Literasi Berbahasa Indonesia Usia Prasekolah: Ancangan Metode Dia Tampan dalam Membaca Permulaan

Khirjan Nahdi(1Mail), Dukha Yunitasari(2),
(1) Pendidikan Sastra dan Bahasa Indonesia, Universitas Hamzanwadi, Indonesia
(2) Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Hamzanwadi, Indonesia

Mail Corresponding Author
Copyright (c) 2019 Khirjan Nahdi, Dukha Yunitasari

DOI : https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.372

Full Text:    Language : id
Submitted : 2019-12-13
Published : 2019-12-21

Abstract


Perkembangan literasi berbahasa membaca permulaan anak usia dini merupakan salah satu aspek yang harus dicapai oleh anak dalam perkembangannya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat perkembangan literasi berbahasa membaca permulaan anak usia 5-6 tahun dengan menggunakan metode dia tampan. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan menggunakan analisis kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi dengan instrument pengumpulan datanya adalah lembar pedoman wawancara, dan lembar observasi. Teknik analisis data yang digunakan menggunakan analisis deskriptif miles & Hubberman. hasil yang diperoleh dari penerapan metode dia tampan untuk mengembangkan kemampuan literasi Bahasa membaca permulaan anak yang paling dominan adalah masuk ke dalam kriteria” berkembang sesuai harapan”, sedangkan yang paling sedikit kemampuan membaca permulaan anak usia 5-6 tahun adalah kriteria “mulai berkembang”. Faktor pendukung yang mempengaruhi peningkatan ini, dikarenakan proses pembelajaran yang aktif dengan menggunakan strategi dia tampan  yang membuat anak serta anak-anak menemukan hal yang baru dan lebih terlihat kesempatan berkomunikasi sesama temannya.


Keywords


literasi berbahasa; membaca permulaan; dia tampan; 5-6 tahun

References


Anggraeni, D., Hartati, S., & Nurani, Y. (2019). Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Implementasi Metode Bercerita dan Harga Diri dalam Meningkatkan Kemampuan Berbicara Anak Usia Dini, 3(2), 404–415. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i2.224

Astuti, S. K. (2016). Pelaksanaan Pembelajaran Membaca Permulaan DI Kelompok A Taman Kanak-kanak Aba Pendowo. Jurnal Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, (3), 194–204.

Awal, M., & Mutiara, T. K. (2019). Efektivitas Permainan Pola Suku Kata Terhadap Kemampuan Membaca Awal Anak di Taman Kanak-Kanak Mutiara Ananda Tabing Padang, (2). https://doi.org/10.31004/obsesi.v2i1.13.

Basyiroh, I. (2017). Program Pengembangan Kemampuan Literasi Anak Usia Dini. Tunas Siliwangi, 3(2), 120–134.

Brodin, J., & Renblad, K. (2019). Improvement of preschool children’s speech and language skills. Early Child Development and Care, 0(0), 1–9. https://doi.org/10.1080/03004430.2018.1564917

Cahyani, N. I. (2016). Kemampuan Anak Berbahasa Ditinjau, 1–11.

Chairilsyah, D. (2019). Web-Based Application to Measure Motoric Development of Early Childhood. JPUD - Jurnal Pendidikan Usia Dini, 13(1), 1–14. https://doi.org/10.21009/10.21009/jpud.131.01

Habibi, M., Fip Unp, P., & Padang, K. (2018). Keterampilan Membaca Dan Menulis Permulaan Menggunakan Model Vark Untuk Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 2(1), 72–80. Retrieved from http://e-journal.unp.ac.id/index.php/jippsd72. https://doi.org/10.24036/jippsd.v2i1.100032.

Iasha, Y. D., & Iswara, P. D. (2018). Big Book Media Development Of Real Reading Ability and Communication Ability of Students Using Dia Tampan Strategy ( Experimental Research at Class I SDIT Cendekia Purwakarta Purwakarta District , Purwakarta Regency ), 233–243.

Inten, D. N. (2017). Peran Keluarga dalam Menanamkan Literasi Dini pada Anak Role of the FamilyToward Early Literacy of the Children. Golden Age: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 23–32. https://doi.org/10.29313/ga.v1i1.2689

Jauhari, S., Marhaeni, A. A. I. ., & Sutama, M. (2013). Pengaruh Implementasi Strategi Dia Tampan Berbantuan Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar Membaca Permulaan. Jurnal Pendidikan Dasar Ganesha, 3(1). Retrieved from https://www.neliti.com/id/publications/120912/pengaruh-implementasi-strategi-dia-tampan-berbantuan-media-audio-visual-terhadap

Huberman, M., & Miles, M. B. (2002). The qualitative researcher's companion. Sage. https://doi.org/10.4135/9781412986274.

Nur Azizah, A., & Ali, M. (n.d.). Penanaman Nilai Moral Melalui Metode Bercerita Pada Anak Usia 5 – 6 Tahun Di Tk Khodijah, 1–16.

Nuraeni, A. (2016). Peran Orang Tua dalam Pengembangan Literasi Dini Anak Kelompok B di Gugus 7 Mangunan Dlingo Bantul. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3, 245–256. Retrieved from http://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/pgpaud/article/viewFile/1256/1131

Olufunke, M. (2013). Literacy in Early Childhood : Implications for Sustainable Development, 24–26.

Palupi, Y., & Pendahuluan, I. (2015). Perkembangan Bahasa Pada Anak. Wardah, 14(1), 25–33.

Pebriana, P. H. (2017). Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Analisis Penggunaan Gadget terhadap Kemampuan Interaksi Sosial. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 8. https://doi.org/10.31004/obsesi.v1i1.26

Pertiwi, A. D., Universitas, P., & Yogyakarta, N. (2017). Study Deskriptif Proses Membaca Permulaan Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak, 5(1), 759–764.

Rahadian, G., Rohanda, R., & Anwar, R. K. (2014). Peranan Perpustakaan Sekolah Dalam Meningkatkan Budaya Gemar Membaca. Jurnal Kajian Informasi Dan Perpustakaan, 2(1), 47. https://doi.org/10.24198/jkip.v2i1.11628

Ramdhani, S., Yuliastri, N. A., Sari, S. D., & Hasriah, S. (2019). Penanaman Nilai-Nilai Karakter melalui Kegiatan Storytelling dengan Menggunakan Cerita Rakyat Sasak pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 153. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.108

Sumaryanti, L. (2018). Membudayakan Literasi Pada Anak Usia Dini Dengan Metode Mendongeng. AL-ASASIYYA: Journal Of Basic Education, 3(1), 117. https://doi.org/10.24269/ajbe.v3i1.1332

Suyadi, S. (2017). Perencanaan dan Asesmen Perkembangan Pada Anak Usia Dini. Golden Age: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, 1(1), 65–74. Retrieved from http://ejournal.uin-suka.ac.id/tarbiyah/index.php/goldenage/article/view/1251

Yuliani, N. (2019). Perspektif Baru Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini, 141.

Yuliani Nurani, S. (2012). Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Cetakan Kelima., 1–40.


Article Metrics

 Abstract Views : 68 times
 PDF Downloaded : 18 times


This article can be traced from:

Refbacks

  • There are currently no refbacks.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.