Analisis Pendidikan Moral Anak Usia Dini dalam Keluarga Jawa

Authors

  • Tita Pertamawati Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, Indonesia
  • Marhumah Marhumah Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, Indonesia
  • Kholida Munasti Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, Indonesia
  • Uswatun Hasanah Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Institut Agama Islam Negeri Metro Lampung, Indonesia
  • Indah Sri Anggita Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, Indonesia
  • Lina Imroatus Sa'diyah Bimbingan Konseling Islam, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i5.3682

Keywords:

anak usia dini, pendidikan keluarga, pendidikan moral

Abstract

Keluarga perlu memperhatikan serta memberikan pendidikan terbaik pada segala hal baik  pengetahuan, keteladan dan  pembiasaan untuk mengimplementasikan pendidikan yang diperolehnya. Tujuan penelitian ini yaitu buat mengetahui bagaimana cara keluarga ataupun orang tua di Desa Metro Rejo, Oku Timur, Sumatera Selatan dalam memberikan pendidikan moral di anak usia dini. Penelitian ini memakai metode deskriptif kualitatif. Pengumpulan data diperoleh melalui observasi dan  wawancara pada 6 keluarga di Desa Metro Rejo, Oku Timur, Sumatera Selatan yang mempunyai anak usia dini. Analisis penelitian ini menggunakan analisis kualitatif menggunakan mengungkapkan sinkron dengan keadaan dengan sebenar-benarnya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pendidikan moral yang diterapkan oleh keluarga di Desa Metro Rejo, Oku Timur, Sumatera Selatan berpedoman pada prinsip agama islam dan budaya jawa dalam menanamkan pendidikan moral pada anak yang diimplementasikan melalui hal sederhana seperti memiliki unggah-ungguh (berucap dan berperilaku baik), santun dan patuh, saling menghormati, dan ramah.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adlani, N. (2022). Penguatan Pendidikan Karakter Melalui Penerapan Kurikulum Muatan Lokal Gayo di Madrasah Ibtidaiyah Kabupaten Aceh Tengah. At-Thullab : Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 6(1), 40. https://doi.org/10.30736/atl.v6i1.698

Andriyani, I. N. (2018). Pendidikan Anak dalam Keluarga di Era Digital. FIKROTUNA, 7(1), 789–802. https://doi.org/10.32806/jf.v7i1.3184

Auliya, F., Pranoto, Y. K. S., & Sunarso, A. (2017). Kecerdasan Moral Anak Usia Dini. Edukasi, 2(1), 1–7. https://doi.org/10.15294/edukasi.v14i1.962

Dadan Suryana. (2016). Pendidikan Anak Usia Dini: Stimulasi & Aspek Perkembangan Anak. In Kencana (pp. 1–193).

Fauziddin, M. (2016). Peningkatan Kemampuan Kerja Sama melalui Kegiatan Kerja Kelompok Pada Anak Kelompok A TK Kartika Salo Kabupaten Kampar. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(1), 29. https://doi.org/10.31004/obsesi.v2i1.47

Hani’ah, U. (2020). Tanggung Jawab Orang Tua Dalam Pendidikan Keluarga (Studi Analasis Surat At-Tahrim Ayat 6 Dalam Tafsir Al-Luba<B Karya M. Quraish Shihab). Institut Agama Islam Negeri Ponorogo.

Idrus, M. (2012). Pendidikan Karakter Pada Keluarga Jawa. Jurnal Pendidikan Karakter, 3(2), 118–130. https://doi.org/10.21831/jpk.v0i2.1297

Ilyas, M. (2018). Konsep Pendidikan Keluarga Dalam Al-Qur’an. Tawazun: Jurnal Pendidikan Islam, 11(1), 1. https://doi.org/10.32832/tawazun.v11i1.1623

Imelda, A. (2018). Implementasi Pendidikan Nilai Dalam Pendidikan Agama Islam. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 8(2), 227. https://doi.org/10.24042/atjpi.v8i2.2128

Indrayani, A. A. D. (2020). Hubungan Geguritan Brayut Dengan Sosial Budaya Masyarakat Bali. Kalangwan Jurnal Pendidikan Agama, Bahasa Dan Sastra, 9(2), 94. https://doi.org/10.25078/klgw.v9i2.1232

Khaironi, M. (2017). Pendidikan Moral Pada Anak Usia Dini. Jurnal Golden Age, 1(01), 1. https://doi.org/10.29408/goldenage.v1i01.479

La, A. (2022). Pendidikan keluarga dalam perpekstif islam. Jurnal Pendidikan Ar-Rashid, 7(1), 1–9. https://www.journal.staisyarifmuhammad.ac.id/index.php/jp/article/view/11

Makhmudah, S. (2018a). Penguatan Peran Keluarga dalam Pendidikan Anak. Martabat: Jurnal Perempuan Dan Anak, 2(2), 271–275. https://ejournal.uinsatu.ac.id/index.php/martabat/article/view/1255

Makhmudah, S. (2018b). Penguatan Peran Keluarga Dalam Pendidikan Anak. Martabat: Jurnal Perempuan Dan Anak, 2(2). https://doi.org/10.21274/martabat.2018.2.2.269-286

