Membangun Literasi Dwibahasa melalui Big Book Storytelling untuk Anak Usia Dini

Author


Yansyah Yansyah(1Mail), Jamiatul Hamidah(2), Lita Ariani(3),
Pendidikan Bahasa Inggris, Universitas Muhammadiyah Banjarmasin, Indonesia(1)
Pendidikan Bahasa Indonesia, Universitas Muhammadiyah Banjarmasin, Indonesia(2)
Psikologi, Universitas Muhammadiyah Banjarmasin, Indonesia(3)

Mail Corresponding Author
Article Analytic
  Download PDF   [File Size: 696KB]  Language: id
Published : 2023-01-24
Copyright (c) 2023 Yansyah Yansyah, Jamiatul Hamidah, Lita Ariani

Article can trace at:


Article Metrics

Abstract Views: 20 times PDF Downloaded: 10 times

Abstract


Meskipun masih terdapat kontroversi untuk mengenalkan literasi dwibahasa bagi anak usia dini di Indonesia, tetapi fenomena ini semakin marak di ranah pendidikan. Beberapa sekolah telah memprogramkan kegiatan ini sebagai bagian dari keunggulan mereka. Artikel ini mengeksplorasi penggunaan big book storytelling yang diterapkan oleh sebuah taman kanak-kanak yang ada di Banjarmasin, Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk menemukan strategi penerapan big book storytelling yang tepat untuk pengenalan kemampuan dwibahasa bagi anak usia dini serta melihat respon mereka terhadap penggunaan media tersebut di dalam kelas. Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kolaboratif, dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi sebagai instrumen pengumpulan data terkait persiapan, pelaksanaan, dan refleksi pasca tindakan. Penelitian ini melibatkan dua orang guru dan 24 anak sebagai partisipan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa big book storytelling dapat digunakan untuk mengenalkan kosakata dwibahasa dengan tiga tahapan, yaitu 1) pengenalan kosakata melalui flashcard, 2) storytelling interaktif, dan 3) kuis interaktif. Berdasarkan hasil observasi, media yang digunakan bisa mempertahankan antusiasme anak dalam belajar, mengenalkan kosakata baru dalam dwibahasa, serta meningkatkan interaksi berbahasa. Implikasi pedagogis terhadap pembelajaran dwibahasa untuk anak usia dini didiskusikan.


Keywords


pendidikan anak usia dini; big book dwibahasa; storytelling; literasi dwibahasa

References


Antoniou, M. (2019). The Advantages of Bilingualism Debate. Annual Review of Linguistics, 5(June 2018), 395–415. https://doi.org/10.1146/annurev-linguistics-011718-011820

Aqib, Z., & Chatibuddin, M. (2018). Teori dan aplikasi Penelitian Tindakan Kelas: (PTK). Deepublish.

Ariani, L., & Hariyono, D. S. (2019). Storytelling Sebagai Metode Dalam Mengembangkan Kemampuan Berbahasa Pada Anak Prasekolah. Prosiding Seminar Nasional & Call Paper Psikologi Pendidikan, 36–44.

Asha, N., Siraj, S., Ismail, H., Omar, R., Samad, S. A., & Ninari, E. F. (2020). Penggunaan big book dalam kalangan guru Tadika untuk perkembangan literasi kanak-kanak. Jurnal Pendidikan Awal Kanak-Kanak Kebangsaan, 9(Special Issue), 106–112. https://ejournal.upsi.edu.my/index.php/JPAK/article/view/4542

Astuti, R. (2017). Penerapan Pembelajaran Bilingual di TK Inklusi. AWLADY: Jurnal Pendidikan Anak, 3(2), 109–123. https://doi.org/10.24235/awlady.v3i2.1540

Bialystok, E. (1999). Cognitive complexity and attentional control in the bilingual mind. Child Development, 70(3), 636–644. https://doi.org/10.1111/1467-8624.00046

Cohen, L., Manion, L., & Morrison, K. (2007). Research methods in education (6th editio). Routledge. https://doi.org/10.1080/19415257.2011.643130

Colville-Hall, S., & O’Connor, B. (2006). Using big books: A standard-based instructional approach for foreign language teacher candicates in a preK-12 program. Foreign Language Annals, 3(3), 487–506. https://doi.org/10.1111/j.1944-9720.2006.tb02901.x

Fahmi, F., Syabrina, M., Sulistyowati, S., & Saudah, S. (2020). Strategi Guru Mengenalkan Konsep Dasar Literasi di PAUD Sebagai Persiapan Masuk SD/MI. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 931–940. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.673

Gaya, T. (2017). Enhancing children’s English vocabulary acquisition through digital storytelling of happy kids kindergarten of Palembang. International Journal of Educational and Pedagogical Sciences, 11(11), 980–989. https://doi.org/10.20319/pijss.2018.33.980989

Gusmayanti, E., & Dimyati, D. (2021). Analisis kegiatan mendongeng dalam meningkatkan perkembangan nilai moral anak usia dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(2), 903–917. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i2.1062

