter (Panduan lengkap Mendidik Siswa). Pustaka Pelajar.
Wachyuni, S. (2014). Pengembangan Pendidikan Karakter Pada Anak Usia Dini Melaui Metode Bercerita (Studi Kasus Pada Satuan Paud Sejenis (SPS) Al Muslimun Kecamatan Cisarua Kabupaten Bandung Barat). Jurnal EMPOWERMENT, 4(2). http://e-journal.stkipsiliwangi.ac.id/index.php/empowerment/article/view/578
Wati, N. M. S., Suwatra, I. I. W., & Tirtayani, L. A. (2016). Penerapan Metode Bercerita Berbasis Kearifan Lokal untuk Meningkatkan Moral Anak Kelompok B PAUD Widya Laksmi. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha (Vol. 4, Issue 2). https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPAUD/article/view/7795
Wiryanto, W., Fauziddin, M., Suprayitno, S., & Budiyono, B. (2023). Systematic Literature Review : Implementasi STEAM di Sekolah Dasar Kelas Rendah. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(2), 1545–1555. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i2.4268
Yuliastri Nur Adiyah, S. S. D. R. S., & Siti, H. (2019). Penanaman Nilai-Nilai Karakter melalui Kegiatan Storytelling dengan Menggunakan Cerita Rakyat Sasak pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 153. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.108