- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Analisis Pendidikan Moral Anak Usia Dini dalam Keluarga Jawa
DOI:
https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i5.3682Keywords:
anak usia dini, pendidikan keluarga, pendidikan moralAbstract
Keluarga perlu memperhatikan serta memberikan pendidikan terbaik pada segala hal baik pengetahuan, keteladan dan pembiasaan untuk mengimplementasikan pendidikan yang diperolehnya. Tujuan penelitian ini yaitu buat mengetahui bagaimana cara keluarga ataupun orang tua di Desa Metro Rejo, Oku Timur, Sumatera Selatan dalam memberikan pendidikan moral di anak usia dini. Penelitian ini memakai metode deskriptif kualitatif. Pengumpulan data diperoleh melalui observasi dan wawancara pada 6 keluarga di Desa Metro Rejo, Oku Timur, Sumatera Selatan yang mempunyai anak usia dini. Analisis penelitian ini menggunakan analisis kualitatif menggunakan mengungkapkan sinkron dengan keadaan dengan sebenar-benarnya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pendidikan moral yang diterapkan oleh keluarga di Desa Metro Rejo, Oku Timur, Sumatera Selatan berpedoman pada prinsip agama islam dan budaya jawa dalam menanamkan pendidikan moral pada anak yang diimplementasikan melalui hal sederhana seperti memiliki unggah-ungguh (berucap dan berperilaku baik), santun dan patuh, saling menghormati, dan ramah.
Downloads
References
Adlani, N. (2022). Penguatan Pendidikan Karakter Melalui Penerapan Kurikulum Muatan Lokal Gayo di Madrasah Ibtidaiyah Kabupaten Aceh Tengah. At-Thullab : Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 6(1), 40. https://doi.org/10.30736/atl.v6i1.698
Andriyani, I. N. (2018). Pendidikan Anak dalam Keluarga di Era Digital. FIKROTUNA, 7(1), 789–802. https://doi.org/10.32806/jf.v7i1.3184
Auliya, F., Pranoto, Y. K. S., & Sunarso, A. (2017). Kecerdasan Moral Anak Usia Dini. Edukasi, 2(1), 1–7. https://doi.org/10.15294/edukasi.v14i1.962
Dadan Suryana. (2016). Pendidikan Anak Usia Dini: Stimulasi & Aspek Perkembangan Anak. In Kencana (pp. 1–193).
Fauziddin, M. (2016). Peningkatan Kemampuan Kerja Sama melalui Kegiatan Kerja Kelompok Pada Anak Kelompok A TK Kartika Salo Kabupaten Kampar. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(1), 29. https://doi.org/10.31004/obsesi.v2i1.47
Hani’ah, U. (2020). Tanggung Jawab Orang Tua Dalam Pendidikan Keluarga (Studi Analasis Surat At-Tahrim Ayat 6 Dalam Tafsir Al-Luba<B Karya M. Quraish Shihab). Institut Agama Islam Negeri Ponorogo.
Idrus, M. (2012). Pendidikan Karakter Pada Keluarga Jawa. Jurnal Pendidikan Karakter, 3(2), 118–130. https://doi.org/10.21831/jpk.v0i2.1297
Ilyas, M. (2018). Konsep Pendidikan Keluarga Dalam Al-Qur’an. Tawazun: Jurnal Pendidikan Islam, 11(1), 1. https://doi.org/10.32832/tawazun.v11i1.1623
Imelda, A. (2018). Implementasi Pendidikan Nilai Dalam Pendidikan Agama Islam. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 8(2), 227. https://doi.org/10.24042/atjpi.v8i2.2128
Indrayani, A. A. D. (2020). Hubungan Geguritan Brayut Dengan Sosial Budaya Masyarakat Bali. Kalangwan Jurnal Pendidikan Agama, Bahasa Dan Sastra, 9(2), 94. https://doi.org/10.25078/klgw.v9i2.1232
Khaironi, M. (2017). Pendidikan Moral Pada Anak Usia Dini. Jurnal Golden Age, 1(01), 1. https://doi.org/10.29408/goldenage.v1i01.479
La, A. (2022). Pendidikan keluarga dalam perpekstif islam. Jurnal Pendidikan Ar-Rashid, 7(1), 1–9. https://www.journal.staisyarifmuhammad.ac.id/index.php/jp/article/view/11
Makhmudah, S. (2018a). Penguatan Peran Keluarga dalam Pendidikan Anak. Martabat: Jurnal Perempuan Dan Anak, 2(2), 271–275. https://ejournal.uinsatu.ac.id/index.php/martabat/article/view/1255
Makhmudah, S. (2018b). Penguatan Peran Keluarga Dalam Pendidikan Anak. Martabat: Jurnal Perempuan Dan Anak, 2(2). https://doi.org/10.21274/martabat.2018.2.2.269-286
Meilanie, R. S. M. (2020). Survei Kemampuan Guru dan Orangtua dalam Stimulasi Dini Sensori pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 958–964. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.741
Mudzakir, M. (2019). Pemikiran Islam Dalam Kaitannya Dengan Keluarga (Analisis:Studi Kasus Pendidikan Agama Dalam Keluarga Pada Pemikiran Nurcholis Madjid). KAHPI, 3(1), 1–9. http://www.openjournal.unpam.ac.id/index.php/kahpi/article/view/2907
Mulyana, D., Cahyono, C., & Wahyuni Rahayu, S. (2022). Analisis Lunturnya Moral Bangsa Dalam Perspektif Pendidikan Budi Pekerti Ki Hadjar Dewantara. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 8(1), 41–54. https://doi.org/10.36989/didaktik.v8i1.294
Nurani, Y. (2019). Perspektif Baru Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. In Jakarta Barat:Cv. Campustaka. CV. Campustaka.