Hamdanah, & Baharan, A. K. (2022). Peranan metode bercerita terhadap efektivitas penanaman nilai keagamaan anak. DIALEKTIKA : Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(1), 1–14. https://ejurnal.iainpare.ac.id/index.php/JurnalPAI/article/view/1974

Hamidah, J. (2020). Implementasi Media Flash Card dalam Menanamkan Nilai Karakter Religius pada Pembelajaran Membaca Permulaan Anak Usia Dini. Silampari Bisa: Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa Indonesia, Daerah, Dan Asing, 3(1), 1–14. https://doi.org/10.31540/silamparibisa.v3i1.751

Hidayati, N. N. (2017). Meningkatkan kosakata Bahasa Inggris anak usia dini dengan kartu bergambar. Al-Hikmah : Indonesian Journal of Early Childhood Islamic Education, 1(1), 67–86. https://doi.org/10.35896/ijecie.v1i1.6

Hopp, H., Vogelbacher, M., Kieseier, T., & Thoma, D. (2019). Bilingual advantages in early foreign language learning: Effects of the minority and the majority language. Learning and Instruction, 61, 99–110. https://doi.org/10.1016/J.LEARNINSTRUC.2019.02.001

Kieseier, T. (2021). Bilingual advantage in early EFL pronunciation accuracy of German 4th-graders. International Journal of Bilingualism, 25(3), 708–726. https://doi.org/10.1177/1367006921996811

Latief, M. A. (2012). Research Methods on Language Learning: An Introduction (First Edit). UM Press.

Maili, S. N. (2018). Bahasa Inggris pada sekolah dasar: Mengapa perlu dan dipersoalkan. Jurnal Pendidikan Unsika, 6(1), 23–28. https://journal.unsika.ac.id/index.php/judika/article/view/1203

Nurjaman, I., & Rachmi, T. (2019). Persepsi orang tua terhadap pemerolehan bahasa Inggris anak usia dini. Early Childhood: Jurnal Pendidikan, 3(2), 82–90. https://doi.org/10.35568/earlychildhood.v3i2.528

Ramdhani, S., Yuliastri, N. A., Sari, S. D., & Hasriah, S. (2019). Penanaman Nilai-Nilai Karakter melalui Kegiatan Storytelling dengan Menggunakan Cerita Rakyat Sasak pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 153–160. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.108

Rohman, S. (2022). Urgensi mendongeng dalam membangun budaya membaca pada anak (analisis terhadap ayat-ayat Al-Qur’an terhadap berkisah). Dimar Jurnal Pendidikan Islam, 3(2), 31–44. http://ejournal.stit-almubarok.ac.id/index.php/DIMAR/article/view/75

Solihin, L., Utama, B., Pratiwi, I., & Novirina. (2019). Indeks Aktivitas Literasi Membaca 34 Provinsi (Issue 2). Pusat Penelitian Kebijakan Pendidikan dan Kebudayaan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Struys, E., Duyck, W., & Woumans, E. (2018). The role of cognitive development and strategic task tendencies in the bilingual advantage controversy. In Frontiers in Psychology (Vol. 9, Issue SEP). https://doi.org/10.3389/fpsyg.2018.01790

Sumaryanti, L. (2018). Membudayakan Literasi Pada Anak Usia Dini Dengan Metode Mendongeng. AL-ASASIYYA: Journal Of Basic Education, 3(1), 117–125. https://doi.org/10.24269/ajbe.v3i1.1332

Takakuwa, M. (2000). What’s wrong with the concept of cognitive development in studies of bilingualism? Bilingual Review, 25(3), 225–237. https://www.jstor.org/stable/25745719

Tuerah, I. J. C. (2021). “Story Time!”: Coping with low-motivated students using big book. Script Journal, 6(1), 81–91. https://jurnal.fkip-uwgm.ac.id/index.php/Script/article/view/578

Wahyuningsih, Y., Harsono, N., & Setyaningsih. (2019). Bigbook Design Bilingual in the Context of Culture West Java. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 2(229), 75–80. https://doi.org/10.21831/didaktika.v2i2.28100.g13085

Yansyah. (2017). Helping young learners to learn audi discrimination by using flashcards. LET: Linguistics, Literature and English Teaching Journal, 5(1), 75–81. https://jurnal.uin-antasari.ac.id/index.php/let/article/view/1424

Yansyah, Y., Hamidah, J., & Ariani, L. (2021). Pengembangan Big Book Storytelling Dwibahasa untuk Meningkatkan Literasi Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3), 1449–1460. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i3.1779

Yolanda, W., & Muhid, A. (2022). EEfektivitas Metode Belajar StoryTelling untuk Meningkatkan Sosio-Emosional Anak Pandemi COVID-19 : Literature Review. Yaa Bunayya : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 21–32. https://jurnal.umj.ac.id/index.php/YaaBunayya/article/view/9547


Refbacks

  • There are currently no refbacks.