Meilanie, R. S. M. (2020). Survei Kemampuan Guru dan Orangtua dalam Stimulasi Dini Sensori pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 958–964. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.741

Mudzakir, M. (2019). Pemikiran Islam Dalam Kaitannya Dengan Keluarga (Analisis:Studi Kasus Pendidikan Agama Dalam Keluarga Pada Pemikiran Nurcholis Madjid). KAHPI, 3(1), 1–9. http://www.openjournal.unpam.ac.id/index.php/kahpi/article/view/2907

Mulyana, D., Cahyono, C., & Wahyuni Rahayu, S. (2022). Analisis Lunturnya Moral Bangsa Dalam Perspektif Pendidikan Budi Pekerti Ki Hadjar Dewantara. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 8(1), 41–54. https://doi.org/10.36989/didaktik.v8i1.294

Nurani, Y. (2019). Perspektif Baru Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. In Jakarta Barat:Cv. Campustaka. CV. Campustaka.

Oktaviana, A., Marhumah, M., Munastiwi, E., & Na’imah, N. (2022). Peran Pendidik dalam Menerapkan Pendidikan Akhlak Anak Usia Dini melalui Metode Pembiasaan. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 5297–5306. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.2715

Ramdani, E. (2018). Model Pembelajaran Kontekstual Berbasis Kearifan Lokal sebagai Penguatan Pendidikan Karakter. JUPIIS: JURNAL PENDIDIKAN ILMU-ILMU SOSIAL, 10(1), 1. https://doi.org/10.24114/jupiis.v10i1.8264

Riyanti, R., Ali, M., & Khomsiyatun, U. (2022). Pendidikan Moral Anak Usia Dini Berbasis Kearifan Lokal dalam Keluarga. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3), 2287–2295. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i3.2020

Sit, M. (2019). Kompetensi Moral Anak Usia Dini Teori Dan Praktik (Pertama). PT. Rajawali Press.

Sugawara, E., & Nikaido, H. (2014). Properties of AdeABC and AdeIJK efflux systems of Acinetobacter baumannii compared with those of the AcrAB-TolC system of Escherichia coli. Antimicrobial Agents and Chemotherapy, 58(12), 7250–7257. https://doi.org/10.1128/AAC.03728-14

Sugiyo Pranoto, Y. K. (2020). Kecerdasan Moral Anak Usia Prasekolah. Edukasi, 14(1), v–53. https://doi.org/10.15294/edukasi.v14i1.962

Surawati, N. M., Sri Winarti, N. N., & Dwipayana, A. . P. (2019). Esensi Ajaran Moralitas Dalam Tutur Jatiswara. Dharmasmrti: Jurnal Ilmu Agama Dan Kebudayaan, 10(2), 53–59. https://doi.org/10.32795/ds.v19i2.427

TADJUDDIN, N. (2018). Pendidikan Moral Anak Usia Dini Dalam Pandangan Psikologi, Pedagogik, dan Agama. Al-Athfaal: Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 100–116. https://doi.org/10.24042/ajipaud.v1i1.3386

Trisnawati, W., & Sugito, S. (2020). Pendidikan Anak dalam Keluarga Era Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 823–831. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.710

Ulummudin, U. (2019). Tafsir Kontemporer Atas “Ayat Perang†Qs Al-taubah (9): 5-6: Perspektif Hermeneutika Jorge Je Gracia. Aqlam: Journal of Islam and Plurality, 4(9), 215–232. https://journal.iain-manado.ac.id/index.php/AJIP/article/view/1013

Wahyuni, S., & Purnama, S. (2020). Pengembangan Religiusitas melalui Metode Kisah Qur’ani di Taman Kanak-Kanak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 103. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.523

Wantu, H. M. (2020). Pendidikan Karakter Untuk Membentuk Moralitas Anak Bangsa. Irfani, 16(1), 1–8. https://doi.org/10.30603/ir.v16i1.1310

Windayani, N. L. I., Ni Wayan Risna Dewi, Yuliantini, S., Widyasanti, N. P., I Komang Sesara Ariyana, Keban, Y. B., Mahartini, K. T., Daviq, N., Suparman, & Ayu, P. E. S. (2021). Teori dan aplikasi pendidikan anak usia dini. In Yayasan Penerbit Muhammad Zaini.

Yudipratomo, O. (2020). Benturan Imperialisme Budaya Barat Dan Budaya Timur Dalam Media Sosial. Jurnal Audience, 3(2), 170–186. https://doi.org/10.33633/ja.v3i2.3718

Zainuddin, Z., W., S., Musriaparto, M., & Nur, M. (2022). Solusi Pembentukan Perilaku Nilai Moral Anak Usia Dini Melalui Pendidikan Islam. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 4335–4346. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.2606

Downloads

Published

31-10-2023

How to Cite

Pertamawati, T., Marhumah, M., Munasti, K., Hasanah, U., Anggita, I. S., & Sa’diyah, L. I. (2023). Analisis Pendidikan Moral Anak Usia Dini dalam Keluarga Jawa. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(5), 6107–6114. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i5.3682

Issue

Section

Articles