Oktaviana, A., Marhumah, M., Munastiwi, E., & Na’imah, N. (2022). Peran Pendidik dalam Menerapkan Pendidikan Akhlak Anak Usia Dini melalui Metode Pembiasaan. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 5297–5306. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.2715
Ramdani, E. (2018). Model Pembelajaran Kontekstual Berbasis Kearifan Lokal sebagai Penguatan Pendidikan Karakter. JUPIIS: JURNAL PENDIDIKAN ILMU-ILMU SOSIAL, 10(1), 1. https://doi.org/10.24114/jupiis.v10i1.8264
Riyanti, R., Ali, M., & Khomsiyatun, U. (2022). Pendidikan Moral Anak Usia Dini Berbasis Kearifan Lokal dalam Keluarga. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3), 2287–2295. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i3.2020
Sit, M. (2019). Kompetensi Moral Anak Usia Dini Teori Dan Praktik (Pertama). PT. Rajawali Press.
Sugawara, E., & Nikaido, H. (2014). Properties of AdeABC and AdeIJK efflux systems of Acinetobacter baumannii compared with those of the AcrAB-TolC system of Escherichia coli. Antimicrobial Agents and Chemotherapy, 58(12), 7250–7257. https://doi.org/10.1128/AAC.03728-14
Sugiyo Pranoto, Y. K. (2020). Kecerdasan Moral Anak Usia Prasekolah. Edukasi, 14(1), v–53. https://doi.org/10.15294/edukasi.v14i1.962
Surawati, N. M., Sri Winarti, N. N., & Dwipayana, A. . P. (2019). Esensi Ajaran Moralitas Dalam Tutur Jatiswara. Dharmasmrti: Jurnal Ilmu Agama Dan Kebudayaan, 10(2), 53–59. https://doi.org/10.32795/ds.v19i2.427
TADJUDDIN, N. (2018). Pendidikan Moral Anak Usia Dini Dalam Pandangan Psikologi, Pedagogik, dan Agama. Al-Athfaal: Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 100–116. https://doi.org/10.24042/ajipaud.v1i1.3386
Trisnawati, W., & Sugito, S. (2020). Pendidikan Anak dalam Keluarga Era Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 823–831. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.710
Ulummudin, U. (2019). Tafsir Kontemporer Atas “Ayat Perang†Qs Al-taubah (9): 5-6: Perspektif Hermeneutika Jorge Je Gracia. Aqlam: Journal of Islam and Plurality, 4(9), 215–232. https://journal.iain-manado.ac.id/index.php/AJIP/article/view/1013
Wahyuni, S., & Purnama, S. (2020). Pengembangan Religiusitas melalui Metode Kisah Qur’ani di Taman Kanak-Kanak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 103. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.523
Wantu, H. M. (2020). Pendidikan Karakter Untuk Membentuk Moralitas Anak Bangsa. Irfani, 16(1), 1–8. https://doi.org/10.30603/ir.v16i1.1310
Windayani, N. L. I., Ni Wayan Risna Dewi, Yuliantini, S., Widyasanti, N. P., I Komang Sesara Ariyana, Keban, Y. B., Mahartini, K. T., Daviq, N., Suparman, & Ayu, P. E. S. (2021). Teori dan aplikasi pendidikan anak usia dini. In Yayasan Penerbit Muhammad Zaini.
Yudipratomo, O. (2020). Benturan Imperialisme Budaya Barat Dan Budaya Timur Dalam Media Sosial. Jurnal Audience, 3(2), 170–186. https://doi.org/10.33633/ja.v3i2.3718
Zainuddin, Z., W., S., Musriaparto, M., & Nur, M. (2022). Solusi Pembentukan Perilaku Nilai Moral Anak Usia Dini Melalui Pendidikan Islam. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 4335–4346. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.2606


